Skip to main content

STRATEGY GENERIC PORTER Pada Perusahaan IKEA


Dok. Pribadi


Gambaran Umum Perusahaan

Perusahaan IKEA salah satu perusahaan global yang produknya dikonsumsi oleh setiap orang berbagai negara. Perusahaan tersebut didirikan oleh Ingvar Kamprad pada 1943 pada saat dia berusia 17 tahun, bahkan membuat dia menjadi orang terkaya di dunia. Istilah IKEA merupakan singkatan dari nama pendirinya dan kota dinama dia dilahirkan yaitu Ingvar Kamvrad Elmtaryd Agunnaryd.  Perjalanan perusahaan tersebut sangat menarik dan menginspirasi berbagai perusahaan di dunia. 

IKEA adalah sebuah perusahaan retail untuk barang rumah tangga Yang berasal dari Swedia. Pada musim dingin tahun 2004, terdapat 364 toko didirikan di 46 nrgara. Katalog IKEA berisi info produk dan selalu diperbaharui setiap bulan agustus. Produk-produk IKEA terbilang unik dan aneh.

STRATEGI DIFERENSIASI (DIFFERENTIATION)

Penggunaan strategi differensiasi misalnya berkaitan dengan desain produk. Produk IKEA dikenal dengan desain yang up to date/kekinian dan unik. Kemudian tempat usaha (Toko), toko IKEA  kebayakan berbentuk balok yang diberi warna biru yang besar dengan jendela yang kecil. Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat  berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil. Biasanya, toko terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan gudang di bawah.

Strategi Keunggulan Biaya (Cost Leadership)

Strategi keunggulan biaya (cost leadership) perusahaan IKEA menetapkan harga yang murah untuk semua produknya, oleh karena strategi tersebut memposisikan IKEA berbeda dengan perusahaan lain. Disamping itu juga IKEA berkomitmen untuk menjalin hubungan baikj dengan pemasok , pelanggan serta pihak lain dan yang terpenting bagi IKEA agar konsumen dapat membeli produk dengan kualitas yang baik., desain ekonomis, diproduksi jumlah besar agar harga tetap rendah dan tentunya dapat mengurangi biaya transportasi dan perakitan.

Strategi Fokus (Focus)

Perusahaan IKEA sangat fokus pada fungsi dan kegunaan barang dan cocok ditempatkan dimana saja, tempat belanja yang nyaman dan luas, dan produk yang bermutu serta produk yang baik itu produk yang memiliki funsi penting dan bermanfaat  bagi keluarga, konsep utama produk IKEA didasarkan pada pendekatan funsional untuk desain. Produk IKEA didesain agar lebih menarik, praktis dan mudah digunakan. Dan membuang fitur yang tidak perlu, mereka juga memberikan saran untuk kebutuhan perabot rumah tangga dan terbuat dari bahan apa sehingga cocok untuk isi rumah konsumen.

KESIMPULAN

Strategi bisnis perusahaan IKEA mengacu pada strategi generic bisnis porter yaitu differention strategy, low cost strategy, and focus strategy. Penggunaan startegi differention dimana kaitannya dengan desain produk. Produk IKEA dikenal dengan desain yang up to date/ kekinian dan unik. Kemudian tempat usaha (Toko), toko IKEA kebanyakan berbentuk balok yang diberi warna biru yang besar dengan jendela yang kecil.

Penggunaan strategi low cost khusus untuk konsumen menengah ke bawah yang tidak memiliki banyak banyak uang untuk membeli perabot rumah tangga.  Pada strategi tersebut perusahaan IKEA menerapkan harga yang murah untuk semua produknya, oleh karena itu strategi tersebut memposisikan IKEA berbeda dengan perusahaan lain.

Disamping itu juga IKEA berkomitmen untuk menjalin hubungan  baik dengan pemasok, pelanggan serta pihak lain dan yang terpenting bagi IKEA agar konsumen membeli dapat membeli produk dengan kualitas yang baik, desain ekonomis. 

Kemudian penerapan strategy fokus. Perusahaan IKEA sangat fokus pada fungsi dan kegunaan barang dan cocok ditempatkan dimana saja, tempat belanja yang nyaman dan luas, dan produk yang bermutu serta bergaya modern.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...