Skip to main content

Grab vs Gojek part 2


Tampilan Website  GOJEK VS GRAB

GOJEK-Transportasi ojek, Delivery (Pengiriman), pembayaran

Aplikasi ini dibuat oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa versi terbaru 3.24.0 diupdate pada 8 maret 2019, Gojek memiliki ukuran download 40,98 MB, dengan lebih dari 50.000.000 download.

GRAB

Aplikasi ini dibuat oleh Grab holdings versi terbaru 5.37.1 diupdate pada 22 maret 2019, Grab memiliki ukuran download 55,30 MB lebih besar dari Gojek, dengan lebih dari 100,000,000 download.

Menurut beberapa pengguna aplikasi  ojek online ada beberapa kelemahan dan kelebihan.

Gojek

tingkat akurasi mapnya rendah, sehingga dalam aplikasi drivernya jauh tiba-tiba udah sampe
Tidak ada fitur traffic sehingga pengguna tidak mengetahui lokasi mana saja yang mengalami kemacetan
Fitur lokasi terkadang tidak akurat sehingga terdapat perubahan harga yang janggal
Sangat membantu transportasi kebanyak wilayah, pelayanan nyaman
Dalam fitur go-food, Foto makanan ambigu real atau tidaknya dan tidak ada keterangan setiap makanan
Voucher sulit digunakan karena sulit mencari driver yang mau menerima voucher
Fitur Go-food sering mengalami eror,
Terdapat driver yang tidak profersional dan kurang sopan
pengembalian saldo go-pay ketika terjadi cancel order membutuhkan waktu lama
privasi pengguna kurang terlindungi, karena ada beberapa kasus akunnya diambil
Interfacenya sangat simpel dan mudah digunakan
Grab
Pesan makanan hanya bisa di satu tempat dan harus menunggu transaksi yang satu selesai dulu
Aplikasi mudah digunakan khususnya dalam mencari alamat yang dituju
Ada promo dan point untuk potongan biaya
Alur perjalanan yang lebih akurat
Dalam go-food, tidak ada lampiran foto makanan dan tempat jualan
Saldo ovo yang terkadang berkurang

Layanan Dari perusahaan pesaing GOJEK VS GRAB

Gojek

Cari transportasi, pesan makanan, isi pulsa dan bayar tagihan dengan lebih mudah, GOJEK bukan hanya aplikasi penyedia layanan transportasi, pesan antar makanan, logistik, pembayaran, dan kebutuhan sehari-hari,  sekarang GOJEK juga punya misi sosial untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sampai hari ini, GOJEK telah bermitra dengan lebih dari 1 juta driver, 125 ribu pedagang kuliner, dan 30 ribu penyedia jasa lainnya, semua tersebar di 50 kota di Indonesia.

Dengan men-download aplikasi dan menggunakan jasa GOJEK, pelanggan gak cuma bakal terbantu dalam mengerjakan urusan mereka sehari-hari, tapi juga bakal membantu para mitra GOJEK dalam menggapai mimpi-mimpi mereka dan keluarga mereka, dan turut jadi bagian dari misi meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia

Ada Beberapa layanan Gojek
Mau pergi-pergi, bisa pake GO-RIDE, GO-CAR, atau GO-BLUEBIRD.
Mau pesan makanan, bisa pesen lewat GO-FOOD
Kalau mau belanja juga bias dengan GO-MART atau GO-SHOP. belanja obat juga bisa lewat GO-MED.
Beli tiket bioskop atau acara-acara seru? Gak perlu ngantri lagi, pesen lewat GO-TIX
Untuk kebutuhan pengiriman, kamu bisa pakai GO-SEND, atau GO-BOX
Kalau mau beli pulsa dan paket data juga gampang, Bisa lewat GO-PULSA.
bayar tagihan-tagihan sekarang juga bisa lewat GO-BILLS.

Metode pembayaran

Untuk pembayaran semua transaksi aplikasi GOJEK, bisa lewat GO-PAY. Apalagi sekarang bisa transfer saldo ke teman dan bisa juga tarik saldo ke rekening bank. pelanggan tinggal verifikasi akun GO-PAY dan daftarkan rekening bank.
Sekarang, GO-MASSAGE, GO-CLEAN, GO-AUTO, dan GO-GLAM gabung jadi satu aplikasi, yaitu GO-LIFE, Kamu bisa pesen penyedia jasa untuk pijet, untuk bersih-bersih rumah, bantuan untuk masalah mobil atau motor kamu, juga make-up dan salon.

Gojek driver

kemudahan-kemudahan yang bakal didapatkan dari aplikasi driver, seperti:
Orderan BERAGAM! Mulai dari anter penumpang (GO-RIDE), anter makanan (GO-FOOD), paket (GO-SEND), belanjaan (GO-MART, GO-SHOP), sampai anter obat-obatan (GO-MED)

Bisa lihat lokasi yang lagi ramai orderan di peta

Ngehubungin customer gak perlu keluar pulsa, soalnya di aplikasi udah ada fitur chatnya!

Bisa dapet bonus tiap hari kalau performa dan target poin hariannya tercapai
Pendapatan harian driver bisa ditarik alias di-withdraw tiap hari!

pas nerima order, bintangnya kastamer bakal keliatan

fitur Rekap Pendapatan berisi rincian pendapatan dari narik, bonus, dan tip. Ga perlu ngitung sendiri lagi

Grab

Dengan jumlah pengemudi terbanyak di Asia Tenggara, Grab menawarkan layanan pemesanan transportasi tercepat untuk taksi, mobil dan motor pribadi. Sekarang, grab juga bisa memesan makanan dengan menggunakan layanan GrabFood yang akan diantar langsung ke tempat pelanggan.

Grab menghubungkan komunitasnya dengan kebutuhan transportasi dan pengantaran pelanggan untuk setiap tingkat harga berbeda.
Ada beberapa layanan Grab diantaranya:
• GrabTaxi: Pesan layanan taksi hemat ataupun premium dari jaringan pengemudi terbesar se-Asia Tenggara.
• GrabCar: Nikmati perjalanan nyaman dengan layanan mobil pribadi yang tarifnya pasti.
• GrabBike: Naik ojek untuk cara bepergian tercepat.
• GrabExpress: Kirimkan paket dan dokumen dengan layanan antar barang yang terpercaya.
• GrabHitch Car: Nebeng atau beri tebengan dengan komunitas nebeng grab.
• GrabHitch Bike: Nebeng atau beri tebengan dengan komunitas nebeng grab.
 • GrabFood: Pesan makanan terbaik dari daftar restoran kami dan kirimkan ke tempatmu. Aktif beroperasi di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)
• GrabPay: Bertransaksi tanpa uang tunai dengan mudah saat dan dapatkan lebih banyak poin GrabRewards yang dapat kamu tukarkan untuk tiket film dan voucher belanja.
pelanggan pun dapat menikmati perjalanan dengan tenang karena Grab menyediakan pelatihan keamanan untuk pengemudi, fitur keamanan seperti pelacakan nomor, jaminan asuransi kecelakaan pribadi, edukasi keamanan dan kerjasama dengan pemerintah.

Metode pembayaran

Bayar tunai, kartu kredit ataupun GrabPay, pelanggan akan menerima e-receipt lewat email setelah melakukan perjalanan.
Kelebihan dan perbaikan lainya:
pelanggan bisa menggunakan aplikasi Grab yang sama untuk memesan taksi, mobil dan sepeda motor di 8 negara: Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar Dan Cambodia
Grab menambahkan "Tipping": Berikan apresiasi kepada pengemudi Anda! Jika Anda telah memberi 5 bintang, Anda bisa mengakses fitur tip. (Tip tersedia hanya untuk Grab rides)
• Bug pada tampilan "My Rewards" telah diperbaiki: Beberapa hari ini terdapat kendala pada tampilan laman My Rewards yang membuat beberapa pengguna tidak dapat melihat dan menggunakan voucher reward-nya.

GRAB DRIVER - APLIKASI UNTUK PARA PENGEMUDI

Menghasilkan lebih dengan Grab kapanpun Anda inginkan.
Kawal penghasilan dengan mudah dengan aplikasi.
Dapatkan akses ke banyak keuntungan, pelatihan, dan dukungan eksklusif.

Dari perbandingan dan pernyataan diatas kedua aplikasi tersebut, menurut saya situs yang lebih unggul adalah GOJEK karena:
Dari kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan unggul, tidak dimiliki pesaing diantaranya Gojek mempunyai misi sosial untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat indonesia, layanan beli pulsa, paket data, bayar tagihan, layanan Go-life untuk jasa pijat, bersih-bersih rumah, bantuan untuk masalah mobil atau motor serta make up dan salon. Gojek driver dapat melihat lokasi yang lagi ramai dipeta, ada fitur chat, dapat bonus setiap hari jika sudah memenuhi target, bintang konsumen langsung dapat dilihat langsung, fitur rekap pendapatan.

Walaupun demikian ada beberapa fitur unggul Grab diantaranya menyediakan pelatihan keamanan untuk pengemudi, fitur keamanan seperti pelacakan nomor, jaminanan asuransi kecelakaan pribadi, edukasi keamanan, kerjasama dengan pemerintah. Selain itu dengan aplikasi grab yang samaa juga dapat digunakan di delapan negara; malaysia, singapura, indonesia, thailand, vietnam, filipina, myanmar dan cambodia. Grab driver memudahkan untuk kawal penghasilan dengan mudah diaplikasi, pelatihan dan dukungan ekslusif.

Gambar dari paridoartikel

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc