Skip to main content

BELAJAR EXEL #1 RUMUS UNTUK MENGHITUNG DATA

Daftar Pembahasan :


  1. SUM = Menjumlahkan data
  2. AVEGARE = Menghitung rata-rata
  3. COUNT = Menghitung banyak data (angka)
  4. COUNTA = Menghitung banyak data (bukan angka)
  5. MAX = Mencari nilai tertinggi
  6. MIN = Mencari nilai terendah
  7. LARGE = Mencari nilai tertinggi kesekian
  8. SMALL = Mencari nilai terendah kesekian
  9. SUMPRODUCT = Menjumlahkan hasil perkalian
  10. AGGREGAT = Memberikan rumus dengan mengabaikan eror/filter


Sebelum membahas rumus diatas saya akan memberitahukan kenapa kita harus belajar microsoft exel, Dalam beberapa pekerjaan dan paling sering digunakan adalah microsoft exel. sederhananya kalau belajar rumus-rumus exel ini akan membantu pekerjaan kamu apalagi kamu yang ingin membuat laporan, menginput stock barang, mengerjakan laporan penjualan, membuat anggaran, membuat proyeksi dan masih banyak lagi.

Perhatikan dalam setting di PC exel ada yang menggunakan koma (,) sebagai pemisah rumus dan ada juga yang menggunakan titik koma (;). pastikan kamu harus mengetahui menggunakan yang mana (setiap PC berbeda-beda). 


RUMUS/FUNGSI "SUM"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "SUM" digunakan untuk menjumlahkan beberapa data
  • Cara menggunakannya =SUM(blok data yang ingin dijumlahkan)

Menjumlahkan sekelompok data yang berurutan

ketik = sum(blok data yang ingin dijumlahkan) hasilnya akan mirip seperti gambar dibawah ini = sum(B2:H2) artinya kamu akan menjumlahkan data yang ada di baris B2 hingga H2.



Menjumlahkan sekelompok data yang tidak berurutan

Mirip dengan penjumlahan diatas, untuk data yang tidak berurutan kamu bisa klik CTRL sehingga sel tersebut akan dipilih. ketik = sum(blok data yang ingin dijumlahkan) hasilnya akan mirip seperti gambar dibawah ini = sum(D2,F2,H2) artinya kamu akan menjumlahkan data yang ada di kolom rabu, jumat dan minggu saja.


Menjumlahkan kombinasi data yang tidak berurutan dengan berurutan

konsepnya sama seperti menjumlahkan kedua data diatas, kamu bisa blok data yang berurutan, kemudian untuk data yang tidak berurutan bisa klik CTRL sehingga sel akan terpilih. hasilnya akan mirip seperti gambar dibawah ini =SUM(B2:D2,H2) artinya kamu akan menjumlahkan kolom senin sampai rabu dan minggu.




RUMUS/FUNGSI "AVERAGE"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "AVERAGE" digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekelompok data
  • Cara menggunakannya =AVERAGE(blok data yang ingin dicari nilai rata-ratanya)

Mirip seperti penjelasan dengan rumus "SUM" diatas kamu bisa menggunakan konsep yang sama untuk "AVERAGE" dalam memilih data yang akan dirata-ratakan.



RUMUS/FUNGSI "COUNT"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "COUNT" digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekelompok data. INGAT HANYA DATA ANGKA 
  • Cara menggunakannya =COUNT(blok data yang ingin dicari banyaknya).
Mirip seperti rumus diatas kamu bisa memilih data yang akan dihitung banyaknya. 




RUMUS/FUNGSI "COUNTA"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "COUNTA" digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekelompok data bebentuk teks. INGAT HANYA DATA TEXT (BUKAN ANGKA) 
  • Cara menggunakannya =COUNTA (blok data yang ingin dicari banyaknya).
Mirip seperti rumus diatas kamu bisa memilih data yang akan dihitung banyaknya. 




RUMUS/FUNGSI "MAX"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "MAX" digunakan untuk mencari nilai terbesar atau tertinggi dari sekelompok data. 
  • Cara menggunakannya =MAX(blok data yang ingin dicari nilai terbesar/tertingginya).
Mirip seperti rumus diatas kamu bisa menggunakan MAX dalam memilih data yang terbesar.




RUMUS/FUNGSI "MIN"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "MIN" digunakan untuk mencari nilai terkecil atau paling rendah dari sekelompok data. 
  • Cara menggunakannya =MIN(blok data yang ingin dicari nilai terkecil).
Mirip seperti rumus diatas kamu bisa menggunakan MIN dalam memilih data yang terkecil.
 

RUMUS/FUNGSI "LARGE"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "LARGE" konsepnya mirip seperti MAX, rumus LARGE digunakan untuk mencari nilai terbesar bedanya kamu bisa menentukan mau mencari nilai terbesar yang keberapa, misal dalam 5 karyawan kamu ingin mencari 2 nilai terbesar.
  • Cara menggunakannya =LARGE(blok data yang ingin dicari nilai terbesarnya, urutan keberapa).



RUMUS/FUNGSI "SMALL"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "SMALL" konsepnya kebalikan dari LARGE, rumus SMALL digunakan untuk mencari nilai terkecil, misal dalam 5 karyawan kamu ingin mencari 2 nilai terendah.
  • Cara menggunakannya =SMALL(blok data yang ingin dicari nilai terendah, urutan keberapa).



RUMUS/FUNGSI "SUMPRODUCT"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "SUMPRODUCT" digunakan untuk menjumlahkan dua kolom yang telah dikalikan terlebih dahulu. ketika kita mau menghitung total penjualan (harga x pcs) untuk masing-masing barang. lebih cepat dibanding manual kali dulu baru dijumlahkan.
  • Cara menggunakannya =SUMPRODUCT(blok data dikolom pertama, blok data dikolom kedua).



RUMUS/FUNGSI "AGGREGATE"

  • Fungsi/kegunaaan rumus "AGGREGATE" konsepnya mirip seperti rumus SUBTOTAL bahkan lebih baik lagi. AGGREGAT dapat digunakan untuk menghitung data seperti (SUM, AVERAGE, COUNT, dsb) bedanya rumus ini akan mengabaikan baris atau kolom yang terfilter atau ter hide.
  • Cara menggunakannya =AGGREGATE(kode rumus yang ingin kamu pakai, kode perintah bagian mana yang diabaikan, blok datanya). 
        kode rumus yang sering dipakai dalam AGGREGATE:



    Kode Perintah untuk diabaikan: 




    Pada contoh dibawah kamu bisa melihat ada 2 yaitu 
    1).  ada data yang eror
    2). ada data yang ke hide atau filter





    TIPS BIAR INGAT !!!

    1. SUM= MENJUMLAH
    2. AVERAGE=RATA-RATA
    3. COUNT = BANYAKNYA ANGKA
    4. COUNTA=BANYAKNYA TEKS
    5. MAX=BESAR/TINGGI    
    6. LARGE= URUTAN NILAI BESAR
    7. SUMPRODUCT = MENJUMLAHKAN HASIL PERKALIAN
    8. AGGREGATE = MENGABAIKAN EROR/FILTER



     

    Comments

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Popular posts from this blog

    Analisis SWOT Perusahaan Shopee

    Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

    Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

    Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

    ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

    Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc