Skip to main content

Akun Dalam Akuntansi: Akun Rill dan Akun Nominal

Sumber: pixabay.com

Dalam akuntansi anda pasti pernah mendengar kata akun atau rekening lalu seperti apakah akun atau rekening tersebut dan bagaimana mencatat transaksi dalam suatu sistem akuntansi yang formal, dimana data yang diperlukan dikumpulkan dalam sejumlah alat pencatatan yang disebut rekening atau sekarang sudah berganti menjadi akun.



Akun memberikan informasi tentang aktivitas operasi-operasi perusahaan dari waktu kewaktu, misalnya mengetahui jumlah piutang kepada debitur, jumlah kewajiban kepada kreditur, sumber-sumber dan besarnya pendapatan maupun beban yang dikeluarkan selama aktivitas operasi.



“Akun merupakan suatu alat untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset (aktiva), kewajiban (utang), modal, pendapatan dan beban (biaya)”.



Jumlah akun yang diperlukan tergantung pada kebutuhan suatu entitas. Kumpulan dari akun yang digunakan dalam pembukuan suatu entitas disebut buku besar atau ledger. Buku besar dapat berupa sebuah buku yang halamannya berfungsi sebagai akun atau juga berupa kumpulan-kumpulan kartu.


Sumber: Pixabay.com


Baca juga: Apakah kas dan Setara kas Dalam Akuntansi Sama apa itu akuntansi


Akun dibedakan menjadi dua yaitu akun neraca (akun rill) dan akun laba rugi (akun nominal).



  1. Akun neraca atau juga disebut akun rill merupakan akun-akun yang pada akhir periode akan dilaporkan didalam neraca, adapun elemen akun-akun dari neraca meliputi akun-akun aset (harta/aktiva), akun-akun kewajiban (utang) serta akun-akun modal.
  2. Akun laba rugi atau juga disebut akun nominal merupakan akun-akun yang pada akhir periode akan dilaporkan dalam laporan laba rugi, adapun elemen akun-akun dari laba rugi meliputi akun-akun pendapatan dan akun-akun beban.



Akun prive


Pemilik entitas perseorangan maupun persekutuan secara periodik mengambil uang atau barang dagang dari perusahaannya untuk keperluan pribadi, aktivitas ini disebut dengan prive. Lalu kenapa tidak masuk akun beban padahal sama mengurangi modal ?walaupun seolah-olah sama seperti akun beban, tetapi prive bukan merupakan elemen beban yang mengurangi pendapatan. Prive biasanya merupakan pengambilan kas atau barang lain yang dilakukan oleh pemilik sebagai pengambilan bagian keuntungan perusahaan.



Sifat-sifat akun rill dan akun nominal


Akun menjadi alat untuk mencatat pertambahan dan pengurangan dalam satuan uang, pertambahan dicatat pada salah satu sisi akun dan pengurangan dicatat pada sisi lainya (debit atau kredit), Sisi kanan disebut debet dan sisi kiri adalah kredit. Dalam pencatatan ada Selisih antara jumlah sisi debet dengan jumlah sisi kredit hal tesebut biasa disebut saldo akun.



Aturan pendebetan dan pengkreditan dari berbagai jenis akun sebagai berikut:


Jenis akun
pertambahan
Pengurangan
Saldo normal
Aset
Debit
Kredit
Debit
kewajiban
Kredit
Debit
Kredit
Modal
Debit
Kredit
Debit
Pendapatan
Kredit
Debit
Kredit
Modal
Debit
Kredit
Debet

Tabel diatas harus benar-benar diingat dan dipahami karena hal tersebut merupakan dasar-dasar dalam proses pencatatan akun.



Jika suatu akun yang mempunyai saldo normal debet ternyata menunjukan saldo kredit atau sebaliknya, maka hal ini merupakan tanda terjadinya kesalahan pencatatan atau ada transaksi yang tidak biasa dan menyebabkan tidak ballance atau seimbangnya suatu laporan keuangan. 


Baca juga:  akuntansibisnisekonomi,     pajakmanajemen


Demikian penjelasan mengenai akun nominal  dan akun rill, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman mengenai ekonomi dan bisnis, penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan, kekurangan dan kesamaan dalam penulisan artikel ini terimakasih:) 





Referensi
Dasar-dasar akuntansi jilid 1 alharyono jusuf STIE yayasan keluarga pahlawan negara

Comments

Krishand said…
Prive ada pada bentuk usaha CV sementara kalau di bentuk usaha PT namanya dividen meskipun keduanya hampir sama dari segi fungsinya. Sama-sama pengambilan pribadi dr pemilik modal apakah itu benar?

http://www.krishandsoftware.com/blog/538/apa-itu-prive-berikut-pengertian-dan-pengelolaannya/

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc