Skip to main content

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)



Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman. 

Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan
4 strategi utama yaitu :

  1. SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar.
  2. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada.
  3. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar.
  4. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada.

PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegiatan hilir mencakup pengolahan,pemasaran,perdagangan dan pengiriman.

ANALISIS SWOT TERHADAP PT. PERTAMINA (PERSERO)

 A. Strength (Kekuatan)

Kekuatan internal pada PT. PERTAMINA (Persero):

  • Menyediakan produk yang berkualitas tinggi
  • Produk dari PERTAMINA sudah memiliki pengakuan dari dunia internasional.
  • Diantaranya produk oli dari PERTAMINA yang sudah memiliki sertifikat ISO.


2. Memiliki pelayanan yang baik

  • Untuk pelayanan, sudah dapat mendistribusikan produknya ke seluruh penjuru
  • Indonesia bahkan sampai ke daerah-daerah terpencil.

3. Sumber daya manusia yang handal

  • SDM di PT PERTAMINA (PERSERO) merupakan orang-orang yang sudah
  • profesional di bidangnya. Memiliki kemampuan dan pengalaman yang sudah teruji.
  • Selain itu pelatihan dan seminar yang berhubungan dengan dunia bisnis banyak diikuti oleh para karyawan, yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuannya.

4. Pengalaman di bidang migas

  • PERTAMINA sudah bergerak di bidang migas di indonesia sejak tahun 1968.
  • Dengan pengalaman yang cukup lama di bidang migas, faktor ini dapat menjadi salah satu nilai tambah. Pengalaman dan pengakuan dari dunia internasional berhubungan dengan dunia migas menjadikan PERTAMINA cukup disegani dibidang migas.

5. Penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi

  • Teknologi informasi di PERTAMINA sudah terintegrasi dan mendukung proses bisnis perusahaan. Dengan adanya Divisi SBTI, ini menunjukkan adanya kepedulian yang cukup tinggi dari pihak manajemen untuk mengembangkan teknologi informasi.

B. Weaknesses (Kelemahan)

Kelemahan internal pada PT. PERTAMINA (Persero):

1. Kurangnya modal

  • Kendala PERTAMINA saat ini adalah kekurangannya modal dalam hal kegiatan
  • eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, sehingga pihak manajemen
  • membangun kerjasama dengan pihak asing untuk melakukan tersebut.


2. Masalah birokrasi yang menghambat kinerja

  • Birokrasi yang terlalu rumit menghambat proses pengambilan keputusan karena
  • terlalu banyak waktu yang terbuang untuk menjalankan suatu keputusan.


3. Penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuan

  • Sumber daya manusia di PT. PERTAMINA banyak yang penempatan dan penggunaannya tidak maksimal sehingga menggurangi efektifitas dan efisiensi perusahaan.


4. Jumlah armada yang kurang

Peningkatan permintaan pasar yang membutuhkan arus distribusi barang yang tinggi dapat terhambat dengan kurangnya jumlah armada pengangkut barang yang ada sekarang ini.

5. Ketergantungan pasokan pada satu pemasok, sehingga apabila terjadi keterlambatan pasokan produk akan mengganggu operasional perusahaan.

C. Opportunities (Peluang)

 Peluang eksternal pada PT. PERTAMINA (Persero):

  • Pasar bisnis yang masih tinggi
  • Penggunaan migas yang merupakan salah satu kebutuhan pokok dunia saat ini
  • membuat permintaan akan produk ini tetap tinggi walaupun terjadi gejolak harga.


2. Harga jual yang murah

  • PERTAMINA dapat menjual BBM dengan harga murah karena pemanfaatan dari
  • subsidi pemerintah. Hal ini dapat digunakan PERTAMINA sebagai salah satu
  • kesempatan untuk menguasai pasar migas di Indonesia.


3. Sumber daya migas yang masih cukup tinggi

  • Sumber cadangan migas yang tersedia di Indonesia masih cukup banyak yang belum
  • tereksplorasi. Cadangan minyak ini dapat digunakan PERTAMINA untuk
  • meningkatkan penjualan dalam memenuhi permintaan pasar.


4. Produk (dengan nilai oktan tinggi yang menghasilkan pembakaran yang lebih bersih,
non subsidi) yang bisa jadi menggantikan dominasi penjualan premium.

5. Sebagai pemimpin dalam pasar Bahan Bakar Minyak (BBM)

PT. PERTAMINA (Persero) memiliki kesempatan unuk megubah pelayanan yang kurang baik dan mengubah Image yang tertancap dibenak konsumennya, menjadikan Konsumennya menjadi konsumen yang memiliki Loyalitas tinggi pada PT. PERTAMINA (Persero).

Ancaman eksternal pada PT. PERTAMINA (Persero):

1. Masuknya pihak swasta untuk beroperasi di bidang Non-BBM

  • Dengan masuknya pihak swasta yang bergerak di bidang Non-BBM cakupan pasar
  • PERTAMINA dalam hal Non-BBM seperti oli menjadi berkurang. Hal ini menjadikan pendapatan PERTAMINA menjadi berkurang.


2. Makin banyaknya pihak swasta yang melakukan eksplorasi migas di wilayah
Indonesia.

  • Pihak swasta yang melakukan eksplorasi Migas di Indonesia kadang mempunyai dana dan peralatan yang lebih bagus dibanding PERTAMINA hal ini menyebabkan lahan minyak mentah yang kaya akan cadangan minyak akhirnya dikelola oleh pihak swasta.

3. Pengaruh Intervensi

  • Dikarenakan PERTAMINA merupakan perusahaan multi internasional, maka
  • adanya pengaruh-pengaruh intervensi di dalam tubuh PERTAMINA khususnya pada
  •  posisi manajemen strategis seperti dewan komisaris. Intervensi ini menyebabkan
  • terbatasnya ruang gerak manajemen untuk menentukan kebijakan yang akan diambil.

4. Pasar bebas

  • Dengan adanya pasar bebas, perusahaan asing yang bergerak di bidang migas
  • diperbolehkan untuk memasarkan hasil produksinya di wilayah Indonesia. Hal ini  akan meningkatkan persaingan bisnis yang ketat.

5. Image bahwa produk yang ditawarkan kompetior (Shell dan Petronas) memiliki
tingkat kualitas yang lebih baik menjadikan ketertarikan konsumen untuk berganti produk konsumsi.

Comments

How does SWOT analysis contribute to understanding and improving the competitive position of PT Pertamina Persero in the market? Regard Telkom University
Anya Bennett. said…
Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

Salam Hormat Saya,
Anya Bennett.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc