Skip to main content

Teknologi Sistem Komunikasi

source: pixabay


Pembahasan:
1. Komponen–Komponen Sistem Telekomunikasi
A. Komponen Pengirim dan Penerima
B. Media pemroses
C. Pemproses Komunikasi
D. Perangkat Lunak Komunikasi
2. Kurir dan Telekomunikasi Dan ISDN
3. Connectivity dan Protocol
4. Topologi Jaringan
A. Star network
B. Bus Network
C. Loop Network
D. Ring Network
E. Hierarchical tree network
F. Web Network
G. Meta Network
5. Macam-macam Jaringan
a) Jaringan Lokal
i. Private Branch Exhange (PBX)
ii. Local Area Network (LAN)
b) Jaringan Luas
i. Wide Area Network (WAN)
ii. Value added network (VAN)
c) Sistem Teleprocessing (Teleprocessing system)
d) Client-server System
e) Resource Sharing System
f) Distributed data processing system
Referensi



Komponen–Komponen Sistem Telekomunikasi
Sistem telekomunikasi adalah sistem untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari satu tempat ke tempat yang lain, maka ada 5 komponen yang tersedia sebagai berikut :
Komputer atau terminal pengirim untuk mengirim data atau informasi.
Media transmisi atau jalur atau canal komunikasi yang akan membawa data yang akan dikirimkan dari sumber data yang dikirim.
Pemproses komunikasi merupakan alat pendukung transmisi data, misalnya modem, multi plexer, front end processor, switching, dan lain – lain.
Perangkat lunak komunikasi yang akan mengendalikan proses komunikasi data.
Komputer atau terminal penerima
Komponen Pengirim dan Penerima
Sebelum data dikirimkan, maka data perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Komputer pengirim mempunyai tugas untuk melakukan hal tersebut. Demikian juga komputer penerima perlu melakukan tugas – tugas yang dilakukan komputer pengirim dan penerima dalam transmisi data adalah sebagai berikut :
Mengirim atau menerima sinyal untuk membentuk jalur perangkat transmisi.
Mengarahkan transmisi ke media yang digunakan.
Mempersiapkan format dari data yang dikirim dan diterima.
Melakukan transmisi data dan mengatur kecepatan dari transmisi.
Melakukan pengawasan transmisi jika terjadi kesalahan transmisi.
Media pemroses
Media pemroses terdiri dari bentuk yaitu :
Bentuk media transmisi, : media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.
Kapasitas Canal Transmisi : banyaknya informasi yang bisa dilewatkan dalam sebuah kanal frekuensi, mempunyai satuan bit per detik per Hertz (bps/ Hz).
Tipe Canal Transmisi :
Transmisi Satu Arah (one way transmission), Merupakan arah channel pengiriman transmisi satu arah, dimana pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim transmisi saja ke penerima, begitu juga penerima yang hanya memiliki satu fungsi sebagai penerima data saja. Contoh: transmisi siaran radio dan TV
Transmisi Dua Arah Bergantian (either way transmission), Adalah channel transmisi yang dapat mengalir pada dua arah, namun harus bergantian. Contoh: penggunaan radio CB dan Walkie Talkie.
Transmisi Dua Arah Serentak (both way transmission), Transmisi ini arah informasi data dapat mengalir dalam dua arah sekaligus, dalam kata lain dapat mengirim dan menerima data pada saat bersamaan. Contoh: penggunaan telepon.
Mode Transmisi : cara pengiriman data dari satu piranti ke piranti lain, yaitu secara sinkron (synchronous transmission) dan tak-sinkron (asynchronous transmission).
Pemproses Komunikasi
Selain komputer dalam sistem komunikasi data diperlukan beberapa perangkat keras lainnya yang dipergunkan untuk proses pengiriman data yaitu pemproses komunikasi. Beberapa hal pemproses komunikasi:
Modem : sebagai pengubah signal analog menjadi signal digital dan sebaliknya dan sebagai alat komunikasi dua arah.
Multiplexer(mux) : alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input (masukan) yang akan diteruskan ke bagian output (keluaran). Pemilihan input mana yang dipilih akan ditentukan oleh signal yang ada di bagian kontrol (kendali) Select.
Concentrator : alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.
Front End Processor : menangani lalu lintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host. Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpulkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal.
Perangkat Lunak Komunikasi
Komunikasi data melibatkan dua atau lebih perangkat keras yang dihubungkan. Supaya perangkat – perangkat keras tersebut dapat berkomunikasi , maka diperlukan perangkat lunak komunikasi. Perangkat lunak tersebut terdapat di komputer pusat, front end processor, dan terminalnya. Perangkat lunak yang terdapat di komputer pusat disebut telecommunication monitor (TCM). Perangkat lunak TCM bekerja sama dengan perangkat lunak sistem operasi (Julvan, 2014).
Kurir dan Telekomunikasi Dan ISDN
Perusahaan yang menyediakan jasa transmisi disebut dengan kurir telekomunikasi, misalnya telkom, indosat, dan lain – lain. Perusahaan kurir telekomunikasi ini menyediakan jasa kanal secara public dan privat. Penyediaan jasa secara public dapat dilakukan dengan lewat jasa telepon biasa. Jalur public ini tidak terlalu lebar. Untuk jalur yang lebih lebar, maka dapat dipergunakan jalur privat. Salah satu jasa jalur privat yang mempunyai prospek adalah ISDN (integrated Services Digital Network). Jika jalur telepon biasa menggunakan jalur analog, maka ISDN menggunakan pulsa digital. Dengan demikian, jika ISDN digunakan, maka modem sudah tidak diperlukan lagi. Disamping itu jalur ISDN merupakan jalur yang lebar yang dapat membawa sekaligus secara simultan suara, data, text dan video (verawaty). Bentuk dasar ISDN adalah :
B – channel, dengan lebar 64 Kbps digunakan untuk membawa informasi dan beritanya, berupa data dan video.
D – channel, dengan lebar 16 Kbps sampai dengan 64 Kbps digunakan untuk membawa kode kontrol transmisi dan signal lainnya, misalnya nomor telepon pengirim.
Jasa ISDN dapat dalam bentuk akses dasar dan akses primer :
Akses dasar terdiri dari 2 B – channel dan sebuah 16 Kbps D channel.
Akses primer terdiri dari 23 B – channel dan sebuah 64 Kbps D – channel.

Connectivity dan Protocol
Kemampuan komputer untuk berkomunikasi dan berbagi komunikasi satu dengan yang lainnya disebut dengan connectivity. Untuk mencapai connectivity dibutuhkan standar komunikasi data yang disebut dengan protocol (verawaty).
Protocol adalah suatu kumpulan – kumpulan dari aturan – aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat – alat komunikasi, supaya komunikasi data dapat dilakukan secara benar. Jabat tangan merupakan contoh protocol antara dua manusia yang berkomunikasi. Di istilah komputer jabatan tangan menunjukkan suatu protocol dari komunikasi data, bila dua alat yang satu dengan lainnya sudah kompatibel. Syarat kompatibel pada waktu transmisi data, keduanya harus :
Mempunyai transfer rate (tingkat pengiriman) yang sama
Tipe transmisi harus sama
Mode transmisi juga harus sama
Format data harus sama
IBM menamakan protocolnya dengan systems Network Architecture (SNA)
Pada tahun 1978, International Standards Organization mengumumkan suatu protocol standar yg disebut dengan Open System Interconnection (OSI), Contoh : OSI secara fisik adalah port RS232c di komputer mikro dengan 25 pin.
Protocol lainnya yg banyak digunakan adalah Transmission Control Protocol/Internet. Protocol (TCP/IP) Dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1972 untuk digunakan di jaringan internet (Taufik). 



Topologi Jaringan

Star network
Topologi star atau disebut juga dengna topologi bintang adalah topologi jaringan berbentuk bintang dimana pada umumnya memakai hub atau switch untuk koneksi antar client. Topologi jaringan komputer ini paling sering digunakan saat ini karena memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan Topologi Star
Jaringan topologi ini tetap berjalan baik walaupun salah satu komputer client bermasalah
Tingkat keamanan data pada topologi ini cukup baik
User lebih mudah mendeteksi masalah pada jaringan
Lebih fleksibel
Kekurangan Topologi Star
Topologi ini terhitung mahal karena menggunakan cukup banyak kabel
Seluruh komputer dalam jaringan ini akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalah
Topologi star sangat tergantung pada terminal pusat.
Bus Network
Topologi bus adalah topologi jaringan yang lebih sederhana. Pada umumnya topologi jaringan ini dilakukan pada installasi jaringan berbasi kabel coaxial.
Topologi bus memakai kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Jenis konektor yang digunakan adalah BNC, Terminator, dan TBNC.

Kelebihan Topologi Bus
Kemudahan dalam penambahan client atau workstation baru
Mudah digunakan dan sangat sederhana
Biaya instalasi murah karena kabel yang digunakan sedikit
Kekurangan Topologi Bus
Sering terjadi tabrakan arus data
Proses pengiriman dan penerimaan data kurang efisien
Topologi bus yang lama sulit untuk dikembangkan
Jika ada masalah pada kabel, misalnya terputus, maka komputer workstation akan terganggu.
Loop Network

Topologi Loop Network menghubungkan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Seperti halnya pada topologi bus, semua node memiliki status yang sama.

Pada topologi loop network ini setiap node dapat melakukan tugas untuk operasi yang berbeda-beda. Tetapi topologi ini memiliki kelemahan bahwa jika salah satu node rusak, maka akan dapat menyebabkan gangguan komunikasi antar node satu dengan yang lainnya.

Kelebihan
Semua komputer pada jaringan mempunyai status yang sama.
Kelemahan
Bila salah satu komputer mati, komputer yang lain dalam jaringan tidak dapat digunakan.

Ring Network
Topologi ring atau sering disebut dengan topologi cincin merupakan suatu topologi jaringan yang dipakai untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin. Jenis topologi jaringan ini umumnya hanya menggunakan LAN card agar masing-masing komputer terkoneksi.

Kelebihan Topologi Ring
Biaya untuk instalasinya murah
Performa koneksi cukup baik
Proses instalasi dan konfigurasi cukup mudah
Implementasinya mudah dilakukan
Kekurangan Topologi Ring
Jika terjadi masalah, troubleshooting jaringan ini terhitung rumit
Pada jaringan ini tabrakan arus data sangat rentan terjadi
Koneksi pada jaringan akan terputus jika salah satu koneksi bermasalah
Hierarchical tree network
Topologi tree atau topologi pohon adalah hasil penggabungan dari topologi bus dan topologi star. Topologi tree pada umumnya dipakai untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda.
Kelebihan Topologi Tree
Dapat dan mudah dikembangkan menjadi topologi jaringan yang lebih luas
Susunan topologi ini terpusat secara hirarki sehingga pengaturan data menjadi lebih mudah
Kekurangan Topologi Tree
Topologi tree memiliki kinerja jaringan yang lambat
Penggunaan kabel yang sangat banyak sehingga biaya installasinya mahal
Kabel backbone merupakan sentral dari topologi ini
Bila komputer bagian atas bermasalah, maka komputer bagian bawah juga akan bermasalah

Web Network
Topologi Web adalah sebuah topologi yang bisa digunakan untuk rute yang banyak. Jaringan pada topologi ini menggunakan kabel tunggal sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat tanpa melalui hub atau switch.
Kelebihan Topologi Web
Bandwidth limit nya cukup besar
Security data pada topologi ini sangat baik
Tidak terjadi tabrakan arus data karena jalur pengiriman data sangat banyak
Kekurangan Topologi Web
Kabel yang dibutuhkan jumlahnya banyak
Biaya installasi topologi mesh sangat mahal karena menggunakan banyak kabel
Installasinya sangat rumit
Meta Network
Topologi Meta adalah gabungan dari beberapa topologi yang berbeda dan membentu jaringan baru. Dengan kata lain, jika ada dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung dalam satu jaringan maka topologi jaringan tersebut akan membentuk topologi Meta.
Kelebihan Topologi Meta
Topologi ini sifatnya fleksibel
Penambahan koneksi lain pada topologi ini menjadi sangat mudah
Kekurangan Topologi Meta
Proses installasi dan pengaturannya cukup rumit
Manajemen pada topologi meta sangat sulit dilakukan
Biaya untuk membuat topologi ini cukup mahal

Macam-macam Jaringan

Jaringan Lokal

Private Branch Exhange (PBX)
PBX atau kepanjangan dari private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh public (Aulia, 2019).
Contoh : PBX ANALOG


Local Area Network (LAN)

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.
Teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot (Pengertian dan Contoh LAN MAN WAN, 2016).
Contoh Wi-Fi




Jaringan Luas

Wide Area Network (WAN)
WAN adalah singkatan dari Wide Area Network yang berarti Jaringan Area Luas, berupa jaringan komputer yang mencakup area besar seperti antar negara atau bahkan benua, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public (Saputra).
Contoh : Internet


Value added network (VAN)
Value added network (VAN) adalah jaringan khusus untuk transmisi data dan memiliki banyak jalur yang dikelola khusu oleh suatu perusahaan untuk disewakan kepada pihak lain secara berlangganan (Rinmichiyo, 2013).
Contoh : Electronic Data Interchange (EDI)


Sistem Teleprocessing (Teleprocessing system)

Sistem Teleprocessing (Teleprocessing system) adalah sistem yang tradisional. Pada sistem ini memperlihatkan satu mainframe (dalam konteks ini satu CPU) dengan banyak terminal. Itu berarti banyak perangakat input-outputseperti keyboard dan monitor dihubungkan langsugn ke CPU (yhongkiboy, 2017).
Contoh : E-Toll


Client-server System

Sistem Klien-server atau client-server system  merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server (fany, 2012).

Contoh : aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP)



Resource Sharing System
Pengertian Resource Sharing Ssytem adalah sistem penggunaan perangkat keras secara bersama-sama oleh semua prosesor yang ada. Resource sharing pada jaringan dapat dilakukan seperti sharing dan printer, fasilitas tersebut membuat seseorang dapat mengakses printer maupun  file yang ada dari komputer lain atau berbagi data dengan komputer yang satu dengan yang lain (administrasi berbagi sumber daya, 2016).

Contoh : pemakaian printer, database, scanner, server dan hub bersama.




Distributed data processing system
Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing-masing dapat memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi, maka istilah time sharing sudah tidak tepat lagi. DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu system (rachmad, 2014).
Contoh : Mobile Computing













Referensi
administrasi berbagi sumber daya. (2016, november). Dipetik oktober 7, 2019, dari Sibro: http://www.sibro21.org/2016/11/administrasi-berbagi-sumber-daya.html
Pengertian dan Contoh LAN MAN WAN. (2016, oktober 12). Dipetik oktober 7, 2019, dari SKYCYBERZ: https://skycyberz.wordpress.com/2016/10/12/pengertian-dan-contoh-lan-man-dan-wan/
Aulia, H. (2019, maret). Pengertian PBX. Dipetik oktober 6, 2019, dari https://hudatulaulia.blogspot.com/2019/03/pengertian-pbx-pbx-atau-kepanjangan.html
fany, v. (2012, oktober). tugas database. Dipetik oktober 7, 2019, dari http://varaninasifany.blogspot.com/2012/10/tugas-2-database.html
Julvan. (2014, Desember 11). BAB 5 TEKNOLOGI SISTEM TELEKOMUNIKASI. Dipetik Oktober 5, 2019, dari htttps://julvanmmodeong25.wordpress.com/2014/12/11/BAB-5-TEKNOLOGI-SISTEM-TELEKOMUNIKASI/
rachmad. (2014, april 1). Online Communication. Dipetik oktober 8, 2019, dari https://rachmadpropaganda.wordpress.com/2011/04/01/online-communication/
Rinmichiyo. (2013, november). Makalah Sistem Informasi Akuntansi. Dipetik oktober 7, 2019, dari http://rinmichiyo.blogspot.com/2013/11/makalah-sistem-informasi-akuntansi.html
Saputra, F. (t.thn.). Dipetik oktober 7, 2019, dari http://blog.umy.ac.id/febrysaputra/?p=52
Taufik, G. W. (t.thn.). Dasar Sistem Teleomunikasi. Dipetik Oktober 5, 2019, dari https://galuhwinata.wordpress.com/2017/02/22/dasar-sistem-telekomunikasi/
verawaty. (t.thn.). Teknologi Sistem Telekomunikasi dan Jaringan Komputer. Dipetik Oktober 5, 2019, dari http://handojoverawaty.blogspot.com/2016/12/teknologi-sistem-telekomunikasi-dan.html
yhongkiboy. (2017, april). Dipetik oktober 7, 2019, dari https://yhongkiboy.blogspot.com/2017/04/pengertiankelebihankekuranganfungsi-dan.html


Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc