Skip to main content

Analisis Strategy Generic Porter Pada Perusahaan The Coffe Bean and Tea Leaf Indonesia

Dok. Pribadi


Sejarah The Coffe Bean & Tea Leaf

The Coffe Bean & Tea Leaf didirikan pada tahun 1963 oleh Herbert B. Hyman. Coffe shop ini dikelola oleh Internasional Coffe & Tea, LLC yang bermarkas di Los Angeles.

The Coffe Bean & Tea Leaf masuk ke Indonesia sejak tahun 2001. dikelola langsung oleh Trans Crop melalui PT. TRANS Coffe.

5 Analisis Porter Pada The Coffe Bean & Tea Leaf

Threat of New Entrants

Ancaman terhadap pesaing baru yang akan masuk ke bisnis coffe shop tergolong medium, dengan barrier to entry yang tidak terlalu tinggi, karena kompetitor yang baru dan ingin bersaing dalam bisnis kedai kopi kelas premium ini harus memiliki modal yang cukup besar.


Threat of Substitutes

Banyak sekali jenis minuman yang bisa menjadi pilihan konsumen, seperti boba milk, minuman bersoda dan lain-lain. Atau bisa juga konsumen dapat membuat kopi dirumah masing-masing dengan menggunakan coffe maker dengan bahan dasar biji kopi yang sama yang digunakan oleh The Coffe Bean & Tea Leaf.


Bargaining Power of Buyers

Tidak terdapat pembeli tunggal dalam bisnis coffe shop sehingga The Coffe Bean & Tea Leaf sebisa mungkin menyediakan produk-produk minuman yang variatif, yang dapat memenuhi needs dari konsumen yang beragam. Karena ketersediaan produk subsitusi yang sangat banyak, ada biaya switching yang hampir tidak ada, maka konsumen memiliki sensitivitas terhadap harga kopi premiun, apabila terjadi kenaikan harga yang tidak diikuti dengan kenaikan kualitas maka konsumen cenderung beralih ke produk yang lain.


Bargaining Power of Suppliers

The Coffe Bean & Tea Leaf menggunakan biji kopi yang sudah terstandarisasi kualitasnya dari supplier pilihan, sehingga untuk biaya peralihan supplier pengganti menjadi rendah. The Coffe Bean & Tea Leaf benar-benar menjaga hubungan baik dengan supplier dan berprinsip pada kejujuran.


Intensity of Competitive Rivalry

Banyaknya minuman pengganti yang tersedia menjadikan kompetisi bisnis penyajian minuman sangat sulit. The Coffe Bean & Tea Leaf harus tetap menjaga competitive advantage nya sebagai kedai kopi premium dengan service yang memuaskan, menjadikan tingkat persaingan di bisnis kedai kopi premium ini cenderung moderate bagi The Coffe Bean & Tea Leaf.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc