Skip to main content

Berikut Penjelasan Manajer Secara Umum


Ilmu manajemen itu sangat penting, keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan, organisasi serta intuisi lainya seringkali bergantung pada kualitas manajer mereka. Namun tahukah kamu tugas manajemen (manajer) itu? Menurut peter drucker atau yang lebih dikenal sebagai bapak manajemen ini membagi tugas manajer menjadi lima : (1) Perencanaan(seperti menetapkan tujuan), (2) mengatur, (3) Mengintegrasikan (memotivasi dan berkomunikasi), (4) Mengukur kinerja dan mengembangkan orang. Fungsi pertama perencanaan, dimana manajer senior dan direktur menetapkan tujuan dan memutuskan bagaimana organisasi mereka dapat mencapai tujuan, seperti pengembangan strategi dan rencana serta mengalokasikan sumber daya manusia dan uang.

Fungsi manajer selanjutnya mengatur, mereka menganalisis dan mengklarafikasikan kegiatan organisasi, seperti membagi pekerjaan sesuai dengan keahliannya masing-masing agar pekerja  dapat dengan mudah dikelola. Fungsi ketiga mengintegrasikan, dimana mereka harus dapat mempraktikkan keterampilan sosial motivasi dan komunikasi mereka untuk tanggung jawab masing-masing agar dapat tercapainya tujuan, selain itu manajer juga membuat keputusan tentang gaji, promosi serta mengorganisir dan mengawasi bawahan-bawahan mereka. Fungsi terakhir mengukur dan mengembangkan orang, manajer harus dapat mengukur kinerja staff mereka apakah target yang ditetapkan perusahaan maupun masing-masing anggota sudah tercapai dan mengembangkan potensi bawahan maupun diri sendiri.

Didalam manajemen ada yang namanya manajer puncak, mereka mempertimbangkan masa depan dan memodifikasi bila diperlukan serta  mengenalkan inovasi supaya bisnis dapat terus berlanjut. Selain itu mereka harus mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan, pemasok, distributor, banking, investor, masyarakat sekitar dan otoritas publik serta dapat mengahadapi krisis-krisis yang timbul sekarang maupun yang akan datang. Meskipun tugas seorang manajer dapat dianalisis, namun manajemen tidak sepenuhnya ilmiah, manajemen juga membutuhkan keterampilan-keterampilan khusus manusia.

International business machines corporation(IBM), perusahaan amerika serikat yang memproduksi serta menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer, perusahaan teknologi informasi terbesar didunia ini terus berlanjut dari abad ke-19. Eksekutif IBM tidak merancang produk dan menulis perangkat lunak, orang lain terlalu sibuk kerapat, mengelola atau belajar menjadi manajer, jadi kecil kemungkinan memasukkan keahlian teknis mereka diproduk IBM. hal ini dapat dilihat dari kebanyakan perangkat keras dan perangkat lunak IBM ditulis atau dirancang oleh orang-orang tingkat terendah perusahaan, karena itulah sebab produk IBM tidak terlalu kompetitif atau tidak dapat bersaing dengan perusahaan lain. IBM memiliki lapisan-lapisan manajemen untuk memeriksa dan memverikikasi setiap perusahaan, dengan banyaknya lapisan-lapisan di IBM sehingga sulit membuat keputusan yang buruk bahkan sulit sekali membuat keputusan yang menjadikan masalah terbesar dan sebab kejatuhannya pada masa silam lalu.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc