Gambaran umum perusahaan
- Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK.
- Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017
- BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono.
STRENGTH
- Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
- Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
- Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
- Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
- Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
- Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis
- Tampilan yang simple dan tidak berat.
- Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
- Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP
WEAKNESS
- Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
- SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
- Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
- Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
- Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman
- Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
- Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.
Opportunities
- Pemerintah berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia
- Banyak masyarakat Indonesia yang melek terhadap teknologi mendorong pasar e-commerce di Indonesia.
- Internet yang menjangkau hampir seluruh pelosok Indonesia sehingga Bukalapak dapat menjangkau seluruh Indonesia.
- Gaya hidup konsumtif masyarakat Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi para penjual di situs Bukalapak
THREAT
- Banyaknya marketplace sejenis menyebabkan persaingan dengan situs jual beli lain tidak bisa dihindari. Salah satunya adalah persaingan penetapan harga yang agresif dapat menjadi sumber masalah bagi Bukalapak.
- Persaingan dengan toko retail lokal yang dapat menjangkau pelosok-pelosok daerah
- Belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait jual beli online menyebabkan belum ada kejelasan di mata hukum. Kerangka peraturan yang belum jelas ini dapat menyebabkan peningkatan biaya.
- Cyber crime semakin merajarela menyebabkan munculnya ancaman untuk keamanan transasksi di Bukalapak. Pencurian identitas dan peretasan membuat data konsumen terkespos. Hal ini akan memunculkan kekhawatiran konsumen.
- Biaya pengiriman yang tida dapat dikontrol dapat menghalangi terjadinya transaksi jual beli di situs Bukalapak.
- Banyaknya penjual dan pembeli di dalam situs Bukalapak menyebabkan kesulitan dalam hal pengawasan sehingga penipuan terkait barang yang dijual maupun yang dibeli rawan terjadi.
Comments