Skip to main content

Membuat curriculum vitae terbaru tahun 2020 dan masalah dalam penulisannya

Penulisan CV: mempersiapkan resume, rencana pengorganisasian dan masalah-masalah dalam penulisan

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae atau resume merupakan suatu prasyarat yang sangat penting pada saat memasuki dunia kerja, dibeberapa toko alat tulis kantor atau tempat fotocopy memang sudah ada menyediakan ini namun jika resume ini ditulis dan dibuat sendiri anda mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan pelamar kerja yang lain. 

pada pembahasan kali ini kita akan membahas: 

  1. Bagaimana cara mempersiapkan resume
  2. Rencana organisasional untuk resume
  3. Apa saja masalah yang berkaitan dengan penyusunan resume


Menurut KC bay, CV merupakan presentasi penjualan formal diri yang sangat penting, kenapa penting? Karena didalam CV memuat semua fakta yang relevan mengenai latar belakang, kualifikasi, pengalaman kerja dan sebagainya yang disusun dalam format teratur, mudah dipahami dan tentunya dapat menarik perhatian pembaca.

Melalui CV tersebut diharapkan pimpinan organisasi/perusahaan personalia sudah dapat mengetahui kemampuan anda, walaupun belum pernah bertemu secara langsung dengan anda. Maka dengan itulah CV yang anda buat harus semenarik mungkin.


Persiapan penulisan CV

Dalam memperiapkan CV, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu: mencari informasi penting (esensi), merencanakan resume dan membuat resume.


Mencari informasi penting

Kenalilah diri, apa kelebihan dan kekurangan anda

Analisis diri ini akan membantu anda dalam mengenali diri sendiri secara mendalam, untuk mempermudah menemukan siapa anda, anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah saya mempunyai aspirasi yang cukup tinggi
  • Apakah saya dapat berkomunikasi dengan baik
  • Apakah saya orang yang sangat bergantung kepada orang lain
  • Apakah saya orang yang energik
  • Apakah saya orang yang percaya diri
  • Apakah saya mempunyai kecerdasan kuantitatif dan verbal yang tinggi
  • Apakah saya mempunyai kecerdasan yang tinggi dalam pemecahan masalah
  • Berapa indeks prestasi saya secara keseluruhan
  • Mata kuliah/pelajaran apa yang paling anda sukai
  • Mata kuliah/pelajaran apa yang paling sulit bagi anda
  • Kegiatan organisasi apa yang anda sukai



Melakukan analisis terhadap karier/pekerjaan yang ingin anda pilih

  • Cobalah anda menggali sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan karier/pekerjaan yang akan anda pilih.
  • Kecerdasan mana (kuantitatif, verbal dan mekanik) yang paling bermanfaat bagi karier/pekerjaan anda
  • Apa efek sampingnya yang membahayakan bagi kesehatan/keselamatan anda
  • Apa pengalaman kerja dan prestasi akademik yang menjadi syarat penunjang bagi karier anda
  • Apa imbalan yang anda dapat selain finansial/uang/materi
  • Apakah karier/pekerjaan anda dipengaruhi oleh pekembangan teknologi
  • Apakah dimana depan, bidang yang anda pilih mempunyai tingkat pesaing tinggi



Melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda pilih

Pada tahap awal memasuki kerja, perusahaan biasanya menyediakan program orientasi atau pelatihan kepada mereka yang baru diterima sebagai karyawan. Oleh karena itu, sebelum menulis CV anda perlu menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa tugas dan tanggung jawab pekerjaan anda
  • Apakah karakteristik pribadi anda sesuai untuk tugas dan tanggung jawab pekerjaan tersebut
  • Apakah latar belakang pendidikan anda sesuai dengan persyaratan posisi pekerjaan
  • Apakah pengalaman anda berkaitan dengan posisi pekerjaan



Tujuan anda dalam membuat CV tentunya agar anda dapat melakukan wawancara dengan tim dari perusahaan yang anda lamar, CV yang anda buat adalah rincian pelengkap terhadap surat lamaran kerja yang telah anda buat. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merencanakan CV


Tujuan karier

Anda harus memutuskan posisi apa yang anda minati atau yang akan menjadi tujuan karier anda, seperti posisi manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran, manajer produksi/operasi dan sebagainya.


Informasi pribadi

Data pribadi yang tercantum dalam CV adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, jenis kelamin dan menambahkan data lain dan syarat perusahaan yang berkaitan erat dengan jenis pekerjaan yang anda pilih. Seperti terampil menggunakan komputer, terampil berkomunikasi baik pasif atau aktif dan sejenisnya.


Referensi

Referensi adalah orang-orang tertentu yang akan memberikan surat rekomendasi kepada anda, yang berisi tentang berbagai hal yang mereka ketahui semasa mereka mengenal anda dengan tujuan menambah kredibilitas pencari referensi, sehingga dapat meyakinkan kepada organisasi/perusahaan tentang prestasi dan kemampuan positif anda.



Pembuatan CV

CV yang baik, menekankan pada kompatibilitas kualifikasi anda dan prospektif persyaratan kerja. Pada bagian tujuan kerja, anda harus menyatakan secara jelas apa tujuan anda membuat CV tersebut, misalnya anda ingin mengisi lowongan kerja dibidang manajer pemasaran, manajer keuangan dan sejenisnya. Selanjutnya informasi pribadi, adapun informasi pribadi tersebut antara lain: pendidikan, berbagai keterampilan, hobi, penghargaan dan keanggotaan asosiasi. Usahakan Informasi tersebut harus relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar, jadi tidak perlu semua kemampuan atau keahlian yang anda miliki perlu dicantumkan, tetapi hanya informasi yang dapat mendukung pekerjaan anda tersebut.
Rencana Pengorganisasian

Ada beberapa cara jenis pengorganisasian CV yaitu:


Resume tradisional

Resume Kronologis didasarkan pada kronologisnya yaitu pendidikan dan pengalaman sebagai judul isinya, putuskan mana yang lebih memberikan kesan positif bagi anda. informasi terkini ditempatkan pada urutan pertama, lalu diikuti berikutnya, misalkan penulisan jenjang pendidikan dimulai dari jenjang tertinggi.


Resume fungsional

Resume fungsional disusun atas dasar fungsi-fungsi dalam organisasi yang dapat dilakukan dengan baik. Resume ini memerlukan suatu analisa diri, karier dan pekerjaan secara komplit. Jadi dalam resume ini anda diminta menjelaskan potensi dan pengalaman anda pada beberapa fungsi penting yang ada dalam suatu organisasi/perusahaan.


Resume kombinasi

Resume kombinasi merupakan gabungan antara resume kronologis dan reseme fungsional. Bentuk resume ini memberikan suatu keyakinan bahwa persyaratan pendidikan dan pengalaman terpenuhi dan lebih menekankan pada kualifikasi yang dibutuhkan.

Walaupun demikian dalam penulisan resume yang baik ada beberapa prinsip harus dipenuhi yaitu:


 kerapian (neatness)

Dalam menulis resume usahakan menggunakan kertas yang bersih dan berkualitas baik, jangan ada coretan apalagi ada sobekan. Jika anda mengetik gunakanlah huruf yang baik, aturlah format serapi mungkin.


sederhana (simplicity)

disamping kerapian, bahasa yang anda gunakan hendaknya jelas dan mudah dimengerti, sederhana tidak bertele-tele dan menggunakan bahasa yang formal seperti bahasa indonesia.


akurat (accuracy)

informasi yang anda sajikan harus akurat, artinya informasi tersebut diteliti dengan cermat dan tepat benar asli dari anda bukan dari orang lain.


Kejujuran (honesty)

Informasi anda sajikan harus benar, tidak mengada-ada. Dengan kata lain anda meberikan informasi sejujur-jujurnya, karena jika ketahuan memberikan informasi yang tidak jujur maka kerugianlah yang anda dapatkan.


Masalah Dalam Membuat Resume
Dalam menulis resume maka anda harus berpikir dengan pola pembaca, Dalam hal ini perusahaan/organisasi. Apa yang dibutuhkan oleh perusahaan pencari kerja haruslah dijadikan dasar acuan dalam menulis resume. Namun ada beberapa masalah yang muncul dalam pembuatan resume diantaranya.
  • Penulisan resume yang terlalu panjang dan membuat data menjadi tidak relevan sehingga tidak akan mencapai sasaran.
  • Penulisan resume yang terlalu pendek, sehingga tidak memberikan informasi/data yang cukup bagi pembaca untuk melakukan penelaahan lebih dalam.
  • Format penulisan yang kurang baik, tidak konsisten, kurang memperhatikan tanda baca dan sejenisnya, sehingga akan membuat resume sulit dipahami.
  • Menggunakan terlalu banyak kalimat yang kompleks, alangkah baiknya menggunakan kalimat yang bersifat sederhana dan simpel.
  • Banyak kesalahan ketik/tulis dan kesalahan penyusunan kalimat.
  • Pelamar tidak menunjukan secara tegas posisi dan dibidang pekerjaan yang diminati.
  • Terlalu menampakkan keyakinan yang berlebihan sehingga pembaca ragu akan kerealistisannya
  • Pelamar tidak jujur dalam mencantumkan data dalam resume.

CONTOH RESUME/CV

Contoh resume kronologis



Contoh resume fungsional



Contoh resume kombinasi

Semua resume

Unduh


Selain itu kami juga menyediakan CV lainnya yang dapat anda gunakan sebagai referensi menulis CV 




Unduh

KETERANGAN

Pada bagian tujuan karier anda dapat menyatakan tujuan secara umum maupun tujuan khusus
Tujuan umum seperti:

  • Memasuki/mengisi posisi pada level penjualan, pemasaran, keuangan, produksi, dsb
  • Mengisi posisi untuk posisi staf akuntan
  • Resepsionis
  • Tujuan khusu seperti:
  • Mengisi posisi staf penjualan untuk membantu organisasi maupun manajemen bisnis ritel
  • Mengisi posisi staf akuntan dikantor akuntan publik, selanjutnya memasuki posisi supervisor
  • Mengisi posisi staf akuntan dikantor akuntan publik, selanjutnya memasuki posisi supervisor



KUALIFIKASI

Selanjutnya kualifikasi dapat dinyatakan pada sebelum atau sesudah tujuan kerja/karier. Kualifikasi mencakup pendidikan dan pengalaman kerja seperti sebagai berikut:
  • Enam tahun menangani pengembangan sumber daya manusia pada perusahaan terkemuka (sebutkan nama perusahaan) dikota (sebutkan) dengan (nama pendidikan tertinggi, fakultas, jurusan atau program studi). Integritas tinggi dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
  • Asosiasi dalam bisnis, jurusan/konsentrasi pada masalah transportasi; selama 4,5 tahun berpengalaman dibagian kargo dan departemen pengiriman
  • Tingkat sarjana muda jurusan/konsentrasi manajemen personalia, dengan penekanan pada psikologi, sosiologi dan bisnis. Selama 4 tahun berpengalaman berkeja lepas (part time) dengan orang lain
  • Cantumkan penghargaan, beasiswa atau prestasi terbaik yang pernah anda peroleh dan relevan dengan jenis pekerjaan yang ingin anda lamar



DATA PRIBADI

Data pribadi mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, berbagai skill (keterampilan), kesehatan, tinggi badan, berat badan, hobbi, jenis SIM yang dimiliki dan jenis kendaraan yang anda miliki (jika perlu). Namun perlu diingat bahwa anda harus mencantumkan informasi/data penting yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan/lamar


REFERENSI

Dalam referensi pilihlah tiga orang yang memiliki reputasi baik, lebih baik orang yang sudah dikenal oleh organisasi/perusahaan yang anda lamar. Apabila anda pernah bekerja pada suatu peusahaan/lembaga, anda dapat meminta surat rekomendasi dari manajer perusahaan tersebut. Selain jika anda tidak mempunyai pengalaman atau masih freshgreduate, anda bisa meminta surat rekomendasi dari staf pengajar/dosen diperguruan tinggi anda. Jadi anda harus meminta rekomendari kepada orang-orang tertentu yang akan memberikan nilai plus/lebih bagi kemampuan yang anda miliki. Jangan lupa cantumkan nama, alamat lengkap termasuk nomor telepon orang-orang yang menjadi resume anda.


Demikian penjelasan mengenai resume, cv atau riwayat hidup. Semoga dapat bermanfaat. Penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan, kesamaan dan kekurangan serta terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika anda mempunyai tips dan saran untuk membuat CV yang baik silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, Terimakasih...


Referensi

komunikasi bisnis, djoko purwanto edisi 4, erlangga

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc