Skip to main content

Sistem Pemprosesan utang usaha, tabel aktivitas, diagram konteks dan DFD LV 0

Pixabay



Soal 3.6:

Aston Fleming telah memutuskan untuk mendokumentasikan dan menganalisis proses utang di S&S , sehingga transisi untuk sistem terkomputerisasi akan lebih mudah. Ia juga mengharapkan untuk meningkatkan beberapa kelemahan yang ia temukan dalam sistem. Dalam narasi berikut ini, Ashton menjelaskan apa yang terjadi di S&S.

Sebelum  S&S membayar faktur vendor, faktur harus dicocokkan melalui pesanan pembelian yang digunakan untuk memesan barang dan laporan penerimaan yang dipersiapkan oleh deprtemen penerimaan. Oleh karena ketiga dokumen ini  memasukkan departemen utang pada waktu yang berbeda, file alfabetis yang terpisah disimpan untuk setiap jenis dokumen. Pesanan pembelian diteruskan dari pembelian dan disimpan dalam file pesanan pembelian. Laporan penerimaan disimpan dalam file laporan penerimaan. Ketika  faktur vendor diterima, petugas utang mencatat jumlah jatuh tempo di file utang, dan mengarsipkan faktur dalam file faktur vendor.

S&S membayar semua akun dalam 10 hari untuk mengambil keuntungan diskon pembayaran awal. Ketika tiba waktunya untuk membayar tagihan, petugas utang mengambil faktur vendor, melampirkan pesanan pembelian dan laporan penerimaan, dan meneruskan dokumen yang dicocokan  ke Ashton Fleming.
Ashton memeriksa dokumen untuk memastikannya lengkap, mempersiapkan cek dua bagian, meneruskan semua dokumen ke Susan, dan mencatat cek dalam jurnal pengeluaran kas.
Susan meninjau dokumen untuk memastikan bahwa itu merupakan pembayaran yang valid dan menandatangani cek. Ia meneruskan cek ke vendor dan mengembalikan dokumen dan salinan cek ke petugas  utang. Petugas mengarsipkan dokumen secara abjad dalam file faktur yang dibayar. Pada akhir setiap bulan, petugas utang menggunakan buku besar utang untuk mempersiapkan laporan utang yang diteruskan ke Susan, setelah ia menyelesaikan laporan, Susan mengarsipkannya secara kronologis.























Comments

Muhammad Parid said…
Sama-sama kak, semoga bermanfaat 🙏🙏
Risma X - MIA 5 said…
Permisi kak, untuk diagram nya tidak terlihat jelas di sini, kalau dizoom jadi ngga kelihatan

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc