Skip to main content

Peran Penting Merek yang Jarang Diketahui


Inti Merek yang berhasil adalah produk ataupun jasa yang hebat, hal ini didukung oleh perencanaan yang seksama, sejumlah besar komitmen jangka panjang dan pemasaran yang dirancang dan dijalankan secara kreatif, dengan merek yang kuat maka akan menghasilkan loyalitas konsumen yang tinggi.

Merek yang kuat pasti memiliki keahlian pemasar profesional yang paling unik yaitu kemampuan mereka untuk menciptakan, mempertahankan, memajukan dan melindungi merek. Starbucks, Sony dan Nike adalah merek yang memiliki harga premium dan mendapatkan loyalitas pelanggan yang mendalam.

Merek merupakan sebuah nama, tanda, simbol, desain atau kombinasi dari beberapa elemen ini, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu atau sekumpulan penjual dan untuk mendiferensiasikan mereka dari para pesaingnya.  merek menjadi ciri khas untuk membedakan dengan beberapa cara dari barang atau jasanya yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan yang sama. Perbedaan yang dimaksud bisa fungsional, rasional atau nyata-berhubungan dengan kinerja produk dari merek dan sebaliknya perbedaan tersebut bisa juga lebih bersifat simbolis, emosional atau tidak nyata-berhubungan dengan apa yang direpresentasikan merek.

Sudah lama penetapan merek menjadi sarana untuk membedakan barang atau jasa dari satu produsen dengan produsen lainya. Dierofa penetapan merek merupakan syarat asosiasi abad pertengahan yang mengharuskan para produsen menetapkan nama dagang diproduk mereka, hal ini untuk melindungi diri mereka sendiri serta pelanggan mereka terhadap kualitas yang rendah. Dalam karya seni kelas Tinggi, penetapan merek dimulai dengan seniman yang menandatangani karya mereka. Saat ini merek memainkan sejumlah peran penting yang meningkatkan hidup konsumen dan meningkatkan keuangan perusahaan.

Namun selain itu ada 3 peran penting merek lainnya antara lain:


Merek mengidentifikasi sumber atau pembuat dan memainkan konsumen untuk menuntut tanggung jawab atas kinerjanya kepada pabrikan atau distributor tertentu. Konsumen dapat mengevaluasi produk yang sama secara berbeda tergantung pada bagaimana pemeriksan produk tersebut. Mereka belajar tentang merek melalui pengalaman masa lalu dengan produk tersebut dan program pemasarannya, menemukan merek mana yang memuaskan kebutuhan mereka dan mana yang tidak. Ketika hidup konsumen menjadi rumit, terburu-buru dan kehabisan waktu, kemampuan merek untuk menyederhanakan pengambilan keputusan dan mengurangi risiko adalah sesuatu yang berharga.


Melaksanakan fungsi yang berharga bagi perusahaan. Merek menyederhanakan penanganan atau penelusuran produk. Merek membantu mengatur catatan persediaan dan catatan akuntansi. Merek juga menawarkan perlindungan hukum kepada perusahaan untuk fitur-fitur atau aspek unik produk. Nama merek dapat dilindungi melalui nama dagang terdaftar, proses manufaktur dapat dilindungi melalui hak paten, dan kemasan dapat dilindungi melalui hak cipta dan rancangan hak milik. Hak milik intelektual ini memastikan bahwa perusahaan dapat berinvestasi dengan aman dalam merek tersebut dan mendapatkan keuntungan dari sebuah aset yang berharga.


Merek menandakan tingkat kualitas tertentu sehingga pembeli yang puas dapat dengan mudah memilih produk kembali.
Loyalitas merek memberikan tingkat permintaan yang aman dan dapat diperkirakan bagi perusahaan, dan menciptakan penghalang yang mempersulit perusahaan lain untuk memasuki pasar. Loyalitas juga dapat diartikan menjadi kesediaan pelanggan untuk membayar harga yang lebih tinggi, seringkali 20% sampai 25% lebih tinggi daripada merek pesaing. Meskipun pesaing dapat meniru proses manufaktur dan desain produk, mereka tidak dapat dengan mudah menyesuaikan kesan yang tertinggal lama dipikirkan orang atau organisasi selama bertahun-tahun melalui pengalaman produk dan kegiatan pemasaran. Artinya, penetapan merek dapat menjadi alat yang berguna untuk mengamankan keunggulan kompetitif.
Kadang-kadang pemasar tidak melihat arti penting loyalitas merek sampai mereka mengubah elemen penting merek, seperti yang disadari federated department store ketika perusahaan ini membeli pengecer Chicago melegenda, marshall Fields. Sensitivitas pelanggan terhadap perubahan merek yang disukai mengejutkan federated stores ketika mereka menamai kembali toko Marshall Field's Yang terkenal dengan nama Marcy's


Bagi perusahaan, merek merepresentasikan bagian properti hukum yang sangat berharga dan dapat mempengaruhi perilaku konsumen, dapat dibeli dan dijual, dan memberikan keamanan pendapatan masa depan yang langgeng bagi pemiliknya. Perusahaan membayar berkali-kali lipat lebih besar daripada penghasilan untuk merek dalam merger atau akuisisi, sering membiarkan tingginya harga berdasarkan tambahan laba yang dapat ditarik atau didapat dari merek, dan juga kesulitan dan pengeluaran yang sangat besar untuk menciptakan merek yang sama dari nol. Wall street yakin merek yang kuat menghasilkan penghasilan dan kinerja laba yang lebih baik bagi perusahaan yang mana pada gilirannya menciptakan nilai yang lebih baik bagi pemegang saham.


Reference: Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 1 kotler-keller penerbit Erlangga

Source Image by: paridoartikel.blogspot.com

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc