Skip to main content

Gojek VS Grab siapa lebih unggul Part 1


Di jaman digital sekarang kita dipermudah dengan kehadiran transportasi online yaitu Go-jek dan Grab. Baik itu mau jalan kekantor, mengirim barang, serta layanan lainya. Go-jek dan Grab memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun tahukah kamu antara Go-jek dan Grab siapa yang lebih unggul.. berikut user interface dan permintaan pasar terhadap layanan yang disediakan antara masing-masing aplikasi ojek online tersebut.

User Interface

GO-JEK


Interface gojek menampilkan menu jasa-jasa yang dapat digunakan customer seperti Go Jek, Go Car, Go Massage, Go Food , dll. Fitur yang disediakan Go Jek ini merupakan hasil maintenance PT Go Jek untuk memudahkan user. Jika user memilih menu Go Ojek, maka user akan diminta untuk mengisi alamat bertemu tukang ojek dan alamat yang ingin dituju. Setelah menentukan alamat, maka tarif dan jarak akan muncul pada layar. Tekan "Order Go-Ride" pada layar dan secara otomatis aplikasi Go Jek akan mendeteksi tukang ojek pada radius terdekat. Jika ingin membatalkan pemesanan ojek, maka user hanya cukup menekan tombol silang berwarna merah pada layar. Fitur tambahan lainnya seperti history, my account, dan help tersedia untuk memudahkan anda mengatur dan belajar cara menggunakan fitur di aplikasi Go Jek.



Grab




Ada tiga layanan utama dari Grab yang tampil di halaman utama, yaitu Transport, Food, dan Delivery. Di bagian pemesanan transportasi, pengguna tinggal memilih lokasi tujuan perjalanan yang menampilkan beberapa tujuan perjalanan yang pernah dilakukan sebelumnya. Setelah memilih tujuan, pengguna baru akan memilih layanan transportasinya, mulai dari GrabBike, GrabCar, hingga GrabHitch. Lalu, pengguna juga akan memilih metode pembayaran apakah lewat Ovo atau tunai. Saat ini, pengguna Grab memang menggunakan Ovo sebagai layanan pembayaran digitalnya. Bisa dibilang, Ovo telah 'menggantikan' GrabPay yang masih mengalami masalah soal lisensi e-money dari Bank Indonesia. Selain itu, pembaruan lainnya dari wajah baru aplikasi Grab adalah tampilan layanan pesan antar makanan GrabFood. Grab menampilkan sejumlah restoran terdekat dengan pengguna di laman pemesanan GrabFood. Ini menjadi langkah terbaru Grab untuk terus menjaring penggunanya dalam memesan makanan di layanannya, demi menyaingi layanan Go-Food dari Go-Jek. Dengan adanya tampilan restoran terdekat, maka pengguna dapat melakukan pemesanan makanan yang lebih mudah.Hal ini memang sejalan dengan salah satu fokus Grab saat ini yang ingin memajukan layanan pesan antar makanannya. Grab tidak ingin berdiam diri melihat layanan Go-Food milik pesaingnya, Go-Jek, terus menjadi favorit masyarakat.

Permintaan pasar terhadap layanan yang disediakan

Go-jek



1. GO-SEND

Go-send adalah layanan dalam aplikasi GO-JEK. Dengan memberikan pelanggan kemudahan untuk melakukan pengantaran berkas dokumen seperti tiket bioskop, order CD/DVD di suatu tempat atau lainnya.

2. GO-RIDE

Go-ride adalah layanan angkutan bagi siapapun yang membutuhkan mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat tujuan lain. GO-JEK memberikan rasa aman kepada setiap penumpang dengan memberikan masker dan helm.

3. GO-FOOD

Go-food adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK.Go-food memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan dengan mudah. Pada saat ini Go-food baru ada di Jakarta dan Bandung. Terdapat 15,000 data restoran yang menu-nya dapat di akses via aplikasi GO-JEK.

4. GO-MART

Layanan Go-mart dalam aplikasi GO-JEK memberikan kemudahan bagi setiap pelanggan untuk membeli produk tapi tidak memiliki waktu untuk melakukan proses pembelian secara langsung.

5. GO-BOX

Layanan Go-box dapat membantu memesan suatu barang yang besar karena memerlukan angkutan truk seperti TV, meja, mesin cuci, dan lain-lain.

Go-box berkerjasama dengan para penyedia layanan logistik.

 6. GO-CLEAN

Layanan Go-clean adalah memberikan pelayanan kebersihan rumah atau perkantoran saat asisten rumah tangga pulang kampung dengan layanan

Go-clean dari GO-JEK, mengenai layanan ini yang melakukan tenaga kerja profesional yang berpengalaman.

7. GO-GLAM

Jasa kecantikan yang disediakan oleh GO-JEK dapat membantu pelanggan untuk berpenampilan lebih menarik dan cantik. Go-glam dilakukan 
oleh tenaga kerja yang profesional, biaya yang ditawarkan tergantung dari waktu dan tingkat kesulitan dari permintaan pelanggan.

8. GO-MASSAGE

Layanan Go-massage adalah layanan refleksi/terapi dari GO-JEK yang dapat membantu pelanggan saat merasa lelah dari aktifitas sehari-hari.

9. GO-BUSWAY

Layanan Go-busway adalah layanan transportasi ojek untuk mengantar penumpang ke halte bus Transjakarta yang diinginkan.

10. GO-TIX

Layanan Go-Tix adalah layanan mobile ticketing dan penyedia informasi acara-acara di Jakarta.

11. GO-CAR

Layanan Go-Car adalah layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.

12. GO-AUTO

Layanan Go-Auto adalah layanan pemesanan montir secara online. 13. GO-MED

Layanan Go-Med adalah hasil kolaborasi antara GO-JEK dengan HaloDoc. GO-MED tidak menyediakan produk apapun, melainkan menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1000 apotek di 10 kota.

14. GO-PULSA

Layanan Go-Pulsa adalah layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY

GO-JEK memiliki proses bisnis yang sangat inovatif dan sangat sesuai bagi kondisi keadaan masalah kemacetan yang di alami kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Ojek yang dulunya hanya tinggal di pangakalan dan menunggu pesanan datang kini di ubah proses bisnisnya. Dimana para customer bisa langsung memesan ojek melalui smartphone mereka. Sistem yang digunakan GO-JEK yakni pemesanan melalui aplikasi yang tersedia pada smartphone. Dimana layanan yang tersedia pada fitur-fitur aplikasi GO-JEK adalah yakni pemesanan ojek, pemesanan makan, hingga kurir untuk mengantar barang (Anonim dalam vivanews.com, 2016). Dengan adanya layanan sedemikian rupa menjadikan GO-JEK sangat diminati oleh masyarakat di kota-kota besar.

Namun pada awal kemunculan GO-JEK banyak menuai kontroversi, mulai dari penolakan ojek tradisional, intimidasi dan pemukulan terhadap driver GO-JEK sampai penggunaan motor-motor yang luar biasa mahal sebagai GO-JEK, semuanya menimbulkan kontroversi dan menimbulkan banyak pembicaraan dikalangan masyarakat. Disamping isu dan kontroversi yang banyak dibicarakan masyarakat, konsumen tetap menggunakan ojek online ini. GO-JEK dianggap sebagai kebutuhan yang sangat mengagumkan saat ini. Disamping isu kontroversi yang terus mencuat di media massa, ternyata inilah yang membuat nama GO-JEK semakin melambung tinggi. 

Grab




Aplikasi Grab menawarkan 4 pilihan layanan transportasi mulai dari taksi, mobil pribadi, sepeda motor hingga pengiriman paket untuk memenuhi kebutuhan penumpang di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Indonesia yaitu meliputi:

GrabTaxi: Layanan taksi premium dengan jaringan terluas di Asia
Tenggara.

GrabCar: Layanan transportasi untuk mereka yang memilih
kenyamanan berkendara layaknya menggunakan mobil pribadi.

GrabBike: Sebuah alternatif layanan transportasi untuk mereka yang
ingin lebih cepat dan aman sampai ke tujuan.

GrabExpress: Layanan pengiriman paket yang cepat, aman dan terpercaya

Grabbike yang merupakan salah satu layanan ojek online yang ada pada aplikasi Grab ini telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi Grab memiliki perusahaan yang bernama Grab dimana perusahaan ini melayani berbagai layanan seperti ojek,taksi,mobil di mana saja untuk siapa saja yang membutuhkan secara online. Setelah banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada penumpang oleh Perusahaan Grab itu sendiri, masih banyak ditemukan kerugian-kerugianyang diterima oleh pihak penumpang khususnya penumpang Grabbike. Telah banyak penumpang yang tidak senang atas pelayanan yang diberikan olehbikeryang bermitra dengan perusahaan Grab. Contohnya saja penumpang seringdikeluhkan masalah: dijemput terlambat oleh biker,biker berkata kasar kepada penumpang sepanjang perjalanan,biker yang tidak jujur dalam pengembalian uang yang dibayar tunai oleh penumpang,membatalkan pesanan penumpang tanpa alasan yang jelas. Disini telah terlihat adanya kelemahan yang terdapat di dalam layanan Grab itu sendiri.


Gambar dari paridoartikel dan google

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc