Analisis SWOT
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
secara umum manfaat analisis SWOT adalah sebagai berikut:
- Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
- Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan peluang
- Perusahaan mengetahui kelemahan serta mencari solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.
- Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.
ANALISIS SWOT WARDAH KOSMETIK
Strenght (kekuatan)
- Harga yang terjangkau terutama dikalangan pelajar dan mahasiswa
- Memiliki banyak varian produk
- Pemasaran yang luas sehingga mudah ditemukan
- Produk wardah rata-rata memiliki wangi yang lembut
- Pemilihan brandambassador yang berhijab menjadi daya tarik produk ini
Weakness (kelemahan)
- Kemasan produk yang kurang menarik
- Brand masih kurang terkenal
- Wardah berorientasi pada segmen wanita, sehingga susah untuk mengembangkan lini produk pada segmen pria
- Masyarakat mempresepsikan wardah sebagai lower income sehinggakualitasnya diragukan
Opportunity (peluang)
- Label halal yang ditekankan membuat wardah mempunyai nilai lebih dibanding komestik lainnya.
- Bekerja sama dengan suatu film sehingga dapat menaikkan nama produk
Treath (ancaman)
- Banyaknya saingan keosmetik lainnya terutama produk luar negeri yang kuaitas dan harganya lebih bagus (revlon, maybeline)
- Pertumbuhan penjualan produk yang lambat bisa membuat pendatang baru mendepak wardah
Comments