Skip to main content

Bingung Pilih Nama Untuk Brand Anda? 9 Langkah Mudah Untuk Penamaan Merek


Semua orang mendengar kisah-kisah tentang nama-nama merek hebat yang dipilih secara acak dari saran karyawan, dari halaman kamus, atau dari brainstorming sepanjang malam.

Sebagai contoh di USA, proses penamaan yang lebih ketat telah membantu World Wrestling Entertainment menghindari perselisihan 12 tahun dengan World Wildlife Fund selama inisial Dengan hampir 2,5 juta merek dagang aktif US “WWF.” - dan lebih ditambahkan setiap tahun - hanya menemukan sebuah nama merek yang  tersedia membutuhkan pendekatan yang lebih digerakkan oleh proses.
Itulah sebabnya, meskipun konsultan merek suka memperdebatkan cara yang "benar" untuk menciptakan merek yang kuat, proses penamaan tingkat tinggi umumnya telah disepakati: membuat brief, menghasilkan ide (seringkali ratusan), daftar pendek, layar awal, dan sekarang. Jika perlu, ulangi.

Namun, akses ke proses yang sama tidak menjamin hasil yang sama. Dengan menggunakan proses dasar yang sama, bagaimana beberapa pakar dan agensi penamaan secara konsisten menghasilkan nama yang strategis, legal, dan mudah diingat ? Saya mengajukan pertanyaan ini kepada sembilan ahli penamaan yang diakui, termasuk mantan kepala penamaan di Google, beberapa pemilik agensi penamaan khusus, pre-screener merek dagang profesional, dan ahli bahasa yang membantu memastikan nama merek baru dapat diterima oleh khalayak global  "Pinto". Berdasarkan wawancara-wawancara ini, saya telah menyusun daftar sembilan tips dan alat berikut ini, yang diorganisasikan oleh langkah-langkah penamaan (umumnya disepakati).


Baca juga: Peran penting merek yang jarang diketahui


NamingBrief

1. Sertakan nama aktual dan gagasan nama dalam brief.

Seiring dengan ide-ide abstrak, Anda berharap nama itu akan diungkapkan, pastikan untuk memasukkan contoh yang lebih nyata - nama lain di pasar yang Anda / klien sukai atau tidak suka dan gagasan nama apa pun yang telah dipertimbangkan atau ditolak sebelumnya.

"Saya akan mengatakan beberapa brief terbaik sebenarnya ketika Anda menulis brief bersama dengan klien dan berkata, 'Oke, nama apa yang Anda sukai di pasar?' ... Anda dapat mengekstraksi hal-hal yang ... biasanya tidak akan akan muncul di brief. "

- Amanda Peterson, mantan Kepala Penamaan dan Pemimpin Manajemen Merek di Google

2. Pastikan setiap pembuat keputusan mengulas dan menyetujui brief.

Ini adalah salah satu cara paling umum bagi proyek penamaan untuk keluar dari jalur. Jangan biarkan itu terjadi pada Anda!

"Satu-satunya hal terbesar yang salah dari sudut pandang siapa pun, adalah bahwa seseorang di perusahaan ... tidak dibawa ke proses awal, meskipun mereka memiliki hak veto atas nama. … Dan kemudian mereka datang dengan sebuah nama dan mereka meletakkannya di depan orang yang belum terlibat ini, dan dia melihatnya dan berkata, 'Tidak.' ”

- Clive Chafer, Kepala Namebrand

Generasi nama

3. Mencampuradukkan hal-hal: Coba beri nama secara individu dan dalam grup, online dan tidak aktif.

Kerja kelompok sangat bagus untuk menjelajahi wilayah konseptual, atau ketika pengetahuan khusus kurang penting. Untuk proyek-proyek yang memerlukan penyelaman yang dalam dalam kategori teknis, pekerjaan individu dapat menghasilkan lebih banyak. Dan sementara sebagian besar generasi nama pasti ditambah dengan alat online (misalnya, OneLook), sering kali berguna untuk menjauh dari komputer dan melihat apa yang dapat Anda hasilkan dengan tidak lebih dari buku catatan dan pena.
“Saya bahkan telah mengemudikan ... satu jam perjalanan ke tempat yang indah - terutama ketika itu adalah jenis proyek tertentu dan saya membutuhkan ide-ide yang lebih tenang, terbuka, dan luas - dan memberi saya ruang fisik dan kecantikan fisik untuk mulai melepaskan [nama ide] "

- Shannon DeJong, CEO House of Who


Baca juga: Cara Mengatasi Sisi Gelap dari Kewirausahaan

4. Ketika macet, cobalah mengalihkan perhatian Anda, dengan sengaja memunculkan ide-ide buruk, atau menyebutkan sesuatu yang lain sama sekali.

Banyak orang kreatif menemukan ide-ide terbaik mereka meluap dari alam bawah sadar hanya setelah mereka menjauh dari proyek. Latihan, tidur, dan interaksi sosial semuanya dapat melayani tujuan ini-pastikan untuk memiliki pena dan kertas di dekatnya. Jika Anda masih buntu, cobalah memunculkan ide-ide nama "bodoh" atau mengubah persneling dengan berpura-pura Anda berada di tugas penamaan yang berbeda (namun terkait).

"Anda mengidentifikasi kategori produk yang sama sekali tidak terkait - kadang-kadang semakin sedikit yang terkait semakin baik - dan Anda mencari contoh atribut atau kualitas yang diinginkan dari kategori itu. ... Dengan memikirkan atribut yang muncul di tempat lain, Anda dapat menemukan ide yang dibedakan tetapi relevan. "

- Anthony Shore, Kepala Operatif, Kata-Kata Operatif

Daftar pendek

5. Dapatkan perspektif luar.

Untuk memastikan Anda tidak "terlalu dekat dengan masalah," pertimbangkan untuk membawa beberapa pakar dari luar untuk memilih daftar induk Anda.
“Salah satu hal yang cukup besar bagi kami adalah mencari masukan dari kelompok yang lebih besar, jadi itu bukan hanya, katakanlah, saya, direktur kreatif, membuat beberapa keputusan akhir tentang nama mana yang akan masuk ke presentasi [ke klien]."
- Scott Milano, Managing Director Tanj

Sebelum penyaringan

6. Pelajari cara mencari Sistem Pencarian Elektronik Merek Dagang USPTO (TESS) secara lebih efisien.

Basis data merek dagang AS bersifat umum dan gratis - tetapi belajar mencarinya secara efisien memerlukan beberapa studi. (Untuk mendapatkan ide, periksa contoh pencarian ini untuk tanda yang berisi "mudah," sebagaimana diuraikan pada halaman Bantuan TESS: * ea {"szc"} {"iey"} * [bi, ti]. Jadi, tidak semua itu …mudah.)

“Sadarilah apa yang relevan dengan Kelas [Internasional]. Dan kemudian, jika Anda dapat membatasi pencarian pada kata-kata tertentu yang ada dalam barang dan jasa, seperti 'perangkat lunak' atau 'permen,' itu juga mungkin akan membuat pencarian Anda lebih efisien. ”

- Steven Price, Pemutaran Merek Dagang Tessera

7. Investasikan dalam pemeriksaan bencana linguistik dan budaya yang nyata.

Hanya karena beberapa teman atau kolega yang berbahasa Spanyol mengkonfirmasi nama berfungsi dengan baik, tidak berarti itu akan terbang di Meksiko dan Spanyol, belum lagi daerah berbahasa Spanyol lainnya di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Analisis linguistik nyata akan memeriksa dengan beberapa penutur bahasa asli yang tinggal di setiap negara yang relevan.

“Biasanya, [saya bertanya ahli bahasa asli] pertanyaan tentang pengucapan. Mintalah mereka menilai itu. Apakah itu mudah? Apakah ini sulit? Mengapa ini sulit? ... Area kedua adalah apakah ia memiliki asosiasi negatif, dan itu bisa dari hal budaya yang terjadi di negara itu atau sesuatu di masa lalu. Itu bisa politis. Itu bisa saja suara kata. ... Area ketiga yang biasanya saya tanyakan adalah asosiasi merek yang ada. Apakah nama ini mengingatkan Anda pada sebuah merek di negara Anda? "

- Laurel Sutton, Pendiri & Ahli Bahasa, Strategi Sutton

Mempresentasikan

8.Perlihatkan setiap nama dalam konteks yang sama untuk menghindari reaksi bias.

Nama-nama merek yang hebat sering kali menunjukkan ekspresi visual. Anda mungkin tergoda untuk mendesain logo untuk ide favorit Anda atau masing-masing memberikan font dan warna yang unik. Tetapi Anda tidak perlu menjadi ahli psikologi untuk melihat risiko yang melekat dalam pendekatan ini: Apakah CEO membenci gagasan nama itu, atau apakah ia hanya membenci oranye?

“Kami cenderung mengembangkan semacam halaman grafik generik di mana kami menunjukkan semua nama dalam font yang sama tetapi mengelilinginya dengan beberapa jenis wallpaper atau gambar yang mencerminkan apa merek atau perusahaan atau produk itu. Kami tidak mengembangkan tampilan grafik yang unik untuk masing-masing nama karena saya pikir itu ... membuat mereka fokus pada desain dan bukan pada nama-nama. ”

- Jonathan Bell, Managing Director WANT

9. tolong jangan berikan apa pun yang tidak bisa Anda dapatkan.

Ini hukum penamaan Murphy.
"Jika Anda tidak cukup suka nama untuk dibanggakan dan membagikannya ketika proyek selesai, maka jangan meletakkannya di depan klien karena itu akan menjadi salah satu yang akan mereka pilih."

- Eli Altman, Direktur Kreatif, Seratus Monyet

Nama-nama terbaik adalah mereka yang secara konsisten mengeluarkan nama-nama merek yang hebat. Kemampuan mereka untuk melakukannya sebagian adalah bakat mentah, tetapi juga merupakan kombinasi dari akses ke alat berkualitas tinggi dan penguasaan keterampilan yang mudah dipelajari. Jika Anda mencari untuk menghasilkan nama-nama besar , baik untuk merek Anda sendiri atau sebagai penamaan profesional, praktikkan praktik, alat, dan teknik terbaik ini mulai hari ini. Saya harap ini membantu Anda membuat nama merek yang Anda sukai - tetapi jika Anda mau, jangan sungkan untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda baru saja mengambilnya.



Reference by enterpreneur.com

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc