Skip to main content

Grab vs Gojek part 5



GANGGUAN TEKNIS

GOJEK

Aplikasi Gojek mengalami gangguan pada Kamis (26/4) pagi. Sejumlah laporan menyebut bahwa mereka tak bisa menggunakan jasa Gojek lantaran aplikasi langsung menutup kembali sesaat setelah dibuka.

Saat diadukan ke layanan pelanggan, akun @gojekindonesia menyarankan untuk keluar dan mencoba masuk kembali ke aplikasi dengan jaringan internet yang stabil.

Namun, pengguna lainnya menyahut bahwa cara itu tidak berhasil. Bahkan seorang lainnya menyebut ia sudah memasang ulang aplikasi Gojeknya namun belum juga berhasil.

Pengguna lain mengira hal ini terjadi lantaran aplikasi Gojek mereka belum diperbarui. Namun, hal serupa tetap terjadi meski ia sudah memperbarui aplikasinya.
Pengguna aplikasi Gojek lain menyebut bahwa aplikasi mereka kerap menutup sendiri ketika layanan internet diaktifkan. Tapi aplikasi bisa terbuka ketika semua layanan internet dimatikan, baik wifi dan selular.

keluhan gangguan ini mulai merebak sekitar pukul 7.30 WIB. Sebab, pada jam-jam sebelumnya aplikasi tersebut masih dapat digunakan tanpa gangguan. Pihak Gojek Indonesia sendiri masih belum memberikan keterangan saat dihubungi.
Sekitar pukul 8.05 WIB aplikasi sudah bisa digunakan kembali, namun tampilan laman muka aplikasi tak bisa di gulung (scroll) seperti biasanya.

GRAB

Netizen berkicau di lini masa Twitter karena keluhan tidak bisa menggunakan e-wallet Ovo yang terintegrasi dengan GrabPay di aplikasi Grab. Gangguan ini terjadi di saat jam pulang kantor, Jumat (12/10).
Banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini lantaran terjadi ketika jam sibuk pulang kerja.

saldo GrabPay yang terintegrasi dengan Ovo raib. Padahal ketika di cek di aplikasi Ovo, saldo masih ada isinya.

Di samping itu, tak sedikit juga netizen yang bingung setelah mengisi saldo Ovo. Bukan bertambah, pengguna mengeluhkan saldo mereka justru menjadi Rp0.
Sementara itu, pihak Grab mengatakan saldo pengguna yang raib lantaran ada pemeliharaan sistem yang sedang dilakukan perusahaan.

Sebelumnya pada 30 Juli lalu, hal yang sama sempat terjadi.  Saat itu pihak Ovo mengakui adanya kendala teknis sehingga saldo pengguna berubah menjadi nol.


I. PENILAIAN TEKNOLOGI INFORMASI
GOJEK

1.Management Information Systems
Penjelasan :

Management information systems (MIS)  menyediakan  laporan  informasi  bagi  pihak  manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS menyajikan  informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
Analisa :

Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.

2. Decision Support Systems
Penjelasan :

Decision support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
Analisa :

Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.

3. Executive Information Systems
Penjelasan :

Executive information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.

Analisa :

Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

GRAB

Big data yaitu sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar dimana tantangannya terletak pada bagaimana data itu disimpan, mengolah data (menyimpan/membagikan) yang besar, bagaimana memvisualisasikan data serta menganalisa data. Dengan kata lain big data digunakan untuk mendapatkan pola – pola dan informasi yang berguna.
Salah satu perusahaan yang menggunakan big data analisis adalah GRAB. GRAB menggunakan big data yang telah dikelola untuk meningkatkan pelayanannya agar selalu relevan disetiap operasinya.
Salah satu inovasi yang memanfaatkan teknologi big data adalah kehadiran GrabShare dan GrabNow. GrabShare adalah layanan berbagi tumpangan dengan orang lain dengan titik tujuan searah. Sementara GrabNow adalah cara mendapatkan pengemudi tercepat dengan langsung menghampiri pengemudi terdekat yang tidak dalam status pemesanan.

1. 4V’s Big Data GRAB

Volume

Grab memiliki lebih dari 500 row data yang diupdate per jam dan lebih dari 50 juta insert per jam kedalam database saat puncaknya dan ini terjadi setiap hari. Jumlah data yang banyak tentu membutuhkan analisa yang mendalam, sehingga dimulai dari tahun 2014.

Variety

Grab dapat mencapai 2,5 juta perjalanan setiap hari sejak didirikan. Grab telah memberikan pendapatan yang lebih besar kepada hampir 1 juta mitra pengemudi dan mengurangi waktu tempuh perjalanan hingga setengahnya diseluruh Asia Tenggara.

Velocity

Grab membuat aplikasi yang dapat membuat customer melihat perjalanan driver pada saat diperjalanan.

Veracity

Banyaknya driver menggunakan fake GPS yang membuat driver berada dimana-mana sehingga dapat menyebabkan perebutan penumpang.

2. Terminologi Big data GRAB

Data

500 ribu row data update per jam, 50 juta insert per jam kedalam database, 45 juta unduhan pada awal rilis, 2,5 juta perjalanan setiap hari sejak didirikan dan 63 juta unduhan oleh perangkat.
Teknologi

Ratusan database dengan ratus terabyte data dan logs, 10 terabyte penerimaan data sehari, puluhan ribu CPU, ribuan booking per detik, Bekerjasama dengan microsoft dalam pengembangan AI (Artificial Intelligence).

Proses

Pada awal kemunculan Grab hanya ada GrabCar dan GrabBike, kemudian muncul GrabFood, setelah itu GrabPay Credits. Kemudian yang terbaru GrabShare dan GrabNow.

Sumber Daya Manusia (SDM)
Tahun 2017 Grab memiliki 60 ribu pengemudi (diver), Tahun 2017 Grab memiliki 150 engineer lokal di pusat R&D (penelitian dan pengembangan) Grab di Jakarta.

3. Manfaat dan Dampak

Manfaat

Pelanggan Grab memberikan penilaian tinggi pada beberapa faktor, termasuk peningkatan akses, keamanan, kenyamanan dan keselamatan bagi pelanggannya. Mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike mendapatkan lebih banyak pelanggan dan pendapatan yang lebih tinggi.

Dampak

Bentroknya pengendara Grab dengan pengendara ojek pangkalan dalam mengambil penumpang. Menambah kemacetan karena jumlah kendaraan meningkat. Terjadinya demo dalam rangka ketidak setujuannya para pengendara ojek pangkalan dan supir angkot terhadap adanya ojek online.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc