Skip to main content

Struktur Organisasi



Kebanyakan organisasi memiliki struktur yang piramidal hierarki, yaitu dengan satu orang atau sekelompok orang diatas dan semakin banyak orang dibawah mereka pada setiap tingkat yang berurutan, Sehingga ada garis atau rangkaian perintah yang jelas. Didalam struktur tersebut semua orang didalam organisasi tahu keputusan apa yang mereka buat, siapa atasan mereka, kepada siapa mereka melapor dan kepada siapa mereka dapat memberikan instruksi. Beberapa orang dalam suatu organisasi memiliki rekan kerja yang membantu mereka, misalnya asisten manajer pemasaran, asisten manajer pemasaran adalah orang nomor dua didapertamen pemasaran, mereka tidak seperti posisi staff pemegangnya tidak memiliki wewenang garis dan tidak terintegrasi kedalam rantai komando.

Pada umumnya, kebanyakan organisasi manufaktur yang besar memiliki struktur fungsional, yaitu struktur paling umum yang digunakan oleh banyak organisasi, biasanya pembagiannya berdasarkan fungsi-fungsi manajemen seperti dapartemen produksi, keuangan, pemasaran, penjualan dan staff. Walaupun organisasi yang menggunakan struktur fungsional cukup efesien, namun ada beberapa kelemahannya seperti, biasanya mereka lebih peduli dengan kesuksesan dapartemen mereka masing-masing dari pada perusahaan, sehingga ada pertempuran internal, misalnya keuangan dengan pemasaran atau pemasaran dengan produksi yang memiliki tujuan yang tidak sesuai serta  tidak mendorongnya inovasi-inovasi didalamnya karena pemisahan fungsi-fungsi tersebut. disebuah organisasi yang besar yang memiliki dapartemen produksi tunggal kadang tidak efesien akibantnya kebanyakan perusahaan besar terdesentalisas.

mengikuti model alfred sloan pada tahun 1920, yang membagi general motor menjadi divisi operasi terpisah. Hal ini mendorong kompetisi internal yang diharapkan bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis yang dapat dibagi menjadi divisi-divisi otonom dengan pasar dapat mensimulasikan desentralisasi, seperti menyiapkan divisi-divisi,  Bank misalnya, mereka mendirikan divisi komersial, korporasi, swasta, internasional serta investasi.



Dalam struktur hirarki ada beberapa masalah intern, salah satunya seperti orang-orang ditingkat bawah tidak dapat membuat keputusan namun harus menyampaikan tanggung jawabnya kepada atasan mereka, adapun pemecahan masalah adalah dengan dengan menggunakan manajemen matriks, dimana orang melapor lebih dari satu atasan. Hal ini untuk menjaga otoritas pada tingkat yang lebih rendah, namun cara ini tidak selalu sangat efesien, menurut thomas peters dan robert waterman menyatakan bahwa satu unsur mungkin produk tersebut harus memiliki matriks empat dimensi prioritas yang terlalu rumit. Kemungkinan lebih jauh adalah menggunakan kelompok atau kelompok sementara, tim sering tidak terlalu bagus dan memiliki banyak disiplin diri.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisa SWOT pada BukaLapak

Gambaran umum perusahaan Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017 BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. STRENGTH Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik. Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus. Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong. Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi. Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan. Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis Tampilan yang simple dan tidak berat. Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet se...