1. A apa yang dimaksud ekuitas merek, mengapa harus dibangun, diukur dan dikelola
Jawab: ekuitas merek (brand equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, Dan juga harga, pangsa pasar, dan profitabilitas yang diberikan merek bagi perusahaan.
b. perluasan merek dan contohnya:
perluasan lini, merek induk mencakup produk baru didalam kategori produk yang dilayaninya saat ini seperti rasa, bentuk, warna, bahan, dan ukuran kemasasan yang baru. Contonya: dannon memperkenalkan beberapa jenis perluasan lini yogurt dannon selama bertahun2-fruit on the bottom, all natural flavors, dan fruit blends
perluasan kategori, merek induk digunakan untuk memasuki kategori produk berbeda dari kategori yang dilayaninya saat ini. Contoh: jam tangan swiss army, honda (mobil, motor, peniup salju, pemotong rumput, mesin kapal laut, mobil salju)
2.Tahapan siklus hidup produk (product life cycle) dan strategi2 yang tepat untuk diterapkan pada masing2 tahapannya Siklus hidup produk jika ada empat hal;
- Produk mempunyai usia yang terbatas
Penjualan produk melalui tahap2 berbeda, setiap tahap mempunyai tantangan, peluang, dan masalah yang berbeda bagi penjual
- Laba naik dan turun pada berbagai tahap siklus hidup produk
Produk memerlukan strategi pemasaran, keuangan, manufaktur, pembelian dan sumber daya manusia yang berbeda dalam setiap tahap siklus hidup
Tahapan PLC:
- Tahap pengenalan dan keunggulan pelapor: bertujuan menciptakan kesadaran dan percobaan produk, strategi: menawarkan produk dasar, mengenakan tambahan biaya, membangun distribusi selektif, membangun kesadaran produk diantara pengadopsi awal dan penyalur, menggunakan promosi penjualan besar2an untuk membuat pelanggan mencoba.
- Tahap pertumbuhan:bertujuan memaksimalkan pangsa pasar, strategi: menawarkan perluasan produk, layanan, jaminan; harga untuk penetrasi pasar; membangun distribusi intensif, membangun kesadaran dan minat dipasar massal; mengurangi promosi untuk memanfaatkan permintaan konsumen yang besar.
- Tahap kedewasaan:bertujuan memaksimalkan laba sambil mempertahankan pangsa pasar; strategi:mendivesifikasikan merek dan model barang; harga untuk menyamai atau mengalahkan pesaing; membangun distribusi yang lebih intensif; menekankan perbedaan dan manfaat merek; nilai untuk mendorong agar pelanggan pindah merek.
- Tahap penurunan; bertujuan mengurangi pengeluaran dan memerah merek, strategi: membuang produk lemah; menurunkan harga; menjadi selektif membuang gerai yang tidak menguntungkan ; mengurangi sampai tingkat yang diperlukan untuk mempertahankan pelanggan yang sangat loyal; mengurangi promosi sampai tingkat minimal.
3. Segmentasi perilaku dan contohnya
Dalam segmentasi perilaku, pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau respon terhadap sebuah produk.
Jika ada sebuah perusahaan yang menjadi pemimpin pasar, apa yang harus diambil, menjadi penantang pasar, pengikut pasar atau penceruk pasar dan contohnya
penantang pasar; menyerang pemimpin pasar dan pesaing pasar dengan penawarkan yang agresif untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih banyak. Penantang juga harus memilih strategi serangan yang spesifik.
Pengikut pasar adalah perusahaan nomor dua yang bersedia mempertahankan pangsa pasarnya dan tidak mengguncang perahu. Pengikut dapat memainkan peran pemalsu, pengklon, peniru, pengadopsi
Penceruk pasar melayani segmen pasar kecil yang tidak dilayani oleh perusahaan yang lebih besar. Kunci pencerukan adalah spesialisasi. Penceruk mengembangkan penawaran untuk benar2 memenuhi kebutuhan kelompok pelanggan tertentu, mengenakan harga mahal dalam prosesnya.
Gambar dari pixabay
Comments