Skip to main content

Analisa SWOT pada BukaLapak


Gambaran umum perusahaan

  • Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK.
  • Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017
  • BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono.


STRENGTH

  • Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
  • Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
  • Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
  • Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
  • Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
  • Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis
  • Tampilan yang simple dan tidak berat.
  • Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
  • Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP



WEAKNESS

  • Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
  • SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
  • Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
  • Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
  • Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman
  • Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
  • Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.


Opportunities

  • Pemerintah berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia
  • Banyak masyarakat Indonesia yang melek terhadap teknologi mendorong pasar e-commerce di Indonesia. 
  • Internet yang menjangkau hampir seluruh pelosok Indonesia sehingga Bukalapak dapat menjangkau seluruh Indonesia. 
  • Gaya hidup konsumtif masyarakat Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi para penjual di situs Bukalapak



THREAT

  • Banyaknya marketplace sejenis menyebabkan persaingan dengan situs jual beli lain tidak bisa dihindari. Salah satunya adalah persaingan penetapan harga yang agresif dapat menjadi sumber masalah bagi Bukalapak.
  • Persaingan dengan toko retail lokal yang dapat menjangkau pelosok-pelosok daerah
  • Belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait jual beli online menyebabkan belum ada kejelasan di mata hukum. Kerangka peraturan yang belum jelas ini dapat menyebabkan peningkatan biaya.
  • Cyber crime semakin merajarela menyebabkan munculnya ancaman untuk keamanan transasksi di Bukalapak. Pencurian identitas dan peretasan membuat data konsumen terkespos. Hal ini akan memunculkan kekhawatiran konsumen.
  • Biaya pengiriman yang tida dapat dikontrol dapat menghalangi terjadinya transaksi jual beli di situs Bukalapak.
  • Banyaknya penjual dan pembeli di dalam situs Bukalapak menyebabkan kesulitan dalam hal pengawasan sehingga penipuan terkait barang yang dijual maupun yang dibeli rawan terjadi.


Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...