Skip to main content

Analisis Porter PT. Prudential Life Assurance


Sejarah PT. Prudential Life Assurance
Didirikan pada tahun 1995 PT. Prudential Life Assurance merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris. Dengan memanfaatkan pengalaman Grup Prudential selama 165 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi terbaik, tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik bagi nasabah di tanah air. 

Sejak peluncuran produk asuransi yang terkait produk investari pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telaj menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif. Prudential Indonesia juga menawarkan variasi produk dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah Indonesia yang beragam. 

Pada tanggal 31 Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 290 kantor keagenan di seluruh nusantara. Per 31 Desember 2012, Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,7 juta nasabah. Beragam penghargaan telah diterima Prudential Indonesia selama masa operasinya. 

Analisis Porter PT. Prudential Life Assurance

Hambatan bagi Pendatang Baru

  1. Banyak perusahaan serupa di bidang asuransi
  2. Kompetitor mulai meniru inovasi produk yang dikembangkan
  3. Persepsi negatif dari sebagian masyarakat Indonesia terhadap  produk  asuransi
  4. Perlu peningkatan kualitas pelayanan proses administrasi 
  5. Jaringan kantor perlu diperluas 
  6. Perlu pemerataan kualitas sumber daya manusia terutama di keagenan


Daya Tawar Pemasok

  1. Berpengalaman di bidangnya
  2. Memiliki citra yang baik di mata masyarakat 
  3. Menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk inovatif
  4. Kinerja perusahaan yang baik
  5. Jangkauan keagenan yang cukup luas (290 keagenan di seluruh Indonesia)
  6. Jumlah sumber daya manusia yang memadai 
  7. Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung layanan kepada nasabah
  8. Program pelatihan yang baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia


Daya Tawar Pembeli

  1.  Biaya pengobatan dan rumah sakit mahal
  2.  Biaya pendidikan mahal
  3.  Mulai timbul kesadaran masyarakat untuk berinvestasi 
  4. Lokasi strategis Indonesia yang rawan bencana alam
  5. Jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 250 juta


Hambatan bagi Produk Pengganti

  1. Terus berinovasi agar dapat meluncurkan produk yang unik sehingga menarik minat calon custoner.
  2. Bekerja sama dengan dunia pendidikan untuk memberikan edukasi tentang manfaat ansuransi kepada masyarakat.
  3. Terus melakukan inovasi terhadap produk yang diluncurkan. 
  4. Memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat ansuransi dengan memanfaatkan jaringan keagenan yang dimiliki.


Tingkat Persaingan dengan Kompetitor

  1. Secara terus menerus memperbaiki program pelatihan untuk sumber daya manusia dengan mengevaluasi tingkat keberhasilan program pelatihan sumber daya manusia yang sudah dijalankan. 
  2. Memperluas jaringan keagenan dengan membuka program partnership dengan penyedia jasa lainnya. 
  3. Secara terus  menerus melakukan evaluasi terhadap proses administrasi untuk meningkatkan layanan terhadap customer.


Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...