Skip to main content

Analisis SWOT PT. Garuda Indonesia

Sejarah PT. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia adalah sebuah perusahaan milik negara Republik Indonesia. Garuda Indonesia berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Dan memiliki kantor perwakilan yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia dan juga kota-kota di luar negeri. Pada tanggal 26 Januari 1949, Garuda Indonesia yang saat itu bernama Indonesian Airways,  pesawat RI-001 Seulawah  diterbangkan dari Calcutta, India menuju Rangon, ibukota Burma sebagai penerbangan niaga dan mengudara pertama kalinya dengan membawa bendera Republik Indonesia. Karena itulah, peristiwa itu diperingati sebagai hari lahirnya Garuda Indonesia. Namun pada tanggal 1 Maret 1950, Garuda Indonesia baru dapat mengoperasikan sejumlah pesawatnya. 

Garuda semakin berkembang dan seluruh pesawatnya terdiri dari pesawat bermesin jet. Garuda Indonesia saat ini tercatat sebagai perusahaan penerbangan terbesar ke 30 di dunia. Jumlah karwayannya saat ini mencapai 6.424 orang. Dengan jumlah armada terdiri dari 49 pesawat. Garuda Indonesia juga memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yaitu PT. GMF Aero Asia.

Analisis SWOT PT. Garuda Indonesia

KEKUATAN (STRENGTHS) 

  1. Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. 
  2.  Garuda mengoperasikan 89 pesawat. 
  3.  Garuda mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute penerbangan internasional hinggan tahun 2010. 
  4. Konsep layanana yang selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utama yang didasarkan keramahtamahan dan keunikannya. 
  5.  Adanya layanan “Immigration on Brand” yang merupakan inovasi Garuda. 
  6. Memiliki teknologi informasi yang mutkahir dalam menjalan bisnisnya.
  7.  Memiliki brand kuat yang telah diakui domestik.
  8.  Banyak melakukan kegiatan CSR seperti program kemitraan. 


KELEMAHAN (WEAKNESSES)

  1. Adanya faktor teknis dan flight operations seperti keterbatasan jumlah cockpit dan cabin crew sehingga menyebabkan keterlambatan.
  2. Tingginya tingkat hutang lancar yang diakibatkan adanya peningkatan dalam jumlah kewajiban pada akun-akun lancar seperti hutang usaha dan biaya yang masih harus dibayar.
  3. Garuda sangat bergantung pada sistem otomatisasi dalam menjalankan bisnis sehingga apabila terjadi kesalahan sistem, proses bisnis perusahaan akan terganggu.
  4. Perseroan memiliki atau tetap memiliki defisit pada modal kerja pada masa yang datang. Biaya operasional yang tinggi menyebabkan harga tiket pesawat lebih tinggi dibandingkan dengan maskapai penerbangan lainnya.


PELUANG (OPPORTUNITIES)

  1. Telah dikeluarkannya Garuda Indonesia dari daftar perusahaan penerbangan yang dilarang terbang dikawasan Eropa, yang menyebabkan semakin terbukanya kesempatan untuk mewujudkan pengembangan jaringan penerbangan internasional jarak jauh. 
  2. Indonesia merupakan salah satu pasar penerbangan udara yang memiliki pertumbungn yang pesat.
  3. Bergabungnya Garuda sebagai anggota aliansi global maskapai penerbangan yang bernama Skyteam Global Airline Alliance.
  4. Berkembangnya secara cepat industri penerbangan Asia Pasifik


ANCAMAN (THREATS)

  1. Adanya faktor faktor fasilitas bandara merupakan faktor yang tidak dapat dikontrol yang menghambat ketepatan waktu penerbangan.
  2. Sumber utama pasokan bahan bakar pesawat Garuda Indonesia berasal dari Pertamina, sehingga harga bahan bakar pesawat, persediaan bahan bakar sangat tergantung dengan Pertamina.
  3. Adanya bencana alam seperti letusan gunung merapi, wabah penyakit dan lainnya yang dapat mengakibatkan penurunan permintaan.
  4. Adanya peningkatan kapasitas, penurunan harga tiket dan semakin banyaknya rute penerbangan baru yang dibuka oleh maskapai penerbangan lain.
  5. Maskapai asing yang melakukan penetrasi pasar ke Indonesia untuk mengimbangi penurunan penumpang.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...