Skip to main content

Analisis SWOT Pada “United Parcel Service”


SWOT

SWOT merupakan Akronim dari Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan) Internal dari suatu perusahaan serta Opportunities (peluang) dan Threat (ancaman) lingkungan yang dihadapinya.

Analisis SWOT merupakan suatu teknik yang digunakan oleh manajemen untuk melakukan penyorotan yang cepat atas situasi strategis perusahaan.

Profil United Parcel Service inc.
Chairman/CEO : D. Scott Davis
Industri : Kurir
Didirikan : 1907
Kantor pusat : sandy springs, Georgia,  Amerika Serikat
Produk : Courier Express services, Freight Forwarding services, Logistics Services

Kelebihan UPS-Faktor Strategis Internal Berdasarkan penelitian Ekstensif Fern Fort University: 

  1. Kegiatan otomatisasi membuat konsistensi kualitas pada produk-produk UPS. 
  2. Portofolio merek yang kuat.
  3. Tenaga kerja yang sangat terampil melalui program pelatihan dan pembelajaran yang berhasil.
  4. Jaringan distribusi yang kuat
  5. Tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi
  6. Rekam jejak keberhasilan mengintegrasikan perusahaan melalui merger dan akuisisi
  7. Komunitas dealer yang kuat
  8. Sangat sukses di strategi Go To Market untuk produk-produknya.



Kelemahan UPS- faktor strategi internal

  1. Pemasaran produk meninggalkan banyak yang harus diingatkan
  2. Struktur organisasi hanya kompatibel dengan model bisnis saat ini sehingga membatasi ekspansi di segmen produk yang berdekatan.
  3. Memiliki tingkat gesekan yang lebih tinggi dan harus menghabiskan lebih banyak dibandingkan dengan pesaingnya untuk pelatihan dan pengembangan karyawannya.
  4. Belum mampu bersaing dengan para pemain terkemuka di industri dalam hal inovasi.
  5. Tidak terlalu bagus dalam peramalan permintaan produk yang mengarah pada tingkat peluang yang terlewat lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya.
  6. Belum mampu mengatasi tantangan yang hadir oleh pendatang baru di segmen ini dan telah kehilangan pangsa pasar kecil dikategori ceruk.



Peluang UPS-Faktor strategi Eksternal

  1. Kebijakan lingkungan baru akan memberikan UPS untuk membawa pulang keunggulannya dalam teknologi baru dan mendapatkan pangsa pasar dalam kategori produk baru.
  2. Pemerintah membuka peluang untuk pengadaan produk UPS oleh negara serta kontraktor pemerintah federal.
  3. Teknologi baru ini memberikan peluang bagi UPS untuk mempraktikkan strategi penetapan harga yang berbeda di pasar baru.
  4. Kebijakan perpajakan baru dapat meningkatkan profitabilitasnya.
  5. Arus kas bebas yang stabil memberikan peluang untuk berinvestasi di segmen produk yang berdekatan.
  6. Pengembangan pasar memungkinkan UPS meningkatkan daya saingnya dibandingkan dengan pesaing lainnya.
  7. Tren baru dalam perilaku konsumen dapat membuka pasar baru bagi UPS. 
  8. Pelanggan baru dari saluran online
  9. Arus kas bebas yang stabil memberikan peluang untuk berinvestasi di segmen produk yang berdekatan.



Ancaman UPS- faktor strategi eksternal 

  1. Peraturan lingkungan baru dapat menjadi ancaman bagi kategori produk tertentu.
  2. Fluktuasi mata uang mengingat iklim politik yang tidak menentu disejumlah pasar diseluruh dunia.
  3. Kekurangan tenaga kerja terampil
  4. Meningkatnya bahan baku dapat menimbulkan ancaman bagi profitabilitas.
  5. Permintaan produk yang sangat menguntungkan bersifat musiman dan Persaingan yang ketat
  6. Peniruan produk dan berkualitas rendah juga menjadi ancaman bagi produk terutama di negara berkembang dan pasar berpenghasilan rendah.



Keterbatasan analisis SWOT untuk UPS

  1. SWOT adalah penilaian statis.
  2. SWOT tidak menunjukan bagaimana mencapai keunggulan kompetitif.
  3. Kemampuan atau faktor tertentu dari suatu organisasi menjadi kekuatan dan kelemahan pada saat yang sama.
  4. Analisis SWOT dapat menyebabkan perusahaan terlalu menekankan faktor internal atau eksternal tunggal dalam merumuskan strategi.
  5. Matriks hanyalah titik awal untuk diskusi tentang bagaimana strategis yang diusulkan dapat diimplementasikan.
  6. Analisis SWOT tertimbang
  7. Analisis SWOT tertimbang dapat membuat manajer UPS dapat fokus pada faktor-faktor yang paling kritis dan mengabaikan faktor yang tidak penting. Ini juga memecahkan masalah daftar panjang dimana organisasi akhirnya membuat daftar panjang tetapi tidak ada faktor yang dianggap terlalu kritis.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...