Skip to main content

Analisa SWOT pada BukaLapak


Gambaran umum perusahaan

  • Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK.
  • Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017
  • BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono.


STRENGTH

  • Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
  • Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
  • Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
  • Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
  • Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
  • Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis
  • Tampilan yang simple dan tidak berat.
  • Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
  • Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP



WEAKNESS

  • Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
  • SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
  • Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
  • Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
  • Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman
  • Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
  • Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.


Opportunities

  • Pemerintah berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia
  • Banyak masyarakat Indonesia yang melek terhadap teknologi mendorong pasar e-commerce di Indonesia. 
  • Internet yang menjangkau hampir seluruh pelosok Indonesia sehingga Bukalapak dapat menjangkau seluruh Indonesia. 
  • Gaya hidup konsumtif masyarakat Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi para penjual di situs Bukalapak



THREAT

  • Banyaknya marketplace sejenis menyebabkan persaingan dengan situs jual beli lain tidak bisa dihindari. Salah satunya adalah persaingan penetapan harga yang agresif dapat menjadi sumber masalah bagi Bukalapak.
  • Persaingan dengan toko retail lokal yang dapat menjangkau pelosok-pelosok daerah
  • Belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait jual beli online menyebabkan belum ada kejelasan di mata hukum. Kerangka peraturan yang belum jelas ini dapat menyebabkan peningkatan biaya.
  • Cyber crime semakin merajarela menyebabkan munculnya ancaman untuk keamanan transasksi di Bukalapak. Pencurian identitas dan peretasan membuat data konsumen terkespos. Hal ini akan memunculkan kekhawatiran konsumen.
  • Biaya pengiriman yang tida dapat dikontrol dapat menghalangi terjadinya transaksi jual beli di situs Bukalapak.
  • Banyaknya penjual dan pembeli di dalam situs Bukalapak menyebabkan kesulitan dalam hal pengawasan sehingga penipuan terkait barang yang dijual maupun yang dibeli rawan terjadi.


Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc