Skip to main content

Analisis Strategy Generic Porter Pada Perusahaan The Coffe Bean and Tea Leaf Indonesia

Dok. Pribadi


Sejarah The Coffe Bean & Tea Leaf

The Coffe Bean & Tea Leaf didirikan pada tahun 1963 oleh Herbert B. Hyman. Coffe shop ini dikelola oleh Internasional Coffe & Tea, LLC yang bermarkas di Los Angeles.

The Coffe Bean & Tea Leaf masuk ke Indonesia sejak tahun 2001. dikelola langsung oleh Trans Crop melalui PT. TRANS Coffe.

5 Analisis Porter Pada The Coffe Bean & Tea Leaf

Threat of New Entrants

Ancaman terhadap pesaing baru yang akan masuk ke bisnis coffe shop tergolong medium, dengan barrier to entry yang tidak terlalu tinggi, karena kompetitor yang baru dan ingin bersaing dalam bisnis kedai kopi kelas premium ini harus memiliki modal yang cukup besar.


Threat of Substitutes

Banyak sekali jenis minuman yang bisa menjadi pilihan konsumen, seperti boba milk, minuman bersoda dan lain-lain. Atau bisa juga konsumen dapat membuat kopi dirumah masing-masing dengan menggunakan coffe maker dengan bahan dasar biji kopi yang sama yang digunakan oleh The Coffe Bean & Tea Leaf.


Bargaining Power of Buyers

Tidak terdapat pembeli tunggal dalam bisnis coffe shop sehingga The Coffe Bean & Tea Leaf sebisa mungkin menyediakan produk-produk minuman yang variatif, yang dapat memenuhi needs dari konsumen yang beragam. Karena ketersediaan produk subsitusi yang sangat banyak, ada biaya switching yang hampir tidak ada, maka konsumen memiliki sensitivitas terhadap harga kopi premiun, apabila terjadi kenaikan harga yang tidak diikuti dengan kenaikan kualitas maka konsumen cenderung beralih ke produk yang lain.


Bargaining Power of Suppliers

The Coffe Bean & Tea Leaf menggunakan biji kopi yang sudah terstandarisasi kualitasnya dari supplier pilihan, sehingga untuk biaya peralihan supplier pengganti menjadi rendah. The Coffe Bean & Tea Leaf benar-benar menjaga hubungan baik dengan supplier dan berprinsip pada kejujuran.


Intensity of Competitive Rivalry

Banyaknya minuman pengganti yang tersedia menjadikan kompetisi bisnis penyajian minuman sangat sulit. The Coffe Bean & Tea Leaf harus tetap menjaga competitive advantage nya sebagai kedai kopi premium dengan service yang memuaskan, menjadikan tingkat persaingan di bisnis kedai kopi premium ini cenderung moderate bagi The Coffe Bean & Tea Leaf.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...