Sony Corporation adalah perusahaan yang berpusat di Tokyo, Jepang dan memiliki fokus pada produksi alat-alat elektronik, permainan, hiburan, dan sektor jasa keuangan. Sony tidak hanya memiliki berbagai macam bisnis, namun juga menyimpan keunikan dalam menjalankan usahanya. Tujuan perusahaan ini adalah untuk sepenuhnya memanfaatkan keunikan ini secara agresif dalam melaksanakan strategi konvergen mereka sehingga mereka dapat terus menyentuh pelanggan mereka secara emosional dan membuat mereka puas.
Sony merupakan produsen elektronik terbesar di dunia, dan salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia.
Michael Porter’s Generic Strategy
Strategi Biaya Rendah (cost leadership)
Strategi Biaya Rendah (cost leadership) menekankan pada upaya memproduksi produk standar (sama dalam segala aspek) dengan biaya per unit yang sangat rendah. Produk ini (barang maupun jasa) biasanya ditujukan kepada konsumen yang relatif mudah terpengaruh oleh pergeseran harga (price sensitive) atau menggunakan harga sebagai faktor penentu keputusan.
Strategi Pembedaan Produk (differentiation)
Strategi Pembedaan Produk (differentiation), mendorong perusahaan untuk sanggup menemukan keunikan tersendiri dalam pasar yang jadi sasarannya. Keunikan produk (barang atau jasa) yang dikedepankan ini memungkinkan suatu perusahaan untuk menarik minat sebesar-besarnya dari konsumen potensialnya.
Strategi Fokus (focus)
Strategy fokus digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga.
Strategi Generik Sony (Model Porter)
Sony Corp. menggunakan diferensiasi sebagai strategi generiknya untuk keunggulan kompetitif.
Diferensiasi melibatkan produk yang unik dibandingkan dengan produk lain di pasar. Dalam menerapkan strategi generik ini, Sony mengintegrasikan fitur yang membuat produknya menarik dan menguntungkan. Misalnya, pembaharuan dan keunikan adalah di antara faktor-faktor yang mengarah pada keberhasilan PlayStation. Dalam menggunakan strategi diferensiasi generik, Sony terus berinovasi dalam fitur pada produk baru mereka untuk mempertahankan keunggulan kompetitif terhadap pesaing seperti Nintendo.
Salah satu kekuatan Sony yang terhebat adalah kemampuannya untuk inovasi produk serta dalam kualitas produk mereka. Hal ini dibuktikan dengan Research and Development (tim pengembangan) mereka yang memadai. Terbukti dengan banyaknya brand-brand ternama lain yang bekerja sama dengan Sony terkait penggunaan kamera dan sensor dalam mengembangkan produk mereka.
Strategi kompetitif generik diferensiasi memperhatikan pentingnya keunikan produk dalam memastikan bisnis yang menguntungkan. Dalam menerapkan diferensiasi, tujuan strategis adalah untuk meningkatkan tingkat inovasi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Sony. Tujuan keuangan berdasarkan strategi generik ini adalah untuk meminimalkan biaya produksi di semua segmen bisnis. Pemenuhan tujuan ini berkontribusi pada keunggulan kompetitif dengan meningkatkan efisiensi bisnis Sony dan profitabilitas yang sesuai.
Comments