Skip to main content

ANALISA SWOT pada ZALORA.COM


Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisis internal maupun eksternal yang meliputi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) suatu organisasi atau perusahaan untuk metode perancangan yang strategis.

Gambaran umum perusahaan

Zalora adalah situs web belanja kebutuhan fashion yang menawarkan produk-produk dari berbagai brand termuka, baik local maupun internasional. Zalora Indonesia di dirikan pada tahun 2012 dan merupakan cabang dari situs belanja on-line terbesar di Eropa. Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. 


Strengths

  • Zalora baru-baru ini mengumumkan bahwa perusahaannya telah menerima pendaanan dari salah satu grup retail terbesar di eropa, sebesar 20 juta euro. 
  • Zalora mengumumkan pendanaan tambahan dari investment AB kinnevik dan Summit Partners dengan detail finansial yang tidak di buka publik.
  • Zalora telah memulai pendirian pusat pengembangan software untuk regional berpusat di singapura. 
  • Zalora sebagai pemimpin industri e-commerce fashion dan kecantikan


Weakness

  • Masih banyak orang yang tidak percaya dengan berbelanja online karna mereka berpikiran bisa saja kalo di tipu. 
  • Pelayanan pada Zalora agak lambat dan tidak ada konfirmasi dari pihak zalora.


OPPORTUNITIES

  • Zalora akan semakin berkembang, dengan adanya system kerja yang di terapkannya dan dapat menghasilkan produk baru yang banyak di minati customer/ permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual. 
  • Mampu bersaing dengan jenis perusahaan online manapun apalagi dengan keputusan untuk membangun pusat teknologi di Singapura di dasarkan pada suber daya manusia, universitas yang unggul dengan lulusan ilmu komputer yang tersebar di negara tersebut.
  • Zalora akan menembus pangsa pasar.



THREATS

  • Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan atau pemanipulasian data dan tentu ini merupakan ancaman bagi zalora, apabila zalora tidak segera mengevaluasi keterlambatan respon bagi pihak zalora itu akan mengancam penurunan reputasi untuk perusahaan zalora itu sendiri.


Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...