Skip to main content

Strategy Generic Porter pada Starbucks Corporation


Profil Perusahaan Starbucks Corporation

Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai   kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington.    Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia,dengan 20.336 kedai di 61 negara, termasuk 13.123 di Amerika Serikat, 1.299 di Kanada, 977 di           Jepang, 793 di Britania Raya, 732 di Cina, 473 di Korea Selatan, 363 di Meksiko, 282 di Taiwan, 204 di Filipina, 164 di Thailand dan 326 di Indonesia.

Sejak didirikan tahun 1971 di Seattle sebagai pemanggang dan pengecer biji kopi setempat, Starbucks meluas dengan cepat. Pada tahun 1990-an, Starbucks membuka kedai baru setiap hari kerja, satu tahap yang terus dilanjutkan sampai tahun 2000-an. Kedai pertama di luar Amerika Serikat atau Kanada dibuka pada pertengahan 1990-an, dan jumlah kedainya di luar negeri mewakili sepertiga     dari total kedai Starbucks di seluruh dunia.[Perusahaan ini berencana membuka 900 kedai baru di luar Amerika Serikat pada tahun 2009,[ dan telah  menutup 300 kedai di Amerika Serikat sejak 2008.[9]

Penerapan Strategi Generic Porter - Strategi Differensiasi

Strategi Pembedaan Produk (differentiation), mendorong      perusahaan untuk sanggup menemukan keunikan tersendiri  dalam pasar yang jadi sasarannya. Keunikan produk (barang  atau jasa) yang dikedepankan ini memungkinkan suatu        perusahaan untuk menarik minat sebesar-besarnya dari        konsumen potensialnya.

Berbagai kemudahan pemeliharaan, features tambahan,       fleksibilitas, kenyamanan dan berbagai hal lainnya yang sulit ditiru lawan merupakan sedikit contoh dari diferensiasi.        Strategi jenis ini biasa ditujukan kepada para konsumen  potensial yang relatif tidak mengutamakan harga dalam       pengambilan keputusannya (price insensitive).

Starbucks dengan kopinya yang memiliki kualitas tinggi      dan cita rasa khas yang berbeda dari coffe shop lain, suasana dan layout tempat yang berbeda sehingga pengunjung betah    berlama-lama dan rela merogoh kocek cukup dalam untuk      menikmati produk ini.

      Sejak tahun 2008, Starbucks telah menjadi pioneer dalam   bidang retail kopi yang memilki kurang-lebih 11.000 store di US dan 45.000 lainnya di 43 negara luar US. Selanjutnya, pada        tahun 2000 Starbucks memasarkan kopi siap minum, Coffee     bean dan berbagai macam produk bercitarasa kopi lainnya dan menghasilkan pertumbuhan penjualan sebesar 20% secara      berkala hingga mencapai $9,4 Milyar pada tahun 2007. Sedangkan Net earningsnya meningkat dari angka $95 juta pada tahun 2000 menjadi $672 di tahun 2007. 

Namun ekspansi perluasan kedai tidak selamanya bereaksi baik, dengan kedai dan gerai yang berdekatan membuat para   pengunjung ingin cepat beralih ke gerai atau kedai kopi baru   lainnya milik starbuck sendiri. Selain itu juga didapati bahwa  para pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi gerai yang  terbaru, dibandingkan gerai yang lama. Menciptakan gerai       yang berkedakatan bagi starbuck menjadi sebuah kanibalisasi yang kurang menguntungkan.

Sehingga pada awal 2008 CEO Starbucks Howard Schultz      mengumumkan perusahaan akan mengurangi ekspansi di US bahkan akan menutup 600 gerai yang dinilai kurang profitable. 70 persen diantaranya merupakan gerai yang telah dibuka       semenjak tahun 2006, yang lokasinya ternyata berdekatan       dengan gerai Starbucks didaerah tersebut. Hal inilah yang       ternyata menghambat pertumbuhan gerai-gerai tersebut, dise-babkan diantara gerai-gerai yang berdekatan terjadi kanibalisasi pasar.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...