Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara.
Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati.
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).
Kekuatan (Strenghts)
- Merk Pizza Hut dikenal luas oleh masyarakat Indonesia
- Memiliki rasa yang khas serta varian yang cukup banyak
- Mempunyai outlet yang lebih banyak daripada merk lain
- Memiliki sistem informasi yang baik, sehingga konsumen dapat mengorder secara online
Kelemahan (Weakness)
- Inovasi dalam mengatasi pesaing masih sangat kurang
- Ekspansi dalam memenuhi keinginan pasar yang lambat
Peluang (Opportunities)
- Mengeluarkan jenis produk baru yang lebih berkualitas dan dapat bersaing dengan produk lainnya
- Memperluas saluran distribusi
- Meningkatnya gaya hidup beberapa konsumen akan makanan
Ancaman (Threats)
- Adanya kompetitor yang memiliki produk yang sama
- Kenaikan biaya produksi(bahan baku)
- Banyak konsumen yang mulai bosan
- Persepsi konsumen yang berubah dari fast food ke healthy food
Comments