Skip to main content

Struktur Organisasi



Kebanyakan organisasi memiliki struktur yang piramidal hierarki, yaitu dengan satu orang atau sekelompok orang diatas dan semakin banyak orang dibawah mereka pada setiap tingkat yang berurutan, Sehingga ada garis atau rangkaian perintah yang jelas. Didalam struktur tersebut semua orang didalam organisasi tahu keputusan apa yang mereka buat, siapa atasan mereka, kepada siapa mereka melapor dan kepada siapa mereka dapat memberikan instruksi. Beberapa orang dalam suatu organisasi memiliki rekan kerja yang membantu mereka, misalnya asisten manajer pemasaran, asisten manajer pemasaran adalah orang nomor dua didapertamen pemasaran, mereka tidak seperti posisi staff pemegangnya tidak memiliki wewenang garis dan tidak terintegrasi kedalam rantai komando.

Pada umumnya, kebanyakan organisasi manufaktur yang besar memiliki struktur fungsional, yaitu struktur paling umum yang digunakan oleh banyak organisasi, biasanya pembagiannya berdasarkan fungsi-fungsi manajemen seperti dapartemen produksi, keuangan, pemasaran, penjualan dan staff. Walaupun organisasi yang menggunakan struktur fungsional cukup efesien, namun ada beberapa kelemahannya seperti, biasanya mereka lebih peduli dengan kesuksesan dapartemen mereka masing-masing dari pada perusahaan, sehingga ada pertempuran internal, misalnya keuangan dengan pemasaran atau pemasaran dengan produksi yang memiliki tujuan yang tidak sesuai serta  tidak mendorongnya inovasi-inovasi didalamnya karena pemisahan fungsi-fungsi tersebut. disebuah organisasi yang besar yang memiliki dapartemen produksi tunggal kadang tidak efesien akibantnya kebanyakan perusahaan besar terdesentalisas.

mengikuti model alfred sloan pada tahun 1920, yang membagi general motor menjadi divisi operasi terpisah. Hal ini mendorong kompetisi internal yang diharapkan bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis yang dapat dibagi menjadi divisi-divisi otonom dengan pasar dapat mensimulasikan desentralisasi, seperti menyiapkan divisi-divisi,  Bank misalnya, mereka mendirikan divisi komersial, korporasi, swasta, internasional serta investasi.



Dalam struktur hirarki ada beberapa masalah intern, salah satunya seperti orang-orang ditingkat bawah tidak dapat membuat keputusan namun harus menyampaikan tanggung jawabnya kepada atasan mereka, adapun pemecahan masalah adalah dengan dengan menggunakan manajemen matriks, dimana orang melapor lebih dari satu atasan. Hal ini untuk menjaga otoritas pada tingkat yang lebih rendah, namun cara ini tidak selalu sangat efesien, menurut thomas peters dan robert waterman menyatakan bahwa satu unsur mungkin produk tersebut harus memiliki matriks empat dimensi prioritas yang terlalu rumit. Kemungkinan lebih jauh adalah menggunakan kelompok atau kelompok sementara, tim sering tidak terlalu bagus dan memiliki banyak disiplin diri.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc