Gambaran umum perusahaan
Bata atau T&A Bata Shoe Company terdaftar di Zlin, Cekoslowakia atas nama dua bersaudara Tomáš, Anna dan Antonín Bata. Perusahaan sepatu milik keluarga ini mengoperasikan empat unit bisnis internasional: Bata Eropa, Bata Asia Pasifik-Afrika, Bata Amerika Latin, dan Bata Amerika Utara.
Pemilik : keluarga Bata
Pendiri : Tomáš Baťa
Didirikan : 24 Agustus 1894, Zlín, Ceko
Kantor Pusat : Lausanne, Swiss
CEO : Alexis Nasard (4 Apr 2016–)
Anak perusahaan : Bata Shoe (Singapore) Private Ltd., LAINNYA
SWOT ANALYSIS
STRENGTHS (KEKUATAN)
- Citra produk Sepatu Bata yang sudah terkenal dikalangan masyarakat (konsumen)
- Perusahaan telah memiliki kode etik yang harus ditaati oleh semua karyawan
- Perusahaan berkomitmen untuk ikut membantu anak-anak kurang mampu melalui program Anak Bata.
- Kami memperkuat kehadiran kami dalam dunia digital seperti Facebook, Google+, Twitter, dan website Bata
- Kami menambahkan lebih banyak artikel non-sepatu seperti aksesoris (tas, ikat pinggang, dll)
- Produk Sepatu Bata bersifat awet
- Perusahaan telah menjalankan beberapa program untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan karyawan dan manajer toko
WEAKNESSES (KELEMAHAN)
- Produk yang ditawarkan bersifat monoton dari produk-produk sebelumnya.
- Kurangnya kesadaran karyawan dibagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar target produk.
- Pelatihan yang dilakukan belum secara optimal.
- Perusahaan menutup pabrik dan kantor pusatnya yang berlokasi di Kalibata.
- Manajemen ysng rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat.
- Mesin produksi yang harganya tinggi.
OPPORTUNITIES (PELUANG)
- Keikutsertaan Indonesia pada AFTA, APEC, dll.
- Indonesia menggunakan sistem perdagangan bebas ekspor dan impor.
- Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor.
- Pendapatan perkapita Indonesia yang cenderung naik.
- Sepatu dan sandal kebutuhan utama masyarakat sehari-hari.
- Berkembangnya e-Commerce memberi kesempatan pada Bata e-Commerce.
- Produk yang awet sehingga tidak cepat dibuang.
- Material Sol sepatu yang ramah lingkungan.
- Kardus hingga plastik yang mudah terurai.
THREATS (ANCAMAN)
- Perubahan teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry
- Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap industry fashion
- Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
- Selera masyarakat yang cendrung memilih sepatu sandal untuk fashion, bertentangan dengan ciri Sepatu Bata yang lebih mementingkan keawetan produk.
Comments