Skip to main content

Membuat curriculum vitae terbaru tahun 2020 dan masalah dalam penulisannya

Penulisan CV: mempersiapkan resume, rencana pengorganisasian dan masalah-masalah dalam penulisan

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae atau resume merupakan suatu prasyarat yang sangat penting pada saat memasuki dunia kerja, dibeberapa toko alat tulis kantor atau tempat fotocopy memang sudah ada menyediakan ini namun jika resume ini ditulis dan dibuat sendiri anda mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan pelamar kerja yang lain. 

pada pembahasan kali ini kita akan membahas: 

  1. Bagaimana cara mempersiapkan resume
  2. Rencana organisasional untuk resume
  3. Apa saja masalah yang berkaitan dengan penyusunan resume


Menurut KC bay, CV merupakan presentasi penjualan formal diri yang sangat penting, kenapa penting? Karena didalam CV memuat semua fakta yang relevan mengenai latar belakang, kualifikasi, pengalaman kerja dan sebagainya yang disusun dalam format teratur, mudah dipahami dan tentunya dapat menarik perhatian pembaca.

Melalui CV tersebut diharapkan pimpinan organisasi/perusahaan personalia sudah dapat mengetahui kemampuan anda, walaupun belum pernah bertemu secara langsung dengan anda. Maka dengan itulah CV yang anda buat harus semenarik mungkin.


Persiapan penulisan CV

Dalam memperiapkan CV, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu: mencari informasi penting (esensi), merencanakan resume dan membuat resume.


Mencari informasi penting

Kenalilah diri, apa kelebihan dan kekurangan anda

Analisis diri ini akan membantu anda dalam mengenali diri sendiri secara mendalam, untuk mempermudah menemukan siapa anda, anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah saya mempunyai aspirasi yang cukup tinggi
  • Apakah saya dapat berkomunikasi dengan baik
  • Apakah saya orang yang sangat bergantung kepada orang lain
  • Apakah saya orang yang energik
  • Apakah saya orang yang percaya diri
  • Apakah saya mempunyai kecerdasan kuantitatif dan verbal yang tinggi
  • Apakah saya mempunyai kecerdasan yang tinggi dalam pemecahan masalah
  • Berapa indeks prestasi saya secara keseluruhan
  • Mata kuliah/pelajaran apa yang paling anda sukai
  • Mata kuliah/pelajaran apa yang paling sulit bagi anda
  • Kegiatan organisasi apa yang anda sukai



Melakukan analisis terhadap karier/pekerjaan yang ingin anda pilih

  • Cobalah anda menggali sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan karier/pekerjaan yang akan anda pilih.
  • Kecerdasan mana (kuantitatif, verbal dan mekanik) yang paling bermanfaat bagi karier/pekerjaan anda
  • Apa efek sampingnya yang membahayakan bagi kesehatan/keselamatan anda
  • Apa pengalaman kerja dan prestasi akademik yang menjadi syarat penunjang bagi karier anda
  • Apa imbalan yang anda dapat selain finansial/uang/materi
  • Apakah karier/pekerjaan anda dipengaruhi oleh pekembangan teknologi
  • Apakah dimana depan, bidang yang anda pilih mempunyai tingkat pesaing tinggi



Melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda pilih

Pada tahap awal memasuki kerja, perusahaan biasanya menyediakan program orientasi atau pelatihan kepada mereka yang baru diterima sebagai karyawan. Oleh karena itu, sebelum menulis CV anda perlu menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa tugas dan tanggung jawab pekerjaan anda
  • Apakah karakteristik pribadi anda sesuai untuk tugas dan tanggung jawab pekerjaan tersebut
  • Apakah latar belakang pendidikan anda sesuai dengan persyaratan posisi pekerjaan
  • Apakah pengalaman anda berkaitan dengan posisi pekerjaan



Tujuan anda dalam membuat CV tentunya agar anda dapat melakukan wawancara dengan tim dari perusahaan yang anda lamar, CV yang anda buat adalah rincian pelengkap terhadap surat lamaran kerja yang telah anda buat. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merencanakan CV


Tujuan karier

Anda harus memutuskan posisi apa yang anda minati atau yang akan menjadi tujuan karier anda, seperti posisi manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran, manajer produksi/operasi dan sebagainya.


Informasi pribadi

Data pribadi yang tercantum dalam CV adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, jenis kelamin dan menambahkan data lain dan syarat perusahaan yang berkaitan erat dengan jenis pekerjaan yang anda pilih. Seperti terampil menggunakan komputer, terampil berkomunikasi baik pasif atau aktif dan sejenisnya.


Referensi

Referensi adalah orang-orang tertentu yang akan memberikan surat rekomendasi kepada anda, yang berisi tentang berbagai hal yang mereka ketahui semasa mereka mengenal anda dengan tujuan menambah kredibilitas pencari referensi, sehingga dapat meyakinkan kepada organisasi/perusahaan tentang prestasi dan kemampuan positif anda.



Pembuatan CV

CV yang baik, menekankan pada kompatibilitas kualifikasi anda dan prospektif persyaratan kerja. Pada bagian tujuan kerja, anda harus menyatakan secara jelas apa tujuan anda membuat CV tersebut, misalnya anda ingin mengisi lowongan kerja dibidang manajer pemasaran, manajer keuangan dan sejenisnya. Selanjutnya informasi pribadi, adapun informasi pribadi tersebut antara lain: pendidikan, berbagai keterampilan, hobi, penghargaan dan keanggotaan asosiasi. Usahakan Informasi tersebut harus relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar, jadi tidak perlu semua kemampuan atau keahlian yang anda miliki perlu dicantumkan, tetapi hanya informasi yang dapat mendukung pekerjaan anda tersebut.
Rencana Pengorganisasian

Ada beberapa cara jenis pengorganisasian CV yaitu:


Resume tradisional

Resume Kronologis didasarkan pada kronologisnya yaitu pendidikan dan pengalaman sebagai judul isinya, putuskan mana yang lebih memberikan kesan positif bagi anda. informasi terkini ditempatkan pada urutan pertama, lalu diikuti berikutnya, misalkan penulisan jenjang pendidikan dimulai dari jenjang tertinggi.


Resume fungsional

Resume fungsional disusun atas dasar fungsi-fungsi dalam organisasi yang dapat dilakukan dengan baik. Resume ini memerlukan suatu analisa diri, karier dan pekerjaan secara komplit. Jadi dalam resume ini anda diminta menjelaskan potensi dan pengalaman anda pada beberapa fungsi penting yang ada dalam suatu organisasi/perusahaan.


Resume kombinasi

Resume kombinasi merupakan gabungan antara resume kronologis dan reseme fungsional. Bentuk resume ini memberikan suatu keyakinan bahwa persyaratan pendidikan dan pengalaman terpenuhi dan lebih menekankan pada kualifikasi yang dibutuhkan.

Walaupun demikian dalam penulisan resume yang baik ada beberapa prinsip harus dipenuhi yaitu:


 kerapian (neatness)

Dalam menulis resume usahakan menggunakan kertas yang bersih dan berkualitas baik, jangan ada coretan apalagi ada sobekan. Jika anda mengetik gunakanlah huruf yang baik, aturlah format serapi mungkin.


sederhana (simplicity)

disamping kerapian, bahasa yang anda gunakan hendaknya jelas dan mudah dimengerti, sederhana tidak bertele-tele dan menggunakan bahasa yang formal seperti bahasa indonesia.


akurat (accuracy)

informasi yang anda sajikan harus akurat, artinya informasi tersebut diteliti dengan cermat dan tepat benar asli dari anda bukan dari orang lain.


Kejujuran (honesty)

Informasi anda sajikan harus benar, tidak mengada-ada. Dengan kata lain anda meberikan informasi sejujur-jujurnya, karena jika ketahuan memberikan informasi yang tidak jujur maka kerugianlah yang anda dapatkan.


Masalah Dalam Membuat Resume
Dalam menulis resume maka anda harus berpikir dengan pola pembaca, Dalam hal ini perusahaan/organisasi. Apa yang dibutuhkan oleh perusahaan pencari kerja haruslah dijadikan dasar acuan dalam menulis resume. Namun ada beberapa masalah yang muncul dalam pembuatan resume diantaranya.
  • Penulisan resume yang terlalu panjang dan membuat data menjadi tidak relevan sehingga tidak akan mencapai sasaran.
  • Penulisan resume yang terlalu pendek, sehingga tidak memberikan informasi/data yang cukup bagi pembaca untuk melakukan penelaahan lebih dalam.
  • Format penulisan yang kurang baik, tidak konsisten, kurang memperhatikan tanda baca dan sejenisnya, sehingga akan membuat resume sulit dipahami.
  • Menggunakan terlalu banyak kalimat yang kompleks, alangkah baiknya menggunakan kalimat yang bersifat sederhana dan simpel.
  • Banyak kesalahan ketik/tulis dan kesalahan penyusunan kalimat.
  • Pelamar tidak menunjukan secara tegas posisi dan dibidang pekerjaan yang diminati.
  • Terlalu menampakkan keyakinan yang berlebihan sehingga pembaca ragu akan kerealistisannya
  • Pelamar tidak jujur dalam mencantumkan data dalam resume.

CONTOH RESUME/CV

Contoh resume kronologis



Contoh resume fungsional



Contoh resume kombinasi

Semua resume

Unduh


Selain itu kami juga menyediakan CV lainnya yang dapat anda gunakan sebagai referensi menulis CV 




Unduh

KETERANGAN

Pada bagian tujuan karier anda dapat menyatakan tujuan secara umum maupun tujuan khusus
Tujuan umum seperti:

  • Memasuki/mengisi posisi pada level penjualan, pemasaran, keuangan, produksi, dsb
  • Mengisi posisi untuk posisi staf akuntan
  • Resepsionis
  • Tujuan khusu seperti:
  • Mengisi posisi staf penjualan untuk membantu organisasi maupun manajemen bisnis ritel
  • Mengisi posisi staf akuntan dikantor akuntan publik, selanjutnya memasuki posisi supervisor
  • Mengisi posisi staf akuntan dikantor akuntan publik, selanjutnya memasuki posisi supervisor



KUALIFIKASI

Selanjutnya kualifikasi dapat dinyatakan pada sebelum atau sesudah tujuan kerja/karier. Kualifikasi mencakup pendidikan dan pengalaman kerja seperti sebagai berikut:
  • Enam tahun menangani pengembangan sumber daya manusia pada perusahaan terkemuka (sebutkan nama perusahaan) dikota (sebutkan) dengan (nama pendidikan tertinggi, fakultas, jurusan atau program studi). Integritas tinggi dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
  • Asosiasi dalam bisnis, jurusan/konsentrasi pada masalah transportasi; selama 4,5 tahun berpengalaman dibagian kargo dan departemen pengiriman
  • Tingkat sarjana muda jurusan/konsentrasi manajemen personalia, dengan penekanan pada psikologi, sosiologi dan bisnis. Selama 4 tahun berpengalaman berkeja lepas (part time) dengan orang lain
  • Cantumkan penghargaan, beasiswa atau prestasi terbaik yang pernah anda peroleh dan relevan dengan jenis pekerjaan yang ingin anda lamar



DATA PRIBADI

Data pribadi mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, berbagai skill (keterampilan), kesehatan, tinggi badan, berat badan, hobbi, jenis SIM yang dimiliki dan jenis kendaraan yang anda miliki (jika perlu). Namun perlu diingat bahwa anda harus mencantumkan informasi/data penting yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan/lamar


REFERENSI

Dalam referensi pilihlah tiga orang yang memiliki reputasi baik, lebih baik orang yang sudah dikenal oleh organisasi/perusahaan yang anda lamar. Apabila anda pernah bekerja pada suatu peusahaan/lembaga, anda dapat meminta surat rekomendasi dari manajer perusahaan tersebut. Selain jika anda tidak mempunyai pengalaman atau masih freshgreduate, anda bisa meminta surat rekomendasi dari staf pengajar/dosen diperguruan tinggi anda. Jadi anda harus meminta rekomendari kepada orang-orang tertentu yang akan memberikan nilai plus/lebih bagi kemampuan yang anda miliki. Jangan lupa cantumkan nama, alamat lengkap termasuk nomor telepon orang-orang yang menjadi resume anda.


Demikian penjelasan mengenai resume, cv atau riwayat hidup. Semoga dapat bermanfaat. Penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan, kesamaan dan kekurangan serta terimakasih sudah membaca artikel ini. Jika anda mempunyai tips dan saran untuk membuat CV yang baik silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, Terimakasih...


Referensi

komunikasi bisnis, djoko purwanto edisi 4, erlangga

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Postingan Populer

Teori-Teori Etika Lengkap dengan Penjelasannya

A. Etika Absolut dan Etika Relatif Sampai sekarang masih menjadi perdebatan antara para ahli apakah etika bersifat absolut atau relatif. Etika absolut dengan berbagai argumentasi yang masuk akal meyakini bahwa ada prinsip-prinsip etika yang bersifat mutlak, berlaku secara umum di manapun dan kapanpun. Sementara itu, etika relatif dengan berbagai argumentasinya, mereka justru mengatakan bahwa tidak ada prinsip atau nilai moral yang berlaku umum. Prinsip atau nilai moral yang ada dalam masyarakat berbeda-beda untuk masyarakat yang berbeda dan untuk situasi yang berbeda juga. Diantara tokoh-tokoh berpengaruh yang mendukung paham etika relatif adalah Joseph Fletcher (dalam Suseno, 2006), yang terkenal dengan teori etika situasionalnya. Ia menolak adanya norma-norma moral umum karena kewajiban moral selalu bergantung pada situasi konkret, dan situasi ini dalam keseharian tidak pernah sama. Sedangkan tokoh yang berpengaruh dan mendukung etika absolut antara lain Immanuel ka...

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu...

Seperti Apa Lingkungan Bisnis: klasifikasi, Risiko dan Cara Agar Sukses dalam Berbisnis

Sumber: pixabay.com Untuk yang ingin memulai bisnis atau sedang berada pada dunia bisnis, penting kiranya mengetahui lingkungan bisnisnya karena ini akan berdampak pada kelangsungan bisnis itu sendiri.. berikut  penjelasan lingkungan bisnis, klasifikasi, risiko dan cara agar bisnis sukses.. Definisi Lingkungan Bisnis Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Lingkungan bisnis adalah keseluruhan hal-hal atau keadaan ekstern badan usaha atau industri yang mempengaruhi kegiatan organisasi atau kekuatan atau institusi diluar organisasi bisnis yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Dewasa ini, terminologi “ lingkungan “ tidak hanya semata-mata merefleksikan lingkungan ekologi, tetapi juga konsep umum yang menjelaskan gambaran keseluruhan konsep terhadap kekuatan lingkungan eksternal. Hal tersebut dapat berdampak pada aktifitas organisasi dari segala aspek. Begitu juga dengan istilah “bisnis...

PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA

 PEMERIKSAAN PIUTANG USAHA DAN PIUTANG LAINNYA SIFAT DAN CONTOH PIUTANG Standar Akuntansi Keuangan menggolongkan piutang, menurut sumber terjadinya, dalam dua kategori yaitu piutang usaha dan piutang lain-lain. Piutang usaha adalah piutang yang berasal dari penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. Piutang lain-lain adalah piutang yang timbul dari transaksi di luar kegiatan usaha normal perusahaan. Piutang usaha dan piutang lain-lain yang diharapkan bisa ditagih dalam waktu satu tahun atau kurang diklasifikasikan sebagai piutang lancar. Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai piutang antara lain: Piutang usaha. Wesel tagih. Piutang pegawai. Piutang bunga. Uang muka. Uang jaminan (Refundable deposit) Piutang lain-lain. Allowance for bad debts (penyisihan piutang tak tertagih). Perkiraan piutang pemegang saham dan piutang perusahaan afiliasi harus dilaporkan tersendiri (tidak digabung dengan perkiraan piutang) karena sifatny...

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Perusahaan

VISI PERUSAHAAN Pengertian visi  Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai seseorang atau lembaga organisasi. Visi dibuat sedemikian rupa karena visi menyesuaikan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi dalam kurun waktu yang lama. Visi dapat dipandang sebagai cita-cita pemilik atau pengelola organisasi atau perusahaan. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi dimana depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Komponen dalam penyusunan visi Dalam penyusunan sebuah visi ada empat komponen utama yang perlu dipertimbangkan yaitu: Visi dibangun berdasarkan nilai inti Visi perlu mengelaborasikan tujuan organisasi  Visi perlu memasukkan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan oleh...

Bab 1 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan BAB 1 1-6 Apa sajakah komponen-komponen proses dalam analisis bisnis? Jelaskan dengan mengacu  padaa pada analisis ekuitas? Jawab: Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses dalam analisis bisnis. Komponen-komponen proses dalam analisis bisnis tersebut, antara lain: 1. Analisis lingkungan bisnis dan strategi Dalam analisis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu analisis industry dan analisi strategi. Analisis industry dipandang sebagai kumpulan pesaing yang bertanding untuk memenangkan kekuatan posisi tawar terhadap pelanggan dan pemasok, aktif bersaing dan siap menghadapi ancaman pendatang baru dan produk substitusi. ...

Bab 2 analisis laporan keuangan subranmaryam edisi 10

Sumber referensi: Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba empat. Dok. Pribadi Artikel terkait: Bab 1 analisis laporan keuangan Bab 2 analisis laporan keuangan Bab 3 analisis laporan keuangan Bab 4 analisis laporan keuangan Bab 5 analisis laporan keuangan 2-6  Siapakah yang memiliki tanggungjawab utama atas kewajaran dan akurasi laporan keuangan perusahaan? Jawab: Manajemen, karena manajemen bertanggungjawab untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang tepat, menerapkan pengendalian internal yang memadai, dan membuat penyajian yang wajar dalam laporan keuangan. Hal tersebut karena manajemen perusahaan mengoperasikan bisnis sehari-hari, sehingga manajemen mengetahui lebih banyak tentang transaksi perusahaan, asset, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Pada SA 200 (Paragraf 2A) poin (a) menyatakan bahwa manajemen dan jika relevan, pihak yang bertanggungjawab atas tata kelola, mengakui dan m...

Kasus Komunikasi Bisnis dan solusinya "KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA BAHASA"

KESALAHPAHAMAN KARYAWAN HOTEL DENGAN TURIS KARENA  BAHASA KASUS   Pada bulan januari silam publik dihebohkan oleh seorang turis asal melbourne, australia yang bernama Aneta Baker. Aneta mengaku mengalami pelecehan seksual oleh staf salah satu hotel di bali. Aneta adalah seorang aktivis dan pendiri kampanye yang bertajuk She is Called yaitu salah satu situs website yang menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di australia.   kejadian ini bermula ketika dirinya akan check out mendatangi front office  dari hotel yang berlokasi di Jalan Sunset Road Kuta itu, Rabu (31/1) sekitar pukul 17.00 WITA.  Pada saat itu terjadi kesalahpahaman antara pihak hotel dan anita serta teman-teman yang menginap dengannya, dimana membuatnya harus membayar lebih atas ekstra bed yang tidak digunakan, sehingga ia meminta refund (pengembalian uang). Namun pegawai hotel berbicara padanya menyebutkan bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari hotel dan membutuhkan waktu la...

Komponen-Komponen Model Manajemen Strategi

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGIK   Secara etimologis, manajemen berasal dari bahasa perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber pemilik organisasi.    Strategi berasal dari bahasa yunani yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengetahuan umum, strategi adalah cara untuk mendapat kemenangan atau pencapaian tujuan. Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Manajemen strategis berfokus pada usaha untuk mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produksi/operasi, penelitian dan pengem...

Analisa SWOT pada Perusahaan GRAB Indonesia

STRENGTH Dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab.  WEAKNESS Masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya. Beberapa kasus kejahatan yang dilakuka...