Skip to main content

Tips menjadi pengusaha muda yang sukses


21 Kiat Sukses untuk Pengusaha Muda dan Calon


    Menjadi sukses sering kali berarti belajar dari mereka yang telah mencapai tujuan mereka. Memiliki seorang mentor adalah berkah luar biasa bagi seorang wirausahawan, tetapi tidak semua orang dapat menemukannya secara pribadi.
    Jika Anda belum menemukan guru bisnis pribadi Anda, berikut adalah 21 tips untuk wirausahawan muda atau calon untuk membantu Anda memulai.

    1. Tantang diri Anda. 

    Richard Branson mengatakan motivasi terbesarnya adalah terus menantang dirinya sendiri. Dia memperlakukan kehidupan seperti pendidikan universitas yang panjang, di mana dia bisa belajar lebih banyak setiap hari. Kamu juga bisa!

    2. Kerjakan pekerjaan yang Anda pedulikan. 

    Tidak ada keraguan bahwa menjalankan bisnis membutuhkan banyak waktu. Steve Jobs mencatat bahwa satu-satunya cara untuk puas dalam hidup Anda adalah dengan melakukan pekerjaan yang benar-benar Anda yakini.

    3. Ambil risiko. 

    Kita tidak pernah tahu hasil dari upaya kita kecuali kita benar-benar melakukannya. Jeff Bezos mengatakan itu membantu mengetahui bahwa dia tidak akan menyesali kegagalan, tetapi dia akan menyesal tidak berusaha.

    4. Percaya pada diri sendiri.

    Seperti yang dikatakan Henry Ford dengan terkenal, "Apakah Anda berpikir Anda bisa, atau berpikir Anda tidak bisa, Anda benar." Percayalah bahwa Anda bisa sukses, dan Anda akan menemukan jalan melalui berbagai rintangan. Jika tidak, Anda hanya akan menemukan alasan.

    5. Memiliki visi. 

    Pendiri dan CEO Tumblr, David Karp, mencatat bahwa seorang wirausahawan adalah seseorang yang memiliki visi untuk sesuatu dan keinginan untuk menciptakannya. Jaga visi Anda jelas setiap saat.

    6. Temukan orang yang baik. 

    Dengan siapa Anda menjadi siapa Anda. Reid Hoffman, salah satu pendiri LinkedIn, mencatat bahwa cara tercepat untuk mengubah diri sendiri adalah bergaul dengan orang-orang yang sudah seperti yang Anda inginkan.


    7. Hadapi rasa takut Anda. 
    Mengatasi rasa takut itu tidak mudah, tetapi harus dilakukan. Arianna Huffington pernah berkata bahwa dia mendapati rasa takut itu seperti otot - semakin dia melatihnya, semakin kuat jadinya.

    8. Ambil tindakan. 

    Dunia ini penuh dengan ide-ide hebat, tetapi kesuksesan hanya datang melalui tindakan. Walt Disney pernah berkata bahwa cara termudah untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai melakukannya. Itu juga berlaku untuk kesuksesan Anda.

    9. Lakukan waktu. 

    Tidak ada yang berhasil dengan segera, dan semua orang pernah menjadi pemula. Seperti yang dicatat Steve Jobs dengan bijak, "jika Anda perhatikan dengan saksama, sebagian besar kesuksesan dalam semalam membutuhkan waktu yang lama." Jangan takut untuk menginvestasikan waktu di perusahaan Anda.

    10. Kelola energi, bukan waktu.

    Energi Anda membatasi apa yang dapat Anda lakukan dengan waktu Anda, jadi kelola dengan bijak.

    11. Bangun tim yang hebat. 

    Tidak ada yang berhasil dalam bisnis sendiri, dan mereka yang mencoba akan kalah dari tim yang hebat setiap saat. Bangun tim hebat Anda sendiri untuk mendukung kesuksesan Anda.

    12. Sewa karakter. 

    Ketika Anda membangun tim Anda, pekerjakan karakter dan nilai-nilai. Anda selalu dapat melatih seseorang tentang keterampilan, tetapi Anda tidak dapat membuat nilai seseorang sesuai dengan perusahaan Anda setelah fakta.

    13. Rencana untuk meningkatkan modal.

    Richard Harroch, seorang pemodal ventura, memiliki saran ini untuk wirausahawan yang akan datang: “Hampir selalu lebih sulit untuk mengumpulkan modal daripada yang Anda pikirkan, dan itu selalu membutuhkan waktu lebih lama. Jadi rencanakan untuk itu. ”

    14. Ketahui tujuan Anda. 

    Ryan Allis, salah satu pendiri iContact, menunjukkan bahwa memiliki akhir dalam pikiran setiap hari memastikan Anda bekerja ke arah itu. Tetapkan tujuan dan ingatkan diri Anda tentang hal itu setiap hari.

    15. Belajar dari kesalahan. 

    Banyak pengusaha menunjuk kesalahan sebagai guru terbaik mereka. Ketika Anda belajar dari kesalahan, Anda semakin mendekati kesuksesan - meskipun pada awalnya Anda gagal.

    16. Kenali pelanggan Anda. 

    Dave Thomas, pendiri Wendy, mengutip mengetahui pelanggan Anda sebagai salah satu dari tiga kunci keberhasilannya. Ketahuilah orang-orang yang Anda layani lebih baik daripada orang lain, dan Anda akan dapat memberikan solusi yang mereka butuhkan.

    17. Belajar dari keluhan. 

    Bill Gates pernah berkata bahwa pelanggan Anda yang paling tidak bahagia adalah sumber belajar terbesar Anda. Biarkan pelanggan yang tidak bahagia mengajarkan Anda di mana lubang dalam layanan Anda.

    18. Mintalah masukan dari pelanggan. 

    Dengan asumsi apa yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan tidak akan pernah mengarah pada kesuksesan. Anda harus bertanya langsung kepada mereka, dan kemudian mendengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan.

    19. Habiskan dengan bijak. 

    Ketika Anda menghabiskan uang untuk bisnis Anda, berhati-hatilah untuk membelanjakannya dengan bijak. Sangat mudah untuk menghabiskan terlalu banyak pada hal-hal bodoh dan kehabisan modal terlalu cepat.

    20. Pahami industri Anda. 

    Tony Hsieh, pendiri Zappos, pernah berkata, "Jangan main game yang tidak Anda mengerti, bahkan jika Anda melihat banyak orang lain menghasilkan uang dari mereka." Memahami industri Anda adalah kunci untuk sukses.

    21. Memberikan lebih dari yang diharapkan.

    Google Larry Page mendorong pengusaha untuk memberikan lebih dari yang diharapkan pelanggan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian di industri Anda dan membangun pengikut setia yang setia.
    Menjadi wirausahawan yang sukses membutuhkan banyak pekerjaan, banyak visi dan banyak ketekunan. 21 tips ini, dari wirausahawan yang telah menemukan kesuksesan, akan membantu Anda menavigasi jalan dengan lebih mudah



    Gambar dari pixabay

    Comments

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Postingan Populer

    Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

    A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

    Analisis SWOT Perusahaan Shopee

    Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

    Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

    Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

    PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

     PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

    Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

    VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

    Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

    Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

    Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

    Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

    Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

    KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

    Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

    PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

    Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

    STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...