Skip to main content

Penjelasan Perbankan Dari Berbagai Negara


Saat ini Bank menjadi motor penggerak roda perekonomian suatu negara, karena bank adalah leading indikator kestabilan perekonomian suatu negara. Industri ini berbasis pada kepercayaan masyarakat yang tidak terbatas jumlahnya, yaitu dari sistem bankir, deposan (penabung) dan peminjam. Bank sangat memperhatikan arus uang yang masuk dan keluar dari ekonomi nasional, mereka bekerja sama dengan pemerintah untuk menstabilkan ekonomi dan mencegah terjadinya inflasi. Bank mengumpulkan dana dalam dua bentuk yaitu pada rekening giro dan deposito, kemudian uang deposan yang terkumpul dibank dipinjamkan kepada pelanggan yang membutuhkan modal untuk membeli barang maupun jasa ataupun melunasi hutang, dan tentu saja dengan suku bunga yang cukup tinggi, suku bunga tadi kemudian dibayarkan oleh bank kepada deposan, dengan cara ini bank mendapat keuntungan dari selisih bunga tersebut.

Diinggris bank-bank pedagang mengumpulkan dana untuk industri diberbagai pasar keuangan, membiayai perdagangan internasional. Bank juga menerbitkan dan menanggung sekuritas, menerbitkan obligasi pemerintah serta menawarkan layanan makelar saham dan portopolio kepada nasabah. Saat ini optimisme bisnis diindustri jasa keuangan pada kuartal ketiga tahun 2017 menurun dan yang terparah sejak krisis keuangan global, menurut survei condefration of british (CBI) menyatakan adanya sentimen yang buruk mengenai iklim bisnis diinggris, ketidakpastian mengenai hubungan dagang dengan uni erofa terus menjadi beban bagi industri keuangan, untuk itu inggris harus menegoisasikan persyaratan dagang baru dengan uni erofa.

Diamerika serikat lebih dikenal dengan bank investasi, bank ini mirip dengan diinggris tetapi mereka hanya sebagai perantara yang menawarkan layanan konsultasi tetapi tidak menawarkan pinjaman, walaupun begitu bank tetap memperoleh keuntungan dari biaya dan komisi yang mereka bayarkan untuk layanan mereka. Dalam undang-undang glass-steagall tahun 1934 yang mengatur pemisahan ketat antara bank umum dan bank investasi (pialang saham), namun beberapa tahun ini perbedaan tersebut menjadi tidak jelas. Dalam layanan yang ditawarkan sebelumnya oleh bank, saat ini pialang saham broker bertansaksi dan sudah universal dibeberapa negara erofa seperti jerman, austria dan swiss.

Diindonesia praktek perbankan sudah tersebar sampai kepelosok pedesaan. Lembaga keuangan diindonesia berupa bank umum, bank perkreditan rakyat, bank umum syariah dan juga bank perkreditan rakyat syariah. Perbankan diindonesia sudah mengalami banyak perubahan, selain disebabkan perkembangan internal dunia perbankan, juga dipengaruhi diluar dunia perbankan seperti sektor rill dalam perekonomian, politik, hukum dan sosial. sekarang kondisi perbankan diindonesia semakin membaik meski tekanan krisis keuangan global semakin terasa, hal tersebut dapat dilihat dari berkurangnya keketatan likuiditas perbankan dan tumbuhnya total kredit perbankan serta membaiknya sistem pengawasan perbankan. IMF (international monetery fund) menyatakan sektor keuangan indonesia sudah menjadi sistem yang kuat dan itu merupakan sinyal positif bagi investor dalam maupun luar negeri.
Bank sentral biasanya menetapkan tingkat bunga minimum suatu negara, dimana mereka memberikan pinjaman terjamin kepada bank umum, kemudian bank meminjamkan kepada blue chip (perusahaan besar yang aman) pada tingkat bunga utama, tingkat bunga bergantung pada status kredit atau peringkat kredit. Bisnis kecil hingga besar pasti memerlukan modal untuk kelangsungan usaha mereka, peminjam harus mengembangkan argumen keuangan yang.meyakinkan pihak bank, para bankir juga harus dapat menganalisis peminjam tentang kelangsungan hidup bisnis mereka dimasa yang akan datang apakah berhasil ataupun tidak. Peminjam mendapatkan suku bunga yang rendah jika pihak peminjam tersebut dijamin oleh beberapa aset yang biasa disebut JAMINAN.

Meskipun bank sentral dapat menentukan suku bunga pinjaman minimum untuk mata uang nasional tetapi tidak untuk mata uang asing. Kebanyakan cabang bank asing melakukan bisnis eurocurrency, yaitu sebuah bentuk uang asing yang diperdagangkan diluar negeri seperti dollar AS, dollar AS menjadi mata uang perdagangan terpenting didunia karena kebanyakan negara menggunakan dollar AS sebagai alat tukarnya.

Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc