Skip to main content

Q & A Komunikasi Bisnis



Apa makna pertukaran (gagasan, pendapat, informasi, instruksi) dalam konteks komunikasi bisnis

Jawab



Pengertian menurut kamus besar bahasa indonesia 

Gagasan adalah hasil pemikiran; ide.
Pendapat adalah pikiran; anggapan; buah pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa); orang yang mula-mula menemukan atau menghasilkan (sesuatu yang tadinya belum ada atau belum diketahui); kesimpulan (sesudah mempertimbangkan, menyelidiki, dan sebagainya).

Informasi adalah penerangan; pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu.

Instruksi adalah perintah atau arahan (untuk melakukan pekerjaan atau melaksanakan tugas); pelajaran atau petunjuk.

makna pertukaran (gagasan, pendapat, informasi, instruksi) dalam konteks komunikasi bisnis adalah sebagai isi dari pesan yang bentuknya bisa berupa gagasan, pendapat, informasi, maupun instruksi, namun bentuk pesan bergantung pada tujuan, situasi dan kondisi.

Apakah terdapat syarat dalam komunikasi bisnis dengan cara:

Komunikasi tertulis kepada komunikan, terdapat beberapa syarat agar komunikasi tertulis kepada komunikan berjalan dengan baik yaitu:

Lengkap (completeness)

Pesan yang dikatakan lengkap jika pesan tersebut berisi fakta-fakta yang di inginkan oleh pembicara, oleh karena itu pesan harus menjawab semua pertanyaan (5W+1H), serta memberikan informasi tambahan yang dibutuhkan oleh komunikan

Ringkas (Concissenses)

Makna ringkas disini bukan berarti beberapa kata dihilangkan begitu saja dan membuat pesan menjadi tidak lengkap, tetapi ringkas yang dimaksud adalah menghilangkan kata-kata yang kurang penting dan menghindari pengulangan kata-kata.

Pertimbangan (consideration)

Pertimbangan yang dimaksud adalah benar-benar menyiapkan apa yang ditulis dan memahami penerima surat (komunikan), apa masalahnya, keinginannya dan lain-lain.

Konkrit (concerteness)

Konkrit yang dimaksud disini adaalah spesifik, mengandung kepastian yang jelas, menghindari kekaburan dan penulisan secara umum, jadi pesan harus menggunakan fakta-fakta atau data yang spesifik, jelas dan menggunakan kalimat aktif.

Jelas (Clarity)

Pesan yang disampaikan harus benar-benar jelas dan dapat dipahami serta dimengerti oleh pembaca sehingga perlu diperhatikan pemilihan kata-kata yang sering digunakan dan hindari kata-kata asing.

Sopan (Courtesy)

Sopan yang dimaksud disini adalah jangan menyinggung perasaan pembaca, jawablah surat langganan segera, bijaksana dan memilih kata-kata yang baik agar tidak menyakiti hati komunikan.

Benar (Correectness)

Benar yang dimaksud disini adalah menggunakan bahasa yang sesuai dengan level pengetahuan langganan dan gunakan kata-kata yang akurat serta ditunjang dengan gambar dan serta data grafik.
Hendaknya pesan menciptakan suasana yang menguntungkan.

Pesan yang disampaikan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.

Menerima informasi tertulis dari komunikator, terdapat beberapa syarat agar menerima informasi tertulis dari komunikator berjalan dengan baik yaitu:

Penerima pesan atau biasa disebut komunikator harus mencatat atau menandai informasi dan memusatkan perhatian pada bahan yang sedang dibaca.
Setelah menangkap inti bacaan, komunikan dapat memutuskan mana informasi yang penting dan mana yang tidak penting yaitu dengan  melalui pendekatan ide pokok dan ide pendukung.

Berikan feed back bahwa anda sudah memahami ataupun belum memahami isi pesan kepada komunikator.

Komunikasi langsung (physical), terdapat beberapa syarat agar komunikasi langsung  berjalan dengan baik yaitu:

Komunikasi langsung merupakan komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka antara komunikator dengan komunikan, seperti berbicara dengan orang lain tanpa perantara atau media komunikasi sebagai penghantar pesan atau informasi.
Dimulai dengan mengucapkan salam.
Menggunakan kata-kata yang sopan dan bahasa yang mudah dipahami.

Menggunakan komunikasi nonverbal agar komunikasi berjalan dengan lancar.
Memberikan tanggapan langsung kepada lawan bicara apakah pesan tersebut dapat dipahami atau tidak.

Jangan memotong atau menyanggah pada saat komunikator berbicara.
Menggunakan nada bicara yang tinggi.
Diakhiri dengan salam.

Mendengar dari komunikator, terdapat beberapa syarat agar mendengar dari komunikator berjalan dengan baik yaitu:

Orang yang mendengar dari komunikator biasa juga disebut komunikan (penerima pesan), yang bisa berupa seseorang, kelompok maupun massa.

Fokus mendengarkan komunikator.
Memberikan tanggapan kepada komunikator dengan suara yang jelas dan bahasa yang mudah dipahami.
Memahami pesan yang disampaikan komunikator.

Tidak memotong atau menyanggah komunikator pada saat berbicara.
Jika perlu catat pesan-pesan yang dianggap penting.

Meminta komunikator mengulang pesan yang dianggap kurang jelas atau tidak jelas.
Memberikan feedback kepada komunikator bahwa anda memahami ataupun tidak memahami pembicaraan serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh komunikator.

Keterampilan apa yang diperlukan? Apa karakteristik kompetensi yang diperlukan untuk masing-masing bentuk komunikasi dimaksud:

Bentuk komunikasi verbal, beberapa keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk komunikasi verbal:

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara tertulis atau dalam bentuk lisan seperti surat, laporan, memo dan rapat kerja.

Komunikasi verbal terdiri dari komunikasi lisan dan tertulis

Keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan komunikasi lisan adalah; penyajian, pemahaman karakter audiens, mendengar secara kritis, bahasa tubuh, keahlian menyesuaikan cara berbicara kepada komunikan yang berbeda, menggunakan pendekatan dan gaya yang pas, memahami pentingnya isyarat non-verbal dalam komunikasi lisan, pandai menyimak dan berbicara.

Keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan Komunikasi tertulis; mempunyai latar belakang akademis seperti menulis, pandai mengedit, membaca secara kritis, penyajian data, keahlian revisi dan penyuntingan, presentasi data dan personal.

Bentuk komunikasi nonverbal, beberapa keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk komunikasi nonverbal:

Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata melainkan hanya dalam bentuk bahasa isyarat (body language), simbol, seragam, ekspresi wajah, lambang (logo) entitas, jarak saat bicara dan warna, sandi, intonasi suara.

Contoh Komunikasi nonverbal gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

Kompetensi komunikasi non-verbal;


  1. kompetensi dalam mengirimkan pesan-pesan non-verbal
  2. Memahami bahwa komunikasi nonverbal adalah multi saluran 
  3. Memahami bahwa komunikasi nonverbal berdampak pada interaksi yang dilakukan
  4. Memahami bagaimana komunikasi nonverbal mengatur percakapan
  5. Memahami bagaimana komunikasi nonverbal terkait dengan cara kita mendengarkan
  6. Memahami bagaimana komunikasi nonverbal terkait dengan kesan 
  7. Meningkatkan kompetensi dalam saluran khusus komunikasi nonverbal
  8. Kompetensi untuk menginterpretasi pesan-pesan nonverbal
  9. Dalam komunikasi nonverbal tidak ada kamus nonverbal
  10. Menyadari bahwa sinyal-sinyal nonverbal adalah terkait satu sama lain
  11. Membaca petunjuk nonverbal dalam sebuah konteks 
  12. Menginterpretasi petunjuk dalam berbagai saluran khusus
  13. Mendeteksi manipulasi



Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...