Perusahaan IKEA salah satu perusahaan global yang produknya dikonsumsi oleh setiap orang berbagai negara. Perusahaan tersebut didirikan oleh Ingvar Kamprad pada 1943 pada saat dia berusia 17 tahun, bahkan membuat dia menjadi orang terkaya di dunia. Istilah IKEA merupakan singkatan dari nama pendirinya dan kota dinama dia dilahirkan yaitu Ingvar Kamvrad Elmtaryd Agunnaryd. Perjalanan perusahaan tersebut sangat menarik dan menginspirasi berbagai perusahaan di dunia.
IKEA adalah sebuah perusahaan retail untuk barang rumah tangga Yang berasal dari Swedia. Pada musim dingin tahun 2004, terdapat 364 toko didirikan di 46 nrgara. Katalog IKEA berisi info produk dan selalu diperbaharui setiap bulan agustus. Produk-produk IKEA terbilang unik dan aneh.
STRATEGI DIFERENSIASI (DIFFERENTIATION)
Penggunaan strategi differensiasi misalnya berkaitan dengan desain produk. Produk IKEA dikenal dengan desain yang up to date/kekinian dan unik. Kemudian tempat usaha (Toko), toko IKEA kebayakan berbentuk balok yang diberi warna biru yang besar dengan jendela yang kecil. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil. Biasanya, toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan gudang di bawah.
Strategi Keunggulan Biaya (Cost Leadership)
Strategi keunggulan biaya (cost leadership) perusahaan IKEA menetapkan harga yang murah untuk semua produknya, oleh karena strategi tersebut memposisikan IKEA berbeda dengan perusahaan lain. Disamping itu juga IKEA berkomitmen untuk menjalin hubungan baikj dengan pemasok , pelanggan serta pihak lain dan yang terpenting bagi IKEA agar konsumen dapat membeli produk dengan kualitas yang baik., desain ekonomis, diproduksi jumlah besar agar harga tetap rendah dan tentunya dapat mengurangi biaya transportasi dan perakitan.
Strategi Fokus (Focus)
Perusahaan IKEA sangat fokus pada fungsi dan kegunaan barang dan cocok ditempatkan dimana saja, tempat belanja yang nyaman dan luas, dan produk yang bermutu serta produk yang baik itu produk yang memiliki funsi penting dan bermanfaat bagi keluarga, konsep utama produk IKEA didasarkan pada pendekatan funsional untuk desain. Produk IKEA didesain agar lebih menarik, praktis dan mudah digunakan. Dan membuang fitur yang tidak perlu, mereka juga memberikan saran untuk kebutuhan perabot rumah tangga dan terbuat dari bahan apa sehingga cocok untuk isi rumah konsumen.
KESIMPULAN
Strategi bisnis perusahaan IKEA mengacu pada strategi generic bisnis porter yaitu differention strategy, low cost strategy, and focus strategy. Penggunaan startegi differention dimana kaitannya dengan desain produk. Produk IKEA dikenal dengan desain yang up to date/ kekinian dan unik. Kemudian tempat usaha (Toko), toko IKEA kebanyakan berbentuk balok yang diberi warna biru yang besar dengan jendela yang kecil.
Penggunaan strategi low cost khusus untuk konsumen menengah ke bawah yang tidak memiliki banyak banyak uang untuk membeli perabot rumah tangga. Pada strategi tersebut perusahaan IKEA menerapkan harga yang murah untuk semua produknya, oleh karena itu strategi tersebut memposisikan IKEA berbeda dengan perusahaan lain.
Disamping itu juga IKEA berkomitmen untuk menjalin hubungan baik dengan pemasok, pelanggan serta pihak lain dan yang terpenting bagi IKEA agar konsumen membeli dapat membeli produk dengan kualitas yang baik, desain ekonomis.
Kemudian penerapan strategy fokus. Perusahaan IKEA sangat fokus pada fungsi dan kegunaan barang dan cocok ditempatkan dimana saja, tempat belanja yang nyaman dan luas, dan produk yang bermutu serta bergaya modern.
Comments