Skip to main content

Grab vs Gojek part 3


permintaan pasar terhadap layanan yang disediakan
Layanan GO-JEK

Berikut ini adalah jenis layanan serta penjelasannya:

1. GO-RIDE

Pada layanan GO-RIDE, Anda akan mengantarkan Pelanggan dari tempat penjemputan ke tempat tujuan. GO-RIDE adalah solusi transportasi masa kini yang memberikan kecepatan dan kemudahan pemesanan, penentuan destinasi yang mudah, dan yang terpenting, keamanan dan kenyamanan. Pelanggan akan memasukkan tempat penjemputan dan tujuan mereka ke dalam aplikasi ketika memesan layanan GO-RIDE. Jarak maksimum layanan GO-RIDE adalah 25 km.
GO-RIDE tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

2. GO-FOOD

GO-FOOD adalah layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 75.000 restoran yang terdaftar di aplikasi GO-JEK. Pada layanan GO-FOOD, Anda akan membelikan makanan yang dipesan oleh Pelanggan dan mengantarkannya ke lokasi Pelanggan sesuai dengan keterangan di aplikasi.
GO-FOOD tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

3. GO-SEND

Pada layanan ini, Anda akan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai dengan pemesanan di aplikasi. Anda hanya dapat mengantarkan barang pada 1 area yang sama dengan maksimal berat barang yang diantar yaitu 20 kg. Jika Anda Driver untuk area Jabodetabek, maka Anda dapat mengantarkan barang yang masih di dalam area Jabodetabek dengan berat barang maksimal 20 kg.

GO-SEND tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

4. GO-MART

GO-MART adalah layanan belanja instan untuk membeli barang dari berbagai macam toko yang telah tersedia di aplikasi. Pada layanan GO-MART, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang kepada Pelanggan sesuai dengan yang Pelanggan pesan di aplikasi. Pengantaran GO-MART hanya dapat dilakukan pada 1 area yang sama.

GO-MART tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.

5. GO-SHOP

GO-SHOP adalah layanan belanja yang memudahkan Pelanggan untuk membeli barang apapun dan di toko manapun dalam 1 area yang sama. Pada layanan GO-SHOP, Anda akan membelikan dan mengantarkan barang pesanan Pelanggan. Lokasi pembelian dan pengantaran sesuai dengan yang tertera pada pemesanan Pelanggan di aplikasi. Maksimal jarak pengantaran dari tempat belanja ke lokasi Pelanggan yaitu 25 km.

GO-SHOP tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, Solo, Samarinda, Malang, Batam, Sukabumi, Pekanbaru, Banjarmasin, Mataram, Jambi, Sidoarjo, Gresik, Lampung, Pontianak, Padang, Serang, Cirebon, Pematangsiantar, Tasikmalaya, Purwokerto, Madiun, Salatiga, Magelang, Kediri, Tegal, Jember, Pekalongan, Bukittinggi, Cilacap, Garut, Karawang, Pasuruan, Mojokerto, Banda Aceh, Sumedang, Belitung, Madura, Probolinggo, Purwakarta, dan Banyuwangi.
6. GO-MED

GO-MED merupakan layanan untuk Pelanggan yang ingin membeli obat, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya di apotek berlisensi yang sudah tersedia di layanan GO-MED. Pada layanan GO-MED, Anda akan membelikan dan mengantarkan obat–obatan atau kebutuhan kesehatan lainnya kepada Pelanggan, sesuai dengan pemesanan Pelanggan di aplikasi.
GO-MED tersedia di kota-kota berikut:
Jabodetabek, Bandung, Surabaya.

Layanan Grab

Berikut ini adalah jenis layanan serta penjelasannya:

Grab Taxi

Grab Taxi yaitu tersedia sebagai layanan yang membantu penumpang menemukan pengemudi taksi terdekat pada aplikasi Grab.




Grab Car
Yaitu penyewaan kendraan pribadi dengan supir yang menghadirkan kebebasan pilihan berkendra yang nyaman dan gaya pada aplikasi Grab.

Grab Bike

Grab Bike sebuah layanan alternative transportasi untuk mereka yang ingin lebih cepat dan aman sampai tujuan.

Grab Express

Grab Express adalah layanan kurir ekspres berbasis aplikasi yang menjanjikan kecepatan, kepastian, dan yang paling utama adalah keamanan.

Grab Food

Grab food adalah layanan pengantran makanan dan yang utama kualitas makanan yang diantar tetap terjaga.
Grab Fresh
Grab Fresh adalah layanan belanja kebutuhan sehari-hari bisa pakai aplikasi Grab.

Grab Rute

Memperkenalkan fitur baru dati Grab rute. Fitur rute dapat dikombinasikan seluruh tipe transportasi umum dalam memilih cara terbaik untuk bepergian. Naik bus, kereta atau pesan Grab, ‘Rute’ dapat memberikan rekomendasi cara terbaik untuk sampai ketujuan.




 layanan dari perusahaan pesaing GOJEK dan Grab

Ojek online GOJEK

Saat ini total ada 13 layanan ditawarkan Go-Jek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride, Go-Jek juga menawarkan layanan Go-Car, Go-Send, Go-Food, Go-Mart, Go-Busway, Go-Tix, Go-Box, Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Med dan Go-Auto. Dengan jumlah armada sekitar 220 ribu driver (per April 2016), Go-Jek menguasai pasar lokal dengan operasional yang mencakup hampir semua kota-kota besar di Indonesia. Layanan besutan Nadiem Makarim ini tersedia di wilayah Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang dan Batam.

Go-Jek memberlakukan jam sibuk atau rush hour yakni pada pagi hari 06.00 ~ 09.00 dan sore 16.00 ~ 19.00. Di jam ini, tarif akan lebih mahal sekitar Rp 5.000 dari jam normal. Untuk menarik minat konsumen, Go-Jek merayu pelanggannya dengan menawarkan diskon tarif perjalanan 50% jika membayar dengan uang elektronik Go-Pay. Sejauh ini, promosi tersebut masih berlaku hingga Januari 2017. Promosi ini juga dilakukan Go-Jek untuk mendorong lebih banyak orang beralih ke cashless experience alias non tunai.

Update dari potongan tarif jika menggunakan Go-Pay, ternyata di awal tahun 2018 ini mengalami penurunan. Dari pengalaman penulis potongan dengan menggunakan Go-Pay ini hanya sekitar Rp 2000 dari biaya sekitar Rp 50.000, jadi hanya dapat potongan sekitar 5%.
Berbicara pengalaman menggunakan aplikasi, sayangnya pada aplikasi Go-Jek masih kerap ditemui eror. Terkadang, orderan driver tersendat atau malah terjadi dobel order yang sering membingungkan pengguna dan driver. Untuk komunikasi di antara driver dan penumpang, Go-Jek masih mengandalkan konektivitas selular. Jadi, ini akan memakan pulsa tambahan di luar paket data internet ketika driver dan penumpang perlu menelepon atau SMS. Di sisi lain, hal ini memungkinkan nomor telepon penumpang bisa diketahui driver.
Catatan lainnya, pada aplikasi Go-Jek tidak dicantumkan plat nomor kendaraan driver, sehingga menyulitkan pengguna menemukan driver yang menjemput mereka. Kondisi ini dipersulit dengan ketidakdisiplinan beberapa driver yang tidak menggunakan seragam. Update aplikasi Go-Jek terbaru sudah menyertakan plat nomer Driver Go-Jek, walau masih sering penulis temui banyak pengemudi Gojek yang tidak membawa motor yang sesuai dengan plat nomer yang terdaftar di dalam aplikasinya.

Ojek online Grab

Grab saat ini menawarkan tujuh layanan, GrabBike, GrabCar, GrabHitch, GrabExpress, GrabFood, GrabTaxi Promo dan GrabTaxi. Jumlah armadanya kurang lebih 250 ribu (data April 2016), namun angka itu mencakup penyebarannya di Asia Tenggara. Startup yang dipimpin Anthony Tan ini masih kalah dengan dominasi armada Go-Jek di pasar lokal.
Grab memang tak hanya fokus di Indonesia, melainkan mengincar pasar Asia Tenggara. Layanan ride sharing tersebut saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Filiphina.

Sebagai pesaing Go-Jek, Grab berupaya mengambil hati konsumen dengan memberikan berbagai diskon secara agresif. Grab kerap membuat kampanye tematik yang memasukkan kode tertentu untuk mendapatkan diskon, bahkan menggratiskan tarif perjalanan.
Sama seperti Go-Jek, Grab juga memberlakukan jam sibuk atau rush hour yakni pada pagi hari 06.00-09.00 dan sore 16.00-19.00. Di jam ini, tarif akan lebih mahal sekitar Rp 5.000 dari jam normal. Grab Masnya adalah salah satu kampanye promosi dari Grab yang merupakan kampanye promosi diskon Grab. Beralih ke pengalaman menggunakan aplikasi, harus diakui aplikasi Grab relatif lebih smooth dan minim terjadi eror dibandingkan dengan Go-Jek. Nilai plusnya, Grab juga punya fitur chat dan panggilan telepon di dalam aplikasi.

Jadi, tidak perlu biaya tambahan (koneksi seluler) ketika harus menelepon atau SMS, karena berbasis data internet. Fitur komunikasi ini membuat driver maupun penumpang tidak saling tahu nomor telepon sehingga privasi lebih terjaga.
Grab juga mencantumkan plat nomor kendaraan si driver pada aplikasinya, sehingga memudahkan penumpang menemukan driver yang menjemput. Di sisi lain, rata-rata driver Grab juga terbilang lebih disiplin menggunakan seragam sebagai salah satu tanda pengenalnya.
Perbandingan Tarif Harga Gojek dan Grab
KONDISI
GOJEK

Jam Sibuk (Rush Hour)
Pagi: 06.00-09.00
Sore: 16.00-19.00


Jam Sibuk (Rush Hour)
Rp 2.500 per km (jarak 0-12 km)
Di atas 12 km berubah menjadi
Rp 3.000 per-km


Tarif Minimum
Jam sibuk = Rp 10.000
Jam tidak sibuk = Rp 6.000


Berikut contoh perhitungan tarif Gojek:
Untuk jarak tempuh 5 km dengan GO-RIDE, berarti Anda perlu membayar:
Rp 2.500 x 5 = Rp 12.500
Jika jarak tempuh 15 km, maka tarifnya adalah:
Rp 3.000 x 15 = Rp 45.000

KONDISI
GRAB BIKE

Jam Sibuk (Rush Hour)
Pagi: 06.00-09.00
Sore: 16.00-19.00


Jam Sibuk (Rush Hour)

Tarif GrabBike mengalami kenaikan sebesar 10%,
Mulai tanggal 21 Agustus 2017, yaitu menjadi:
Rp 1.750 per km untuk 12 km pertama.
Di atas 12 km ada penambahan
 Rp 3.000 per-km
Biaya tambahan pada jam sibuk =
 Rp 2.500


Berikut contoh perhitungan tarif Grab bike:
Untuk jarak tempuh 15 km dengan GrabBike pada jam sibuk, berarti Anda perlu membayar:
12 km pertama = 12 x Rp 1.750 = Rp 21.000
3 km selanjutnya = 3 x Rp 3.000 = Rp9.000
Biaya tambahan jam sibuk = Rp 2.500
total = Rp 32.500


Gambar dari paridoartikel

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...