Skip to main content

ANALISIS SWOT HUAWEI

Dok. Pribadi


Gambaran Umum 

Huawei Technologies Co. Ltd. adalah perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina dan dunia.

 Huawei mengkhususkan pada penelitian dan pengembangan (litbang), produksi dan pemasaran perangkat-perangkat telekomunikasi dan menyediakan solusi bagi operator penyelenggara telekomunikasi. Huawei melayani 35 dari 50 operator telekomunikasi teratas dan menginvestasikan 10 persen dari pendapatan tahunannya pada litbang.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman) dalam suatu perusahaan. 

SWOT HUAWEI | Dok. Pribadi

STRENGTHS

Harga kompetitif

Permintaan besar untuk perangkat yang ramah anggaran telah meroket selama 10 tahun terakhir. Huawei bukan produsen ponsel pintar termurah di pasaran, tetapi jauh lebih murah daripada pesaing mewah seperti Samsung dan Apple.


Produk berkualitas tinggi

Produk Huawei secara umum dianggap berkualitas relatif tinggi. Banyak ponsel pintar Huawei yang berperingkat empat bintang atau lebih di situs ritel utama seperti Amazon , yang merupakan bukti nyata kualitasnya.

WEAKNESS

Kekurangan Modal

Organisasi Huawei sendiri memiliki modal yang sangat sedikit yang berarti mereka harus sangat berhati-hati dalam merencanakan semua gerakan bisnis mereka.


 Merek yang lemah

Huawei tidak memiliki merek yang kuat. Huawei dianggap lemah karena disebabkan oleh kepercayaan Barat bahwa produk-produk Cina entah bagaimana lebih rendah kualitasnya daripada alternatif produk mereka (AS). Namun, apresiasi untuk produsen smartphone murah seperti Huawei memang  telah lama dipandang sebagai pilihan yang jelas dan merek Huawei jauh lebih kuat di Uni Eropa.

OPPORTUNITIES

Teknologi 5G

Huawei telah cepat berinovasi, dengan telah merancang dan membangun modem seluler 5G yang ramah bahkan sebelum produsen chipset besar seperti Intel melakukannya.


Pasar India dan AS

Huawei memiliki persepsi merek yang buruk di Amerika Serikat dan memiliki sedikit penetrasi di pasar India. Jika Huawei mampu mengembangkan strategi yang kuat untuk memasuki dua pasar ini, mereka dapat melihat peningkatan besar dalam angka total pendapatan mereka, mengingat jumlah pelanggan potensial.


Mendirikan Toko Retail Sendiri

Dengan membuka toko official store mereka sendiri di seluruh dunia, Huawei akan dapat meningkatkan angka pemasaran dan penjualannya secara bersamaan. Selain itu dapat memudahkan konsumen apabila ingin melakukan pembelian secara offline dan menservice smartphone mereka.

THREATS

Persaingan yang ketat

Huawei tidak hanya harus berhadapan dengan persaingan atas nama merek-merek besar seperti Samsung dan Apple, tetapi juga harus berhadapan dengan ancaman pendatang baru. Bahkan jika merek papan atas tidak dapat mengejar pengembangan perangkat ramah-anggaran mereka sendiri, pesaing baru dapat bergabung dengan pasar kapan saja dan menghapus sebagian pangsa pasar Huawei hanya dengan sebuah kemajuan teknologi.


Meningkatnya biaya tenaga kerja dan material

Manufaktur smartphone relatif padat karya sehingga kenaikan cepat atau lambat tapi pasti terhadap biaya tenaga kerja yang meningkatkan biaya overhead Huawei. Hal yang sama berlaku untuk bahan, yang semakin mahal hanya karena meningkatnya permintaan. Faktor-faktor inilah yang akan memaksa Huawei untuk menaikkan harga perangkat mereka, atau mengalami pengurangan margin keuntungan.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc