Skip to main content

Surat lamaran kerja terbaru tahun 2020 dan komponen penting

sumber: pixabay.com


Istilah surat lamaran kerja bagi banyak pihak bukanlah menjadi hal yang baru, apalagi bagi para lulusan SMA sederajarat dan perguruan tinggi yang ingin memasuki dunia kerja.
 
Setelah membaca artikel ini, anda akan dapat:


  1. Mengetahui bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dengan menggunakan pendekatan AIDA
  2. Mengetahui kualifikasi penting yang diperlukan dalam penulisan surat lamaran kerja
  3. Mengetahui komponen-komponen penting dalam surat lamaran kerja yang baik
  4. Memperoleh gambaran contoh penulisan kerja yang baik
sumber: pixabay.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang surat lamaran kerja, tahukah anda surat lamaran kerja itu apa? 

Surat lamaran kerja merupakan surat yang digunakan oleh seseorang untuk melamar kerja pada suatu organisasi atau lembaga yang membutuhkan karyawan atau pimpinan pada suatu bidang tertentu. Pada umumnya seseorang yang ingin melamar kerja harus menulis surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan resume (daftar riwayat hidup) dan dokumen lainya. Dalam surat lamaran kerja, dijelaskan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja yang cocok atau sesuai dengan posisi/jabatan yang ditawarkan atau sesuai dengan kebutuhan suatu entitas, pelamar kerja hanya mengemukakan point-point penting yang relevan dengan persyaratan pekerjaan yang ditawarkan.



sumber: pixabay.com

Pendekatan yang dapat digunakan dalam membuat surat lamaran kerja adalah dengan menggunakan pendekatan attention, interest, desire and action (AIDA). Sebagaimana penulisan dalam resume (daftar riwayat hidup), penulisan surat lamaran kerja juga menggunakan pendekatan attention, interest, desire and action untuk menarik perhatian pembaca. Pendekatan ini lebih menekankan pada sisi sikap pelamar kerja dan apa manfaat yang didapat oleh pembaca.

Berikut penjelasan lebih rinci tentang AIDA.   



Attention

Prinsip pertama dalam penulisan surat lamaran kerja adalah attention atau perhatian. Artinya pelamar kerja harus dapat meyakinkan pihak organisasi atau lembaga pencari kerja (pembaca) bahwa pelamar kerja memiliki sesuatu yang bermanfaat atau dapat menumbuhkan rasa tertarik bagi pembaca, pembaca tentunya bertanya-tanya tentang manfaat yang ia peroleh. Maka anda harus menjelaskan ide/gagasan yang membuat pembaca antusias untuk menyimak apa yang anda tuliskan. Pelamar kerja juga dapat mengemukakan tentang bagaimana ia mendapatkan informasi lowongan kerja dan alasan mengapa ia tertarik pada posisi atau jabatan tersebut.



Interest


Prinsip kedua dalam penulisan surat lamaran kerja adalah interest (minat), artinya pelamar kerja harus dapat menarik perhatian pembaca dengan menjelaskan relevansi pesan-pesan yang disampaikan. Dalam hal ini, pelamar kerja perlu menjelaskan dan menegaskan bahwa kualifikasi yang dibutuhkan tersebut relevan dengan kemampuan yang dimiliki dan ia yakin mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.



Desire


Prinsip ketiga dalam penulisan surat lamaran kerja adalah desire (hasrat), artinya pelamar kerja harus dapat menumbuhkan hasrat pembaca untuk mengetahui lebih jauh apa yang dituliskan dalam surat tersebut. Pelamar kerja juga dapat meyakinkan pembaca melalui bukti-bukti pendukung yang relevan dengan posisi yang dikehendaki.



Action


Prinsip keempat dalam penulisan surat lamaran kerja adalah action (tindakan), artinya pelamar kerja harus dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengambil suatu tindakan tertentu berkaitan dengan harapan atau keinginannya dalam menulis surat tersebut. Salah satu tindakan tertentu yang dapat dilakukan oleh pembaca adalah memberi kesempatan untuk melakukan wawancara kerja (job interview).



Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja

Penulisan surat lamaran kerja yang baik perlu memperhatikan kaidah-kaidah baku dalam penulisan surat lamaran kerja. Seorang pelamar kerja harus memahami dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya apa saja yang perlu dituliskan dalam surat lamaran kerja serta bagaimana pengorganisasian penulisannya. Hal ini memiliki makna penting baik bagi pelamar kerja maupun bagian evaluasi lembaga atau organisasi penerima kerja.

sumber: pixabay.com



Secara umum, pengorganisasian penulisan surat lamaran kerja memiliki tiga bagian utama, yaitu paragraf pembuka, pertengahan dan penutup, berikut ini penjelasan secara rincinya:



  1. Paragraf Pembuka


Surat lamaran kerja sebagaimana bentuk surat-surat bisnis lainnya, harus dibuat sebaik mungkin dan menarik perhatian (attention) bagi pembacanya. Surat lamaran kerja harus dinyatakan secara jelas bahwa pelamar kerja sedang melamar suatu pekerjaan, sehingga ia perlu mengidentifikasi jenis pekerjaan yang benar-benar diminati.

Surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian pembacanya perlu mencantumkan hal-hal berikut ini:


  • Rangkuman

Pada bagian awal surat lamaran kerja, pelamar kerja perlu mengemukakan kualifikasi yang dimiliki dan harus relevan dengan jabatan yang diinginkan dan jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan memberikan manfaat atau keuntungan bagi perusahaan atau lembaga dilamar.



  • Nama

Pada umumnya, pola ini digunakan ketika lowongan/ kesempatan kerja tersebut hanya digunakan untuk kepentingan internal organisasi/lembaga tersebut, misalnya jumlah karyawan baru yang dibutuhkan hanya sedikit, maka pola rekrutmennya cenderung tertutup. Pelamar kerja dapat menyebutkan nama seseorang yang sudah dikenal oleh pembaca (yang menawarkan kerja) atau seseorang yang menyarankan pelamar kerja untuk melamar pekerjaan diperusahaan atau lembaga tersebut. Meskipun demikian, pemenuhan terhadap kualifikasi yang dibutuhkan tetap menjadi penilaian yang pertama dan utama.  




  •  Sumber publikasi

Sebutkan dari mana pelamar kerja mendapat informasi tentang adanya lowongan kerja diorganisasi atau lembaga tersebut. Sumber informasi ini antara lain surat kabar, majalah dan radio, pelamar dapat menyebutkan secara detail nama surat kabar/majalah dan tanggal penerbitan atau nama radio dan tanggal diumumkan.  Dalam surat lamaran kerja jelaskan juga secara singkat bahwa anda memenuhi persyaratan yang dikehendaki oleh perusahaan.




  • Pertanyaan

Gunakan kalimat tanya pada awal paragraf untuk menarik perhatian pembaca yang menunjukan bahwa pelamar kerja mengetahui masalah, tujuan dan kebutuhan suatu organisasi serta mempunyai keinginan untuk membantu memecahkan masalah tersebut, jadi hal itu akan memberikan manfaat bagi pembaca.




  •  Cuplikan berita

Pelamar kerja dapat mengambil cuplikan berita disurat kabar atau majalah yang menyebutkan bahwa suatu perusahaan sedang merencanakan membuka kantor, cabang, memperkenalkan produk baru, atau memerlukan tenaga operator dan sebagainya.



2. Paragraf pertengahan


Setelah menarik perhatian pembaca pada awal paragraf, pelamar kerja perlu menyajikan kualifikasi yang dimilikinya untuk mengisi suatu pekerjaan yang diinginkannya. Dalam surat lamaran kerja tidak boleh lebih dari tiga paragraf, pelamar kerja tidak boleh mengulang apa yang sudah dinyatakan dalam resume atau surat lamaran kerja. Usahakan juga penjelasan dalam paragraf tersebut benar-benar sangat diminati (interest) dan sangat diharapkan (desire) oleh pembaca.


Dalam paragraf pertengahan ini pelamar kerja perlu mengemukakan kualifikasi yang dimiliki diantaranya:





  • Pendidikan

Para lulusan perguruan tinggi mempertimbangkan pendidikan sebagai kualifikasi yang paling penting, maka mereka harus menempatkan pendidikan pada bagian yang pertama, baik pada resume (daftar riwayat hidup) maupun surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini pelamar kerja dapat:


Menunjukan bahwa anda mempunyai latar belakang dalam dunia bisnis yang cukup luas dan bidang tertentu secara mendalam sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar.


Menunjukan bagaimana pendidikannya relevan dengan pekerjaan yang dilamar.


Menjelaskan mengapa dan bagaimana anda menambahkan bidang studi penting diluar bidang studi inti (pendidikan informal)






  • Pengalaman kerja

Bagi anda yang pernah melakukan berbagai jenis pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar, pengalaman kerja dapat digunakan untuk memperkuat kualifikasi dan menjadi nilai tambah yang dimilikinya. Dalam hal ini, pelamar kerja perlu menyatakan secara jelas berbagai fungsi atau kegiatan yang dapat dilakukan. Maka atas dasar itu, pelamar kerja akan dapat menunjukan kepada pembaca bahwa:


Pelamar kerja memperoleh suatu pengalaman yang dapat membantu mempercepat penyelesaian tugas/pekerjaan baru.


Pelamar kerja dapat melakukan adaptasi dan mencoba bekerja sama dengan lingkungannya.


Pelamar kerja dapat memikul tanggung jawab pada suatu pekejaan dengan baik.


Pelamar kerja merupakan orang yang mampu bekerja keras.





  • Sikap, minat, aktivitas, dan kualitas

Pelamar kerja dapat menambahkan berbagai informasi tambahan yang dapat mendukung pekerjaan yang dilamar. Pelamar kerja dapat menjelaskan tentang kemampuannya dalam melakukan kerja sama dengan orang lain, sikap pelamar kerja terhadap bidang pekerjaa, perusahaan, suasana kerja dan kualitas personal.




3. Paragraf penutup



Pada paragraf terakhir ini pada umumnya berisi suatu harapan tindakan (action) sebagaimana yang terdapat pada surat-surat penjualan. Pelamar kerja dengan jelas menyatakan keinginannya untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan oleh organisasi atau lembaga yang dilamar.



Maka dengan itu untuk mempermudah pihak pembaca menghubunginya, pelamar kerja perlu memberikan alamat yang jelas dan lengkap, termasuk nomor telpon, alamat email, dan jam berapa pelamar kerja dapat dihubungi. Bagi beberapa perusahaan, pelamar kerja perlu melampirkan amplop dan prangko balasannya (jika ada syarat untuk melampirkan).



Contoh surat lamaran kerja 


Contoh 1





Contoh 2





download file




sumber: pixabay.com




Tips untuk pelamar kerja



Pelamar kerja tidak boleh melupakan bahwa ia sebenarnya sedang “menjual potensi diri” kepada organisasi/lembaga secara tertulis baik mencakup kepribadian, kualifikasi, pelatihan yang pernah diikuti, pengalaman kerja dan hobi. Oleh karena itu surat lamaran kerja juga dikatakan sebagai surat penjualan. Sebagai surat penjualan, surat tersebut harus mudah dipahami, jelas, ringkas, tepat dan sesuai dengan pekerjaan serta yang perlu sangat diperhatikan kerapian dan penampilan.


sumber: pixabay.com


  • Yang perlu anda perhatikan dalam penulisan lamaran pekerjaan
Pelamar kerja harus mempunyai kualifikasi atau pengalaman kerja untuk posisi pekerjaan yang diinginkan.

Bangkitkan minat terhadap kualifikasi yang dimiliki.

Tunjukan hal-hal yang positif.

Usahakan surat lamaran kerja rapi, bersih dan menarik.

Tulislah surat dari sudut pandang pembaca bukan dari sudut pandang penulis.

Anda harus unik, tekankan hal-hal yang membedakan dengan pelamar kerja lain.

sumber: pixabay.com



  • Yang harus anda hindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan 



Jangan melamar jenis pekerjaan yang diluar kemampuan anda

usahakan surat lamaran bukan hasil fotokopi, maknanya anda harus membuat dengan kata-kata sendiri dan kalau perlu hasil print out, karena biasanya menggunakan fotokopi akan membuat tulisan menjadi pudar

Jangan mengatakan bahwa anda menerima jenis pekerjaan apa saja

Hindari kata-kata yang berlebihan



  • Jangan meminta belas kasihan terhadap perusahaan yang dilamar
  • Usahakan untuk menghindari permasalahan gaji, kecuali ditanyakan pada saat wawancara kerja
  • Jangan memberi komentar langsung tentang karakter pribadi

Demikian penjelasan mengenai penulisan surat lamaran pekerjaan, semoga dapat bermanfaat dan bagi anda yang ingin melamar pekerjaan, dapat diterima pada pekerjaan yang anda inginkan, jika anda punya tips dan saran serta pengalaman mengenai menulis surat lamaran kerja anda dapat berbagi di kolom komentar ya. Terimakasih..



Referensi

komunikasi bisnis, djoko purwanto edisi 4, erlangga

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...