Skip to main content

ANALISIS SWOT HUAWEI

Dok. Pribadi


Gambaran Umum 

Huawei Technologies Co. Ltd. adalah perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina dan dunia.

 Huawei mengkhususkan pada penelitian dan pengembangan (litbang), produksi dan pemasaran perangkat-perangkat telekomunikasi dan menyediakan solusi bagi operator penyelenggara telekomunikasi. Huawei melayani 35 dari 50 operator telekomunikasi teratas dan menginvestasikan 10 persen dari pendapatan tahunannya pada litbang.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman) dalam suatu perusahaan. 

SWOT HUAWEI | Dok. Pribadi

STRENGTHS

Harga kompetitif

Permintaan besar untuk perangkat yang ramah anggaran telah meroket selama 10 tahun terakhir. Huawei bukan produsen ponsel pintar termurah di pasaran, tetapi jauh lebih murah daripada pesaing mewah seperti Samsung dan Apple.


Produk berkualitas tinggi

Produk Huawei secara umum dianggap berkualitas relatif tinggi. Banyak ponsel pintar Huawei yang berperingkat empat bintang atau lebih di situs ritel utama seperti Amazon , yang merupakan bukti nyata kualitasnya.

WEAKNESS

Kekurangan Modal

Organisasi Huawei sendiri memiliki modal yang sangat sedikit yang berarti mereka harus sangat berhati-hati dalam merencanakan semua gerakan bisnis mereka.


 Merek yang lemah

Huawei tidak memiliki merek yang kuat. Huawei dianggap lemah karena disebabkan oleh kepercayaan Barat bahwa produk-produk Cina entah bagaimana lebih rendah kualitasnya daripada alternatif produk mereka (AS). Namun, apresiasi untuk produsen smartphone murah seperti Huawei memang  telah lama dipandang sebagai pilihan yang jelas dan merek Huawei jauh lebih kuat di Uni Eropa.

OPPORTUNITIES

Teknologi 5G

Huawei telah cepat berinovasi, dengan telah merancang dan membangun modem seluler 5G yang ramah bahkan sebelum produsen chipset besar seperti Intel melakukannya.


Pasar India dan AS

Huawei memiliki persepsi merek yang buruk di Amerika Serikat dan memiliki sedikit penetrasi di pasar India. Jika Huawei mampu mengembangkan strategi yang kuat untuk memasuki dua pasar ini, mereka dapat melihat peningkatan besar dalam angka total pendapatan mereka, mengingat jumlah pelanggan potensial.


Mendirikan Toko Retail Sendiri

Dengan membuka toko official store mereka sendiri di seluruh dunia, Huawei akan dapat meningkatkan angka pemasaran dan penjualannya secara bersamaan. Selain itu dapat memudahkan konsumen apabila ingin melakukan pembelian secara offline dan menservice smartphone mereka.

THREATS

Persaingan yang ketat

Huawei tidak hanya harus berhadapan dengan persaingan atas nama merek-merek besar seperti Samsung dan Apple, tetapi juga harus berhadapan dengan ancaman pendatang baru. Bahkan jika merek papan atas tidak dapat mengejar pengembangan perangkat ramah-anggaran mereka sendiri, pesaing baru dapat bergabung dengan pasar kapan saja dan menghapus sebagian pangsa pasar Huawei hanya dengan sebuah kemajuan teknologi.


Meningkatnya biaya tenaga kerja dan material

Manufaktur smartphone relatif padat karya sehingga kenaikan cepat atau lambat tapi pasti terhadap biaya tenaga kerja yang meningkatkan biaya overhead Huawei. Hal yang sama berlaku untuk bahan, yang semakin mahal hanya karena meningkatnya permintaan. Faktor-faktor inilah yang akan memaksa Huawei untuk menaikkan harga perangkat mereka, atau mengalami pengurangan margin keuntungan.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...