Skip to main content

Q & A Manajemen Pemasaran (Ekuitas merek)


1. A apa yang dimaksud ekuitas merek, mengapa harus dibangun, diukur dan dikelola

Jawab: ekuitas merek (brand equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, Dan juga harga, pangsa pasar, dan profitabilitas yang diberikan merek bagi perusahaan.

b. perluasan merek dan contohnya:
perluasan lini, merek induk mencakup produk baru didalam kategori produk yang dilayaninya saat ini seperti rasa, bentuk, warna, bahan, dan ukuran kemasasan yang baru. Contonya: dannon memperkenalkan beberapa jenis perluasan lini yogurt dannon selama bertahun2-fruit on the bottom, all natural flavors, dan fruit blends
perluasan kategori, merek induk digunakan untuk memasuki kategori produk berbeda dari kategori yang dilayaninya saat ini. Contoh: jam tangan swiss army, honda (mobil, motor, peniup salju, pemotong rumput, mesin kapal laut, mobil salju)

 2.Tahapan siklus hidup produk (product life cycle) dan strategi2 yang tepat untuk  diterapkan pada masing2 tahapannya Siklus hidup produk jika ada empat hal;


  • Produk mempunyai usia yang terbatas

Penjualan produk melalui tahap2 berbeda, setiap tahap mempunyai tantangan, peluang, dan masalah yang berbeda bagi penjual


  • Laba naik dan turun pada berbagai tahap siklus hidup produk

Produk memerlukan strategi pemasaran, keuangan, manufaktur, pembelian dan sumber daya manusia yang berbeda dalam setiap tahap siklus hidup

Tahapan PLC:


  • Tahap pengenalan dan keunggulan pelapor: bertujuan menciptakan kesadaran dan percobaan produk, strategi: menawarkan produk dasar, mengenakan tambahan biaya, membangun distribusi selektif, membangun kesadaran produk diantara pengadopsi awal dan penyalur, menggunakan promosi penjualan besar2an untuk membuat pelanggan mencoba.



  • Tahap pertumbuhan:bertujuan memaksimalkan pangsa pasar, strategi: menawarkan perluasan produk, layanan, jaminan; harga untuk penetrasi pasar; membangun distribusi intensif, membangun kesadaran dan minat dipasar massal; mengurangi promosi untuk memanfaatkan permintaan konsumen yang besar.



  • Tahap kedewasaan:bertujuan memaksimalkan laba sambil mempertahankan pangsa pasar; strategi:mendivesifikasikan merek dan model barang; harga untuk menyamai atau mengalahkan pesaing; membangun distribusi yang lebih intensif; menekankan perbedaan dan manfaat merek; nilai untuk mendorong agar pelanggan pindah merek.


  • Tahap penurunan; bertujuan mengurangi pengeluaran dan memerah merek, strategi: membuang produk lemah; menurunkan harga; menjadi selektif membuang gerai yang tidak menguntungkan ; mengurangi sampai tingkat yang diperlukan untuk mempertahankan pelanggan yang sangat loyal; mengurangi promosi sampai tingkat minimal. 

3. Segmentasi perilaku dan contohnya

Dalam segmentasi perilaku, pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau respon terhadap sebuah produk.

Jika ada sebuah perusahaan yang menjadi pemimpin pasar, apa yang harus diambil, menjadi penantang pasar, pengikut pasar atau penceruk pasar dan contohnya


penantang pasar; menyerang pemimpin pasar dan pesaing pasar dengan penawarkan yang agresif untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih banyak. Penantang juga harus memilih strategi serangan yang spesifik.

Pengikut pasar adalah perusahaan nomor dua yang bersedia mempertahankan pangsa pasarnya dan tidak mengguncang perahu. Pengikut dapat memainkan peran pemalsu, pengklon, peniru, pengadopsi
Penceruk pasar melayani segmen pasar kecil yang tidak dilayani oleh perusahaan yang lebih besar. Kunci pencerukan adalah spesialisasi. Penceruk mengembangkan penawaran untuk benar2 memenuhi kebutuhan kelompok pelanggan tertentu, mengenakan harga mahal dalam prosesnya.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc