Skip to main content

Grab vs Gojek part 3


permintaan pasar terhadap layanan yang disediakan
Layanan GO-JEK

Berikut ini adalah jenis layanan serta penjelasannya:

1. GO-RIDE

Pada layanan GO-RIDE, Anda akan mengantarkan Pelanggan dari tempat penjemputan ke tempat tujuan. GO-RIDE adalah solusi transportasi masa kini yang memberikan kecepatan dan kemudahan pemesanan, penentuan destinasi yang mudah, dan yang terpenting, keamanan dan kenyamanan. Pelanggan akan memasukkan tempat penjemputan dan tujuan mereka ke dalam aplikasi ketika memesan layanan GO-RIDE. Jarak maksimum layanan GO-RIDE adalah 25 km.
GO-RIDE tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

2. GO-FOOD

GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 75.000 restoran yang terdaftar di aplikasi GO-JEK. Pada layanan GO-FOOD, Anda akan membelikan makanan yang dipesan oleh Pelanggan dan mengantarkannya ke lokasi Pelanggan sesuai dengan keterangan di aplikasi.
GO-FOOD tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

3. GO-SEND

Pada layanan ini, Anda akan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai dengan pemesanan di aplikasi. Anda hanya dapat mengantarkan barang pada 1 area yang sama dengan maksimal berat barang yang diantar yaitu 20 kg. Jika Anda Driver untuk area Jabodetabek, maka Anda dapat mengantarkan barang yang masih di dalam area Jabodetabek dengan berat barang maksimal 20 kg.

GO-SEND tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

4. GO-MART

GO-MART adalah layanan belanja instan untuk membeli barang dari berbagai macam toko yang telah tersedia di aplikasi. Pada layanan GO-MART, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai dengan yang Pelanggan pesan di aplikasi. Pengantaran GO-MART hanya dapat dilakukan pada 1 area yang sama.

GO-MART tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

5. GO-SHOP

GO-SHOP adalah layanan belanja yang memudahkan Pelanggan untuk membeli barang apapun dan di toko manapun dalam 1 area yang sama. Pada layanan GO-SHOP, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang pesanan Pelanggan. Lokasi pembelian dan pengantaran sesuai dengan yang tertera pada pemesanan Pelanggan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran dari tempat belanja ke lokasi Pelanggan yaitu 25 km.

GO-SHOP tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.
6. GO-MED

GO-MED merupakan layanan untuk Pelanggan yang ingin membeli obat, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya di apotek berlisensi yang sudah tersedia di layanan GO-MED. Pada layanan GO-MED, Anda akan membelikan dan mengantarkan obat–obatan atau kebutuhan kesehatan lainnya kepada Pelanggan, sesuai dengan pemesanan Pelanggan di aplikasi.
GO-MED tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bandung, Surabaya.

Layanan Grab

Berikut ini adalah jenis layanan serta penjelasannya:

Grab Taxi

Grab Taxi yaitu tersedia sebagai layanan yang membantu penumpang menemukan pengemudi taksi terdekat pada aplikasi Grab.




Grab Car
Yaitu penyewaan kendraan pribadi dengan supir yang menghadirkan kebebasan pilihan berkendra yang nyaman dan gaya pada aplikasi Grab.

Grab Bike

Grab Bike sebuah layanan alternative transportasi untuk mereka yang ingin lebih cepat dan aman sampai tujuan.

Grab Express

Grab Express adalah layanan kurir ekspres berbasis aplikasi yang menjanjikan kecepatan, kepastian, dan yang paling utama adalah keamanan.

Grab Food

Grab food adalah layanan pengantran makanan dan yang utama kualitas makanan yang diantar tetap terjaga.
Grab Fresh
Grab Fresh adalah layanan belanja kebutuhan sehari-hari bisa pakai aplikasi Grab.

Grab Rute

Memperkenalkan fitur baru dati Grab rute. Fitur rute dapat dikombinasikan seluruh tipe transportasi umum dalam memilih cara terbaik untuk bepergian. Naik bus, kereta atau pesan Grab, ‘Rute’ dapat memberikan rekomendasi cara terbaik untuk sampai ketujuan.




 layanan dari perusahaan pesaing GOJEK dan Grab

Ojek online GOJEK

Saat ini total ada 13 layanan ditawarkan Go-Jek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride, Go-Jek juga menawarkan layanan Go-Car, Go-Send, Go-Food, Go-Mart, Go-Busway, Go-Tix, Go-Box, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Med dan Go-Auto. Dengan jumlah armada sekitar 220 ribu driver (per April 2016), Go-Jek menguasai pasar lokal dengan operasional yang mencakup hampir semua kota-kota besar di Indonesia. Layanan besutan Nadiem Makarim ini tersedia di wilayah Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang dan Batam.

Go-Jek memberlakukan jam sibuk atau rush hour yakni pada pagi hari 06.00 ~ 09.00 dan sore 16.00 ~ 19.00. Di jam ini, tarif akan lebih mahal sekitar Rp 5.000 dari jam normal. Untuk menarik minat konsumen, Go-Jek merayu pelanggannya dengan menawarkan diskon tarif perjalanan 50% jika membayar dengan uang elektronik Go-Pay. Sejauh ini, promosi tersebut masih berlaku hingga Januari 2017. Promosi ini juga dilakukan Go-Jek untuk mendorong lebih banyak orang beralih ke cashless experience alias non tunai.

Update dari potongan tarif jika menggunakan Go-Pay, ternyata di awal tahun 2018 ini mengalami penurunan. Dari pengalaman penulis potongan dengan menggunakan Go-Pay ini hanya sekitar Rp 2000 dari biaya sekitar Rp 50.000, jadi hanya dapat potongan sekitar 5%.
Berbicara pengalaman menggunakan aplikasi, sayangnya pada aplikasi Go-Jek masih kerap ditemui eror. Terkadang, orderan driver tersendat atau malah terjadi dobel order yang sering membingungkan pengguna dan driver. Untuk komunikasi di antara driver dan penumpang, Go-Jek masih mengandalkan konektivitas selular. Jadi, ini akan memakan pulsa tambahan di luar paket data internet ketika driver dan penumpang perlu menelepon atau SMS. Di sisi lain, hal ini memungkinkan nomor telepon penumpang bisa diketahui driver.
Catatan lainnya, pada aplikasi Go-Jek tidak dicantumkan plat nomor kendaraan driver, sehingga menyulitkan pengguna menemukan driver yang menjemput mereka. Kondisi ini dipersulit dengan ketidakdisiplinan beberapa driver yang tidak menggunakan seragam. Update aplikasi Go-Jek terbaru sudah menyertakan plat nomer Driver Go-Jek, walau masih sering penulis temui banyak pengemudi Gojek yang tidak membawa motor yang sesuai dengan plat nomer yang terdaftar di dalam aplikasinya.

Ojek online Grab

Grab saat ini menawarkan tujuh layanan, GrabBike, GrabCar, GrabHitch, GrabExpress, GrabFood, GrabTaxi Promo dan GrabTaxi. Jumlah armadanya kurang lebih 250 ribu (data April 2016), namun angka itu mencakup penyebarannya di Asia Tenggara. Startup yang dipimpin Anthony Tan ini masih kalah dengan dominasi armada Go-Jek di pasar lokal.
Grab memang tak hanya fokus di Indonesia, melainkan mengincar pasar Asia Tenggara. Layanan ride sharing tersebut saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Filiphina.

Sebagai pesaing Go-Jek, Grab berupaya mengambil hati konsumen dengan memberikan berbagai diskon secara agresif. Grab kerap membuat kampanye tematik yang memasukkan kode tertentu untuk mendapatkan diskon, bahkan menggratiskan tarif perjalanan.
Sama seperti Go-Jek, Grab juga memberlakukan jam sibuk atau rush hour yakni pada pagi hari 06.00-09.00 dan sore 16.00-19.00. Di jam ini, tarif akan lebih mahal sekitar Rp 5.000 dari jam normal. Grab Masnya adalah salah satu kampanye promosi dari Grab yang merupakan kampanye promosi diskon Grab. Beralih ke pengalaman menggunakan aplikasi, harus diakui aplikasi Grab relatif lebih smooth dan minim terjadi eror dibandingkan dengan Go-Jek. Nilai plusnya, Grab juga punya fitur chat dan panggilan telepon di dalam aplikasi.

Jadi, tidak perlu biaya tambahan (koneksi seluler) ketika harus menelepon atau SMS, karena berbasis data internet. Fitur komunikasi ini membuat driver maupun penumpang tidak saling tahu nomor telepon sehingga privasi lebih terjaga.
Grab juga mencantumkan plat nomor kendaraan si driver pada aplikasinya, sehingga memudahkan penumpang menemukan driver yang menjemput. Di sisi lain, rata-rata driver Grab juga terbilang lebih disiplin menggunakan seragam sebagai salah satu tanda pengenalnya.
Perbandingan Tarif Harga Gojek dan Grab
KONDISI
GOJEK

Jam Sibuk (Rush Hour)
Pagi: 06.00-09.00
Sore: 16.00-19.00


Jam Sibuk (Rush Hour)
Rp 2.500 per km (jarak 0-12 km)
Di atas 12 km berubah menjadi
Rp 3.000 per-km


Tarif Minimum
Jam sibuk = Rp 10.000
Jam tidak sibuk = Rp 6.000


Berikut contoh perhitungan tarif Gojek:
Untuk jarak tempuh 5 km dengan GO-RIDE, berarti Anda perlu membayar:
Rp 2.500 x 5 = Rp 12.500
Jika jarak tempuh 15 km, maka tarifnya adalah:
Rp 3.000 x 15 = Rp 45.000

KONDISI
GRAB BIKE

Jam Sibuk (Rush Hour)
Pagi: 06.00-09.00
Sore: 16.00-19.00


Jam Sibuk (Rush Hour)

Tarif GrabBike mengalami kenaikan sebesar 10%,
Mulai tanggal 21 Agustus 2017, yaitu menjadi:
Rp 1.750 per km untuk 12 km pertama.
Di atas 12 km ada penambahan
 Rp 3.000 per-km
Biaya tambahan pada jam sibuk =
 Rp 2.500


Berikut contoh perhitungan tarif Grab bike:
Untuk jarak tempuh 15 km dengan GrabBike pada jam sibuk, berarti Anda perlu membayar:
12 km pertama = 12 x Rp 1.750 = Rp 21.000
3 km selanjutnya = 3 x Rp 3.000 = Rp9.000
Biaya tambahan jam sibuk = Rp 2.500
total = Rp 32.500


Gambar dari paridoartikel

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc