Skip to main content

Analisis Porter PT. Prudential Life Assurance


Sejarah PT. Prudential Life Assurance
Didirikan pada tahun 1995 PT. Prudential Life Assurance merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris. Dengan memanfaatkan pengalaman Grup Prudential selama 165 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi terbaik, tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik bagi nasabah di tanah air. 

Sejak peluncuran produk asuransi yang terkait produk investari pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telaj menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif. Prudential Indonesia juga menawarkan variasi produk dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah Indonesia yang beragam. 

Pada tanggal 31 Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 290 kantor keagenan di seluruh nusantara. Per 31 Desember 2012, Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,7 juta nasabah. Beragam penghargaan telah diterima Prudential Indonesia selama masa operasinya. 

Analisis Porter PT. Prudential Life Assurance

Hambatan bagi Pendatang Baru

  1. Banyak perusahaan serupa di bidang asuransi
  2. Kompetitor mulai meniru inovasi produk yang dikembangkan
  3. Persepsi negatif dari sebagian masyarakat Indonesia terhadap  produk  asuransi
  4. Perlu peningkatan kualitas pelayanan proses administrasi 
  5. Jaringan kantor perlu diperluas 
  6. Perlu pemerataan kualitas sumber daya manusia terutama di keagenan


Daya Tawar Pemasok

  1. Berpengalaman di bidangnya
  2. Memiliki citra yang baik di mata masyarakat 
  3. Menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif
  4. Kinerja perusahaan yang baik
  5. Jangkauan keagenan yang cukup luas (290 keagenan di seluruh Indonesia)
  6. Jumlah sumber daya manusia yang memadai 
  7. Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung layanan kepada nasabah
  8. Program pelatihan yang baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia


Daya Tawar Pembeli

  1.  Biaya pengobatan dan rumah sakit mahal
  2.  Biaya pendidikan mahal
  3.  Mulai timbul kesadaran masyarakat untuk berinvestasi 
  4. Lokasi strategis Indonesia yang rawan bencana alam
  5. Jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 250 juta


Hambatan bagi Produk Pengganti

  1. Terus berinovasi agar dapat meluncurkan produk yang unik sehingga menarik minat calon custoner.
  2. Bekerja sama dengan dunia pendidikan untuk memberikan edukasi tentang manfaat ansuransi kepada masyarakat.
  3. Terus melakukan inovasi terhadap produk yang diluncurkan. 
  4. Memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat ansuransi dengan memanfaatkan jaringan keagenan yang dimiliki.


Tingkat Persaingan dengan Kompetitor

  1. Secara terus menerus memperbaiki program pelatihan untuk sumber daya manusia dengan mengevaluasi tingkat keberhasilan program pelatihan sumber daya manusia yang sudah dijalankan. 
  2. Memperluas jaringan keagenan dengan membuka program partnership dengan penyedia jasa lainnya. 
  3. Secara terus  menerus melakukan evaluasi terhadap proses administrasi untuk meningkatkan layanan terhadap customer.


Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc