Definisi strategi generik menurut M. Porter adalah suatu pendekatan strategi perusahaan dalam rangka mengungguli pesaing dalam industri sejenis.
Menurut Michael Porter, ada tiga landasan strategi yang dapat membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus. Porter menamakan ketiganya strategi umum (strategi generik). Keunggulan biaya menekankan pada pembuatan produk standar dengan biaya per unit sangat rendah untuk konsumen yang peka terhadap perubahan harga. Diferensiasi adalah strategi dengan tujuan membuat produk yang menyediakan jasa yang dianggap unik di seluruh industri dan ditujukan kepada konsumen yang tidak terlalu peduli dengan perubahan harga. Fokus berarti membuat produk dan menyediakan jasa yang memenuhi keperluan sejumlah kelompok kecil konsumen.
DIVERENSIASI
PT vans memilih diverensiasi dan menjadikan pangsa pasar internasional sebagai titik perhatian utama .
Strategi bisnis unit menciptakan diferensiasi melalui kualitas produk yang tinggi, awet dan tahan lama.
Persyaratan untuk strategi ini adalah: 
     1. Keterampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan:
       a Jaringan Distribusi penyebaran produk yang telah tersebar dibeberapa negara
       b.  Mampu memproduksi alas kaki yang berkualitas, kuat, dan tahan lama
        c. Pembagian divisi kerja yang jelas
   2. Persyaratan Organisasi Umum:
        a.  Koordinasi yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan  produk,  dan pemasaran.
        b.  Pengukuran dan insentif yang subyektif.
         c. Perekrutan karyawan yang berkompeten dan kreatif di bidang masing masing
         d. Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan  keunikan yg sesuai  dengan permintaan para pelanggan. 
 VALUE CHAIS UNTUK DI DEVERENSIASI 
adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yg sesuai dg permintaan para pelanggan.
 1.Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
     a.  Tingkat kepentingan dari tiap aktivitas yang berbeda
     b. Keterpisahan dari aktivitas yang berbeda.
     c.  Dibuat rantai nilai yang terpisah untuk setiap kelompok pelanggan. 
 2. identifikasi faktor penentu diferensiasi 
     a. menggunakan bahan kulit asli
     b. memilih bahan-bahan yang berkualitas
3.Pilih dan tentukan faktor-faktor kunci 
     a. Saluran distribusi produk Vans telah dikenal secara meluas
      b.Bahan berkualitas,awet dan tahan lama
4.Tempatkan keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan pelanggan.
menciptakan nilai bagi pelanggan meliputi :
   a. Menurunkan biaya
   b.Vans telah memberikan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, akan tetapi    tidak menurunkan kualitas yang diberikan
   c. Memberi produk diferensiasi pada aktivitas pelanggan
   d.Vans melncurkan Produk sepatu yang tahan air dan tidak mudah rusak
Analisis value chains di atas: 
 Inbound logistic
bahan baku         : menyediakan bahan bahan untuk membuat sepatu vans
 gudang penyimpanan : bahan baku dari supplier di terima di gudang kemudian di beri kode dan di            input persediaan untuk memudahkan kontrol jumlah persediaan yang             tersedia , persediaan yang habis dan persediaan yang di btambah
 supplier       : memasok barang dan kemudian di kirim ke gudang untuk di simpan
 supervisor        : memasarkan dan mempromosikan produk bisa di kenal di kalangan             masyarakat
 produk        :barang sepatu yang kita jual dan menawarkan ke konsumen
Operation
 tenaga produksi      : membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan terutama yang berpengalaman         di bidang olah sepatu
  quality produk      : vans meemberikan kualitas yang bagus dengan bahan lunarlon sehingga          nyaman di pakai sehari hari .
 pengolahan produk : dalam proses pengolahan dilakukan cutting prosses , sewing process , stockfit        process , assembling process dan terahir proses finishing
Outbond logistic
distributor  : memasarkan barang kepada konsumen sehingga produk bisa di kenal di                       kalangan masyarakat
 packing : menyiapkan / membungkus sepatu tersebut ke dalan dos (tempat ) untuk segera      pasarkan
produk display     : sepatu vans yang sudah di packing rapi untuk segera di beri label
Labeling  : proses label / pembelian logo vans yang segera di pasarkan ke pasar asia dan      internasional .
Marketing and sales
Website  : situs online untuk mempromosikan barang dan untuk      mempermudah penjualan produk penjualan sepatu vans
promosi  : untuk mempromosikan produknya , PT vans melakukan     banyak cara seperti : pameran , iklan dan agen penjualan .
Price   : memeberikan harga yang murah namun tetap dengan mutu     dan kualitas yang bagus
pameran  : memamerkan produk vans ke khalayak ramai contohnya :   pameran di mall , toko
Service
keramahan    : selalu ramah dan tersenyum  kepada pengunjung yang      datang ke outlet / toko kita .
 kerapian  : menggunakan pakaian lengkap serta rapi untuk       menghadapi pengunjung yang datang ke toko
 Kebersihan  : selalu menjaga kebersihan toko dan produk yang kita akan      jual
 cepat respon  : cepat menanggapi / merespon customer yang akan       membeli sepatu vans
 kesabaran  : selalu sabar dan sikap santn terhadap customer yang      datang ke toko .
Comments