Skip to main content

Gojek VS Grab siapa lebih unggul Part 1


Di jaman digital sekarang kita dipermudah dengan kehadiran transportasi online yaitu Go-jek dan Grab. Baik itu mau jalan kekantor, mengirim barang, serta layanan lainya. Go-jek dan Grab memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun tahukah kamu antara Go-jek dan Grab siapa yang lebih unggul.. berikut user interface dan permintaan pasar terhadap layanan yang disediakan antara masing-masing aplikasi ojek online tersebut.

User Interface

GO-JEK


Interface gojek menampilkan menu jasa-jasa yang dapat digunakan customer seperti Go Jek, Go Car, Go Massage, Go Food , dll. Fitur yang disediakan Go Jek ini merupakan hasil maintenance PT Go Jek untuk memudahkan user. Jika user memilih menu Go Ojek, maka user akan diminta untuk mengisi alamat bertemu tukang ojek dan alamat yang ingin dituju. Setelah menentukan alamat, maka tarif dan jarak akan muncul pada layar. Tekan "Order Go-Ride" pada layar dan secara otomatis aplikasi Go Jek akan mendeteksi tukang ojek pada radius terdekat. Jika ingin membatalkan pemesanan ojek, maka user hanya cukup menekan tombol silang berwarna merah pada layar. Fitur tambahan lainnya seperti history, my account, dan help tersedia untuk memudahkan anda mengatur dan belajar cara menggunakan fitur di aplikasi Go Jek.



Grab




Ada tiga layanan utama dari Grab yang tampil di halaman utama, yaitu Transport, Food, dan Delivery. Di bagian pemesanan transportasi, pengguna tinggal memilih lokasi tujuan perjalanan yang menampilkan beberapa tujuan perjalanan yang pernah dilakukan sebelumnya. Setelah memilih tujuan, pengguna baru akan memilih layanan transportasinya, mulai dari GrabBike, GrabCar, hingga GrabHitch. Lalu, pengguna juga akan memilih metode pembayaran apakah lewat Ovo atau tunai. Saat ini, pengguna Grab memang menggunakan Ovo sebagai layanan pembayaran digitalnya. Bisa dibilang, Ovo telah 'menggantikan' GrabPay yang masih mengalami masalah soal lisensi e-money dari Bank Indonesia. Selain itu, pembaruan lainnya dari wajah baru aplikasi Grab adalah tampilan layanan pesan antar makanan GrabFood. Grab menampilkan sejumlah restoran terdekat dengan pengguna di laman pemesanan GrabFood. Ini menjadi langkah terbaru Grab untuk terus menjaring penggunanya dalam memesan makanan di layanannya, demi menyaingi layanan Go-Food dari Go-Jek. Dengan adanya tampilan restoran terdekat, maka pengguna dapat melakukan pemesanan makanan yang lebih mudah.Hal ini memang sejalan dengan salah satu fokus Grab saat ini yang ingin memajukan layanan pesan antar makanannya. Grab tidak ingin berdiam diri melihat layanan Go-Food milik pesaingnya, Go-Jek, terus menjadi favorit masyarakat.

Permintaan pasar terhadap layanan yang disediakan

Go-jek



1. GO-SEND

Go-send adalah layanan dalam aplikasi GO-JEK. Dengan memberikan pelanggan kemudahan untuk melakukan pengantaran berkas dokumen seperti tiket bioskop, order CD/DVD di suatu tempat atau lainnya.

2. GO-RIDE

Go-ride adalah layanan angkutan bagi siapapun yang membutuhkan mengantar penumpang dari satu tempat ke tempat tujuan lain. GO-JEK memberikan rasa aman kepada setiap penumpang dengan memberikan masker dan helm.

3. GO-FOOD

Go-food adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK.Go-food memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan dengan mudah. Pada saat ini Go-food baru ada di Jakarta dan Bandung. Terdapat 15,000 data restoran yang menu-nya dapat di akses via aplikasi GO-JEK.

4. GO-MART

Layanan Go-mart dalam aplikasi GO-JEK memberikan kemudahan bagi setiap pelanggan untuk membeli produk tapi tidak memiliki waktu untuk melakukan proses pembelian secara langsung.

5. GO-BOX

Layanan Go-box dapat membantu memesan suatu barang yang besar karena memerlukan angkutan truk seperti TV, meja, mesin cuci, dan lain-lain.

Go-box berkerjasama dengan para penyedia layanan logistik.

 6. GO-CLEAN

Layanan Go-clean adalah memberikan pelayanan kebersihan rumah atau perkantoran saat asisten rumah tangga pulang kampung dengan layanan

Go-clean dari GO-JEK, mengenai layanan ini yang melakukan tenaga kerja profesional yang berpengalaman.

7. GO-GLAM

Jasa kecantikan yang disediakan oleh GO-JEK dapat membantu pelanggan untuk berpenampilan lebih menarik dan cantik. Go-glam dilakukan 
oleh tenaga kerja yang profesional, biaya yang ditawarkan tergantung dari waktu dan tingkat kesulitan dari permintaan pelanggan.

8. GO-MASSAGE

Layanan Go-massage adalah layanan refleksi/terapi dari GO-JEK yang dapat membantu pelanggan saat merasa lelah dari aktifitas sehari-hari.

9. GO-BUSWAY

Layanan Go-busway adalah layanan transportasi ojek untuk mengantar penumpang ke halte bus Transjakarta yang diinginkan.

10. GO-TIX

Layanan Go-Tix adalah layanan mobile ticketing dan penyedia informasi acara-acara di Jakarta.

11. GO-CAR

Layanan Go-Car adalah layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.

12. GO-AUTO

Layanan Go-Auto adalah layanan pemesanan montir secara online. 13. GO-MED

Layanan Go-Med adalah hasil kolaborasi antara GO-JEK dengan HaloDoc. GO-MED tidak menyediakan produk apapun, melainkan menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1000 apotek di 10 kota.

14. GO-PULSA

Layanan Go-Pulsa adalah layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY

GO-JEK memiliki proses bisnis yang sangat inovatif dan sangat sesuai bagi kondisi keadaan masalah kemacetan yang di alami kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Ojek yang dulunya hanya tinggal di pangakalan dan menunggu pesanan datang kini di ubah proses bisnisnya. Dimana para customer bisa langsung memesan ojek melalui smartphone mereka. Sistem yang digunakan GO-JEK yakni pemesanan melalui aplikasi yang tersedia pada smartphone. Dimana layanan yang tersedia pada fitur-fitur aplikasi GO-JEK adalah yakni pemesanan ojek, pemesanan makan, hingga kurir untuk mengantar barang (Anonim dalam vivanews.com, 2016). Dengan adanya layanan sedemikian rupa menjadikan GO-JEK sangat diminati oleh masyarakat di kota-kota besar.

Namun pada awal kemunculan GO-JEK banyak menuai kontroversi, mulai dari penolakan ojek tradisional, intimidasi dan pemukulan terhadap driver GO-JEK sampai penggunaan motor-motor yang luar biasa mahal sebagai GO-JEK, semuanya menimbulkan kontroversi dan menimbulkan banyak pembicaraan dikalangan masyarakat. Disamping isu dan kontroversi yang banyak dibicarakan masyarakat, konsumen tetap menggunakan ojek online ini. GO-JEK dianggap sebagai kebutuhan yang sangat mengagumkan saat ini. Disamping isu kontroversi yang terus mencuat di media massa, ternyata inilah yang membuat nama GO-JEK semakin melambung tinggi. 

Grab




Aplikasi Grab menawarkan 4 pilihan layanan transportasi mulai dari taksi, mobil pribadi, sepeda motor hingga pengiriman paket untuk memenuhi kebutuhan penumpang di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Indonesia yaitu meliputi:

GrabTaxi: Layanan taksi premium dengan jaringan terluas di Asia
Tenggara.

GrabCar: Layanan transportasi untuk mereka yang memilih
kenyamanan berkendara layaknya menggunakan mobil pribadi.

GrabBike: Sebuah alternatif layanan transportasi untuk mereka yang
ingin lebih cepat dan aman sampai ke tujuan.

GrabExpress: Layanan pengiriman paket yang cepat, aman dan terpercaya

Grabbike yang merupakan salah satu layanan ojek online yang ada pada aplikasi Grab ini telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi Grab memiliki perusahaan yang bernama Grab dimana perusahaan ini melayani berbagai layanan seperti ojek,taksi,mobil di mana saja untuk siapa saja yang membutuhkan secara online. Setelah banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada penumpang oleh Perusahaan Grab itu sendiri, masih banyak ditemukan kerugian-kerugianyang diterima oleh pihak penumpang khususnya penumpang Grabbike. Telah banyak penumpang yang tidak senang atas pelayanan yang diberikan olehbikeryang bermitra dengan perusahaan Grab. Contohnya saja penumpang seringdikeluhkan masalah: dijemput terlambat oleh biker,biker berkata kasar kepada penumpang sepanjang perjalanan,biker yang tidak jujur dalam pengembalian uang yang dibayar tunai oleh penumpang,membatalkan pesanan penumpang tanpa alasan yang jelas. Disini telah terlihat adanya kelemahan yang terdapat di dalam layanan Grab itu sendiri.


Gambar dari paridoartikel dan google

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...