Skip to main content

Analisis Porter Apple


Gambaran Umum Perusahaan

Model Five Forces Porter adalah alat analitik yang dinamai sesuai dengan pengembangnya Michael E porter. Porter mengembangkan model ini pada tahun 1980 dan sejak itu telah banyak digunakan untuk menganalisis profitabilitas dan daya tarik industri. Fokus dari model ini adalah pada lima kekuatan penting yang merupakan bagian dari setiap industri dan pasar. Kekuatan kompetitif ini dapat dipengaruhi atau dieksploitasi untuk meningkatkan profitabilitas. Mangers dapat membentuk strategi berdasarkan kekuatan kekuatan ini untuk meningkatkan profitabilitas bisnis mereka.

Mereka juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang struktur industri dan posisi perusahaan mereka dan merumuskan strategi yang efektif untuk pertumbuhan. Berikut ini adalah analisis Pasukan lima merek teknologi terkenal Apple. Ini juga salah satu merek paling berharga di dunia. Analisis contoh ini mengevaluasi kekuatan yang mempengaruhi persaingan di lingkungan eksternal Apple dan efek yang dihasilkannya.

Apple telah melalui beberapa pasang surut sejak berdirinya. Itu menjadi nama terkenal di dunia melalui Mac Computers dan OS, Iphones, IPad, Itunes, dan Ipods. Dalam beberapa tahun terakhir ini telah merilis produk yang dikenal secara eksklusif untuk desain dan kualitas yang sangat baik. Fokus mendasar Apple adalah inovasi yang mendorong pertumbuhan dan keberhasilannya. Lima kekuatan yang dapat memengaruhi persaingan dan profitabilitas Apple adalah:

Tawar-menawar kekuatan pemasok

Apple telah mengelola rantai pemasok kompleks yang tersebar secara global di beberapa negara termasuk AS, Cina, Taiwan, Jepang, Brasil, Meksiko, dan beberapa negara kecil dan besar lainnya. Sejumlah besar pemasok dan pemasok potensial membatasi daya tawar mereka. Selain itu produk Apple tidak dikembangkan sepenuhnya oleh pemasok tunggal mana pun. Sementara satu bagian dapat dipasok oleh pemasok di Taiwan, yang lain oleh pemasok Brasil atau Jepang dan perakitan akhir dapat diselesaikan di Cina.

Dengan cara ini, Apple juga mempertahankan kontrol yang sangat baik terhadap para pemasoknya. Sementara biaya peralihan mungkin sangat rendah untuk Apple, dalam hal pemasok, mereka tidak ingin kehilangan bisnis mereka dengan Apple. Tidak ada ancaman integrasi ke depan oleh pemasok juga. Jadi, posisi merek terhadap pemasoknya kuat dan daya tawar mereka lemah.

Menawar kekuatan pelanggan

Sementara daya tawar pelanggan individu dalam kasus Apple atau pesaingnya rendah, tidak demikian halnya dalam kelompok pelanggan atau pasar. Sebagai contoh dalam beberapa tahun terakhir Apple telah kehilangan pangsa pasar yang sangat besar di pasar Asia dalam industri PC oleh pesaing seperti Lenovo. Jadi, ketika mempertimbangkan kekuatan tawar-menawar kolektif dari pelanggan di pasar individu, itu tinggi.

Apple telah mencoba untuk melawan ancaman ini dengan berinvestasi di R&D dan dengan membawa produk-produk baru dan unik yang mempertahankan nilai dan citra mereknya. Namun, seiring waktu sementara di pasar dunia, pengaruh pelanggan telah meningkat, Apple telah berkurang. Salah satu faktor penting yang mendukung Apple adalah kesetiaan merek yang menyebabkan penjualan iPhone tinggi. Jadi, daya tawar pembeli bisa dianggap lemah hingga sedang.

Ancaman peserta baru

Jika ancaman pendatang baru tetap relatif lemah untuk Apple, maka itu terutama karena dua faktor. Pertama, karena hambatan biaya untuk mendirikan perusahaan teknologi baru sangat tinggi dan kedua, merek tidak dapat menghasilkan citra merek dan pengakuan Apple dalam semalam. Meski begitu, ancaman datang dari para pemain yang ada. Merek besar dengan banyak modal dan pengakuan merek yang baik dapat melakukan diversifikasi ke bidang ini untuk meSebagai contoh, Google telah memperkenalkan smartphone-nya yang bisa menjadi pilihan bagus bagi pelanggan yang tidak mampu membeli produk Apple. Meskipun produk Apple unik dan inovatif, mereka diberi harga premium. Di sinilah Google dan Lenovo dapat mengambil pangsa pasar dari Apple. Jadi, sementara ancaman pendatang baru di pasar Laptop dan smartphone rendah, raksasa teknologi yang ada dapat melakukan diversifikasi ke bidang-bidang ini. Bahkan Amazon menawarkan produk yang bersaing seperti Kindle dan telah memperkenalkan smartphone Fire-nya yang tidak bisa sukses besar.

Citra merek Apple dan loyalitas merek mengurangi ancaman ini sampai batas tertentu. Lebih banyak pemain teknologi mungkin melakukan diversifikasi ke area ini di masa depan. Jadi, ancaman pendatang baru lemah hingga sedang. Apple tidak memiliki banyak kendali atas bahan baku atau saluran distribusi. Selain itu, ia telah mempertahankan ekosistem produknya sendiri yang tidak terkait dengan produk atau layanan dari merek lain.nantang pangsa pasar Apple

Ancaman pengganti

Ancaman ini terus tumbuh untuk Apple. Itu karena beberapa merek di pasar smartphone telah memperkenalkan model harga rendah ke harga menengah. Sementara loyalitas merek pelanggan Apple tinggi, beberapa model dari Samsung dan Google merupakan ancaman potensial karena efisiensi dan desain mereka.

Pixel dari Google dan Galaxy dari Samsung adalah pesaing utama Iphone. Ancaman ini tumbuh lebih besar di luar AS, di mana loyalitas merek Apple relatif lebih rendah. Apple hampir tidak dapat melakukan apa pun untuk mengurangi ancaman ini kecuali membawa lebih banyak produk dengan fitur hebat. Secara keseluruhan, ancaman pengganti Apple sedang

Persaingan kompetitif antar pemain yang ada

Tingkat persaingan antara pemain top di industri teknologi sangat tinggi. Ada beberapa pesaing Apple di industri ini termasuk Google, Amazon, Microsoft, Lenovo, HP, Samsung dan lainnya. Semua merek ini terlibat dalam persaingan ketat di mana kehilangan satu dapat menjadi manfaat dari yang lain. Selain itu, persaingan adalah faktor kunci yang memengaruhi kinerja dan laba Apple. Amazon Kindle merupakan ancaman bagi Ipad dan Google serta ponsel pintar Samsung untuk ponsel-nya.

HP dan Lenovo bersaing dengan laptop dan PC-nya sementara Microsoft adalah pesaing utama dalam sistem operasi. Biaya peralihan untuk pelanggan rendah dan semua merek ini telah melakukan investasi besar ke dalam Penelitian dan Pengembangan. Semua faktor ini mengintensifkan persaingan persaingan antara merek teknologi besar. Jadi, tingkat persaingan kompetitif di industri ini kuat.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc