Skip to main content

Analisis SWOT Pada “United Parcel Service”


SWOT

SWOT merupakan Akronim dari Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan) Internal dari suatu perusahaan serta Opportunities (peluang) dan Threat (ancaman) lingkungan yang dihadapinya.

Analisis SWOT merupakan suatu teknik yang digunakan oleh manajemen untuk melakukan penyorotan yang cepat atas situasi strategis perusahaan.

Profil United Parcel Service inc.
Chairman/CEO : D. Scott Davis
Industri : Kurir
Didirikan : 1907
Kantor pusat : sandy springs, Georgia,  Amerika Serikat
Produk : Courier Express services, Freight Forwarding services, Logistics Services

Kelebihan UPS-Faktor Strategis Internal Berdasarkan penelitian Ekstensif Fern Fort University: 

  1. Kegiatan otomatisasi membuat konsistensi kualitas pada produk-produk UPS. 
  2. Portofolio merek yang kuat.
  3. Tenaga kerja yang sangat terampil melalui program pelatihan dan pembelajaran yang berhasil.
  4. Jaringan distribusi yang kuat
  5. Tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi
  6. Rekam jejak keberhasilan mengintegrasikan perusahaan melalui merger dan akuisisi
  7. Komunitas dealer yang kuat
  8. Sangat sukses di strategi Go To Market untuk produk-produknya.



Kelemahan UPS- faktor strategi internal

  1. Pemasaran produk meninggalkan banyak yang harus diingatkan
  2. Struktur organisasi hanya kompatibel dengan model bisnis saat ini sehingga membatasi ekspansi di segmen produk yang berdekatan.
  3. Memiliki tingkat gesekan yang lebih tinggi dan harus menghabiskan lebih banyak dibandingkan dengan pesaingnya untuk pelatihan dan pengembangan karyawannya.
  4. Belum mampu bersaing dengan para pemain terkemuka di industri dalam hal inovasi.
  5. Tidak terlalu bagus dalam peramalan permintaan produk yang mengarah pada tingkat peluang yang terlewat lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya.
  6. Belum mampu mengatasi tantangan yang hadir oleh pendatang baru di segmen ini dan telah kehilangan pangsa pasar kecil dikategori ceruk.



Peluang UPS-Faktor strategi Eksternal

  1. Kebijakan lingkungan baru akan memberikan UPS untuk membawa pulang keunggulannya dalam teknologi baru dan mendapatkan pangsa pasar dalam kategori produk baru.
  2. Pemerintah membuka peluang untuk pengadaan produk UPS oleh negara serta kontraktor pemerintah federal.
  3. Teknologi baru ini memberikan peluang bagi UPS untuk mempraktikkan strategi penetapan harga yang berbeda di pasar baru.
  4. Kebijakan perpajakan baru dapat meningkatkan profitabilitasnya.
  5. Arus kas bebas yang stabil memberikan peluang untuk berinvestasi di segmen produk yang berdekatan.
  6. Pengembangan pasar memungkinkan UPS meningkatkan daya saingnya dibandingkan dengan pesaing lainnya.
  7. Tren baru dalam perilaku konsumen dapat membuka pasar baru bagi UPS. 
  8. Pelanggan baru dari saluran online
  9. Arus kas bebas yang stabil memberikan peluang untuk berinvestasi di segmen produk yang berdekatan.



Ancaman UPS- faktor strategi eksternal 

  1. Peraturan lingkungan baru dapat menjadi ancaman bagi kategori produk tertentu.
  2. Fluktuasi mata uang mengingat iklim politik yang tidak menentu disejumlah pasar diseluruh dunia.
  3. Kekurangan tenaga kerja terampil
  4. Meningkatnya bahan baku dapat menimbulkan ancaman bagi profitabilitas.
  5. Permintaan produk yang sangat menguntungkan bersifat musiman dan Persaingan yang ketat
  6. Peniruan produk dan berkualitas rendah juga menjadi ancaman bagi produk terutama di negara berkembang dan pasar berpenghasilan rendah.



Keterbatasan analisis SWOT untuk UPS

  1. SWOT adalah penilaian statis.
  2. SWOT tidak menunjukan bagaimana mencapai keunggulan kompetitif.
  3. Kemampuan atau faktor tertentu dari suatu organisasi menjadi kekuatan dan kelemahan pada saat yang sama.
  4. Analisis SWOT dapat menyebabkan perusahaan terlalu menekankan faktor internal atau eksternal tunggal dalam merumuskan strategi.
  5. Matriks hanyalah titik awal untuk diskusi tentang bagaimana strategis yang diusulkan dapat diimplementasikan.
  6. Analisis SWOT tertimbang
  7. Analisis SWOT tertimbang dapat membuat manajer UPS dapat fokus pada faktor-faktor yang paling kritis dan mengabaikan faktor yang tidak penting. Ini juga memecahkan masalah daftar panjang dimana organisasi akhirnya membuat daftar panjang tetapi tidak ada faktor yang dianggap terlalu kritis.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc