Skip to main content

Analisis Strategi Umum Pada “Pabrik kata-kata joger”


Strategik generik

Ada tiga Strategi umum yang dikembangkan oleh michael porter yaitu :

  1. Berjuang untuk mencapai kepemimpinan berbiaya rendah secara keseluruhan dalam industri
  2. Bertujuan menciptakan dan memasarkan produk-produk unik untuk beragam kelompok pelanggan melalui diferensiasi
  3. Berjuang untuk memilki daya tarik khusus bagi satu atau lebih kelompok pelanggan atau pembeli industri, dengan berfokus pada biaya atau diferensiasi



Gambaran Umum Perusahaan

Nama: Pabrik kata-kata joger
Pendiri dan Pemilik: Joseph Theodorus Wulianadi
Didirikan: 19 januari 1981 
Alamat: Toko 1: Jl sulawesi 37, Denpasar (sekarang pindah di Jl Raya Kuta, Bali) 
Toko 2 : Jl mekarsai No 16 luwus, baruriti bedugul
Asal Nama joger: Gabungan dari nama Joseph dan Mr.     Gerhard 
Produk: Oleh-oleh dan souvenir dengan kata-kata unik seperti kaos, batik, jam terbalik, sepatu, sandal, tas, dll


Analisis Strategi Generik Pada “Pabrik kata-kata joger”


Differensiasi 

  1. Kekuatan kata-kata sebagai daya tarik untuk konsumen.
  2. Terkesan menipu pembaca, namun hal itulah yang membuat para pembacanya tersenyum. 
  3. Terkesan menyinggung pembaca dengan kata-kata inspirasi, unik dan lucu sehingga membuat konsumen lebih percaya diri karena terkesan berbeda dari yang lain.


Untuk Pelanggan

  1. Pemberian stiker VIP (Very Important Person) untuk konsumen yang memasuki toko.
  2. Membeli maksimal 1 lusin (12 buah)
  3. Area toko yang sangat insagramabel
  4. Dilarang berfoto
  5. Untuk pelanggan yang berulang tahun (baik kemaren maupun besoknya) diberikan diskon 10%.
  6. Menyediakan tempat duduk dan air mineral gelas 
  7. Parkir gratis  
  8. Pencuri kenakan hukum setempat


Untuk karyawan

Semboyan “selamat pagi” walaupun hari sudah siang atau malam, salam khas tersebut bertujuan untuk memberi semangat kepada para kayawan maupun kepada para pengunjung yang datang.


Hanya dijual dibali

Joseph theodorus wulianadi berprinsip joger tidak akan membuat toko di luar bali.
Setiap orang yang berusaha menjual kembali diluar bali maka akan diberikan sanksi.

Hal tersebut bertujuan agar memancing mereka yang diluar bali untuk datang kebali yang akan membawa kemakmurkan bagi masyarakat bali. 

kesimpulan

Joger sudah berdiri 38 tahun dan masih tetap relevan hal ini terlihat dengan joger menempati pasar terbesar dan sangat terkenal serta menjadi tren untuk para pengunjung.  slogan terkenalnya “Joger Jelek Bali Bagus” membuat konsumen tertarik dan hingga saat ini joger masih bertengger diposisi yang sama walaupun banyak produk-produk lain dipasaran.

Joger berhasil mengikat konsumennya secara emosional dengan hal-hal unik, menarik dan inspiratif melalui kata-kata dan desaignnya sehingga konsumen loyal dan cenderung recomended.

Joger juga berhasil beradaptasi dan menjadi unik diantara yang lain, dari kata-kata yang menarik, produk yang hanya ada dibali, peraturan-peraturan unik serta produk yang penuh inovatif dan kreatif.

Produk joger memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing, dengan produk yang unik dan lengkap baik untuk orang dewasa maupun anak-anak serta harga yang terjangkau. 

Joger selalu melakukan kerja bakti dan bakti sosial kedesa-desa, baik bersama kelompok sosial lain maupun hanya keluarga joger. Hal ini membuat joger semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat maupun konsumennya.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...