Skip to main content

Analisis SWOT PT. Garuda Indonesia

Sejarah PT. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia adalah sebuah perusahaan milik negara Republik Indonesia. Garuda Indonesia berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Dan memiliki kantor perwakilan yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia dan juga kota-kota di luar negeri. Pada tanggal 26 Januari 1949, Garuda Indonesia yang saat itu bernama Indonesian Airways,  pesawat RI-001 Seulawah  diterbangkan dari Calcutta, India menuju Rangon, ibukota Burma sebagai penerbangan niaga dan mengudara pertama kalinya dengan membawa bendera Republik Indonesia. Karena itulah, peristiwa itu diperingati sebagai hari lahirnya Garuda Indonesia. Namun pada tanggal 1 Maret 1950, Garuda Indonesia baru dapat mengoperasikan sejumlah pesawatnya. 

Garuda semakin berkembang dan seluruh pesawatnya terdiri dari pesawat bermesin jet. Garuda Indonesia saat ini tercatat sebagai perusahaan penerbangan terbesar ke 30 di dunia. Jumlah karwayannya saat ini mencapai 6.424 orang. Dengan jumlah armada terdiri dari 49 pesawat. Garuda Indonesia juga memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yaitu PT. GMF Aero Asia.

Analisis SWOT PT. Garuda Indonesia

KEKUATAN (STRENGTHS) 

  1. Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. 
  2.  Garuda mengoperasikan 89 pesawat. 
  3.  Garuda mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute penerbangan internasional hinggan tahun 2010. 
  4. Konsep layanana yang selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utama yang didasarkan keramahtamahan dan keunikannya. 
  5.  Adanya layanan “Immigration on Brand” yang merupakan inovasi Garuda. 
  6. Memiliki teknologi informasi yang mutkahir dalam menjalan bisnisnya.
  7.  Memiliki brand kuat yang telah diakui domestik.
  8.  Banyak melakukan kegiatan CSR seperti program kemitraan. 


KELEMAHAN (WEAKNESSES)

  1. Adanya faktor teknis dan flight operations seperti keterbatasan jumlah cockpit dan cabin crew sehingga menyebabkan keterlambatan.
  2. Tingginya tingkat hutang lancar yang diakibatkan adanya peningkatan dalam jumlah kewajiban pada akun-akun lancar seperti hutang usaha dan biaya yang masih harus dibayar.
  3. Garuda sangat bergantung pada sistem otomatisasi dalam menjalankan bisnis sehingga apabila terjadi kesalahan sistem, proses bisnis perusahaan akan terganggu.
  4. Perseroan memiliki atau tetap memiliki defisit pada modal kerja pada masa yang datang. Biaya operasional yang tinggi menyebabkan harga tiket pesawat lebih tinggi dibandingkan dengan maskapai penerbangan lainnya.


PELUANG (OPPORTUNITIES)

  1. Telah dikeluarkannya Garuda Indonesia dari daftar perusahaan penerbangan yang dilarang terbang dikawasan Eropa, yang menyebabkan semakin terbukanya kesempatan untuk mewujudkan pengembangan jaringan penerbangan internasional jarak jauh. 
  2. Indonesia merupakan salah satu pasar penerbangan udara yang memiliki pertumbungn yang pesat.
  3. Bergabungnya Garuda sebagai anggota aliansi global maskapai penerbangan yang bernama Skyteam Global Airline Alliance.
  4. Berkembangnya secara cepat industri penerbangan Asia Pasifik


ANCAMAN (THREATS)

  1. Adanya faktor faktor fasilitas bandara merupakan faktor yang tidak dapat dikontrol yang menghambat ketepatan waktu penerbangan.
  2. Sumber utama pasokan bahan bakar pesawat Garuda Indonesia berasal dari Pertamina, sehingga harga bahan bakar pesawat, persediaan bahan bakar sangat tergantung dengan Pertamina.
  3. Adanya bencana alam seperti letusan gunung merapi, wabah penyakit dan lainnya yang dapat mengakibatkan penurunan permintaan.
  4. Adanya peningkatan kapasitas, penurunan harga tiket dan semakin banyaknya rute penerbangan baru yang dibuka oleh maskapai penerbangan lain.
  5. Maskapai asing yang melakukan penetrasi pasar ke Indonesia untuk mengimbangi penurunan penumpang.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc