Skip to main content

Q & A Bisnis Internasional


Pengaruh perang dagang cina dan USA terhadap perekonomian dunia dan indonesia

Dampak global 

Perang dagang Amerika-China yang terus meningkat akan menghambat pertumbuhan ekonomi global tahun ini dan tahun depan. Demikian dikatakan Dana Moneter Internasional (IMF) hari Selasa (9/10), sementara Presiden Amerika Donald Trump kembali mengancam akan memberlakukan tarif yang lebih tinggi terhadap ekspor China ke Amerika.

Dalam penilaian baru yang dirilis dalam pertemuan di Bali, IMF meramalkan "semua orang akan terimbas," sementara Amerika dan China - dua ekonomi terbesar dunia - berselisih soal tarif dan masalah perdagangan lain. Dikatakan, perselisihan antara Amerika dan China akan membuat khususnya negara-negara berkembang rentan terhadap tekanan tiba-tiba.
Lembaga keuangan internasional itu menurunkan proyeksinya bagi pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 0,2 persen untuk tahun 2018 dan 2019 menjadi 3,7 persen, pemangkasan pertama prospek ekonomi dalam lebih dari dua tahun.
IMF memperkirakan 2,9 persen pertumbuhan Amerika tahun ini, turun menjadi 2,5 persen tahun depan, dan menjadi 1,8 persen dalam tahun 2020, karena dampak pemotongan pajak Amerika memudar dan perang dagang dengan China menghambat pertumbuhan.
Amerika dan China saling memberlakukan tarif lebih tinggi pada produk-produk ekspor kedua negara bernilai puluhan miliar dolar, tidak jelas perselisihan dan saling balas ini akan berakhir. Trump memberlakukan tarif lebih tinggi untuk barang China ke Amerika sebagai respon atas ketidakseimbangan perdagangan antara kedua negara, dan China dengan cepat menanggapi dengan menerapkan pungutan yang lebih tinggi atas impor Amerika.


Dampak bagi indonesia

Indonesia punya peluang eksporke kedua negara tersebut khususnya baja, aluminium, buah dan besi
Menurunnnya ekspor bahan baku indonesia kechina dan amerika, hal ini terjadi jika cakupan perang dagang meluas ke produk lain.

Produk yang dihasilkan china dan amerika terhambat tarif yang tinggi dikedua negara dan akan cari jalan kepasar lain kesemua negara (terjadi trade diversion yang bisa dimaksimalkan indonesia) dan membuat defisit neraca anggaran naik

Dampak kemajuann TI, dampaknya pada perusahaan berbasis ritel dll.

Perusahaan IT yang bergerak di industri retail dan manajemen properti, PT Relindo Prima Solusitama, menjalin kerja sama dengan RetailNext, salah satu perusahaan IT yang bermarkas di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Melalu keterangan tertulisnya, Senin (4/4/2016), Presiden Direktur PT Relindo Prima Solusitama, Andreas Kartawinata menilai, seiring perkembangan teknologi digital, industri retail ikut terkena dampak perubahan, khususnya dalam hal teknologi.

Saat ini, pelaku usaha ritel dapat menganalisa berapa jumlah trafik dan karakteristik dari konsumennya, memanfaatkan teknologi digital berupa aplikasi atau software.

“Produk sistem informasi yang dibangun RetailNext bermanfaat bagi pelaku industri ritel, seperti pertokoan maupun pusat perbelanjaan di Indonesia untuk mengembangkan bisnis melalui platform analitik yang mencakup analisa jumlah pelanggan, kebiasaan pelanggan, berapa lama waktu pelanggan menghabiskan waktu melihat-lihat sebelum membeli, hingga menganalisa trafik calon pembeli pada jam-jam tertentu,” kata Andreas.
Ia mengklaim, dari semua brand aplikasi atau software yang ada, hanya RetailNext yang secara komprehensif mampu menganalisa secara detail.

Secara global, lanjut Andreas, pemakaian platform analitik retail telah meningkat secara eksponensial. Perusahaan ritel di seluruh dunia memahami besarnya keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan analisa mendalam terhdap pelanggan dan kebiasaan belanja mereka.
“Dengan memanfaatkan teknologi RetailNext, pebisnis ritel di Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk melakukan hal tersebut demi meraup pasar global dan menjadi pembeda dengan pesaing,” ujarnya.

Sementara CEO Retailnext Alexei Agratchev mengatakan, di Amerika Serikat hampir semua peritel telah memanfaatkan teknologi RetailNext.

“Kita menggunakan berbagai sensor, kamera, bluetooth, dan juga video dari pergerakan customer di toko. Sistem akan menganalisa data, keamanan toko dan menganalisa video dari sensor-sensor itu,” terang Alexei.

Ia membeberkan, pihaknya memerlukan waktu bertahun-tahun dan menghabiskan biaya hingga ratusan juta dollar AS dalam pengembangan teknologi ini. Bahkan, untuk tahun ini mereka menggelontorkan US$ 15 juta untuk pengembangan lebih lanjut dari software RetailNext.

Pengaruh ini akan sangat berguna dalam bidang yang akan dilakukan. Kira-kira apa saja pengaruhnya? Simak kuantitatifnya berikut ini.

Menjangkau Bisnis Lebih Luas

Teknologi bisa membuat bisnis menjadi lebih luas. Pengembangan jaringan pada suatu bisnis dapat dilakukan dengan mudah berkat pengembangan teknologi, terutama teknologi informasi. Ini merupakan keuntungan dari keberadaan teknologi tersebut.

Menghilangkan Jarak

Jarak yang ada saat ini sudah bukan merupakan tempat bagi seseorang atau organisasi dalam menjalankan bisnisnya. Teknologi informasi terkait terhubungnya produsen dengan konsumen melalui cara-cara yang praktis.

Mempercepat Laju Bisnis

Laju bisnis juga dapat dipercepat berkat adanya dukungan teknologi. Komunikasi bisnis menjadi lebih mudah dan berjalan efektif. Laju bisnis yang semakin berkembang tentu saja memberikan hasil yang lebih signifikan. Tujuan komunikasi pemasaran dapat lebih cepat dicapai.

Memudahkan Negosiasi

Teknologi juga dapat membuat negosiasi dalam komunikasi bisnis berlangsung dengan lebih baik. Proses negosiasi menjadi lebih cepat dan tidak bertele-tele. Sebagai contoh, pihak ketiga dapat langsung berpartisipasi melalui teknologi pada saat negosiasi bisnis akan dilaksanakan.

Menurunkan Biaya Komunikasi

Era sebelumnya sebelum teknologi informasi berkembang, biaya untuk melakukan komunikasi mungkin jauh lebih mahal dibandingkan sekarang. Melalui berbagai macam pengembangan dalam pengembangan teknologi informasi, maka biaya dalam komunikasi bisnis dapat ditingkatkan sehingga semakin banyak mendatangkan keuntungan.

Meningkatkan Aliran Komunikasi

Aliran komunikasi juga dapat menjadi berkat berkat teknologi dalam jenis-komunikasi bisnis tertentu . Ini karena akses yang mudah pada saluran komunikasi yang ada. Kita bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai proses bisnis yang dilakukan juga bisa berkembang dengan baik.

Mempermudah Transaksi Bisnis

Transaksi bisnis kini semakin mudah dengan adanya teknologi di sini. Konsumen dapat dengan mudah melakukan pembayaran berkat cara pembayaran yang sekarang jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Proses ini juga akan tergantung dari bentuk komunikasi bisnis.

Mempermudah Kegiatan Promosi

Promosi suatu produk atau produk dapat dilakukan dengan mudah berkat teknologi informasi. Era dahulu, seorang pebisnis harus membayar mahal hanya untuk meminta pembelanjaan produknya. Namun saat ini, pebisnis cukup melakukan promosi hanya melalui jaringan internet saja. Beragam
fungsi komunikasi bisnis lainnya juga dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Meluasnya Kesempatan Bisnis
Kemudahan teknologi informasi menyebabkan peluang untuk peluang bisnis berkembang sangat pesat. Kita bisa merasakannya, sebagian besar lapangan pekerjaan yang semakin luas pula terima kasih yang didapat di dalam komunikasi bisnis. Penyebaran informasi yang berlangung dengan cepat menjadi keuntungan tersendiri.

Peningkatan Roda Bisnis

Produksi dari bisnis dapat meningkat secara maksimal. Ini merupakan salah satu keuntungan terbaik yang bisa didapat. Fungsi komunikasi bisnis dalam manajemen juga dapat lebih tercipta dengan baik. Kelancaran dalam komunikasi bisnis memang akan sangat berpengaruh dalam kecepatan perputaran roda bisnis. Pengaruh teknologi dalam komunikasi bisnis dapat sangat terasa ditandai dengan grafik keuntungan yang semakin meningkat.

Strategi apa yang harus dilakukan jika ingin bertahan dan berhasil didunia bisnis internasional

Miliki kemauan dan mimpi yang besar
Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memiliki kemauan dan juga mimpi yang besar. Hal ini dikarenakan dalam cara mempertahankan bisnis, mimpi dan kemauan yang besar dapat mencegah pengusaha atau pebisnis cepat puas dengan apa yang telah ia capai. Tentunya hal cepat puas merupakan hal yang salah dalam dunia bisnis.

Rasa cepat puas akan mematikan inisiatif untuk terus berinovasi memajukan bisnis yang ia miliki dan selalu memperbaiki kekurangan dari bisnisnya. Untuk itulah mimpi dan kemauan yang kuat menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh pengusaha.

 Miliki perancangan dan strategi yang matang, Perancangan dan strategi yang dimaksud adalah bagaimana seorang pebisnis tersebut mengelola bisnisnya. Mulai dari target apa yang akan ia capai ataupun bagaimana ia menangani konsumen dari bisnis yang ia miliki. Hal ini menjadi suatu yang penting karena dalam cara mempertahankan bisnis, rencana dan strategilah yang akan menentukan jalannya sebuah bisnis tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali meremehkan sebuah rencana dan strategi yang matang demi kemajuan bisnis yang Anda miliki.

Perlakukan pelanggan dengan baik
Pelanggan atau customer memegang peranan yang sangat vital terhadap sebuah usaha. Sebagai seorang pengusaha, adalah hal yang sangat tidak baik untuk meremehkan kehadiran dan peran dari seorang pelanggan. Selalu perlakukan pelanggan yang Anda miliki dengan baik dan ramah, karena itulah yang akan menentukan apakah pelanggan tersebut akan tetap kembali ke usaha Anda atau tidak.

Inovasi dan kreativitas, inovasi dan kreativitas juga menjadi poin yang sangat penting dalam usaha cara mempertahankan bisnis. Inovasi dan kreatifitas harus mutlak dilakukan oleh seorang pengusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan bisnis atau usaha yang ia miliki. Berkaitan dengan rasa tidak puas yang disebutkan pada poin sebelumnya, jangan mudah cepat puas terhadap bisnis yang Anda miliki Karena sesungguhnya akan selalu ada kekurangan pada setiap bisnis dan usaha yang ada. Dan yang perlu Anda lakukan adalah selalu berinovasi dan memanfaatkan kreativitas yang dimiliki agar bisnis Anda bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan tidak ada habisnya.

Bangun koneksi seluas-luasnya, Dan cara mempertahankan bisnis terakhir adalah tentang koneksi. Koneksi atau jaringan akan sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis atau pengusaha. Hal ini akan sangat berperan dalam bidang pemasaran dan juga promosi usaha Anda. Semakin banyak koneksi yang dimiliki maka peluang promosi yang Anda dapatkan juga akan semakin besar.

Angkatan kerja yang besar berpengaruh terhadap dunia investasi

Pertumbuhan investasi dalam 8 tahun terakhir diiringi dengan penurunan serapan tenaga kerja hingga separuhnya. Perkembangan otomasi sektor industri dan kurangnya daya saing sumber daya manusia (SDM) dinilai menjadi memengaruhi terbentuknya tren tersebut.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menjelaskan bahwa korelasi antara nilai investasi dan penyerapan tenaga kerja yang menyusut menunjukkan adanya masalah dalam penyediaan lapangan kerja di Indonesia.

Dia memaparkan, berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) total investasi yang masuk ke Indonesia, baik bebentuk penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp206 triliun. Jumlahnya meningkat hampir tiga kali lipat pada 2016 menjadi Rp608 triliun.

Pada 2010, tercatat 5.020 orang tenaga kerja terserap dari setiap Rp1 triliun investasi yang masuk. Jumlah serapan tenaga kerja menyusut pada 2016 menjadi 2.200 orang per Rp1 triliun.

"Total investasi naik tiga kali lipat, tapi penyerapan tenaga kerjanya turun 50% lebih. Ini berlanjut lagi pada 2018, data resminya belum keluar tapi kami perkirakan itu menyusut lagi, per satu triliunnya dari 2200 orang itu," ujar Hariyadi di Jakarta, Senin (14/01/2019).
Dia menilai adanya pembiaran pada mix and match secara vertikal maupun horizontal di lapangan kerja menyebabkan berkembangnya tren tersebut.

Vertikal di sana menurut Hariyadi menyangkut pembiaran tenaga kerja bekerja tidak sesuai jenjang pendidikan, sedangkan horizontal menyangkut pembiaran kerja yang tidak sesuai bidang.

Pembiaran tersebut menurutnya didasari upah minimum yang tinggi bagi tenaga kerja sehingga perusahaan sulit melakukan penyelarasan kemampuan akademik tenaga kerja dengan bidang yang dikerjakan.

Permasalahan tersebut kemudian menurut Hariyadi dapat menghambat pengembangan kualitas tenaga kerja, terlebih untuk menghadapi era industri 4.0.
"Kita tidak pernah membedah secara keseluruhan, dengan angkatan kerja setiap tahun dua juta orang dan penyerapan tenaga kerja yang semakin sempit ini kan tidak pernah terpikirkan. Kita selalu berpikir seolah-olah industri baik-baik saja, bisa tetap menyerap jumlah besar, itu yang sebetulnya keliru," tambah Hariyadi.
Sekjen Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandar menilai fenomena tersebut terjadi seiring berkembangnya otomasi dalam sektor industri, sehingga tidak semua sektor menyerap banyak tenaga kerja.

Dia menilai peningkatan nilai investasi pun perlu dicermati karena investasi padat modal juga turut meningkat.

"Kita lihat dulu dia [investasi] di sektor high-tech, capital intensive atau labour intensive. Jadi kita tidak bisa membandingkan yang lalu sekian, jumlah investasi sekian, tenaga kerja sekian serapannya, perlu dilihat ke mana arahnya [investasi]," ujar Haris saat ditemui di kantor Kemenperin, Senin sore (14/01/2019).

Perkembangan industri 4.0 sendiri menurutnya mendorong perkembangan industri padat modal dan padat karya.
Beberapa sektor prioritas pengembangan industri 4.0 menurutnya memiliki arah yang berbeda, seperti industri otomotif cenderung memiliki serapan tenaga kerja yang lebih sedikit per Rp1 triliun investasi dibandingkan sektor padat karya seperti industri tekstil.

Haris menjelaskan bahwa kualitas tenaga kerja Indonesia masih perlu dikembangkan. Terlepas dari tren penurunan serapan tenaga kerja, Haris menilai langkah pemerintah untuk fokus pada pengembangan SDM sudah tepat.
Faktor finansial dan sumber daya alam saat ini menentukan suatu keberhasilan terhadap suatu negara


Kebijakan anti dumping

Anti-dumping merupakan kebijakan suatu negara importir untuk melarang negara eksportir menjual produk lebih murah dari harga domestik. Sementara lewat anti-subsidi, negara importir melarang negara eksportir memberi subsidi pada produsen mereka sehingga harga produk menjadi lebih murah Sementara kebijakan safe guard adalah kebijakan pengamanan industri dalam negeri dengan mengenakan tarif, bea masuk, hingga kuota, pada produk impor.

Dikutip dari laman Komite Anti Dumping setiap negara anggota World Trade Organization atau WTO memang diizinkan untuk mengambil tindakan seperti anti-dumping, anti-subsidi, maupun safe guard terhadap barang impor. Tujuannya adalah untuk memulihkan kerugian yang dialami oleh industri dalam negeri akibat barang impor yang masuk dengan harga yang tidak wajar. "Jadi Indonesia harus memperluas penerapan kebijakan ini, terutama untuk negara eksportir yang curang," Bachrul.

Mengatasi persaingan bisnis antar negara eksportir dan importir

Akan tetapi hingga saat ini, kegiatan ekspor impor baru digunakan secara maksimal oleh negara-negara maju saja. Negara-negara berkembang dan terbela-kang terutama banyak yang terlalu berkonsentrasi pada pengimporan bahan-bahan mentah dan terlalu bergantung pada upah buruh yang rendah sehingga cenderung sulit bersaing dengan negara-negara maju yang mengekspor barang jadi ke negara-negara berkembang dengan harga yang jauh lebih mahal. Negara-negara maju cenderung mengunakan negara-negara berkembang untuk menguji pasar-pasar luar negeri potensial. Produk-produk dari negara maju jadi memiliki masa hidup yang panjang dengan mengekspornya ke negara-negara dengan teknologi yang tidak terlalu maju.

Untuk mengatasi persaingan yang cenderung tidak seimbang ini, negara-negara berkembang harus memperbaiki sumber daya manusianya terlebih dahulu. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat mendorong munculnya berbagai macam inovasi-inovasi sehingga dapat mendorong daya saing ekspor dari dalam negeri sendiri. Perlu diingat bahwa saat ini kegiatan ekspor impor bukan lagi kegiatan jual beli lintas negara semata akan tetapi juga persaingan yang lebih luas dan kompetitif dalam pasar global dimana kualitas dan keunikan prosuk disertai dengan inovasi dan pelayanan yang memuaskan dapat menentukan kesuksesan bisnis tersebut.

Apa yang harus dilakukan untuk dapat memasuki dan mempelajari pasar dinegara lain dan agar cepat beradaptasi


  • Adaptasi dengan Bahasa Lokal
  • Adaptasi dengan Lingkungan sosial
  • Adaptasi dengan Makanan
  • Adaptasi dengan Keuangan
  • Adaptasi dengan cuaca / iklim


Tugas pokok dan fungsi world bank dan internasional monetary fund

Fungsi bank dunia

  1. Meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui program kesehatan dan pendidikan
  2. Mengembangkan bidang kehidupan sosial, pemerintahaan dan membangun institusi sebagai kunci elemen pengurangan kemiskinan
  3. Menguatkan kemampuan pemerintah dalam pemberian pelayanan yang berkualitas, efisien dan transparan
  4. Pelestarian lingkungan hidup
  5. Mendorong dan mendukung pengembangan bisnis sektor swasta
  6. Turut ambil andil dalam pembentukan stabilitas lingkungan ekonomi makro sehingga tetap dalam kondisi kondusif untuk investasi dan perencanaan jangka panjang



Tugas pokok bank dunia


  1. Membantu negara yang rusak akibat perang
  2. Memberi pinjaman
  3. Meningkatkan penanaman modal atau investor diswasta
  4. Membiayai pembangunan berbagai infrastruktur di dunia
  5. Tujuan internasional monetary fund
  6. Tujuan awal IMF untuk dapat menata alat pembayaran (uang) yang nilai standarnya rusak akibat perang dunia ke II.
  7. Membantu dalam memperlancar kerja sama dengan melalui perundingan2 dalam bidang keuangan
  8. Membantu dan memperlancar perdagangan internasional
  9. Membantu dan memecahkan permasalahan perekonomian negara anggota sehingga memperluas kesempatan kerja
  10. Membantu negara anggota untuk dapat memperbaiki serta juga mengatasi kesulitan pembayaran luar negeri dengan melalui pemberian pinjaman
  11. Mengusahakan tercapainya stabilitas nilai mata uang (valuta) serta juga mewujudkan sistem pembayaran internasional sehingga dapat mengurangi hambatan perdagangan antarnegara
  12. Membantu dalam mengatasi ketidakseimbangan struktur neraca pembayaran negara2 anggota


Fungsi IMF


  1. Mengawasi kesepakatan nilai tukar tetap antar negara
  2. Membantu pemerintah dalam mengelola nilai tukarnya sehingga akan memungkinkan pertumbuhan ekonomi
  3. Serta menyediakan modal jangka pendek untuk dapat membantu neraca pembayaran 


Langkah manajer SDM mempersiapkan tenaga kerja untuk bisnisnya diluar negeri

  • Kemampuan bahasa asing yang baik
  • Kemampuan berfikir secara global
  • Pengalaman berorganisasi


Gambar dari pixabay 

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc