Skip to main content

Masalah Pokok Perekonomian serta penjelasannya lengkap

ParidoArtikel

Dalam kehidupan sehari-harinya setiap individu, perusahaan maupun masyarakat pasti menghadapi persoalan-persoalan khususnya yang berkaitan dengan ekonomi, yaitu persoalan yang menghendaki seseorang, entitas ataupun masyarakat untuk membuat keputusan tentang cara yang terbaik untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi.

Dari pernyataan di atas disebutkan kegiatan ekonomi, apakah yang disebut dengan kegiatan ekonomi ini. Kegiatan ekonomi meliputi usaha-usaha individu, perusahaan dan perekonomian secara keseluruhan untuk memproduksi barang dan jasa yang mereka perlukan. Dilain pihak, kegiatan ekonomi meliputi pula kegiatan untuk menggunakan barang dan jasa.

Dari kedua pengertian kegiatan ekonomi diatas dapat diambil kesimpulan, kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan seseorang atau suatu perusahaan ataupun suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi (menggunakan) barat dan jasa tersebut.

Dalam melakukan kegiatan ekonominya seorang individu, perusahaan atau masyarakat secara keseluruhannya akan mempunyai beberapa pilihan atau alternatif untuk melakukannya, berdasarkan dari pilihan atau alternatif yang tersedia mereka perlu membuat keputusan untuk memilih alternatif yang terbaik.


Masalah Kelangkaan

Paridoartikel



Kelangkaan atau kekurangan terjadi karena ketidakseimbangan antara (I) kebutuhan masyarakat dengan (ii) faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat. Dalam setiap individu maupun masyarakat selalu terdapat keinginan yang tidak terbatas untuk menikmati barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Namun sumber-sumber daya atau faktor-faktor produksi yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang-barang tersebut relatif terbatas. Oleh karena itu masyarakat tidak dapat memperoleh dan menikmati semua barang yang mereka butuhkan atau inginkan, mereka harus membuat pilihan.



Kebutuhan Masyarakat

Paridoartikel

Kebutuhan masyarakat adalah keinginan masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa. Kebanyakan barang dan jasa diproduksi didalam negeri, sebagian lagi diimport dari luar negeri. Ada dua bentuk keinginan untuk memperoleh barang dan jasa yaitu:


  1. Keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli (permintaan efektif)
  2. Keinginan yang tidak disertai oleh kemampuan untuk membeli

Barang terdiri dari barang yang bisa dilihat bisa diraba, dan ada juga yang tidak bisa dilihat. Barang yang dapat dilihat yang dibutuhkan manusia terutama terdiri dari sandang dan pangan dan papan seperti makanan, minum, pakaian dan tempat tinggal. Sedangkan barang yang tidak dapat dilihat seperti udara. Kebutuhan selanjutnya adalah jasa, jasa bukanlah benda sebab ia merupakan layanan yang baik dan bernilai untuk seseorang, beberapa jenis jasa yang dibutuhkan masyarakat antara lain seperti kegiatan tukang pangkas, pelayanan di restoran, siaran radio dan televisi yang memberikan hiburan.


Jenis-jenis Barang

Paridoartikel

Ada beberapa jenis  barang dalam perekonomian diantaranya barang ekonomi dan barang cuma-cuma. Barang ekonomi adalah barang yang memerlukan usaha untuk memperolehnya seperti beras, baju, dan barang-barang produksi industri lainnya. Barang ekonomi dibagi lagi menjadi beberapa klasifikasi sebagai berikut:


  • Barang konsumsi seperti makanan, pakaian dan sepeda motor;
  • Barang modal seperti mesin, peralatan bengkel dan bangunan perkantoran;
  • Barang akhir seperti roti, kursi dan mobil
  • Barang setengah jadi seperti tepung gandum, karet, minyak kelapa sawit)

Berbeda dengan barang cuma-cuma yang dapat dinikmati tanpa melakukan kegiatan memproduksi seperti udara, oksigen, sinar matahari dan air hujan.

Dalam teori ekonomi ada dua cara penggolongan lain yaitu:

  1. Berdasarkan kepentingan barang tersebut dalam kebutuhan manusia

Barang-barang tersebut dibedakan kepada barang inferior seperti Ikan asin dan ubi kayu, barang esensial seperti beras, gula dan kopi, barang normal seperti baju dan buku dan barang mewah seperti mobil dan emas.

2. Berdasarkan cara penggunaan barang tersebut oleh masyarakat

Barang-barang ini dibedakan menjadi barang pribadi dan barang publik, barang pribadi seperti makanan, pakaian dan mobil, barang publik seperti jalan raya, Lampu lalu lintas dan mercusuar.


Kebutuhan yang tidak terbatas

Paridoartikel

Persoalan secara umum yang dihadapi masyarakat adalah jumlah kebutuhan yang tidak terbatas. Manusia tidak akan pernah merasa puas dengan benda yang mereka peroleh Dan prestasi yang mereka capai. Jika keinginan dan kebutuhan masa lalu sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan baru akan muncul.

Di negara-negara yang masih dibawah dan berkembang hal seperti itu memang lumrah. Konsumsi makanan yang masih rendah, perumahan yang kurang memadai telah mendorong masyarakat untuk berusaha mencapai taraf hidup yang lebih tinggi. Di negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika serikat, Masyarakatnya masih mempunyai keinginan untuk mencapai kemakmuran yang lebih tinggi dari yang telah mereka capai pada masa ini.


Faktor-faktor Produksi

Paridoartikel


Faktor-faktor produksi adalah benda-benda yang disediakan oleh alam atau diciptakan oleh manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Faktor-faktor produksi juga disebut dengan istilah sumber-sumber daya. Faktor-faktor produksi dibedakan menjadi empat jenis Antara lain:

Tanah dan sumber alam, faktor produksi ini disediakan oleh alam yang meliputi tanah, berbagai jenis barang tambang, hasil hutan dan sumber alam yang dapat dijadikan modal seperti air, baik untuk irigasi maupun pembangkit tenaga listrik.

Tenaga kerja, faktor-faktor produksi ini meliputi keahlian dan keterampilan yang mereka miliki. Dari segi keahlian dan keterampilan tenaga kerja dibagi menjadi beberapa golongan yaitu (i) tenaga kerja kasar yaitu tenaga kerja yang tidak berpendidikan atau rendah pendidikannya dan tidak memiliki keahlian dalam suatu bidang pekerjaan. Selanjutnya tenaga kerja terampil adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian dari pelatihan atau pengalaman kerja seperti montir mobil, tukang kayu dan ahli reparasi TV dan radio. Terakhir tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki pendidikan cukup tinggi dan ahli dalam bidang tertentu seperti dokter, akuntan, ahli ekonomi dan insinyur.

Modal, faktor produksi ini Benda yang diciptakan oleh manusia dan digunakan untuk memproduksi barang-barang dan jasa yang mereka butuhkan, seperti sistem pengairan, jaringan jalan raya, bangunan pabrik, mesin-mesin, peralatan pabrik dan alat-alat pengangkutan.

Keahlian keusahawanan, faktor produksi ini berbentuk keahlian dan kemampuan pengusaha untuk mendirikan dan mengembangkan berbagai kegiatan usaha. Dalam menjalankan bisnisnya para pengusaha memerlukan tiga faktor produksi yaitu tanah, modal dan tenaga kerja. Keahlian wirausaha meliputi kemahiran mengorganisir berbagai sumber dan faktor produksi tersebut secara efektif dan efesien sehingga usahanya berhasil dan berkembang serta dapat menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Keterbatasan kemampuan memproduksi
Faktor-faktor produksi yang tersedia relatif terbatas jumlahnya. Kemampuannya untuk memproduksi barang dan jasa adalah jauh lebih rendah dari pada jumlah keinginan masyarakat tersebut.

Di negara-negara berkembang seperti India, ketidakseimbangan ini sangat terlihat, seperti hasil pertanian yang mereka produksi lebih rendah daripada kebutuhan penduduknya, ditambah lagi peranan sektor industri relatif kecil dan kemampuan sektor itu juga lebih rendah dari pada jumlah hasil industri yang dibutuhkan penduduk India. Tidak hanya di negara-negara berkembang, negara maju pun menghadapi masalah demikian, di Amerika serikat masih banyak penduduknya yang kekurangan perumahan yang memadai hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang-orang tinggal ditinggal dirumah yang kurang memadai bahkan ada yang tidak mempunyai tempat tinggal, Selain itu tidak semua orang Amerika yang ingin mempunyai mobil dapat memenuhi keinginan tersebut.

Pada setiap waktu masyarakat akan menghadapi berbagai macam masalah ekonomi. Hal tersebut muncul akibat dari masalah kelangkaan. Dalam setiap masyarakat akan timbul ketidakseimbangan diantara kehendak (keinginan) manusia yang tidak terbatas jumlahnya. Dengan kemampuan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang jumlahnya tidak terbatas. Ketidakseimbangan ini  yang akan menyebabkan masalah untuk membuat pilihan.

Berikut tadi masalah pokok perekonomian secara umum dalam lingkup ekonomi mikro, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai dunia ekonomi. Jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik mengenai tulisan ini silahkan isi dikolong komentar ya. Terimakasih:)

Source images by paridoartikel
Reference by mikro ekonomi teori pengantar, sadono Sukirno

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...