Skip to main content

Bingung Pilih Nama Untuk Brand Anda? 9 Langkah Mudah Untuk Penamaan Merek


Semua orang mendengar kisah-kisah tentang nama-nama merek hebat yang dipilih secara acak dari saran karyawan, dari halaman kamus, atau dari brainstorming sepanjang malam.

Sebagai contoh di USA, proses penamaan yang lebih ketat telah membantu World Wrestling Entertainment menghindari perselisihan 12 tahun dengan World Wildlife Fund selama inisial Dengan hampir 2,5 juta merek dagang aktif US “WWF.” - dan lebih ditambahkan setiap tahun - hanya menemukan sebuah nama merek yang  tersedia membutuhkan pendekatan yang lebih digerakkan oleh proses.
Itulah sebabnya, meskipun konsultan merek suka memperdebatkan cara yang "benar" untuk menciptakan merek yang kuat, proses penamaan tingkat tinggi umumnya telah disepakati: membuat brief, menghasilkan ide (seringkali ratusan), daftar pendek, layar awal, dan sekarang. Jika perlu, ulangi.

Namun, akses ke proses yang sama tidak menjamin hasil yang sama. Dengan menggunakan proses dasar yang sama, bagaimana beberapa pakar dan agensi penamaan secara konsisten menghasilkan nama yang strategis, legal, dan mudah diingat ? Saya mengajukan pertanyaan ini kepada sembilan ahli penamaan yang diakui, termasuk mantan kepala penamaan di Google, beberapa pemilik agensi penamaan khusus, pre-screener merek dagang profesional, dan ahli bahasa yang membantu memastikan nama merek baru dapat diterima oleh khalayak global  "Pinto". Berdasarkan wawancara-wawancara ini, saya telah menyusun daftar sembilan tips dan alat berikut ini, yang diorganisasikan oleh langkah-langkah penamaan (umumnya disepakati).


Baca juga: Peran penting merek yang jarang diketahui


NamingBrief

1. Sertakan nama aktual dan gagasan nama dalam brief.

Seiring dengan ide-ide abstrak, Anda berharap nama itu akan diungkapkan, pastikan untuk memasukkan contoh yang lebih nyata - nama lain di pasar yang Anda / klien sukai atau tidak suka dan gagasan nama apa pun yang telah dipertimbangkan atau ditolak sebelumnya.

"Saya akan mengatakan beberapa brief terbaik sebenarnya ketika Anda menulis brief bersama dengan klien dan berkata, 'Oke, nama apa yang Anda sukai di pasar?' ... Anda dapat mengekstraksi hal-hal yang ... biasanya tidak akan akan muncul di brief. "

- Amanda Peterson, mantan Kepala Penamaan dan Pemimpin Manajemen Merek di Google

2. Pastikan setiap pembuat keputusan mengulas dan menyetujui brief.

Ini adalah salah satu cara paling umum bagi proyek penamaan untuk keluar dari jalur. Jangan biarkan itu terjadi pada Anda!

"Satu-satunya hal terbesar yang salah dari sudut pandang siapa pun, adalah bahwa seseorang di perusahaan ... tidak dibawa ke proses awal, meskipun mereka memiliki hak veto atas nama. … Dan kemudian mereka datang dengan sebuah nama dan mereka meletakkannya di depan orang yang belum terlibat ini, dan dia melihatnya dan berkata, 'Tidak.' ”

- Clive Chafer, Kepala Namebrand

Generasi nama

3. Mencampuradukkan hal-hal: Coba beri nama secara individu dan dalam grup, online dan tidak aktif.

Kerja kelompok sangat bagus untuk menjelajahi wilayah konseptual, atau ketika pengetahuan khusus kurang penting. Untuk proyek-proyek yang memerlukan penyelaman yang dalam dalam kategori teknis, pekerjaan individu dapat menghasilkan lebih banyak. Dan sementara sebagian besar generasi nama pasti ditambah dengan alat online (misalnya, OneLook), sering kali berguna untuk menjauh dari komputer dan melihat apa yang dapat Anda hasilkan dengan tidak lebih dari buku catatan dan pena.
“Saya bahkan telah mengemudikan ... satu jam perjalanan ke tempat yang indah - terutama ketika itu adalah jenis proyek tertentu dan saya membutuhkan ide-ide yang lebih tenang, terbuka, dan luas - dan memberi saya ruang fisik dan kecantikan fisik untuk mulai melepaskan [nama ide] "

- Shannon DeJong, CEO House of Who


Baca juga: Cara Mengatasi Sisi Gelap dari Kewirausahaan

4. Ketika macet, cobalah mengalihkan perhatian Anda, dengan sengaja memunculkan ide-ide buruk, atau menyebutkan sesuatu yang lain sama sekali.

Banyak orang kreatif menemukan ide-ide terbaik mereka meluap dari alam bawah sadar hanya setelah mereka menjauh dari proyek. Latihan, tidur, dan interaksi sosial semuanya dapat melayani tujuan ini-pastikan untuk memiliki pena dan kertas di dekatnya. Jika Anda masih buntu, cobalah memunculkan ide-ide nama "bodoh" atau mengubah persneling dengan berpura-pura Anda berada di tugas penamaan yang berbeda (namun terkait).

"Anda mengidentifikasi kategori produk yang sama sekali tidak terkait - kadang-kadang semakin sedikit yang terkait semakin baik - dan Anda mencari contoh atribut atau kualitas yang diinginkan dari kategori itu. ... Dengan memikirkan atribut yang muncul di tempat lain, Anda dapat menemukan ide yang dibedakan tetapi relevan. "

- Anthony Shore, Kepala Operatif, Kata-Kata Operatif

Daftar pendek

5. Dapatkan perspektif luar.

Untuk memastikan Anda tidak "terlalu dekat dengan masalah," pertimbangkan untuk membawa beberapa pakar dari luar untuk memilih daftar induk Anda.
“Salah satu hal yang cukup besar bagi kami adalah mencari masukan dari kelompok yang lebih besar, jadi itu bukan hanya, katakanlah, saya, direktur kreatif, membuat beberapa keputusan akhir tentang nama mana yang akan masuk ke presentasi [ke klien]."
- Scott Milano, Managing Director Tanj

Sebelum penyaringan

6. Pelajari cara mencari Sistem Pencarian Elektronik Merek Dagang USPTO (TESS) secara lebih efisien.

Basis data merek dagang AS bersifat umum dan gratis - tetapi belajar mencarinya secara efisien memerlukan beberapa studi. (Untuk mendapatkan ide, periksa contoh pencarian ini untuk tanda yang berisi "mudah," sebagaimana diuraikan pada halaman Bantuan TESS: * ea {"szc"} {"iey"} * [bi, ti]. Jadi, tidak semua itu …mudah.)

“Sadarilah apa yang relevan dengan Kelas [Internasional]. Dan kemudian, jika Anda dapat membatasi pencarian pada kata-kata tertentu yang ada dalam barang dan jasa, seperti 'perangkat lunak' atau 'permen,' itu juga mungkin akan membuat pencarian Anda lebih efisien. ”

- Steven Price, Pemutaran Merek Dagang Tessera

7. Investasikan dalam pemeriksaan bencana linguistik dan budaya yang nyata.

Hanya karena beberapa teman atau kolega yang berbahasa Spanyol mengkonfirmasi nama berfungsi dengan baik, tidak berarti itu akan terbang di Meksiko dan Spanyol, belum lagi daerah berbahasa Spanyol lainnya di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Analisis linguistik nyata akan memeriksa dengan beberapa penutur bahasa asli yang tinggal di setiap negara yang relevan.

“Biasanya, [saya bertanya ahli bahasa asli] pertanyaan tentang pengucapan. Mintalah mereka menilai itu. Apakah itu mudah? Apakah ini sulit? Mengapa ini sulit? ... Area kedua adalah apakah ia memiliki asosiasi negatif, dan itu bisa dari hal budaya yang terjadi di negara itu atau sesuatu di masa lalu. Itu bisa politis. Itu bisa saja suara kata. ... Area ketiga yang biasanya saya tanyakan adalah asosiasi merek yang ada. Apakah nama ini mengingatkan Anda pada sebuah merek di negara Anda? "

- Laurel Sutton, Pendiri & Ahli Bahasa, Strategi Sutton

Mempresentasikan

8.Perlihatkan setiap nama dalam konteks yang sama untuk menghindari reaksi bias.

Nama-nama merek yang hebat sering kali menunjukkan ekspresi visual. Anda mungkin tergoda untuk mendesain logo untuk ide favorit Anda atau masing-masing memberikan font dan warna yang unik. Tetapi Anda tidak perlu menjadi ahli psikologi untuk melihat risiko yang melekat dalam pendekatan ini: Apakah CEO membenci gagasan nama itu, atau apakah ia hanya membenci oranye?

“Kami cenderung mengembangkan semacam halaman grafik generik di mana kami menunjukkan semua nama dalam font yang sama tetapi mengelilinginya dengan beberapa jenis wallpaper atau gambar yang mencerminkan apa merek atau perusahaan atau produk itu. Kami tidak mengembangkan tampilan grafik yang unik untuk masing-masing nama karena saya pikir itu ... membuat mereka fokus pada desain dan bukan pada nama-nama. ”

- Jonathan Bell, Managing Director WANT

9. tolong jangan berikan apa pun yang tidak bisa Anda dapatkan.

Ini hukum penamaan Murphy.
"Jika Anda tidak cukup suka nama untuk dibanggakan dan membagikannya ketika proyek selesai, maka jangan meletakkannya di depan klien karena itu akan menjadi salah satu yang akan mereka pilih."

- Eli Altman, Direktur Kreatif, Seratus Monyet

Nama-nama terbaik adalah mereka yang secara konsisten mengeluarkan nama-nama merek yang hebat. Kemampuan mereka untuk melakukannya sebagian adalah bakat mentah, tetapi juga merupakan kombinasi dari akses ke alat berkualitas tinggi dan penguasaan keterampilan yang mudah dipelajari. Jika Anda mencari untuk menghasilkan nama-nama besar , baik untuk merek Anda sendiri atau sebagai penamaan profesional, praktikkan praktik, alat, dan teknik terbaik ini mulai hari ini. Saya harap ini membantu Anda membuat nama merek yang Anda sukai - tetapi jika Anda mau, jangan sungkan untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda baru saja mengambilnya.



Reference by enterpreneur.com

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...