Skip to main content

Analisa "JOGER" menggunakan pendekatan brand asset valuato


PABRIK KATA-KATA JOGER

Joger adalah ikon untuk toko souvenir berupa kata-kata lucu, unik dan banyak mengandung filsafat hidup yang hanya ada dibali. Toko souvenir yang bernama pabrik kata-kata joger didirikan pada tanggal 19 desember 1981. Awalnya Mr Gerhard seegar memberikan hadiah pernikahan kepada Mr Joseph sebesar $20.000  atau jika dirupiahkan pada saat itu sebesar Rp. 500.000, kemudian uang hasil pemberian teman sekolah Mr Joseph ini dijadikan modal untuk membangun usaha.

Nama joger sendiri adalah gabungan antara dua huruf nama depan joseph theodarus wuliandi dengan tiga huruf Gerhard seeger. Pada tahun 1987 joger resmi membuka tokonya di jalan sulawesi dan pindah dijalan raya, kuta. karena pengunjung yang semakin ramai dan sering memacetkan jalan disekitar kuta, joger akhirnya membuka satu cabang baru yang menyediakan barang-barang yang sama di jalan mekersari bedugul.

Toko souvenir khas yang hanya ada dibali. Joger dulunya hanya menyediakan kaos dengan kata-kata yang unik dan inspirasi dan sekarang joger sudah mempunyai banyak item yang bisa dibeli, mulai dari souvenir kecil, tas, batik, kaos, stiker, jam terbalik atau memutar tidak searah jarum jam pada biasa, bahkan hingga sepatu dan sandal dari ukuran anak-anak hingga dewasa.

Analisa menggunakan pendekatan brand asset valuator yang dikembangkan young dan rubicam yang terdiri dari empat pilar yaitu (1) differentiation, (2) relevance, (3) esteem dan (4) knowledge.

Differentiation

Kemampuan untuk merek berdiri terpisah, unik dari para pesaingnya. Merek dibentuk dan dipelihara dengan menawarkan sesuatu yang berbeda kepada konsumen dan memberikan janji-janji guna meningkatkan nilai tersebut.

Kekuatan Kata-kata sebagai dayak tarik untuk konsumen

Terkesan menipu pembaca, namun hal itulah membuat para pembacanya tersenyum.

Terkesan menyinggung pembaca dengan kata-kata inspirasi, namun pembaca justru membenarkan kata-kata tersebut.
Selalu membuat konsumen tersenyum karena kata-katanya yang unik dan lucu sehingga konsumen produk joger menjadi lebih percaya diri karena terkesan berbeda dari yang lain.

Untuk konsumen

Pemberian Stiker VIP untuk konsumen
Sebelum memasuki toko, konsumen akan ditempeli stiker pada baju yang bertuliskan VIP, VIP disini bukan diartikan sebagai very important person melainkan very iseng person, Pemberian stiker ini sebagai syarat memasuki ruangan yang didalamnya terdapat barang-barang yang relatif mahal.

Sebelum masuk Barang bawaan konsumen diperiksa Hal ini bertujuan untuk menghindari tindak kejahatan dan kriminal

Dilarang berfoto

Hal tersebut dilakukan oleh pihak joger bertujuan agar tidak ada upaya pembajakan kata-kata joger.

Membeli maksimal 1 lusin atau 12 buah
Hal ini bertujuan agar konsumen kebagian produk-produknya serta mengindari orang-orang untuk menjual kembali produk yang ia beli dari jogger.

Pencuri dikenakan hukum sanksi setempat
Sanksi tersebut berupa membayar barang hasil curian dua kali lipat dari harga semula, meminta maaf didepan umum, tetap berada di joger sampai joger tutup dengan tangan diborgol.

Untuk karyawan

mengunakan semboyan “Selamat Pagi”.
Sebagai salah satu tempat yang banyak dikunjungi banyak orang, Mr. Joger memiliki aturan yang diperuntukkan kepada para karyawannya untuk menyambut para pengunjung. Aturan tersebut berupa salam khas “Selamat Pagi”, tidak peduli apakah hari sudah siang atau malam. Salam khas tersebut bertujuan untuk memberi semangat kepada para pengunjung yang datang maupun kepada karyawan itu sendiri supaya bersemangat seperti seperti saat pagi hari..
Jika melakukan kesalahan, jabatan diturunkan.

Karyawan harus berhati-hati dengan peraturan ini. Karena peraturan ini, menuntut karyawan agar jangan sampai membuat hal yang ceroboh. Jika karyawan melakukan kesalahan maka, jabatannya akan diturunkan. Contohnya kasir. Apabila kasir melakukan kesalahan seperti salah dalam perhitungan barang belanjaan dan  memberi uang kembalian yang tidak sesuai bagi peembeli, maka kasir tersebut mau tidak mau harus mendapatkan konsekuensinya. Konsekuensi tersebut adalah menjadi cleaning service.

Untuk pelanggan yang berulang tahun diskon 10%

Peraturan ini khusus ditujukan pada karyawan Joger, terutama kasirnya. Karena kasir harus memberikan diskon 10% khusus kepada pembeli yang berulang tahun pada hari itu juga. Selain itu juga pembeli yang berulang tahun pada hari kemarin maupun besoknya tetap diberi diskon 10% pula. Namun, pembeli harus memiliki bukti nyata bahwa dirinya sedang berulang tahun. Caranya bisa dengan menunjukan atau memperlihatkan identitas seperti kartu tanda penduduk dan sejenisnya.

Hanya dijual dibali

Joseph Theodorus Wulianadi berprinsip joger takkan pernah membuat toko di luar Bali. Saking ketatnya aturan itu, setiap orang yang berusaha menjual kembali kaos Joger di luar Bali harus bersiap menghadapi masalah. Hal ini terbukti dengan ditangkapnya seorang penjual kaos joger online yang berhasil ditangkap polisi, uniknya alih-alih membawa kekantor, polisi tersebut membawanya kerumah pemilik joger Mr joseph, singkat cerita beliau mengatakan joger bisa saja dijual di seluruh dunia dan itu akan menghasilkan untung besar, namun kekayaan itu hanya dimiliki keluarga joger saja, dan memancing mereka yang diluar bali untuk datang ke bali dan akan untuk memakmurkan masyarakat bali. Singkat cerita pelaku membuat perjanjian agar tidak menjual kembali dan Mr joseph memberikan uang saku sebesar Rp 1,5 juta sabagai modal usaha.

Harga terjangkau

Kualitas bagus

Toko yang wajib dikunjungi ketika dibali, belum kejooger belum ke bali

Tempat souvenir yang selalu ramai dengan pembeli

 Produk Lengkap untuk anak-anak sampai dewasa

Pelayanan ramah

Menyediakan tempat duduk dan air mineral gelas untuk pengunjung
Spot yang sangat instagramable
Parkir gratis

Relevanse

Kemampuan merek untuk memposisikan diri secara efektif dipikiran konsumen, yang ditentukan identitas, atribut dan kepribadian merek dengan kebutuhan konsumen.

Tahun 1979-2000 mendapat penghargaan dari Bali News, Weekly English, sebagai Most Distinguished Person.

Tahun 2000, mendapatkan penghargaan ‘Adi Nugraha Bahasa’ dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Tahun 2000, mendapatkan penghargaan dari PWI Jawa Tengah, sebagai Man of The Year. Tahun 2001, mendapatkan penghargaan Enterprize 50 dari SWAsembada. Tahun 2002, dinobatkan sebagai Sang Paradoks oleh Majalah Manajemen.

Tahun 2006, mendapatkan penghargaan dari MURI (Meseum Rekor Indonesia) sebagai pemrakarsa dan penghasil desain terbanyak (lebih dari 5.000 desain).
Tahun 2007, mendapat penghargaan dari MURI (Meseum Rekor Indonesia) sebagai pelopor pembuat tulisan dengan huruf Braille pada media kaos.
Tahun 2009, dinobatkan sebagai The President of Word oleh Insight Bali Magazine.

Tahun 2010, kembali mendapat penghargaan dari MURI (Meseum Rekor Indonesia) karena sudah membuat lebih dari 6.000-an desain (kata-kata) yang diterapkan pada berbagai barang.
Sedangkan untuk bakti sosial yang wajib dilakukan untuk keluarga joger, joger lakukan minimal 1 kali kerja bakti & bakti sosial ke desa-desa, baik bersama kelompok sosial lain maupun hanya keluarga joger (tidak bekerja sama dengan pihak lain).

Walaupun joger bukan merek yang terbilang muda yaitu sudah beradaptasi sekitar 37 tahun sejak awal berdirinya, joger masih tetap relevan dan menempati pasar terbesar dan sangat terkenal serta menjadi tren untuk para pengunjung, slogan terkenalnya “joger jelek bali bagus” membuat konsumen tertarik dengan kata-kata yang tidak biasa dan hingga saat ini joger masih bertengger diposisi yang sama walaupun banyak produk-produk lain dipasaran. Hal tersebut karena joger memiliki relevansi dengan pasar karena pangsanya yang besar dan menjadi special dibali. Selain itu joger juga berhasil mengikat konsumennya secara emosional dengan hal-hal unik, menarik, inspiratif melalui kata-kata dan desaignnya sehingga mereka loyal dan cenderung recomended.
 Joger juga berhasil berdaptasi dan menjadi yang unik diantara yang lain, dari kata-kaat yang menarik, produk yang hanya ada dibali, peraturan-peratuaran unik serta produk yang penuh inovatif dan kreatif.
Esteem

Persepsi tentang kualitas dan perkembangan popularitas merek. Apakah merek tersebut sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Saya termasuk salah satu konsumen dari joger, walaupun belum pernah beli dibali secara langsung hanya oleh-oleh dari paman saya, waktu itu saya dibelikan baju kaos yang bertuliskan “sarapan pagi menghindari penyakit syaraf” serta terdapat tanda tangan dan nomor design selain kaos saya juga diberikan jam yang putaran jarumnya tidak seperti jarum biasa. Waktu pertama liat saya agar bingung dengan kata-kata unik yang penuh dengan kreativitas tersebut namun saya menjadi tertarik untuk mengenal joger  dan menjadikan joger sebagai produk yang mempunyai ciri khas.

Produk dari joger memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing, dengan design dan kata-kata yang uniknya dapat membuat popularitasnya semakin meningkat, serta memiliki harga yang terjangkau, peraturan unik, tempat yang bagus dekat serta memakmurkan masyarakat bali.

Knowledge

Sejauh mana kesadaran konsumen tentang merek dan pemahaman tentang identitasnya seperti kedekatan dengan konsumen, pengetahuan sejati tentang merek datang melaui pembentukan merek.
Joger membuat masyarakat menjadi makmur dengan mendatangkan pelanggan-pelanggan. Produk yang kretif dari joger membuat konsumen diseluruh dunia tertarik datang kebali. Selain itu Joger membuat diskon 10% untuk konsumen yang berulang tahun, malakukan kerja bakti untuk keluarga joger maupun untuk masyarakat, memberikan sumbangan untuk tempat ibadah, memberikan bantuan sosial dan lain-lain. Hal ini lah membuat joger semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat maupun konsumennya. 



Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc