Skip to main content

Analisis Porter Apple


Gambaran Umum Perusahaan

Model Five Forces Porter adalah alat analitik yang dinamai sesuai dengan pengembangnya Michael E porter. Porter mengembangkan model ini pada tahun 1980 dan sejak itu telah banyak digunakan untuk menganalisis profitabilitas dan daya tarik industri. Fokus dari model ini adalah pada lima kekuatan penting yang merupakan bagian dari setiap industri dan pasar. Kekuatan kompetitif ini dapat dipengaruhi atau dieksploitasi untuk meningkatkan profitabilitas. Mangers dapat membentuk strategi berdasarkan kekuatan kekuatan ini untuk meningkatkan profitabilitas bisnis mereka.

Mereka juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang struktur industri dan posisi perusahaan mereka dan merumuskan strategi yang efektif untuk pertumbuhan. Berikut ini adalah analisis Pasukan lima merek teknologi terkenal Apple. Ini juga salah satu merek paling berharga di dunia. Analisis contoh ini mengevaluasi kekuatan yang mempengaruhi persaingan di lingkungan eksternal Apple dan efek yang dihasilkannya.

Apple telah melalui beberapa pasang surut sejak berdirinya. Itu menjadi nama terkenal di dunia melalui Mac Computers dan OS, Iphones, IPad, Itunes, dan Ipods. Dalam beberapa tahun terakhir ini telah merilis produk yang dikenal secara eksklusif untuk desain dan kualitas yang sangat baik. Fokus mendasar Apple adalah inovasi yang mendorong pertumbuhan dan keberhasilannya. Lima kekuatan yang dapat memengaruhi persaingan dan profitabilitas Apple adalah:

Tawar-menawar kekuatan pemasok

Apple telah mengelola rantai pemasok kompleks yang tersebar secara global di beberapa negara termasuk AS, Cina, Taiwan, Jepang, Brasil, Meksiko, dan beberapa negara kecil dan besar lainnya. Sejumlah besar pemasok dan pemasok potensial membatasi daya tawar mereka. Selain itu produk Apple tidak dikembangkan sepenuhnya oleh pemasok tunggal mana pun. Sementara satu bagian dapat dipasok oleh pemasok di Taiwan, yang lain oleh pemasok Brasil atau Jepang dan perakitan akhir dapat diselesaikan di Cina.

Dengan cara ini, Apple juga mempertahankan kontrol yang sangat baik terhadap para pemasoknya. Sementara biaya peralihan mungkin sangat rendah untuk Apple, dalam hal pemasok, mereka tidak ingin kehilangan bisnis mereka dengan Apple. Tidak ada ancaman integrasi ke depan oleh pemasok juga. Jadi, posisi merek terhadap pemasoknya kuat dan daya tawar mereka lemah.

Menawar kekuatan pelanggan

Sementara daya tawar pelanggan individu dalam kasus Apple atau pesaingnya rendah, tidak demikian halnya dalam kelompok pelanggan atau pasar. Sebagai contoh dalam beberapa tahun terakhir Apple telah kehilangan pangsa pasar yang sangat besar di pasar Asia dalam industri PC oleh pesaing seperti Lenovo. Jadi, ketika mempertimbangkan kekuatan tawar-menawar kolektif dari pelanggan di pasar individu, itu tinggi.

Apple telah mencoba untuk melawan ancaman ini dengan berinvestasi di R&D dan dengan membawa produk-produk baru dan unik yang mempertahankan nilai dan citra mereknya. Namun, seiring waktu sementara di pasar dunia, pengaruh pelanggan telah meningkat, Apple telah berkurang. Salah satu faktor penting yang mendukung Apple adalah kesetiaan merek yang menyebabkan penjualan iPhone tinggi. Jadi, daya tawar pembeli bisa dianggap lemah hingga sedang.

Ancaman peserta baru

Jika ancaman pendatang baru tetap relatif lemah untuk Apple, maka itu terutama karena dua faktor. Pertama, karena hambatan biaya untuk mendirikan perusahaan teknologi baru sangat tinggi dan kedua, merek tidak dapat menghasilkan citra merek dan pengakuan Apple dalam semalam. Meski begitu, ancaman datang dari para pemain yang ada. Merek besar dengan banyak modal dan pengakuan merek yang baik dapat melakukan diversifikasi ke bidang ini untuk meSebagai contoh, Google telah memperkenalkan smartphone-nya yang bisa menjadi pilihan bagus bagi pelanggan yang tidak mampu membeli produk Apple. Meskipun produk Apple unik dan inovatif, mereka diberi harga premium. Di sinilah Google dan Lenovo dapat mengambil pangsa pasar dari Apple. Jadi, sementara ancaman pendatang baru di pasar Laptop dan smartphone rendah, raksasa teknologi yang ada dapat melakukan diversifikasi ke bidang-bidang ini. Bahkan Amazon menawarkan produk yang bersaing seperti Kindle dan telah memperkenalkan smartphone Fire-nya yang tidak bisa sukses besar.

Citra merek Apple dan loyalitas merek mengurangi ancaman ini sampai batas tertentu. Lebih banyak pemain teknologi mungkin melakukan diversifikasi ke area ini di masa depan. Jadi, ancaman pendatang baru lemah hingga sedang. Apple tidak memiliki banyak kendali atas bahan baku atau saluran distribusi. Selain itu, ia telah mempertahankan ekosistem produknya sendiri yang tidak terkait dengan produk atau layanan dari merek lain.nantang pangsa pasar Apple

Ancaman pengganti

Ancaman ini terus tumbuh untuk Apple. Itu karena beberapa merek di pasar smartphone telah memperkenalkan model harga rendah ke harga menengah. Sementara loyalitas merek pelanggan Apple tinggi, beberapa model dari Samsung dan Google merupakan ancaman potensial karena efisiensi dan desain mereka.

Pixel dari Google dan Galaxy dari Samsung adalah pesaing utama Iphone. Ancaman ini tumbuh lebih besar di luar AS, di mana loyalitas merek Apple relatif lebih rendah. Apple hampir tidak dapat melakukan apa pun untuk mengurangi ancaman ini kecuali membawa lebih banyak produk dengan fitur hebat. Secara keseluruhan, ancaman pengganti Apple sedang

Persaingan kompetitif antar pemain yang ada

Tingkat persaingan antara pemain top di industri teknologi sangat tinggi. Ada beberapa pesaing Apple di industri ini termasuk Google, Amazon, Microsoft, Lenovo, HP, Samsung dan lainnya. Semua merek ini terlibat dalam persaingan ketat di mana kehilangan satu dapat menjadi manfaat dari yang lain. Selain itu, persaingan adalah faktor kunci yang memengaruhi kinerja dan laba Apple. Amazon Kindle merupakan ancaman bagi Ipad dan Google serta ponsel pintar Samsung untuk ponsel-nya.

HP dan Lenovo bersaing dengan laptop dan PC-nya sementara Microsoft adalah pesaing utama dalam sistem operasi. Biaya peralihan untuk pelanggan rendah dan semua merek ini telah melakukan investasi besar ke dalam Penelitian dan Pengembangan. Semua faktor ini mengintensifkan persaingan persaingan antara merek teknologi besar. Jadi, tingkat persaingan kompetitif di industri ini kuat.

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...