Skip to main content

Kasus Komunikasi bisnis part 2 "SPAREPART MARVELA HOT TIDAK TERSEDIA KONSUMEN KIRIMKAN SURAT PENGADUAN DIBERITA ONLINE"


SPAREPART MARVELA HOT TIDAK TERSEDIA KONSUMEN KIRIMKAN SURAT PENGADUAN DIBERITA ONLINE

KASUS

  Pada hari Selasa 22 Desember 2015 11:27 WIB, sudah tiga tahun silam publik dihebohkan oleh seorang konsumen bernama pak agung yang mengirim surat keluhannya di surat pembaca detik.com berikut isi suratnya.
Surat pengaduan

Jakarta - Sekitar enam bulan lalu saya membeli alat pemurni air Unilever Pure It dengan seri Marvella Hot. Sebelumnya saya bertanya tentang ketersediaan spare part yang oleh SPG-nya dikatakan ready stock. Diinformasikan pula bahwa umur filter bisa mencapai satu tahun atau kurang lebih hingga 4.000 liter air dengan pemakaian normal, dan mampu menghemat air isi ulang yang biasanya menjadi konsumsi kami. Awalnya pelayanan purna jual cukup memuaskan dan responsif serta tepat waktu instalasi dan sebagainya. Namun setelah kurang lebih enam bulan kemudian, sensor filter mulai berkedip merah sebagai pertanda filter harus segera diganti. Karena kebutuhan akhirnya saya memesan filter pengganti dari nomor pelanggan yang tertera. Pada telepon yang pertama, customer service menjanjikan akan  mengirimkan teknisi segera dengan filter yang harganya Rp 550 ribu dan akan dibayarkan di tempat. Namun setelah menunggu seminggu tanpa ada kepastian kedatangan teknisi, akhirnya Marvella Hot saya tidak bisa digunakan karena tidak ada lagi aliran air ke dalam tangkinya.

Customer service mengatakan jika stok filter saat ini sedang kosong karena keterlambatan pasokan dari India dan dijanjikan akan segera mengirimkan teknisi jika pasokan filter sudah datang. Tetapi sampai surat ini saya kirimkan, teknisi belum datang untuk melakukan penggantian filter. Hal ini menyebabkan saya harus membeli air kemasan seperti sebelumnya.

Agung agungcwidi78@gmail.com
08158901710

Surat balasan

Setelah beberapa minggu unilever mengirimkan Surat balasan di surat pembaca detik.com untuk pak agung tepatnya pada Rabu 06 Januari 2016, 07:33 WIB, yang berisi sebagai berikut:
Sehubungan dengan surat pembaca yang dikirimkan oleh Bapak Agung yang dimuat di surat pembaca di Detik.com (22/12/2015) dengan judul "Spare Part Marvella Hot Tak Tersedia", dengan ini Unilever Indonesia ingin menjelaskan sebagai berikut:

Kami telah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada Bapak Agung dengan mendatangi kediaman beliau (24/12/2015) sekaligus memberikan penggantian filter Pureit seri Marvella Hot milik beliau. Kunjungan tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Agung.
Apabila konsumen memiliki pertanyaan mengenai Pureit, konsumen dapat menghubungi Suara Konsumen Pureit di nomor 1500-258 (Pulsa Lokal).

Demikian penjelasan yang ingin kami sampaikan. Besar harapan kami informasi ini dapat dimuat di Detik.com. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Maria D Dwianto
Head of Corporate Communications
PT Unilever Indonesia Tbk

PENJELASAN KASUS

Sudah enam bulan pak agung membeli alat pemurni air Unilever Pure It dengan seri Marvella Hot, namun setelah enam bulan pemakain filter rusak dan harus diganti, padahal menurut SPG produk tersebut umur filter dapat digunakan sampai satu tahun atau 4.000 liter pemakaian air.

Pak agung menanyakan ketersediaan spare part kepada SPG, dan SPG mengatakan spare part ready stok atau tersedia, kemudian pak agung menelpon customer service dan dijanjikan akan  mengirimkan teknisi segera dengan filter yang harganya Rp 550 ribu dan akan dibayarkan di tempat. Namun setelah menunggu seminggu tanpa ada kepastian kedatangan teknisi, akhirnya Marvella Hot pak agung tidak bisa digunakan karena tidak ada lagi aliran air ke dalam tangkinya.

Customer service mengatakan jika stok filter saat ini sedang kosong karena keterlambatan pasokan dari India dan dijanjikan akan segera mengirimkan teknisi jika pasokan filter sudah datang. Tetapi tenaga teknisi belum datang untuk melakukan penggantian filter sampai pak agung membeli air minum isi ulang.



SOLUSI

Penulisan direct request

Penulis surat pengaduan dapat menjelaskan masalah yang dihadapi dengan rinci sehingga pembaca dapat memahami apa masalah yang sebenarnya.
Penulis pesan tidak melampiran informasi pendukung seperti faktur pembelian atau bukti dan dokumen-dokumen pendukung, untuk itu harus foto atau bukti bahwa suku cadang dari filter benar-benar rusak. hal ini bertujuan memperkuat surat pengaduan yang dibuat.

Untuk nada surat tersebut tidak ada marah atau emosional, penulis pesan dalam membuat surat pengaduan usahakan harus bersifat rasional dan tidak berkata-kata yang kasar, menyakitkan, dan tidak sopan.

Penulis pesan dapat mengemukakan harapan dan keinginannya dikemudian hari terhadap adanya pengaduan tersebut.
Penulis mencantumkan nama, alamat, dan nomor telepon secara lengkap, hal ini akan mempermudah bagi manajer perusahaan dalam menanggapi pengaduan penulis, karena surat pengaduan itu dipublikasikan secara umum maka ada hak-hak privasi didalamnya sehingga hanya nomor hp dan email penulis saja yang dimuat.

Tanggapan perusahaan mengenai surat pengaduan tersebut sangat baik dan cepat, yaitu dengan langsung mendatangi kediaman yang bersangkutan dan memberikan pelayanan dengan maksimal.
Penulis surat sebaiknya menghubungi nomor konsumen langsung atau bisa datang ke toko atau pabrik produk tersebut dan tidak mempublikasikan keluhannya pada media sosial maupun publik sehingga dapat menjaga nama baik perusahaan.
Terjalinya komunikasi yang baik antara penulis dan penerima pesan.



Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...