Skip to main content

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan

Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia.

Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.

Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mudah dan aman bagi penjual dan pembeli.

Analisis SWOT

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. 

STRENGTH

Analisis terhadap unsur kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya saja menganalisis tentang kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan seperti dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan.


WEAKNESS

Untuk mengetahui kelemahan perusahaan bisa dengan melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki perusahaan Anda.

Perusahaan secara lebih obyektif bisa dengan testimoni konsumen.


OPPORTUNITY

Unsur peluang biasanya dibuat pada saat awal membangun bisnis.  Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis mampu bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


THREATS

Analisis terhadap unsur ancaman penting karena menentukan apakah bisnis dapat bertahan atau tidak di masa depan. Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

STRENGTHS (S)

1. Shopee dapat menjadi sumber pendapatan utama seseorang di masa mendatang karena mengingat shopee sedang merintis kepopuleran saat ini.

2. Shopee memiliki jaringan penjual / owner barang yang tersebar luas diseluruh Indonesia.

3. Adanya fitur chat yang dapat digunakan pembeli untuk bertanya ke penjual / seller yang telah disediakan oleh shopee.

4. Shopee memiliki kegiatan pembagian kupon undian yang diadakan saat hari hari tertentu.


WEAKNESS (W)

1. Hanya bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.

2. Ada oknum penjual yang memasang foto barang tidak sesuai dengan keadaan asli barang.

3. Beberapa penjual kurang menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh pembeli.

4. Semakin jauh tempat pengiriman barang maka semakin besar ongkos kirim barang yang dibeli.


OPPORTUNITIES (O)

1. Ada beberapa brand yang tidak terdapat di suatu tempat sehingga itu menjadi suatu kesempatan bagi shopee untuk menjual brand barang yang ada di kota lain.

2. Ekspansi bisnis yang sangat global sehingga menjadikan belanja online populer akhir-akhir ini.

3. Adanya sistem pengiriman paket barang yang saat ini sangat di gemari oleh masyarakat.

4. Selalu tersedia setiap hari ( 24 jam dan 7 hari).


THREATS (T)

1. Adanya hacker atau pembajak dunia maya yang dapat merusak sistem dari Shopee.

2. Peraturan pemerintah bisa saja sesekali merugikan perusahaan.

3. Adanya kompetitor yang terus berkembang dengan inovasi-inovasinya.

4. Kurangnya minat pembeli karena adanya ketersediaan barang yang mereka inginkan di daerah mereka.

Analisis Strategi SWOT Shopee

STRATEGI SO (Kekuatan-Peluang) 

1.Penyediaan produk mengikuti perkembangan selera konsumen.

2. Perluasan pangsa pasar.

3. Fasilitas apotek 24 jam.


STRATEGI WO (Kelemahan-Peluang)

1. Menambah ketersediaan produk.

2. Pengelolaan administrasi yang baik.

3. Menjalin kerja sama.


STRATEGI ST (Kekuatan-Ancaman)

1. Mengembangkan kualitas daya saing.

2. Pemusatan pada jasa dan kepuasan pelanggan.


STRATEGI WT (Kelemahan-Ancaman)

1. Peningkatan mutu SDM.

2. Pemesanan produk yang tepat waktu.
3. Meningkatkan efisiensi biaya.

Comments

Brian Bawanda said…
sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi