Skip to main content

Akuisisi Dan merger dibeberapa negara


Pada tahun 1980-an leveraged buyout (LBOS) menjadi semakin umum, dalam LBOS suatu perusahaan atau divisi dibeli oleh investor swasta yang sering termasuk manajemen unit ekonomi. Biasanya para manajer bertanggung jawab untuk membeli saham ekuitas yang jumlahnya transaksinya sangat signifikan, ini biasanya akan menjadi bagian dari ekuitas karena transaksi tersebut dibiayai dengan sejumlah besar utang dan sedikit ekuitas. Setelah LBO perusahaan berhenti diperdagangkan secara publik, bunga dan pinjaman dibayar kembali dari arus kas target, biasanya biaya utang lebih rendah karena pembayaran bunga mengurangi kewajiban pajak penghasilan perusahaan namun tidak untuk pembayaran dividen
Sifat dari utang yang digunakan dalam LBO biasanya adalah obligasi subordinasi, kebanyakan LBO dibiayai dengan proporsi yang tinggi yang dikenal dengan obligasi “sampah” (hasil tinggi). Sisa dari pembiayaan biasanya berasal dari campuran sumber-sumber swasta dana bank. Sebagai sponsor keuangan meningkatkan laba dengan menggunakan leverage yang tinggi (rasio hutang terhadap ekuitas yang tinggi), mereka memiliki insentif (tambahan penghasilaan untuk meningkatkan gairah kerja) untuk menggunakan sebanyak mungkin hutang untuk membiayai akuisisi, hal ini akan mengarah pada situasi “over leverage”.
Over leverage diartikan dimana suatu perusahaan tidak menghasilkan cukup arus kas untuk utang mereka, hal ini akan menyebabkan kebangkrutan dimana para pemilik saham kehilangan kendali atas bisnis kepada pemberi pinjaman. LBO dikatakan sukses meliputi; pertumbuhan pendapatan yang terbukti, posisi pasar yang kuat, basis aset yang menunjukan kapasaitas utang yang tidak terpakai, basis pelanggan yang mapan, peluang signifikan untuk pengurangan biaya. Setelah terjadi LBO harus ada peningkatan signifikan dalam profitabilitas dan efisiensi operasi dalam perusahaan.

Merger dan akuisisi hampir sama dengan LBO, yaitu transaksi dimana kepemilikan perusahaan, organisasi bisnis lain atau unit operasinya ditransfer atau digabungkan. Dari sudut pandang hukum penggabungan adalah konsolidasi hukum dari dua entitas menjadi satu. Dalam ekonomi, marger dan akuisisi umumnya menghasilkan konsolidasi aset dan kewajiban dibawah satu entitas, dan sulit membedakan keduanya.

Di indonesia merger dan akuisisi mulai muncul pada tahun 1970-an yang didominasi oleh perusahaan pengakuisisi yang telah go public. Beberapa contoh marger dan akuisisi yang pernah terjadi diantaranya merger bank mandiri, merger bank permata, akuisisi indofood oleh bogasari. Merger di indonesia telah berkembang menjadi sebuah alternatif strategi yang menarik bagi banyak perusahaan baik domestik maupun asing, untuk itu pemerintah membuat kebijakan-kebijakan akan hal tersebut.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc