Skip to main content

Mewujudkan ULM Yang Terkemuka dan Berdaya Saing di Era Digital

Kayapa habar bubuhan Pian sebarataaan... mudahan sehat-sehat haja seberataaan... kali ini saya akan posting diluar tema (ekonomi dan bisnis) hehe... yups tentang kampus tercinta Universitas Lambung Mangkurat, penasaran gimana ULM sekarang dan apa sih harapan untuk ULM kedepannya... langsung saja cekidot....


Generasi sekarang sangat erat kaitannya dengan revolusi 4.0, dimana revolusi ini menekankan pola digitalisasi dan otomasi disemua aspek kehidupan manusia. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

Revolusi ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Seperti yang kita tahu generasi milineal saat ini tidak terpisahkan yang namanya teknologi.

“GENERASI MILINEAL HARUS SIAP MENGHADAPI TANTANGAN YANG TERJADI PADA ERA 4.0”


Begitu juga dengan ULM, kampus kebanggaan banua ini terus berkomitmen membantu daerah dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan yang terjadi di era revolusi 4.0 ini.

Untuk menghadapi era digital sekarang, ULM menyediakan layanan sistem informasi (SIMARI) yang saling terhubung baik layanan untuk pimpinan universitas, layanan akademik untuk semua fakultas, untuk dosen pengajar maupun untuk mahasiswa dan calon mahasiswa. Generasi milineal sekarang tidak bisa lepas dengan yang namanya gadget, oleh karena itu ULM menyediakan layanan penunjang akademik seperti Portal Akademik, E-learning ULM dan Bimbingan Konseling.

“SIMARI DIKEMBANGKAN DENGAN PRINSIP SIMPUN (Sistematis, Informatif, Mandiri, Partisipatif, Utuh dan Non Redudansi)”

Portal akademik merupakan pengelolaan rencana studi mahasiswa, bimbingan akademik, kartu ujian dan hasil studi (penilaian) serta pengisian koesioner. Portal akademik sangat memudahkan para generasi digital sekarang, mahasiswa dapat membuat rencana studi, melihat hasil studi dan rekapitulasi hasil studi bahkan bisa diakses dan dicetak kapan saja. Bahkan sekarang ULM sudah menyediakan aplikasi portal akademik yang bisa diunduh baik melalui android maupun IOS.

“PORTAL AKADEMIK ULM MENYEDIAKAN ACCOUNT EMAIL BERDOMAIN ULM YANG LANGSUNG BISA DIGUNAKAN”

Selanjutnya Elearning ULM, merupakan salah satu metoda pembelajaran yang dilakukan di ULM. Melalui aplikasi ini mahasiswa dan dosen bisa berinterkasi selayaknya kelas tatap muka, namun dilakukan secara elektronik. Dengan elearning dosen dapat mengirim materi pembelajaran maupun pemberian tugas kepada mahasiswanya bahkan dapat digunakan untuk ujian.

“ELEARNING ULM DIGUNAKAN OLEH PARA DOSEN PENGAJAR UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR SECARA DARING”

Pengalaman saya selama menjadi mahasiswa dalam proses belajar, selain dengan menggunakan Elerning ULM, dosen juga menggunakan aplikasi lain seperti ZOOM dan Kahoot. Saat itu dosen pengajar ada urusan diluar negeri, beliau menggunakan aplikasi ZOOM untuk pembelajaran dikelas. Yaa... walaupun hanya melalui LCD proyektor namun tidak mengurangi sedikitpun proses pembelajaran dikelas. Selain itu untuk kuis dan tugas para dosen juga menggunakan aplikasi Kahoot. Proses pembelajaran seperti ini sangat disukai para generasi digital sekarang.


Yang terakhir ada layanan Bimbingan Konseling, aplikasi baru ini berguna untuk mempermudah mahasiswa melakukan konseling agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai perkembangan.

Untuk menghadapi perubahan yang terjadi di era industri 4.0 ini, negara mempunyai kewajiban untuk mempersiapkan generasi ini menjadi angakatan kerja yang produktif dan kompetitif. Cara agar generasi digital bertahan dengan segala perubahan yang dibawa oleh revolusi ini yaitu dengan cara melatih kemampuan belajar sejak dini. Dalam hal inilah lembaga pendidikan mempunyai peran penting membuat generasi sekarang memiliki kemampuan belajar yang tinggi. Lembaga pendidikan harus bisa beradaptasi cara belajar peserta didik dengan era revolusi 4.0 ini, salah satunya dengan menerapkan E-learning dan membuat program studi baru.

“Di usia ULM yang ke-61 tahun ini, berbagai program peningkatan mutu pendidikan terus di gaungkan. Baik peningkatan kualitas pendidik hingga mendorong lulusan yang berdaya saing”

Dikutip dari apahabar.com, Di acara diesnatalis ke-61, reaktor ULM , prof Sutarto Hadi mengatakan akan terus mendorong dosen ULM untuk menulis jurnal internasional. Semakin banyak jurnal internasional yang diterbitkan, maka kualitas tenaga pendidik ULM tidak perlu diragukan lagi kualitasnya yang akan terwujudnya ULM Go Internasional.

Selain itu, ULM juga mewajibkan satu profesor disetiap program studi. Hal tersebut karena hanya sebagian besar program studi di ULM yang memiliki gelar profesor. 

Kedepannya ULM akan melaksanakan penelitian terkait dengan lingkungan dan perubahan iklim khususnya mencari solusi atas permasalahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dikalimantan yang sekarang sedang menjadi masalah serius.

ULM juga meluncurkan SIPERKASA (Sistem Permohonan Kerja sama) dalam sistem ini, maka semua kerja sama akan melalui satu pintu, bahkan tidak hanya mitra dalam negeri tetapi luar negeri sekalipun bisa memanfaatkan sistem ini dalam menjalin kerja sama.

Selain itu dikutip dari klikkalsel.com untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, ULM membangun12 gedung baru yang diresmikan oleh menristekdikti, mohammad nasir pada tanggal 5 maret 2019 lalu. Selain 12 gedung baru ini, ULM juga mengusulkan pembangunan gedung Laboratorium Terpadu.

Sepuluh gedung dibangun dikampus Jln Hasan Basri Banjarmasin sepeti lecture theater, digital library dan student activity center. Sedangkan sisanya dibanjarbaru berupa auditorium di Jln Ahmad Yani KM 36, dan sport center dikampus JPOK tepatnya di Jln gotong royong.


Apalagi sekarang ULM sudah mendapat akreditasi A dari BAN PT. Dikutip dari Banjarmasin Post, zainal alumni mahasiswa FISIP ULM, mengatakan dengan adanya akreditasi A ini ULM semakin diperhitungkan kedepannya dan lulusannya mempunyai daya saing yang tinggi, selain itu akreditas prodi juga banyak yang sudah meningkat menjadi A, hal ini membuat ULM Menjadi Kampus dengan pendaftar terbanyak setiap tahunnya, besyukurlah buat kalian yang sudah masuk ULM karena ULM Kampus Pilihanku.


Untuk kalian pejuang beasiswa, ada banyak pilihan program beasiswa di ULM dari beasiswa Bidikmisi, beasiswa PPA, Beasiswa Bank Indonesia, Salemba Empat dan masih banyak lagi. Saya salah satu penerima beasiswa Bidikmisi, Pihak universitas sangat ramah dan membantu bagi penerima beasiswa, jadi jika kamu ingin mengurus pelayanan beasiswa baik beasiswa Bidikmisi ataupun yang lain dijamin pelayanannya sangat memuaskan dehhh....nah setelah kamu menjadi penerima beasiswa kamu diwajibkan untuk mengikut kegiatan-kegiatan baik di fakultas maupun universitas yaa...

"BUAT KALIAN YANG MEMILIKI KETERBATASAN EKONOMI, JANGAN KHAWATIR....ULM MENYEDIAKAN BANYAK PROGRAM BEASISWA UNTUK KAMU"
 
ULM menjadi Pelapor Pendidikan Inklusi di Kalimantan Selatan- dikutip dari website resmi ULM, pada hari Senin 28 Oktober 2019 kemaren, Unit Layanan Disabilitas Pusat Pengembangan Pendidikan Inklusi ULM menyelenggarakan Focus group Discussion (FGD). Forum tersebut dihadiri oleh reaktor ULM, ketua LP3, dekan dan sivitas akademika ULM, serta para guru sekolah menengah di Kalimantan Selatan.

Saat ini tercatat ada 27 mahasiswa berkebutuhan khusus yang mengenyam pendidikan tinggi di ULM. dengan terselenggaranya forum tersebut diharapkan para dosen dan guru siap menerima lebih banyak peserta didik disabilitas.

ULM berkerjasama dengan Erasmus+ untuk menciptakan indoeduc4all yang bergerak dibidang pendidikan Inklusi, bentuk gerakan ini yaitu dibuatnya fasilitas ramah disabilitas di gedung-gedung yang terdapat di ULM dan pemberian ilmu serta pelatihan kepada dosen pengajar.

 “ULM MERUPAKAN SALAH SATU DARI 6 UNIVERSITAS PERTAMA DI INDONESIA YANG RAMAH DISABILITAS”
Lalu bagaimana pendapat masyarakat mengenai ULM yang sekarang, arai mengatakan

"Berbicara mengenai ULM,  menarik untuk di simak, apalagi kampus ini adalah kampus terbesar di kalsel, maka dari itu banyak sekali fakultas dan jurusan yang ada di kampus ini, kampus ini sekarang jauh lebih berkembang baik dari infrastrukturnya maupun sarana prasarananya dari yang saya kira selama ini"

Arai menambahkan, menganai harapannya untuk ULM kedepan,

 "Ada banyak harapan dan doa tidak hanya dari saya, tapi juga orang lain dan khusus harapan saya semoga kampus ini bisa menjadi salah satu kampus favorit di tingkat nasional suatu hari nanti, dengan semakin berkembang pesatnya teknologi, semoga perkembangan kampus ini juga menjadi lebih maju lagi bahkan kalau bisa go internasional aamiin...🙏"

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era yang disebut internet of things (IoT) sekarang banyak terjadi perubahan-perubahan khususnya pada bidang pendidikan, ULM sebagai salah satu lembaga pendidikan dapat dengan baik beradaptasi, salah satunya dengan membuat sistem informasi yang terintegrasi dengan baik seperti SIMARI dan meluncurkan SIPERKASA. Perubahan-perubahan yang terjadi pada era ini dapat membawa ancaman dan peluang khususnya dalam bidang pendidikan, agar relevan dengan perubahan tersebut maka ULM diharapkan dapat meningkatkan sistem Informasi dan membuat program studi baru untuk menyesuaikan akan kebutuhan dimasa depan. 

Selain itu untuk menunjang kegiatan akademik, ULM membuat gedung-gedung baru dan gazebo-gazebo yang instragramable buat para generasi milineal sekarang. Para dosen juga dituntut untuk lebih produktif dengan membuat lebih banyak jurnal internasional. Dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung ini diharapakan generasi digital khususnya para mahasiswa dan para civitas academica dapat lebih semangat untuk mewujudkan ULM yang terkemuka dan berdaya saing tidak hanya pada kancah nasional tetapi juga Go internasional.

Dibawah ini foto-foto saya ketika mengikuti PKKMB, ada yang bisa tebak saya disebelah mana....hehe ini masih pada botak yaa guys


PKKMB tahun 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM (dokumentasi pribadi)

Okee guys.. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung diblog saya, jangan lupa tulis  pada kolom komentar harapan kalian untuk Universitas Lambung Mangkurat kedepannya yaa...

Sebagai penutup saya mau kasih pantun nih guys ...

Kelelapon handak dibungkus agus
Atap tambus dicucuk paku
Walaupun banyak kampus nang bagus 
Tetap ULM kampus pilihanku

Paman Ian nungkar selasih
Cukup sekian terimakasih :)




Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc