Skip to main content

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kas dan Setara Kas Dalam Akuntansi

Sumber: pixabay.com


Anda pasti pernah mendengar kata kas dalam kehidupan sehari-hari, dalam akuntansi kas menjadi aset penting dalam suatu entitas. aset merupakan bagian dari instrumen keuangan, instrumen keuangan itu sendiri merupakan suatu kontrak dimana akan menambah nilai aset atau liabilitas keuangan. 
Pengertian Kas 

Secara umum kas adalah aset yang sering digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan, keberadaan kas dalam suatu entitas sangat penting karena tanpa ada kas kegiatan perusahaan tidak dapat berjalan. Entitas tidak dapat membayar gaji, memenuhi hutang yang jatuh tempo dan kewajiban lainya. Kas ibarat seperti aliran darah pada manusia, agar tubuh berjalan dengan sehat maka aliran darah harus berjalan stabil tidak kurang dan tidak lebih. Begitu juga dengan entitas, entitas harus menjaga jumlah kas agar sesuai dengan kebutuhannya, jika jumlah kas kurang maka kegiatan operasional akan terganggu, begitu juga sebaliknya jika kas terlalu banyak menyebabkan entitas tidak dapat memanfaatkan kas tersebut untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan yang tinggi.



Dalam klasifikasi aset keuangan kas termasuk sebagai instrumen keuangan. Kas menjadi alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan operasional entitas. Kas terdiri dari uang kuartal yang tersimpan dalam sebuah entitas, baik dalam rekening bank maupun setara kas. Ada waktunya kas yang dimiliki untuk tujuan tertentu sehingga terbatas digunakan untuk aktivitas perusahaan.
Sumber: pixabay.com

Setara kas merupakan investasi pendek yang sangat liquid, dalam setara kas harus memenuhi karakteristik  dapat dikonversi menjadi kas pada jumlah tertentu tanpa risiko perubahan nilai dan jatuh temponya sangat dekat biasanya hanya  tiga bulan.


Kas yang dicadangkan dengan penggunaan khusus tidak dapat diklasifikasikan sebagai kas, tetapi dikategorikan sebagai dana cadangan. Jika cadangan tersebut digunakan untuk membayar kewajiban yang akan jatuh tempo kurang dari satu tahun, maka dana cadangan ini dikategorikan sebagai aset lancar, namun jika digunakan lebih dari satu periode (tahun) untuk tujuan kegiatan khusus diklasifikasikan dalam aset tidak lancar.



Apakah kas dalam bentuk uang asing masuk dalam klasifikasi kas? Kas dalam mata uang asing baik dollar, real, ringgit dan mata uang asing lainnya tetap dikategorikan sebagai kas. Pada tanggal pelaporan kas dalam mata uang asing akan tetap dinyatakan dalam mata uang pelaporan yaitu dengan menggunakan kurs spot yang berlaku pada tanggal neraca (akhir periode). Ada tiga kurs yang digunakan entitas yaitu kurs jual dan kurs beli serta kurs tengah. Kurs tengah digunakan untuk menyatakan kas dalam mata uang asing dalam mata uang pelaporan. Tetapi dalam kondisi khusus, jika mata uang asing tersebut dimiliki untuk tujuan di konversi menjadi kas dalam meta uang pelaporan, maka kurs beli tepat digunakan.



baca juga: Apa sih yang dimaksud Akun Rill dan Akun Nominalpersediaan: kesulitan dalam penentuan kepemilikan barang ini solusinya, 


 Dewasa ini banyak sekali entitas melakukan perjanjian dengan bank terkait dengan kredit atau pinjaman. Dalam perjanjian tersebut perusahaan harus menyisakan saldo minimum dalam rekening bank tersebut. Dalam akuntansi saldo minimum ini disebut compensating ballance. Dalam laporan keuangan compensating ballance disajikan secara terpisah tergantung jangka waktunya, jika pinjamannya jangka panjang compensating ballance akan disajikan sebagai aset tidak lancar hal ini karena compensating ballance tidak memenuhi kriteria bebas yang digunakan oleh perusahaan.



Jika suatu entitas mengalami kondisi dimana jumlah cek yang di tarik dalam rekening melebihi saldo kas, maka entitas tersebut mengalami bank overdraft. bank overdraft dikatakan utang dagang jika jumlah materialnya disajikan tersendiri.


Karena sifat kas yang sangat liquid dan mudah digunakan, banyak yang menginginkannya sehingga mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka entitas membuat pengendalian yang baik dalam agar kas aman dan terlindungi. Perlindungan dapat berupa fisik maupun menjaga agar kas tidak digunakan kepentingan yang tidak perlu.


Ada beberapa cara pengendalian yang bisa dilakukan entitas sebagai berikut:

Permisahan tugas antara pihak melakukan otorisasi dengan pembayaran, pihak yang melakukan pengelolaan kas dan pencatatan, pihak pengguna dan pihak pembayar. Pemisahan ini berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan entitas.



  Untuk menyimpan kas dengan menggunakan brankas atau diruang tertutup dengan akses terbatas.
Penerimaan dan pengeluaran kas dengan menggunakan rekening yang berbeda.


Untuk mengendalikan pencatatan oleh pihak lain, pengeluaran kas dilakukan melalui bank dan menggunakan cek.


Sedangkan penerimaan kas dilakukan melalui bank hal ini untuk menjaga keamanan dan pengendalian pencatatan.


Untuk memenuhi kebutuhan kas dalam jumlah kecil dilakukan sistem imprest atau biasa disebut kas kecil


Rekonsiliasi antara pencatatan perusahaan dengan rekening koran bank.


Sumber: pixabay.com

Baca juga:  akuntansibisnisekonomi,   pajakmanajemen


Kas dalam laporan keuangan disajikan dalam kelompok aset lancar dan diurutkan pada paling atas. Namun dalam penyajian laporan keuangan menurut IFRS justru meletakan kas pada bagian paling bawah dalam laporan keuangan.


Demikian penjelasan singkat mengenai kas dan setara kas, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman mengenai ekonomi dan bisnis, penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan, kekurangan dan kesamaan dalam penulisan artikel ini, terimakasih sudah membaca artikel kami:)



Referensi
Akuntansi keuangan menengah 1, dwi martani dkk,  edisi 2 buku 1 salemba empat


Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *

Popular posts from this blog

Analisis SWOT Perusahaan Shopee

Gambaran Umum Perusahaan Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada. Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja.Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mu

Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.  Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan 4 strategi utama yaitu : SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada. PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegi

ANALISIS SWOT pada PIZZA HUT

Dok. Pribadi Gambaran Umum   Pizza Hut adalah sebuah restorant berantai dan waralaba franchise makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, USA. Perusahaan ini didirikan tahun 1958 oleh dua mahasiswa, dan Frank Carney dengan meminjam $600 dari ibu mereka  untuk membuka toko pizza kecil di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Kemudian dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Hut sekarang ini merupakan restoran pizza terbesar di dunia, dengan hampir 34.000 restoran, kios pengantaran – ambil ke luar di lebih dari 100 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Saat ini, Pizza Hut mudah ditemui di kota – kota besar di seluruh Indonesia.Pemagang hak waralaba tunggal di Indonesia ialah PT Sari Melati. ANALISIS SWOT Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi  kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),dan anc