Skip to main content

Q&A Manajemen strategik

Dok. Pribadi


Jelaskan bagaimana struktur organisasi mempengaruhi perumusan strategi?
Penyelesaian:

Struktur adalah suatu cara bagaimana kegiatan perusahaan di organisasikan. Struktur ini memberikan kontribusi untuk memperkirakan dan menjelaskan perilaku karyawan. Struktural dalam pekerjaan mempunyai hubungan yang penting pada sikap dan perilaku kayawan. Dalam struktur terdapat kerangka kerja formal organisasi, dimana dengan kerangka tersebut tugas-tugas pekerjaan dikelompokkan, dibagi dan dikoordinasikan. Struktur organisasi merupakan wahana yang efektif bagi para anggotanya untuk berinteraksi dan saling berhubungan (Hayat, Harmen, Yulianty, & Muda Harahap, 2017).

Penerapan strategi dalam bisnis menuntut peran penting struktur fungsional, namun biasanya struktur fungsional lebih menekankan pada fungsi yang berbeda dan karakteristik organisasi tersebut. Struktur organisasi (Pearce II & B. Robinson Jr, 2014).  

Struktur organisasi menjadi eksekusi dalam menjalankan suatu strategi, maka dari itu struktur oganisasi mempengaruhi dalam perumusan strategi. Perumusan strategi yang baik tanpa diiringi dengan struktur organisasi yang baik maka akan sia-sia. Perumusan strategi meliputi menentukan misi, tujuan-tujuan, pengembangan strategi dan penetapan pedoman kebijakan. Untuk itu diperlukan struktur organisasi yang tepat untuk mengeksekusi dan menjalankan perumusan strategi sudah dibuat tersebut.

Sebagai seorang karyawan dengan pengalaman masih relatif pendek (bekerja kurang dari satu tahun) disebuah perusahaan, bentuk tindakan apakah yang akan kamu ambil seandainya kamu menemukan praktik-praktik tidak etis dari  salah seorang pemimpin strategis perusahaanmu?
Penyelesaian:

Etika merupakan suatu prinsip-prinsip moral yang menjadi cerminan keyakinan masyarakat mengenai tindakan yang benar atau salah dari seorang individu atau kelompok (Pearce II & B. Robinson Jr, 2014).

Menurut saya, sebagai karyawan yang masih junior (bekerja kurang dari satu tahun) menemukan praktik-praktik tidak etis dari salah satu pemimpin strategis, bentuk tindakan yang pertama saya lakukan adalah dengan membicarakan langsung kepada pemimpin atau melalui secara tidak langsung yaitu dengan kotak saran maupun sosial media seperti SMS centre serta bisa juga melalui perantara pihak ketiga misalnya Ombudsman. Dan cara yang terakhir adalah dengan mendoakannya agar pemimpin diberi hidayah agar berhenti melakukan praktik-praktik yang tidak etis.

Program pelatihan etika sangat penting dimasukkan dari CEO ataupun pemimpin perusahaan untuk menentukan praktik bisnis yang etik, perkembangan dan diskusi kode etik dan prosedur untuk mendiskusikan serta melaporkan perilaku tidak etis. Hal tersebut dapat mendukung pengambilan keputusan yang etis dan strategis (Hayat, Harmen, Yulianty, & Muda Harahap, 2017).  

Carilah contoh perusahaan dimana pemimpin-pemimpin strategisnya menurut pendapatmu telah mengembangkan budaya korporat yang unik. Gambarkanlah budaya tersebut dan kemungkinan pengaruhnya terhadap strategi  perusahaan dan penerapannya?
Penyelesaian:

Kepemimpinan organisasi merupakan proses dan praktik para eksekutif kunci untuk menuntun dan mengarahkan orang-orang dalam organisasi menuju kearah suatu visi sepanjang waktu serta mengembangkan kepemimpinan masa depan organisasi tersebut dan budaya organisasi. Pemimpin adalah pembawa standar, sang personafikasi, perwujudan tanpa henti dari budaya atau contoh baru dari apa yang seharusnya (Pearce II & B. Robinson Jr, 2014).

Kepemimpinan strategis merupakan kemampuan untuk memimpikan, mengantisipasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis dan mampu bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik lagi untuk perusahaan.

PT Aneka Tambang Tbk adalah perusahaan pertambangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah indonesia yaitu sebesar 65 persen kepemilikan. Kegiatan antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral yang terdiri dari nikel, emas, kilang, bauksit dan alumina. 

Dewan Komisaris PT Aneka Tambang Tbk terdiri dari:
Komisaris utama : Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, S.Ip, S.H., M.H
Komisaris : Zaelani, S.E.
  Prof. Robert A. Simanjuntak, Ph.D.
Komisaris independen : Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri
: Ir. Anang Sri Kusuwardono  

Dewan komisaris meyakini sepenuhnya bahwa kehadiran sumber daya manusia sebagai modal manusia yang unggul mutlak diperlukan untuk menciptakan operation antam yang unggul (excellence).

Ada beberapa upaya direksi dalam mewujudkan human capital yang unggul dengan mengembangkan budaya korporat yang unik diantaranya:

  • Director talk dapat menjadi wahana diskusi antara direktur dan karyawannya
  • Wednesday is english day dapat menambah skill kayawan dalam menggunakan bahasa inggris yang fasih. 
  • Jumat PIONEER (Professionalisme, Integrity, Global Mentality, Harmony, Excellence & Reputation)
  • 5R implementation
  • Director walk dalam kegiatan ini selain melaksanakan tugasnya dalam mengawasi juga dapat membuat hubungan yang dekat antara direktur dan karyawan.
  • Culture campaign dalam kegiatan tersebut mengenalkan budaya-budaya indonesia yang beraneka ragam sehingga menambah rasa nasionalisme dan toleransi antar sesama karyawan.
  • ANTAM sport & games competition, selain dapat menjalin silaturahmi antar karyawan juga dapat mengasah skill karyawan yang mempunyai minat di olahraga dan games.


Selain itu pemimpin ANTAM juga harus mempunyai kriteria SENSE (Speed, energize, respect & courage) dan IMAM (integrity, maturity dan abundance mentality) serta GCG (Good Corporate Governance) yang berdasarkan prinsip TARIF (transparancy, accountability, responsibility, independency, fairness) (Annual Report Tahun 2018, 2018). 

Budaya perusahaan yang kuat di PT Aneka Tambang Tbk berpengaruh positif terhadap strategi dan perencanaannya diperusahaan diantaranya dapat meningkatkan hubungan yang baik antara karyawan dan perusahaan, keterikatan perusahaan yang tinggi, penyelarasan antara prestasi kerja dan kompetensi, meningkatkan kompetensi dan keterampilan karyawan perusahaan secara keseluruhan, pengembangan kepemimpinan, pengembangan kompetensi teknis, serta menjadikan ANTAM sebagai perusahaan yang berintegritas, tangguh, unggul serta bermartabat. Menurut laporan tahunannya pada tahun 2018 ANTAM mengeluarkan biaya sebesar Rp27,16 miliar (meningkat 19% dibanding tahun 2017) untuk pendidikan dan pelatihan.

Apakah pentingnya modal manusia dan bagaimana pengembangannya untuk meningkatkan daya saing strategis perusahaan?
Penyelesaian:

Modal manusia berperan penting dalam mengembangkan dan meningkatkan daya saing strategis perusahaan. Modal manusia yang unggul akan membantu kepemimpinan agar lebih unggul dan efektif, membantu pembentukan organisasi yang berbudaya kuat, membantu menciptakan potensi bisnis baru dari hasil kreativitas dan inovasi.

Modal manusia merupakan salah satu komponen penting dan menjadi faktor strategis yang dibentuk untuk menjalankan visi perusahaan. Modal manusia mengacu pada pengetahuan (knowledge), keahlian (expertise), kemampuan (ability) dan keterampilan (skill) manusia itu sendiri yang dimiliki perusahaan sebagai suatu aset dan modal dalam mewujudkan tujuan perusahaan. 

Untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing strategis perusahaan ada dua macam pelatihan yang dapat dilakukan diantaranya:

Pelatihan keterampilan teknis
Keterampilan yang diberikan trampil melakukan suatu pekerjaan seperti keterampilan komputer penggunaan cash register pada kasir, dan lain-lain.

Pelatihan antar pribadi
Pelatihan keterampilan ini berhubungan dengan sesama karyawan, atasan, bawahan, mitra perusahaan atau pelanggan (mulyana, 2010).

Era industri 4.0 ditandai dengan disrupsi robot dan artificial intellegence (AI), apa makna penting dari kedua disrupsi tersebut  dan bagaimana pengaruhnya dalam proses manajemen strategik? 

Dalam era revolusi 4.0 sekarang teknologi sangat berkembang pesat seperti teknologi rekayasa genetik dan robot yang sangat canggih serta artificial intelligence (AI).

Artificial intelligence merupakan cabang ilmu komputer yang menekankan pada pengembangan intelijen mesin, pola berpikir dan bekerja seperti manusia. Misalnya pengenalan suara, pemecahan masalah, pembelajaran dan perencanaan.

Penggunaan robot dan artificial intelligence semakin umum digunakan didunia bisnis. Dengan teknologi tersebut maka akan meningkatkan efisiensi pekerjaan dengan memanfaatkan otomatisasi. Revolusi 4.0 sudah mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan manusia tidak terkecuali manajemen strategik. Manajemen strategik di era 4.0 dituntut untuk menguasai teknologi dan memanfaatkannya untuk mencapai visi perusahaan. Kemajuan teknologi ini membuat wajah industri berubah secara drastis. Perusahaan harus terus berinovasi agar terus relevan dan dapat bersaing di era revolusi 4.0 tersebut.

***
Sumber Referensi

(2018). Annual Report Tahun 2018. PT Aneka Tambang Tbk.
Hayat, A., Harmen, H., Yulianty, T., & Muda Harahap, L. (2017). Manajemen Strategik formulasi, implementasi dan pengendalian. Medan: MADENATERA.
mulyana, m. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) ritel dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Jurnal Ilmiah RanggaGAding, 168.
Pearce II, J., & B. Robinson Jr, R. (2014). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian Edisi 12 Buku 1. jakarta: Salemba Empat.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc