Dok. Pribadi |
4 Analisis SWOT Pada SAMSUNG
Strength (kekuatan)
- Samsung memiliki brand image yang melekat dikalangan masyarakat
- Teknologi yang diciptakan mengikuti perkembangan zaman
- Samsung senantiasa melakukan inovasi pada perkembangan produknya
- Produk-produk yang ditawarkan berkualitas
- Harga produk samsung yang ditawarkan bervariasi dan rata-rata terjangkau
- Samsung merupakan pemegang pangsa pasar global terbesar untuk tiga belas item diantara produk samsung
Weakness (kelemahan)
- Samsung harus terus menerus memaintain semua biaya untuk tetap sukses
- Budaya korporasi yang tidak fleksibel
- Pengalaman dalam mengelola perusahaan global masih terbatas
- Adanya tekanan ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran
- Samsung tidak memiliki strategi marketing, masalah penyebaran produk akan meningkat
Opportunity (peluang)
- Produk – produk yang ditawarkan merupakan produk keperluan rumah tangga yang dicari
- Era digital yang terus berkembang di jaman yang semakin modern
- Adanya peningkata permintaan masyarakat akan barang – barang elektronik yang sudah merupakan suatu kebutuhan
- Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih
- Samsung memiliki program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas generasi muda
Threat (ancaman)
- Adanya ketergantungan produk – produk lokal pada negara tertentu sehingga pasar sulit ditembus
- Kekuatan merk lain yang lebih dahulu menguasai pasar
- Muncul nya produk – produk baru dari perusahaan lain yang lebih inovatif
- Adanya produk perusahaan lain yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah bagus
- Ketidakstabilan ekonomi setiap Negara
- Terjadinya krisis financial yang menyebabkan turunnya daya beli masyarakat
Comments