Skip to main content

SWOT ANALYSIS pada SEPATU BATA (T&A Bata Shoe Company)

Gambaran umum perusahaan 

Bata atau T&A Bata Shoe Company terdaftar di Zlin, Cekoslowakia atas nama dua bersaudara Tomáš, Anna dan Antonín Bata. Perusahaan sepatu milik keluarga ini mengoperasikan empat unit bisnis internasional: Bata Eropa, Bata Asia Pasifik-Afrika, Bata Amerika Latin, dan Bata Amerika Utara. 

Pemilik : keluarga Bata
Pendiri : Tomáš Baťa
Didirikan : 24 Agustus 1894, Zlín, Ceko
Kantor Pusat : Lausanne, Swiss
CEO : Alexis Nasard (4 Apr 2016–)
Anak perusahaan : Bata Shoe (Singapore) Private Ltd., LAINNYA

SWOT ANALYSIS

STRENGTHS (KEKUATAN)

  1. Citra produk Sepatu Bata yang sudah terkenal dikalangan masyarakat (konsumen)
  2. Perusahaan telah memiliki kode etik yang harus ditaati oleh semua karyawan
  3. Perusahaan berkomitmen untuk ikut membantu anak-anak kurang mampu melalui program Anak Bata.
  4. Kami memperkuat kehadiran kami dalam dunia digital seperti Facebook, Google+, Twitter, dan website Bata
  5. Kami menambahkan lebih banyak artikel non-sepatu seperti aksesoris (tas, ikat pinggang, dll)
  6. Produk Sepatu Bata bersifat awet
  7. Perusahaan telah menjalankan beberapa program untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan karyawan dan manajer toko


WEAKNESSES (KELEMAHAN)

  1. Produk yang ditawarkan bersifat monoton dari produk-produk sebelumnya.
  2. Kurangnya kesadaran karyawan dibagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar target produk.
  3. Pelatihan yang dilakukan belum secara optimal.
  4. Perusahaan menutup pabrik dan kantor pusatnya yang berlokasi di Kalibata.
  5. Manajemen ysng rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat.
  6. Mesin produksi yang harganya tinggi.


OPPORTUNITIES (PELUANG)

  1. Keikutsertaan Indonesia pada AFTA, APEC, dll. 
  2. Indonesia menggunakan sistem perdagangan bebas ekspor dan impor.
  3. Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor.
  4. Pendapatan perkapita Indonesia yang cenderung naik.
  5. Sepatu dan sandal kebutuhan utama masyarakat sehari-hari.
  6. Berkembangnya e-Commerce memberi kesempatan pada Bata e-Commerce.
  7. Produk yang awet sehingga tidak cepat dibuang.
  8. Material Sol sepatu yang ramah lingkungan. 
  9. Kardus hingga plastik yang mudah terurai.


THREATS (ANCAMAN)

  1. Perubahan teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry 
  2. Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap industry fashion 
  3. Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
  4. Selera masyarakat yang cendrung memilih sepatu sandal untuk fashion, bertentangan dengan ciri Sepatu Bata yang lebih mementingkan keawetan produk.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc