Skip to main content

Analisis Strategi Umum Pada “Pabrik kata-kata joger”


Strategik generik

Ada tiga Strategi umum yang dikembangkan oleh michael porter yaitu :

  1. Berjuang untuk mencapai kepemimpinan berbiaya rendah secara keseluruhan dalam industri
  2. Bertujuan menciptakan dan memasarkan produk-produk unik untuk beragam kelompok pelanggan melalui diferensiasi
  3. Berjuang untuk memilki daya tarik khusus bagi satu atau lebih kelompok pelanggan atau pembeli industri, dengan berfokus pada biaya atau diferensiasi



Gambaran Umum Perusahaan

Nama: Pabrik kata-kata joger
Pendiri dan Pemilik: Joseph Theodorus Wulianadi
Didirikan: 19 januari 1981 
Alamat: Toko 1: Jl sulawesi 37, Denpasar (sekarang pindah di Jl Raya Kuta, Bali) 
Toko 2 : Jl mekarsai No 16 luwus, baruriti bedugul
Asal Nama joger: Gabungan dari nama Joseph dan Mr.     Gerhard 
Produk: Oleh-oleh dan souvenir dengan kata-kata unik seperti kaos, batik, jam terbalik, sepatu, sandal, tas, dll


Analisis Strategi Generik Pada “Pabrik kata-kata joger”


Differensiasi 

  1. Kekuatan kata-kata sebagai daya tarik untuk konsumen.
  2. Terkesan menipu pembaca, namun hal itulah yang membuat para pembacanya tersenyum. 
  3. Terkesan menyinggung pembaca dengan kata-kata inspirasi, unik dan lucu sehingga membuat konsumen lebih percaya diri karena terkesan berbeda dari yang lain.


Untuk Pelanggan

  1. Pemberian stiker VIP (Very Important Person) untuk konsumen yang memasuki toko.
  2. Membeli maksimal 1 lusin (12 buah)
  3. Area toko yang sangat insagramabel
  4. Dilarang berfoto
  5. Untuk pelanggan yang berulang tahun (baik kemaren maupun besoknya) diberikan diskon 10%.
  6. Menyediakan tempat duduk dan air mineral gelas 
  7. Parkir gratis  
  8. Pencuri kenakan hukum setempat


Untuk karyawan

Semboyan “selamat pagi” walaupun hari sudah siang atau malam, salam khas tersebut bertujuan untuk memberi semangat kepada para kayawan maupun kepada para pengunjung yang datang.


Hanya dijual dibali

Joseph theodorus wulianadi berprinsip joger tidak akan membuat toko di luar bali.
Setiap orang yang berusaha menjual kembali diluar bali maka akan diberikan sanksi.

Hal tersebut bertujuan agar memancing mereka yang diluar bali untuk datang kebali yang akan membawa kemakmurkan bagi masyarakat bali. 

kesimpulan

Joger sudah berdiri 38 tahun dan masih tetap relevan hal ini terlihat dengan joger menempati pasar terbesar dan sangat terkenal serta menjadi tren untuk para pengunjung.  slogan terkenalnya “Joger Jelek Bali Bagus” membuat konsumen tertarik dan hingga saat ini joger masih bertengger diposisi yang sama walaupun banyak produk-produk lain dipasaran.

Joger berhasil mengikat konsumennya secara emosional dengan hal-hal unik, menarik dan inspiratif melalui kata-kata dan desaignnya sehingga konsumen loyal dan cenderung recomended.

Joger juga berhasil beradaptasi dan menjadi unik diantara yang lain, dari kata-kata yang menarik, produk yang hanya ada dibali, peraturan-peraturan unik serta produk yang penuh inovatif dan kreatif.

Produk joger memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing, dengan produk yang unik dan lengkap baik untuk orang dewasa maupun anak-anak serta harga yang terjangkau. 

Joger selalu melakukan kerja bakti dan bakti sosial kedesa-desa, baik bersama kelompok sosial lain maupun hanya keluarga joger. Hal ini membuat joger semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat maupun konsumennya.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc