Skip to main content

Analisa SWOT PT Adhi Karya Tbk



Profil Perusahaan PT Adhi Karya Tbk

Architecten-Ingenicure-en Annemersbedrijf Associatie Selle en de Bruyn, Reyerse en de Vries N.V. (Assosiate N.V.) merupakan Perusahaan milik Belanda   yang      menjadi cikal bakal pendirian ADHI hingga akhirnya dinasionalisasikan    dan kemudian ditetapkan sebagai PN Adhi Karya pada tanggal 11 Maret 1960. Nasionalisasi ini menjadi pemacu pembangunan infrastruktur di Indonesia.  

Berdasarkan   pengesahan Menteri Kehakiman Republik Indonesia, pada tanggal 1  Juni 1974, ADHI berubah status menjadi Perseroan Terbatas. Hingga pada  tahun 2004 ADHI telah menjadi perusahaan konstruksi pertama yang terdaftar   di   Bursa Efek Indonesia.

ADHI telah mampu menunjukkan kemampuannya sebagai perusahaan konstruksi terkemuka di Asia Tenggara melalui daya saing dan pengalaman yang dibuktikan pada keberhasilan proyek konstruksi yang sudah dijalankan. Keberhasilan usaha yang sudah diraih ADHI bukan berarti tanpa dukungan dan peran     serta masyarakat, untuk itu ADHI berperan aktif dalam mengembangkan program CSR serta Program Kemitraan & Bina Lingkungan Perseroan.


Analisis SWOT - Strenght

  1. Penguasaan teknis dan teknologi menghasilkan produktivitas SDM yang terus meningkat
  2. Pendapatan yang terdiversifikasi dengan baik
  3. Memiliki Pabrik Precast yang mampu menghasilkan U-Shape Girder dan pertama kali diproduksi di Indonesia
  4. Memiliki modal dan pemegang saham terbesar untuk usaha kontruksi
  5. Merupakan salah satu perusahaan konstruksi terkemuka milik negara atau BUMN
  6. Memiliki tiga entitas anak perusahaan yaitu Adhi Persada Beton, Adhi Persada Gedung, dan Adhi Persada Properti

Analisis SWOT - Weakness

  1. Karena perusahaan ini milik pemerintah maka sebagian besar modal yang diterima untuk melaksanakan sebuah   proyek berasal dari pemerintah
  2. Margin tergantung pada harga bahan bangunan yang kadang berfluktuasi
  3. Ketergantungan pada kondisi ekonomi global
  4. Program penelitian dan pengembangan usaha belum optimal

Analisis SWOT - Opportunities

  1. Alokasi anggaran yang besar untuk infrastuktur baik oleh pemerintah pusat maupun daerah
  2. Adhi Karya dapat memperluas kontrak kerja, bukan hanya untuk pihak pemerintah tetapi juga dengan pihak swasta
  3. Pasar jasa konstruksi yang tumbuh cukup besar di era saat ini
  4. Beton dengan kualitas dan bahan campuran terbaik dapat dengan mudah dicetak sesuai keinginan dan dapat dipakai berulang kali sehingga lebih ekonomis

Analisis SWOT - Threats

  1. Tingginya persaingan di industri kontruksi
  2. Macetnya piutang dan tagihan dapat menghambat arus kas yang masuk kedalam laporan keuangan PT. Adhi Karya
  3. Pemasok semen yang sering membuat langka semen di    pasaran
  4. Beton yang tidak mampu menahan gaya tarik sehingga mudah retak dan dapat merusak infrastruktur jembatan
  5. Beton yang keras dapat menyusut dan mengembang apabila terjadi perubahan suhu yang ekstrim

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...