Skip to main content

SWOT ANALYSIS pada SEPATU BATA (T&A Bata Shoe Company)

Gambaran umum perusahaan 

Bata atau T&A Bata Shoe Company terdaftar di Zlin, Cekoslowakia atas nama dua bersaudara Tomáš, Anna dan Antonín Bata. Perusahaan sepatu milik keluarga ini mengoperasikan empat unit bisnis internasional: Bata Eropa, Bata Asia Pasifik-Afrika, Bata Amerika Latin, dan Bata Amerika Utara. 

Pemilik : keluarga Bata
Pendiri : Tomáš Baťa
Didirikan : 24 Agustus 1894, Zlín, Ceko
Kantor Pusat : Lausanne, Swiss
CEO : Alexis Nasard (4 Apr 2016–)
Anak perusahaan : Bata Shoe (Singapore) Private Ltd., LAINNYA

SWOT ANALYSIS

STRENGTHS (KEKUATAN)

  1. Citra produk Sepatu Bata yang sudah terkenal dikalangan masyarakat (konsumen)
  2. Perusahaan telah memiliki kode etik yang harus ditaati oleh semua karyawan
  3. Perusahaan berkomitmen untuk ikut membantu anak-anak kurang mampu melalui program Anak Bata.
  4. Kami memperkuat kehadiran kami dalam dunia digital seperti Facebook, Google+, Twitter, dan website Bata
  5. Kami menambahkan lebih banyak artikel non-sepatu seperti aksesoris (tas, ikat pinggang, dll)
  6. Produk Sepatu Bata bersifat awet
  7. Perusahaan telah menjalankan beberapa program untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan karyawan dan manajer toko


WEAKNESSES (KELEMAHAN)

  1. Produk yang ditawarkan bersifat monoton dari produk-produk sebelumnya.
  2. Kurangnya kesadaran karyawan dibagian produksi terhadap kualitas produk yang dihasilkan akibat mengejar target produk.
  3. Pelatihan yang dilakukan belum secara optimal.
  4. Perusahaan menutup pabrik dan kantor pusatnya yang berlokasi di Kalibata.
  5. Manajemen ysng rumit sehingga keputusan hanya keluar dari kantor pusat.
  6. Mesin produksi yang harganya tinggi.


OPPORTUNITIES (PELUANG)

  1. Keikutsertaan Indonesia pada AFTA, APEC, dll. 
  2. Indonesia menggunakan sistem perdagangan bebas ekspor dan impor.
  3. Kebijakan pemerintah yang mendukung ekspor dan impor.
  4. Pendapatan perkapita Indonesia yang cenderung naik.
  5. Sepatu dan sandal kebutuhan utama masyarakat sehari-hari.
  6. Berkembangnya e-Commerce memberi kesempatan pada Bata e-Commerce.
  7. Produk yang awet sehingga tidak cepat dibuang.
  8. Material Sol sepatu yang ramah lingkungan. 
  9. Kardus hingga plastik yang mudah terurai.


THREATS (ANCAMAN)

  1. Perubahan teknologi yang mutakhir meningkatkan persaingan industry 
  2. Kenaikan harga barang yang mempengaruhi pengeluaran konsumen berdampak negative terhadap industry fashion 
  3. Ketersediaan bahan kulit di pemasok yang terbatas Banyak perusahaan alas kaki yang menghadirkan brand-brend baru dengan inovasi tinggi yang lebih mengutamakan fashion
  4. Selera masyarakat yang cendrung memilih sepatu sandal untuk fashion, bertentangan dengan ciri Sepatu Bata yang lebih mementingkan keawetan produk.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...