Gambaran Umum Perusahaan
7-Eleven adalah jaringan toko kelontong (convenience store) 24 jam asal Amerika Serikat yang sejak tahun 2005 kepemilikannya dipegang Seven & I Holdings Co., sebuah perusahaan Jepang. Pada tahun 2004, lebih dari 26.000 gerai 7-Eleven tersebar di 18 negara antara pasar terbesarnya adalah Amerika Serikat dan Jepang.
Didirikan pada tahun 1927 di Oak Cliff, Texas (kini masuk wilayah Dallas), nama "7-Eleven" mulai digunakan pada tahun 1946. Sebelum toko 24 jam pertama dibuka di Austin, Texas pada tahun 1962, 7-Eleven buka dari jam 7 pagi hingga 11 malam, dan karenanya bernama "7-Eleven" (7-Sebelas).
Tahun 1991, Southland Corporation yang merupakan pemilik 7-Eleven, sebagian besar sahamnya dijual kepada perusahaan jaringan supermarket Jepang, Ito-Yokado. Southland Corporation lalu diubah namanya menjadi 7-Eleven, Inc pada tahun 1999. Tahun 2005, seluruh saham 7-Eleven, Inc diambil alih Seven & I Holdings Co. sehingga perusahaan ini dimiliki sepenuhnya oleh pihak Jepang.
Setiap gerai 7-Eleven menjual berbagai jenis produk, umumnya makanan, minuman, dan majalah. Di berbagai negara, tersedia pula layanan seperti pembayaran tagihan serta penjualan makanan khas daerah. Produk khas 7-Eleven adalah Slurpee, sejenis minuman es dan Big Gulp, minuman soft drink berukuran besar.
Analisis Strategi Generic Porter
Strategi Biaya Rendah
Dalam strategi ini, pemasar berusaha mengefisienkan penggunaan biaya sehingga produk dapat ditawarkan dengan harga yang lebih rendah untuk dapat memperoleh pangsa pasar yang lebih besar.
Strategi Diferensiasi
Dalam strategi ini, perusahaan lebih memusatkan perhatian pada usaha untuk menciptakan ciri produk yang khas serta dalam program pemasaran, sehingga dapat memenangkan persaingan dengan membuat citra yang khas pada konsumen.
Strategi Fokus
Dalam strategi ini, perusahaan memusatkan usahanya untuk melayani sebagian kecil segmen pasar dengan mengenalil pasar yang dituju secara rinci dan menerapkan keunggulan biaya menyeluruh atau diferensiasi pada segmen kecil tersebut.
Analisis Strategi Generic Porter 7-Eleven
Maka dapat diamati bahwa 7-Eleven menggunakan strategi diferensiasi. 7-Eleven berusaha menjadi unik dalam industrinya. Cara yang dilakukan (atribut diferensiasi) 7-Eleven yaitu dengan menerapkan konsep kafe dalam bisnis retailnya. Di 7-Eleven pelanggan dapat membeli makanan, snack, minuman, dan bahkan majalah untuk menemani pelanggan menikmati santapan mereka. Tidak seperti minimarket dan convenience store biasa, 7-Eleven menyediakan meja dan kursi layaknya kafe sehingga pelanggan dapat duduk dan bersantai sambil menikmati santapan dan majalah yang baru saja dibeli. Sistem penyerahan produknya juga cukup unik, misalnya untuk produk minuman Slurpee, pelanggan dapat mengkombinasikan sendiri rasa yang diinginkan dan mengambil produk langsung dari mesinnya. Dengan strategi ini, 7-Eleven dapat menjangkau pasar yang lebih luas, memberikan pelayanan yang unggul, dan meningkatkan loyalitas pelanggan karena terikat dengan fitur-fitur diferensiasi tersebut.
Comments