Skip to main content

Sejarah Bisnis Internasional beserta penjelasannya lengkap


Tanpa kamu sadari, kamu telah terlibat didalam perekonomian global, anda mungkin salah satu pengguna jam tangan Alexandre Christie, menggosok gigi dengan pasta gigi close-up, berpakaian kemeja Locoste, Jean Levi's,  menggunakan sepatu Adidas, menyetir mobil dengan honda dan makan di macdonald serta minum kopi di Starbucks. kamu semua mengonsumsi produk-produk yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan asing. Ini adalah topik utama yang akan kami bahas yaitu bisnis internasional.


Sebelum lebih jauh membahas mengenai bagaimana bisnis internasional, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kebelakang yaitu sejarah bisnis internasional

Pada waktu sebelum Masehi, pedagang-pedagang dari Venesia dan Yunani mengirim perwakilannya ke luar negeri untuk menjual barang-barang mereka, kemudian pada tahun 1600-an British india company mendirikan cabang-cabang di seluruh asia, hal ini juga diikuti dengan beberapa perusahaan Belanda membuka rute-rute perjalanan pada tahun 1590.
Singer sewing machine (SSM) adalah perusahaan yang pertama memulai produksi luar negeri, jaringan distribusi internasional dan memasarkan produk-produknya dalam satu merek, SSM mendirikan pabrik di Skotlandia pada tahun 1868 dan menjadi perusahaan Amerika pertama yang sukses dalam produksi luar negeri. Pada tahun 1914 sedikitnya ada 37 Perusahaan Amerika yang sukses memiliki fasilitas produksi di dua atau tiga lokasi diluar negeri.


Diantara perusahaan-perusahaan yang telah didirikan diluar negeri itu adalah National cash register and Burroughs dengan pabrik manufakturingnya di Eropa; parke-devis, di london (1902); dan Ford motor company yang memiliki pabrik dan outlet distribusi di 14 negara. Kemudian dilanjutkan general motors Dan Chrysler, sehingga pada tahun 1920-an ketiga perusahaan itu memiliki operasi-operasi luar negeri dengan ukuran yang besar. Menariknya hal tersebut sangat berlawanan dengan situasi sekarang ini, pada tahun 1920-an semua mobil yang dijual di Jepang adalah buatan Amerika dalam bentuk bongkar pasang (knocked-down) untuk dirakit ditempat. Pada tahun 1919,  investor pertama menanamkan modalnya diluar negeri adalah general electric yang berhasil memiliki pabrik-pabrik di Eropa, Amerika latin dan Asia. Adapun perusahaan-perusahaan amerika lainya yang terkenal dierofa waktu itu adalah Alcoa, American tobacco, armour, Coca-Cola, Eastman Kodak, Gillette, Quaker oats, Western electric dan Westinghouse.
Bisnis yang dilakukan amerika ke luar negeri menyebabkan kekhawatiran diantara orang-orang Eropa. Seorang penulis menulis "invasi berlanjut terus menerus tanpa henti-hentinya dan tanpa suara atau bayangan di dalam 500 industri sekaligus. Mulai dari sabun cukur hingga motor-motor listrik, dan dari kemeja perempuan sampai telepon, Amerika membabat habis bidang ini.


Meskipun perusahaan Amerika sejauh itu merupakan investor asing terbesar, perusahaan-perusahan erofa juga tidak mau ketinggalan. Friedrich Bayer membeli kepemilikan atas sebuah pabrik di new York yaitu pada tahun1865, dua tahun setelah mendirikan pabriknya di Jerman. Kemudian karena pajak impor yang tinggi di pasar-pasar luar negeri, Friedrich Bayer mendirikan pabrik di Rusia (1876), Prancis (1882) dan Belgia (1908). Bayer menjadi salah satu diantara empat perusahaan kimia terbesar di dunia (penjualan tahun 1999 sebesar $29 milyar) sudah memiliki 350 perusahaan yang beroperasi di 140 negara. Bayer sempat kehilangan hak untuk menggunakan nama Bayer di Amerika Utara, dan memperoleh kembali haknya pada tahun 1995 dengan membeli divisi obat-obatan over-the-counter dari Kodak yang telah menjadi pabrik dan pemilik aspirin Bayer.


Meskipun perusahaan-perusahaan internasional telah ada sebelum perang dunia I, globalisasi juga mempengaruhi terjadinya bisnis yang dilakukan diluar negeri, globalisasi dalam bisnis internasional adalah globalisasi ekonomi (gabungan dari barang-barang, teknologi, tenaga kerja dan modal/investasi yang bersifat internasional), perusahaan-perusahaan mengimplementasikan strategi-strategi global yang menghubungkan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka di seluruh dunia.
Pada tahun 1999, terjadi pertemuan tahunan antara forum ekonomi dunia (world economic forum) di Davos Swiss, pertemuan itu memperkenalkan globalitas (globality). Ada lima jenis pendorong perusahaan-perusahaan internasional melakukan aktivitas globalisasi, diantaranya adalah:


Politik

Dalam bidang politik terdapat kesepakatan dan perjanjian khususnya dalam perdagangan, seperti persetujuan perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA), uni Eropa, dan masyarakat ekonomi Asian (MEA), yang mengelompokan beberapa negara menjadi satu pasar dan telah menyajikan kepada perusahaan-perusahaan berbagai peluang pemasaran yang menjanjikan. Bentuk kerjasamanya dapat berupa ekspor maupun membuka entitas produksi di wilayah tersebut.

Selain itu dalam bidang politik terdapat kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi negara yang ingin berbisnis di negara tersebut antara lain; a). Pengurangan hambatan-hambatan terhadap perdagangan dan investasi luar negeri secara progresif oleh pemerintah, dan menginginkan pembukaan pasar-pasar internasional baru baik dalam bentuk ekspor maupun mendirikan fasilitas-fasilitas produksi di negara tersebut; b). Privatisasi banyak industri di bekas negara komunis dan membuka perekonomian mereka terhadap Ekonomi global.


Teknologi

Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan terjadinya peningkatan aliran gagasan dan informasi yang melewati batas-batas negara, dan memungkinkan para konsumen mengetahui barang-barang luar negeri. Selain itu jaringan komunikasi global juga dapat mengkoordinasikan Fungsi-fungsi produksi dan desain ke seluruh dunia sehingga pabrik-pabrik di banyak bagikan dunia bisa mengerjakan produk yang sama.

Internet dan komputerisasi jaringan memungkinkan perusahaan-perusahaan kecil agar dapat bersaing secara global karena memungkinkan adanya aliran informasi yang cepat Tanpa mempedulikan lokasi pembeli dan penjual. Selain itu konferensi video juga memungkinkan perusahaan-perusahaan internasional untuk melakukan rapat-rapat perusahaan dari kantor pusat dan cabang-cabang di seluruh dunia tanpa melakukan perjalanan yang Mahal dan menghabiskan waktu, dalam komunikasi dapat dilakukan melalui E-mail do internet, karena selain lebih cepat dan mudah juga dapat dipercaya dari pada pengiriman melalui pos.


Pasar

Mengetahui bahwa pasar dalam negeri yang jenuh membuat perusahaan mulai merambah pasar-pasar luar negeri, terutama ketika para pemasar menyadari adanya suatu kesamaan selera dan gaya hidup pelanggan yang diakibatkan oleh meningkatnya perjalanan wisatawan, TV satelit dan pemakaian merek global.

Selain itu perusahaan-perusahaan yang semakin mendunia membuat agen iklan  dan pemasok bahan baku juga ikut mendirikan kantor di pasar-pasar tempat perusahaan itu untuk melakukan bisnisnya.


Biaya

Hampir Semua perusahaan menekan biaya-biaya yang dikeluarkan demi memperoleh keuntungan yang besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengglobalkan lini-lini produk, hal ini agar mengurangi biaya pengembangan produksi dan persediaan. Selain itu perusahaan juga dapat menempatkan produksi diluar negeri dimana biaya faktor produksi lebih rendah.



Kompetisi

Persaingan yang terus meningkat secara intensif membuat perusahaan baru yang kebanyakan berasal dari negara berkembang dan Industri baru telah memasuki pasar-pasar dunia baik disektor otomotif maupun elektronik.

Demikian sejarah mengenai bisnis internasional semoga dapat menambah wawasan anda mengenai dunia bisnis, jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik mengenai pembahasan ini silahkan isi di bagian komentar dibawah ini yaa, terimakasih



Images by Pixabay, Shutterstock and Parido Artikel
Reference by Bisnis internasional: tantangan persaingan global, Donald, Wendell, dkk


Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...