Huawei Technologies Co. Ltd. adalah perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina dan dunia.
Huawei mengkhususkan pada penelitian dan pengembangan (litbang), produksi dan pemasaran perangkat-perangkat telekomunikasi dan menyediakan solusi bagi operator penyelenggara telekomunikasi. Huawei melayani 35 dari 50 operator telekomunikasi teratas dan menginvestasikan 10 persen dari pendapatan tahunannya pada litbang.
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman) dalam suatu perusahaan.
STRENGTHS
Harga kompetitif
Permintaan besar untuk perangkat yang ramah anggaran telah meroket selama 10 tahun terakhir. Huawei bukan produsen ponsel pintar termurah di pasaran, tetapi jauh lebih murah daripada pesaing mewah seperti Samsung dan Apple.
Produk berkualitas tinggi
Produk Huawei secara umum dianggap berkualitas relatif tinggi. Banyak ponsel pintar Huawei yang berperingkat empat bintang atau lebih di situs ritel utama seperti Amazon , yang merupakan bukti nyata kualitasnya.
WEAKNESS
Kekurangan Modal
Organisasi Huawei sendiri memiliki modal yang sangat sedikit yang berarti mereka harus sangat berhati-hati dalam merencanakan semua gerakan bisnis mereka.
Merek yang lemah
Huawei tidak memiliki merek yang kuat. Huawei dianggap lemah karena disebabkan oleh kepercayaan Barat bahwa produk-produk Cina entah bagaimana lebih rendah kualitasnya daripada alternatif produk mereka (AS). Namun, apresiasi untuk produsen smartphone murah seperti Huawei memang telah lama dipandang sebagai pilihan yang jelas dan merek Huawei jauh lebih kuat di Uni Eropa.
OPPORTUNITIES
Teknologi 5G
Huawei telah cepat berinovasi, dengan telah merancang dan membangun modem seluler 5G yang ramah bahkan sebelum produsen chipset besar seperti Intel melakukannya.
Pasar India dan AS
Huawei memiliki persepsi merek yang buruk di Amerika Serikat dan memiliki sedikit penetrasi di pasar India. Jika Huawei mampu mengembangkan strategi yang kuat untuk memasuki dua pasar ini, mereka dapat melihat peningkatan besar dalam angka total pendapatan mereka, mengingat jumlah pelanggan potensial.
Mendirikan Toko Retail Sendiri
Dengan membuka toko official store mereka sendiri di seluruh dunia, Huawei akan dapat meningkatkan angka pemasaran dan penjualannya secara bersamaan. Selain itu dapat memudahkan konsumen apabila ingin melakukan pembelian secara offline dan menservice smartphone mereka.
THREATS
Persaingan yang ketat
Huawei tidak hanya harus berhadapan dengan persaingan atas nama merek-merek besar seperti Samsung dan Apple, tetapi juga harus berhadapan dengan ancaman pendatang baru. Bahkan jika merek papan atas tidak dapat mengejar pengembangan perangkat ramah-anggaran mereka sendiri, pesaing baru dapat bergabung dengan pasar kapan saja dan menghapus sebagian pangsa pasar Huawei hanya dengan sebuah kemajuan teknologi.
Meningkatnya biaya tenaga kerja dan material
Manufaktur smartphone relatif padat karya sehingga kenaikan cepat atau lambat tapi pasti terhadap biaya tenaga kerja yang meningkatkan biaya overhead Huawei. Hal yang sama berlaku untuk bahan, yang semakin mahal hanya karena meningkatnya permintaan. Faktor-faktor inilah yang akan memaksa Huawei untuk menaikkan harga perangkat mereka, atau mengalami pengurangan margin keuntungan.
Comments