Skip to main content

Sejarah Bisnis Internasional beserta penjelasannya lengkap


Tanpa kamu sadari, kamu telah terlibat didalam perekonomian global, anda mungkin salah satu pengguna jam tangan Alexandre Christie, menggosok gigi dengan pasta gigi close-up, berpakaian kemeja Locoste, Jean Levi's,  menggunakan sepatu Adidas, menyetir mobil dengan honda dan makan di macdonald serta minum kopi di Starbucks. kamu semua mengonsumsi produk-produk yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan asing. Ini adalah topik utama yang akan kami bahas yaitu bisnis internasional.


Sebelum lebih jauh membahas mengenai bagaimana bisnis internasional, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kebelakang yaitu sejarah bisnis internasional

Pada waktu sebelum Masehi, pedagang-pedagang dari Venesia dan Yunani mengirim perwakilannya ke luar negeri untuk menjual barang-barang mereka, kemudian pada tahun 1600-an British india company mendirikan cabang-cabang di seluruh asia, hal ini juga diikuti dengan beberapa perusahaan Belanda membuka rute-rute perjalanan pada tahun 1590.
Singer sewing machine (SSM) adalah perusahaan yang pertama memulai produksi luar negeri, jaringan distribusi internasional dan memasarkan produk-produknya dalam satu merek, SSM mendirikan pabrik di Skotlandia pada tahun 1868 dan menjadi perusahaan Amerika pertama yang sukses dalam produksi luar negeri. Pada tahun 1914 sedikitnya ada 37 Perusahaan Amerika yang sukses memiliki fasilitas produksi di dua atau tiga lokasi diluar negeri.


Diantara perusahaan-perusahaan yang telah didirikan diluar negeri itu adalah National cash register and Burroughs dengan pabrik manufakturingnya di Eropa; parke-devis, di london (1902); dan Ford motor company yang memiliki pabrik dan outlet distribusi di 14 negara. Kemudian dilanjutkan general motors Dan Chrysler, sehingga pada tahun 1920-an ketiga perusahaan itu memiliki operasi-operasi luar negeri dengan ukuran yang besar. Menariknya hal tersebut sangat berlawanan dengan situasi sekarang ini, pada tahun 1920-an semua mobil yang dijual di Jepang adalah buatan Amerika dalam bentuk bongkar pasang (knocked-down) untuk dirakit ditempat. Pada tahun 1919,  investor pertama menanamkan modalnya diluar negeri adalah general electric yang berhasil memiliki pabrik-pabrik di Eropa, Amerika latin dan Asia. Adapun perusahaan-perusahaan amerika lainya yang terkenal dierofa waktu itu adalah Alcoa, American tobacco, armour, Coca-Cola, Eastman Kodak, Gillette, Quaker oats, Western electric dan Westinghouse.
Bisnis yang dilakukan amerika ke luar negeri menyebabkan kekhawatiran diantara orang-orang Eropa. Seorang penulis menulis "invasi berlanjut terus menerus tanpa henti-hentinya dan tanpa suara atau bayangan di dalam 500 industri sekaligus. Mulai dari sabun cukur hingga motor-motor listrik, dan dari kemeja perempuan sampai telepon, Amerika membabat habis bidang ini.


Meskipun perusahaan Amerika sejauh itu merupakan investor asing terbesar, perusahaan-perusahan erofa juga tidak mau ketinggalan. Friedrich Bayer membeli kepemilikan atas sebuah pabrik di new York yaitu pada tahun1865, dua tahun setelah mendirikan pabriknya di Jerman. Kemudian karena pajak impor yang tinggi di pasar-pasar luar negeri, Friedrich Bayer mendirikan pabrik di Rusia (1876), Prancis (1882) dan Belgia (1908). Bayer menjadi salah satu diantara empat perusahaan kimia terbesar di dunia (penjualan tahun 1999 sebesar $29 milyar) sudah memiliki 350 perusahaan yang beroperasi di 140 negara. Bayer sempat kehilangan hak untuk menggunakan nama Bayer di Amerika Utara, dan memperoleh kembali haknya pada tahun 1995 dengan membeli divisi obat-obatan over-the-counter dari Kodak yang telah menjadi pabrik dan pemilik aspirin Bayer.


Meskipun perusahaan-perusahaan internasional telah ada sebelum perang dunia I, globalisasi juga mempengaruhi terjadinya bisnis yang dilakukan diluar negeri, globalisasi dalam bisnis internasional adalah globalisasi ekonomi (gabungan dari barang-barang, teknologi, tenaga kerja dan modal/investasi yang bersifat internasional), perusahaan-perusahaan mengimplementasikan strategi-strategi global yang menghubungkan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka di seluruh dunia.
Pada tahun 1999, terjadi pertemuan tahunan antara forum ekonomi dunia (world economic forum) di Davos Swiss, pertemuan itu memperkenalkan globalitas (globality). Ada lima jenis pendorong perusahaan-perusahaan internasional melakukan aktivitas globalisasi, diantaranya adalah:


Politik

Dalam bidang politik terdapat kesepakatan dan perjanjian khususnya dalam perdagangan, seperti persetujuan perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA), uni Eropa, dan masyarakat ekonomi Asian (MEA), yang mengelompokan beberapa negara menjadi satu pasar dan telah menyajikan kepada perusahaan-perusahaan berbagai peluang pemasaran yang menjanjikan. Bentuk kerjasamanya dapat berupa ekspor maupun membuka entitas produksi di wilayah tersebut.

Selain itu dalam bidang politik terdapat kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi negara yang ingin berbisnis di negara tersebut antara lain; a). Pengurangan hambatan-hambatan terhadap perdagangan dan investasi luar negeri secara progresif oleh pemerintah, dan menginginkan pembukaan pasar-pasar internasional baru baik dalam bentuk ekspor maupun mendirikan fasilitas-fasilitas produksi di negara tersebut; b). Privatisasi banyak industri di bekas negara komunis dan membuka perekonomian mereka terhadap Ekonomi global.


Teknologi

Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan terjadinya peningkatan aliran gagasan dan informasi yang melewati batas-batas negara, dan memungkinkan para konsumen mengetahui barang-barang luar negeri. Selain itu jaringan komunikasi global juga dapat mengkoordinasikan Fungsi-fungsi produksi dan desain ke seluruh dunia sehingga pabrik-pabrik di banyak bagikan dunia bisa mengerjakan produk yang sama.

Internet dan komputerisasi jaringan memungkinkan perusahaan-perusahaan kecil agar dapat bersaing secara global karena memungkinkan adanya aliran informasi yang cepat Tanpa mempedulikan lokasi pembeli dan penjual. Selain itu konferensi video juga memungkinkan perusahaan-perusahaan internasional untuk melakukan rapat-rapat perusahaan dari kantor pusat dan cabang-cabang di seluruh dunia tanpa melakukan perjalanan yang Mahal dan menghabiskan waktu, dalam komunikasi dapat dilakukan melalui E-mail do internet, karena selain lebih cepat dan mudah juga dapat dipercaya dari pada pengiriman melalui pos.


Pasar

Mengetahui bahwa pasar dalam negeri yang jenuh membuat perusahaan mulai merambah pasar-pasar luar negeri, terutama ketika para pemasar menyadari adanya suatu kesamaan selera dan gaya hidup pelanggan yang diakibatkan oleh meningkatnya perjalanan wisatawan, TV satelit dan pemakaian merek global.

Selain itu perusahaan-perusahaan yang semakin mendunia membuat agen iklan  dan pemasok bahan baku juga ikut mendirikan kantor di pasar-pasar tempat perusahaan itu untuk melakukan bisnisnya.


Biaya

Hampir Semua perusahaan menekan biaya-biaya yang dikeluarkan demi memperoleh keuntungan yang besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengglobalkan lini-lini produk, hal ini agar mengurangi biaya pengembangan produksi dan persediaan. Selain itu perusahaan juga dapat menempatkan produksi diluar negeri dimana biaya faktor produksi lebih rendah.



Kompetisi

Persaingan yang terus meningkat secara intensif membuat perusahaan baru yang kebanyakan berasal dari negara berkembang dan Industri baru telah memasuki pasar-pasar dunia baik disektor otomotif maupun elektronik.

Demikian sejarah mengenai bisnis internasional semoga dapat menambah wawasan anda mengenai dunia bisnis, jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik mengenai pembahasan ini silahkan isi di bagian komentar dibawah ini yaa, terimakasih



Images by Pixabay, Shutterstock and Parido Artikel
Reference by Bisnis internasional: tantangan persaingan global, Donald, Wendell, dkk


Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc