Skip to main content

Sistem Akuntansi


Setiap bisnis atau usaha yang sedang berjalan tentunya tidak lepas yang namanya akuntansi (proses pembukaaan), yaitu mencatatat secara teratur dan sistematis tentang segala transaksi yang dilakukan perusahaan. Dalam akuntansi, bisnis diasumsikan sebagai kelangsungan usaha yang terus berlanjut tanpa batas waktu dimasa depan, hal ini berarti tidak relevannya aktiva tetap karena akun tersebut hanya digunakan untuk operasi dan tidak untuk dijual, seperti tanah, gedung, mesin dan sebagainya. Sistem akuntansi yang paling umum digunakan adalah biaya histori yaitu harga pembelian aset dikurangi akumulasi biaya penyusutan.

Sistem akuntansi biaya ini sangat diperlukan kepada pihak ekstern maupun intern perusahaan, Perusahaan diminta pertanggung jawabannya kepada Pihak ekstern perusahaan (seperti investor dan kreditur) maupun pihak intern (seperti manajemen untuk mengambil keputusan yang akan datang). Salah satu pihak yang harus diberi informasi keuangan adalah pemegang saham (investor) karena hukum perusahaan sudah menetapkan hal tersebut. Untuk mencari nilai buku bersihnya, bisa dengan mengurang nilai aset bisnis berdasarkan harga perolehannya dengan nilai penyusutan suatu aset.

Perusahaan umumnya menyusun dan membuat tiga laporan keuangan dalam setiap periode mereka, seperi laporan laba rugi, neraca serta arus masuk dan keluar kas (laporan arus dana, sumber dan aplikasi sumber dana dan laporan perubahan posisi keuangan). Pertama laporan laba rugi, yaitu menunjukan pendapatan dan pengeluaran perusahaan, perusahaan yang menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih kemudian sebagian dari keuntungan digunakan untuk membayar pajak kepemerintah, sebagian dibagikan kepada pemegang saham (investor) sebagai dividen, dan sebagian yang lainya untuk perusahaan. Laporan keuangan selanjutnya yaitu neraca, neraca menunjukan situasi keuangan perusahaan pada waktu atau periode tertentu, umumnya pada hari terakhir saat penutupan buku mencantumkan aset (meliputi debitur atau piutang karena diasumsikan bahwa mereka akan membayar), kewajiban (meliputi kreditur atau hutang karena diasumsikan bahwa ini harus akan dibayar).

Dalam akun Kewajiban, ada yang jangka panjang dan ada yang jangka pendek, jangka panjang seperti pinjaman dan obligasi sedangkan kewajiban jangka pendek seperti biaya yang masih harus dibayar atau akumulasi yang belum dibayar seperti pajak dan bunga. Akun aset kewajiban yang sudah dibayarkan biasanya dilampirkan tanda kurung atau tanda minus hal ini sesuai dengan prinsip pembukuan ganda. Adapun rumus persamaan dasar akuntansi adalah: ASET = kEWAJIBAN + EKUITAS atau bisa juga ASET-KEWAJIBAN= EKUITAS.

Laporan keuangan yang terakhir memiliki beberapa klasifikasi yaitu laporan arus dana, sumber dan aplikasi laporan dana serta laporan perubahan posisi keuangan, dimana semua ini menunjukan arus kas masuk dan keluar dari kegiatan transksi perusahaan, Biasanya perusahaan membedakan antara kegiatan operasi, pembiayaan dan investasi. Adapun Sumber dana perusahaan atau pendapatan meliputi keuntungan perdagangan, ketentuan penyusutan, penjualan aset, pinjaman dan penerbitan saham, sedangkan permohononan dana atau pengeluaran kas meliputi pembelian aset, pelunasan pinjaman dan kerugian perdagangan.


Gambar dari pixabay

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc